#2 KalSel - Pasar Terapung RCTI okeh~

 
Masih ingat dengan iklan RCTI oke jaman dulu ??
Itu loh, yang ada ibu-ibu di perahu lagi jualan sayur, terus dengan muka ramah sambil tersenyum, dia ngangkat tangannya sambil nunjukin jempol dia tanda "ok" !!
Inget ?? Hah, gak inget juga ?? Gak punya tipi kali yah lu jaman dulu !! #pffftt
Yaudah nih, gue langsung aja mau lanjutin cerita ngegembel gue di Banjarmasin..

Banjarmasin Malam Hari

Okeh, jadi gini. Melanjutkan perjalanan gue di Kalimantan Selatan, gue berkesempatan untuk melihat langsung pasar terapung di Banjarmasin, tempat RCTI bikin iklan dulu. FYI, gue adalah tipe seorang pemimpi. Gue selalu nonton TV atau film. Nah, darisitu gue sering liat banyak tempat-tempat keceh yang selalu jadi latar scene mereka. Kalo tempat itu bagus dan menarik, di bawah alam sadar, gue selalu janji sama diri gue sendiri buat bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut. Suatu saat nanti. Entah kapan, tapi gue yakin gue bisa datengin tuh tempat. Contohnya ;

- Gue nonton film The Beach-nya Leonardo Di Caprio yang berlatar di Thailand (Maya Bay, Phi Phi Island, On On Hotel) Dari awalnya mimpi pengen kesana, 2011 awal gue udah bisa mengunjungi tempat tersebut, langsung !!  Bahkan gue sempet nginep di kamar yang si Leo pake buat shooting film The Beach di On On Hotel. Lucky me !!

- Gue nonton Tomb Rider-nya Angelina Jolie yang berlatar di Angkor Wat, Cambodia. Dan lagi-lagi, berawal dari mimpi, gue akhirnya bisa mengunjungi tempat tersebut pada bulan Februari 2012. Bahkan gue kayang disana. :|

- gue nonton acara buser yang lagi ngegrebek Gang Dolly. Gue pun berjanji bakalan ke Gang Dolly suatu saat nanti. #eh

- Gue pernah nonton sebuah acara jalan-jalan TV swasta, mereka sedang mengunjungi sebuah museum pembantaian di Phnom Penh, Cambodia. Dan lagi-lagi, dari mimpi pengen kesana, akhirnya gue bisa me-realisasi-kan-nya pada trip gue keliling Asia Tenggara, Februari kemaren. Dan masih banyak lagi tempat yang gue kunjungi gegara gue "ter-influence" dari sebuah film atau acara televisi.

Pun, begitu dengan pasar terapung di Banjarmasin berawal dari tipi dan bermimpi pengen kesana, akhirnya gue bisa juga ngerasain langsung suasana pasar terapung.


Nonbar, sob !!

Setelah menikmati sunset di siring sungai Martapura. Gue, Lana dan Dikun langsung pergi cari makan, kami makan nasi goreng di depot mie bejo. Agak aneh yah, depot mie, tapi gue makan nasi goreng :))

Depot mie bejo ini cukup terkenal di Banjarmasin, terbukti banyak banget yang makan disini. Namun, anehnya nasi goreng disini warna nasinya merah, guys !! Bukan, bukan gegara itu pake beras merah. Tapi selama gue di Banjarmasin, entah kenapa mereka senang mencampur makanan mereka dengan saus tomat. Entah itu nasi atau mie. #Bingung

Nasgor Merah Mie Bejo

Sebelum melanjutkan cerita gue di Banjarmasin. Gak sah keknya kalo gue ga ngenalin sahabat-sahabat gue di Banjarmasin. Mari gue perkenalkan dua sahabat gue yang rela nganterin dan nemenin gue selama di Banjarmasin, ini dia orangnya :

Maulana alias Lana


Mahasiswa. Selama di Banjarmasin gue nginep di rumah doi. Kalo mandi cepet banget kek kucing. Orangnya baik banget, ngasih gue makan mulu. Pecinta lingkungan, doi janji bakal explore Kalimantan katanya. Tidur waktu nonbar final Euro :| *siram pake kopi*

Dikun alias SAM !!


Entah darimana korelasinya nama Dikun akan berubah menjadi SAM kalo didepan cewek. Setelah dikulik-kulik, ternyata gue baru tau kalo nama panjangnya Samadikun. Okesip. Bertampang mirip perompak Somalia, namun baik hatinya. Calon Jutawan, sebentar lagi doi bakalan dapet warisan 100 juta lebih !! Wooooooh~

Keceh-keceh kan yang nemenin gue di Banjarmasin. Nah, sebelum kita pergi mengunjungi pasar terapung yang mulai aktif pada pukul 5 subuh hingga 8 pagi. Maka Lana ngajakin gue buat nonbar final Euro dulu disebuah cafe paling ngetop buat kumpul-kumpul anak muda Banjarmasin. Namanya Kopisob !! Keceh, sob !!

Nonbar di Rooftop Kopisob !!

Singkat cerita, walaupun gue kalah taruhan cukup banyak gegara Italy kalah sama Spanyol, tapi gue tetep seneng karena dari selesai nonbar itu gue bakal langsung cabut ke pasar terapung, tanpa tidur !! Dari pertama kali dateng ke Banjarmasin, gue sama sekali gak sempet istirahat, Man !! Ingat itu !!


Pasar Terapung Bikin Kembung

Masjid Bersejarah Sultan Suriansyah

Sekitar pukul 4.30 Subuh, gue, Lana dan Dikun udah sampai di daerah Sultan Suriansyah, Muara Kuin, Banjarmasin. Disini adalah tempat dimana adanya dermaga wisata untuk mengangkut wisatawan yang ingin mengunjungi pasar terapung, pulau kembang, dll.

Tarif menyewa perahu motor atau yang orang Banjar sering menyebutnya kelotok adalah sebesar Rp. 150.000,- itu sudah termasuk trip pula ke Pulau Kembang. Kalau hanya untuk mencapai pasar terapungnya doang sih cuma bayar Rp. 100.000,-

Rumah terapung

Kelotok yang kami pakai memiliki atap diatasnya, selain berfungsi sebagai penahan panasnya matahari atau hujan, atap disini juga berfungsi sebagai pijakan kita. Jadi kita bisa berdiri diatas atapnya. Keceh !! Kita berangkat dari dermaga muara ini subuh sekali, suasana masih sepi saat kami melintasi rumah-rumah terapung yang ada dipinggiran sungai Martapura. Kenapa kami memilih "nyubuh" buat pergi ke pasar terapung ?? Soalnya, apa yang bakal lo liat kalo lo agak subuhan dikit aja datengnya, lo bakal liat pemandangan sunrise yang indah nan mempesona hati~ *menatap langit* *mata berbinar* #terharu


Entah sejak kapan pasar terapung ini ada. Namun, dari jaman dahulu, masyarakat suku Banjar memang menjadikan sungai sebagai jalur transportasi mereka bahkan akomodasi kehidupan mereka. Istilahnya sih, mereka hidup dari sungai-sungai yang ada di Banjarmasin. Entah itu untuk mandi, mencuci, bahkan buang air. Selain menggunakan alat transportasi berjenis kelotok (perahu bermesin) disini juga lo bakal nemu perahu kecil yang didayung, disebut jukung.

Kembali lagi ke pasar terapung. Suasana semakin ramai saat matahari mulai memunculkan utuh wujudnya. Atmosfernya semakin hidup, banyak perahu-perahu yang baru sampai. Mulai terjadi banyak transaksi di pasar terapung ini. Ada yang jual sayuran, buah-buahan, ikan, dan lain-lain. Namun yang uniknya adalah, selain kita bisa membeli apa yang mereka jual, ternyata kita pun bisa mem-barter barang yang mereka jual dengan apa yang kita punya. Keren !!


Sistem jualan di pasar terapung ini juga unik. Jangan bayangin kalo lo mau beli sesuatu, lo harus berenang dari satu perahu ke perahu lainnya. JANGAN !! Bisa dimakan buaya lo ntar. Jadi gini, biar gue ajarin, yah. Untuk membeli sesuatu di pasar terapung ini, lo tinggal manggil aja ibu-ibu yang jual, terus abis itu si ibu bakal langsung nyamperin ke perahu lo. Nah, dari situ mulai lah bertransaksi. Sebagaimana layaknya pasar lain, lo juga bisa tawar menawar di pasar terapung ini. Usahakan lah menggunakan bahasa Banjar, dan jangan nampak seperti turis, karena lo bakal dapet harga yang murah banget !!

Ibu penjual yang nyamperin perahu kita

Satu lagi keunikan di pasar terapung Banjarmasin. Akan ada perahu yang menyediakan kue-kue tradisional khas Banjarmasin, lo bisa ngopi-ngopi cantik di atas perahu sambil ngeliatin pemandangan perahu-perahu yang mengambang di sepanjang sungai Martapura. Etapi gue lupa bahas nih, buat beli kue-kue khas tradisional di pasar terapung, caranya keren parah !! Lo harus mancing, guys !! Iya, sebutannya mancing, padahal cuma nusuk kue. Jadi karena jarak yang jauh dan sulit untuk mengambil kue-kue tersebut, maka si Abang yang jualan kue nyediain semacam batang bambu/ kayu panjang dengan paku di ujungnya. Nah, dengan batang bambu berpaku itulah lo bisa ngambil kue-nya pake cara ditusuk. Unik, kan !! Banjarmasin gitu loh~ *dikasih duit sama walikota Banjarmasin* #eaaaak

1. Pilih, kue-nya
2. Ambil kue-nya pake tusukan
3. Makan kue-nya
4. Lalu, Kayang-lah

Usai bersantap pagi dan menikmati pasar terapung, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kembang yang tidak terlalu jauh dari lokasi pasar terapung. Jangan bayangkan Pulau Kembang ini banyak kembang-kembang di tamannya yah. JANGAN !! Namanya aja Pulau Kembang, namun ternyata penghuninya adalah ratusan monyet yang hidup liar di pulau ini. Tapi jangan takut, karena sudah sering dikunjungi manusia, monyet-monyet ini jadi tidak galak, kecuali kalian injek buntutnya. #okesip

Mengunjungi Pulau Kembang ini, turis lokal bakal dipungut biaya sebesar Rp. 5.000,- Sementara turis asing Rp. 15.000,- Saat masuk Pulau Kembang, kalian bakal ditemenin sama guide cilik, padahal kalian gak minta di-guide-in. :|

Guide-guide cilik di Pulau Kembang

Di Pulau Kembang ini juga kita bisa memberimakan monyet-monyet tersebut, ada ibu-ibu penjual kacang yang berseliweran disana. Namun sayang, kondisi pulaunya lumayan kotor karena banyak sampah plastik yang berserakan. *sigh*


Rata-rata monyet-monyet disini jail-jail, kalo udah dikasih makan, mereka bakalan minta lagi, bahkan sampai ngejer kita. Atau kalo lagi sial, mereka bisa ngambil barang yang kita bawa, entah itu kacamata atau handphone misalnya. So, watch out !! Maka dari itu, bagi kalian yang takut akan hal itu, gue saranin sewalah guide dibawah ini. Otomatis tak ada monyet yang berani mendekat !! BUAHAHAHHAHAHAHA !!


Selesai sudah postingan gue tentang pasar terapung. Next posting gue bakal bahas tentang kuliner Banjarmasin, Bamboo rafting, Dayak Meratus sampai Fashion Week di Jogjakarta !! Loh, kok bisa ampe Jogja, dis? Penasaran kan? Makanya tunggu postingan gue selanjutnyah~


"Berawal dari mimpi, kita dapat melihat dunia" - adis

28 komentar:

  1. ralat dis itu Masjid Sultan Suriansyah bukan Subiansyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya salah hahaha..abis di plang nya R kaya B sih #ngeles :| Makasih eaaak~

      Hapus
  2. mantap bos ceritanya,,yang budaya lokal gini yang ane suka,,harusnya pemerintah nge-garap yang beginian supaya lebih maksimal hehehehe,,keep posting ye

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bos :D siaaaaap bakalan terus sharing kok hehe

      Hapus
  3. Sayang skali dis qm k pasr trpung d kuin,krna jjr aja kta d bjm gak pernah rmkmendsikn buat tmn2 bckpackr k sna,krna udah gak alami n pdgng y bs dhtung dgn jari..d tambh dgn guide ^maksa^ d pulau kmbng...
    yg lbh rcmnde k pasar trpung lok baintan,d jamin gak kcwa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya pengen ke Lok Baintan, cuma mahaaaaaal huahhaa..ga ada duit :p

      Hapus
    2. hehe...sebenarnya bisa naik motor ko ke sana,trus pinjam jukung ama penduduk desa ato ikut ibu2 y jualan...

      Hapus
    3. iya kalo sendiri kesana sih pengennya bgtuh, tapi ini bertiga agak susah :|

      Hapus
  4. suka bgt postingan ini,ternyata yg ada di tv ada di khdpn nyata pasarnya n gk kalah ama thailand. selain itu,bru kali ini ada org kayang diatas perahu gt aneh sih tp kyny exciting. :)

    BalasHapus
  5. bagus,humor,menarik,sempurna #cukup

    BalasHapus
  6. i learn something dari tlsn ini,trnyt memang banyak org sukses yg kesuksesannya emg berawal dari mimpi dan berani merealisasikannya. bner kali ada quotes dream,believe,make it happen.
    suka deh postingan yg ini,cara makan kue di atas klotok dan diakhiri kayang worthed dicoba! :D

    BalasHapus
  7. kasian gak tidur, udah gitu kalah taruhan lagi, sebenernya mau bobo or enggak, gak ngefek juga tu badan, tetep gitu aja kan? :p
    #1000WIB

    BalasHapus
  8. manteb bro cerita nya :)

    BalasHapus
  9. dari postingan #1 gue kira Lana itu cewe!! yang kebayang di otak gue adalah Lana Del Rey!!! :)) Dis, kayang lo kurang perfect tuh, minus brp derajat.. wkakwkak. buruaaannn ditunggu posting selanjutnya!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUAHAHAHHA..iya akoh kira juga si Lana cewe awalnya, eh taunya cowo #kecewa hahaha..

      itu susah kayangnya kakaaak, terombang ambing~

      Hapus
  10. Kata Vaastu, "Bermimpi. Berkemas. Berangkat"
    Kata Adis, "Berawal dari mimpi, kita dapat melihat dunia"
    Kataku, "Nabung, cuti, jalan-jalan"

    Salam backpacker, merdekah...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SALAM BACKPACKER !!

      MERDEKAAAAAAAAAAAAAH !!!

      Hapus
  11. kereennn postingannya...:)
    kapan nih ke kalimantan barat? gak kalah menarik kok dengan kalimantan selatan.. hehehhe:)
    TOP!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pengen kesanaaaah !! bayarin dongs :')

      Hapus
  12. Lokasinya ini yah : Floating Market. Lok Baintan, sungai Martapura wah keren...
    RCTI Oke :)

    BalasHapus
  13. I can only express a word of thanks. Because with the content on this blog I can add knowledge I, thank has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health.
    daftar produk herbal terbaru
    manfaat herbal g-sea
    thank has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health.
    cara mengobati sakit kepala
    manfaat herbal g-sea

    BalasHapus
  14. Maybe I can make love to you
    Despite your words always Piercing the heart
    Hurt me

    Cara Menghilangkan Benjolan Di Anus
    Obat Nyeri Tumit

    BalasHapus