Lost in Bali


Hello gembelers, bangga dong jadi orang indonesia?? Saya sih bangga banget. maka dari itu saya sekarang mau berbagi pengalaman tentang kisah backpackeran saya ke BALI !!! Siapa sih yang ga tau pulau bali?? Bahkan banyak orang bule lebih mengenal Bali daripada Indonesia itu sendiri. Percaya deh mungkin ini perjalanan saya yang paling membutuhkan kebohongan besar untuk pergi dari bandung menuju bali, secara saya adalah mahasiswa sebuah kampus yang sistem absensinya sangat ketat !!! Saya sampai harus berbohong sama dosen buat bisa izin bolos, saya bilang saya punya urusan keluarga yang ga bisa saya tinggalin, saya harus ke palembang buat dateng ke acara pernikahan kedua kalinya bokap. Hahahaha..yah apapun bakal saya lakukan buat backpackeran, iya ga cuy?? Hehe..

(catatan : saya bolos 2 hari kuliah senin dan selasa, dengan ini maka nyawa saya tinggal 1 kali mata kuliah lagi karena saya termasuk mahasiswa yang memang rajin membolos, apabila saya ga masuk 1 hari aja sampai bulan juni, maka saya bakal ditendang dari kampus alias DROP OUT !!!)

PENDERITAAN JALUR DARAT !!!

Kereta menuju Surabaya
Perjalanan saya lakukan dengan pacar saya, dimulai dengan menggunakan kereta api mutiara selatan menuju arah stasiun gubeng Surabaya, kereta ini adalah kereta bisnis bukannya tidak mau mengambil kelas ekonomi, tetapi dalam perjalanan ini saya punya waktu sangat terbatas dan juga saya pergi bersama seorang perempuan jadi ga terlalu tega buat terlalu menggembel hehe , ternyata tiketnya lumayan mahal yah, saya harus merogoh 175rb untuk satu orang, ini pertama kalinya saya naik kereta lagi setelah terakhir itu tahun 2008 ke jogja, kereta mutiara selatan yang saya tumpangi ini berangkat pukul 5 sore dari bandung, kereta ini cukup nyaman, dengan kursi yang lumayan empuk dan jarak antara kursi ke kursi cukup lebar sehingga kaki saya cukup leluasa untuk selonjoran plus kamar mandi yang lumayan bersih.

Di dalam kereta penuh dengan penumpang, ternyata kebanyakan penumpang di gerbong saya ini adalah orang jawa loh. Di gerbong saya bertemu dengan bapak-bapak dari bandung, dan ternyata dia pun mau ke bali, dia menawarkan alternatif perjalanan, yang semula rute saya adalah, bandung - gubeng - banyuwangi - ketapang - gilimanuk - denpasar..planing awal saya adalah saya akan turun di stasiun gubeng lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kereta lagi ke banyuwangi, tapi setelah rekomendasian si bapak saya bakal turun di wonokromo lalu menaiki bus patas langsung ke denpasar.

Selama perjalanan di dalem kereta cukup banyak hal lucu yang saya alami, dari orang jawa yang ngomong batak (tetep aja keliatan jawanya -,-'') sampai penjual yang banyak banget berseliweran ketika kereta berhenti, ampir tiap stasiun ada penjual yang keliling, mulai dari akua, mijon, akuaaa..gehu bakwan, nasi ayam, sate, kupi, energen, mijon..hahaha lucu lah pokonya nawarin dagangannya.

orang yang tidur
di lantai kereta
Dah masuk tengah malem, di kereta para penumpang pada tidur, nah gaya tidur nya lucu-lucu, ada yang suami istri pelukan padahal mereka udah bapa-bapa dan ibu-ibu (kayanya mereka ini pasangan mesum deh masa pas saya liat tangan si ibu nya masuk gtu ke dalem celana si bapanya terus ditutupin pake jaket !!! Apa yang mereka lakukan coba?? Halah -,-''). Ada yang ampe nganga mulutnya, ada juga yang ampe tiduran di lantai gerbong kereta, termasuk saya tidur di lantai udah asli mirip gembel dah, berbagai posisi tidur dah saya coba dari duduk biasa, duduk miring, jongkok, bediri, kayang dah semua saya coba, tp akhirnya saya bisa tidur dengan rebahan di lantai kereta..hadeuh..

Sesampainya di stasiun wonokromo saya pun turun dan jalan sebentar untuk naik bus kota ke arah stasiun purabaya, cuma bayar 2000 untuk satu orang saya pun sampai di purabaya, stasiun purabaya ini lumayan gede, kacau dan banyak calo yang nawarin tiket bus, tapi hati-hati jangan ampe beli tiket di calo yah, cari langsung bus nya terus tawar aja langsung ke sopir bus nya, saya dapet tiket bus surabaya - denpasar dengan harga 100rb/orang dengan harga awal yang ditawarin 150rb..bus jawa indah yang saya naiki cukup nyaman, ber-AC dan ada TV nya. Pas mau pergi Lagi asyik asyik nya nonton trans TV eh tiba-tiba si kondektur sialan itu malah ganti pake VCD dangdut, seronok pula FUCK !!!

Saya heran, kenapa kalo di bus antar provinsi kaya gini suka disuguhin dangdut sih?? Mana dangdutnya bahasa jawa pula, yasudah karena putus asa saya pun tidur saja selama perjalanan, di perjalanan kami sempet istirahat makan dulu di utama raya, ternyata tiket bus ini sudah include sama makan woo nice :D setelah selesai makan kami harus melanjutkan perjalanan yang lumayan jauh, mana di bus ada ibu-ibu yang ngomel mulu lagi, makin ngebuat perjalanan saya ini tersiksa plus si supir bus yang nampaknya mantan pembalap yang selalu bikin para penumpang jantungan haha..sesampainya di dermaga pukul 5 kami melanjutkan naik ferry, kami menikmati sunset tengah laut diatas kapal ferry loh, nice momment :D

sunset dari kapal ferry

TOUCHDOWN BALI !!!

Sesampainya di pelabuhan gilimanuk bali pada pukul 7 WITA. Kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus tadi ke terminal ubung bali, perjalanan yang sangat melelahkan, hampir 3 jam lebih untuk saya sampai di terminal tersebut. Setelah sampai, saya langsung jalan kaki keluar dari terminal dan mencari taxi jauh dari terminal, karena taxi yang dekat terminal biasanya bertarif mahal, saya jalan sampai ke sebuah rumah makan jawa gtu dan tanya ke tukang parkirnya transport ke kuta selain taxi apa lagi?? Dia bilang sih ada ojek tapi jatuhnya setelah di hitung untuk 2 orang yah lebih mahal dari taxi. Akhirnya saya nungguin taxi sambil ngobrol sama si tukang parkir penyuka ST12 ini.

soto ceker ajiiiib !!!
Setelah ada taxi saya pun melanjutkan perjalanan langsung ke poppies line 2 dan segera mencari hostel..banyak banget hostel murah disini, dari yang harganya mahal sampai yang harganya cuma 30rban/malem..saya sendiri milih hostel manik karena malas cari lagi akibat kecapean di jalan, saya dan pacar saya pun mendapatkan hostel dengan harga 50rb/malam/orang, setelah bersih-bersih mandi dll, kami beristirahat sejenak lalu melanjutkan mencari makan malam, kami jalan dari poppies line 2 ke daerah pasar kuta karena disana katanya banyak makanan yang murah, banyak banget penjual soto ceker disana, saya ga ngerti apa emang ini makanan khas bali yah?? Tapi akhirnya pilihan saya jatuh di soto ceker sebrang pasar kuta yang nampak banyak orang makan walaupun gerobaknya jelek..awalnya sih sangsi juga makan disini karena si mas-mas nya ngambil soto itu pake gayung loh, eh tapi pas udah di cobain ajib bener lah sumpah, udah kuah soto nya lekoh banget terus cekernya gede-gede loh, recommended banget lah pokonya kalo kalian dateng ke kuta, 2 porsi soto ayam, 3 nasi, aqua botol dan 1 teh botol sosro saya bayar cuma 26rb..cukup murah untuk rasa yang saya coba malam itu :D tapi inget soto ceker yang saya makan ini bukanya tengah malem yah, sesudah makan kami pun lekas pulang kembali ke hostel karena keesokan harinya harus punya stamina yang kuat karena kita mau mengelilingi bali menggunakan sepeda motor hehe..


MENJELAJAH TIMUR BALI 

ayam betutu asli bali !!!
    Hari ini saya bangun cukup siang karena mungkin kelelahan semalam, tapi stamina saya full nih buat jalan-jalan seharian keliling bali, saya menyewa sepeda motor di hostel tempat saya menginap, berkeliling bali menggunakan motor akan lebih enak dan cepat loh drpd transportasi umum, tujuan pertama saya adalah ke ubud bali melewati rute denpasar lalu gianyar..perjalanan yang cukup panjang saya lewati hampir satu jam lebih ditambah kesasar kesasar hehe..ditengah perjalanan kita makan dulu ayam betutu khas bali, ternyata ayam betutu bali sama ayam betutu yang pernah saya coba di bandung sangat jauh berbeda, ayam betutu bali pedesnya lebih nampol dan bumbu nya pun meresap ampe kedalem..pokonya mantep top markotop lah, kenyang dengan makan siang ini saya melanjutkan lagi ke arah ubud melewati gianyar dan desa desa kecil, sumpah kalian ga akan bosen koq di jalan, banyak banget yang kalian bisa liat, seperti gianyar sendiri disini kayanya sih tempatnya para pengrajin yah mulai dari pengrajin perak, batu, kaca, kayu sampe garden landscape pun ada mana bagus-bagus lagi, ga heran orang bali emang pada kreatif dan pengrajin yang rajin bikin kerajinan hehe..

antonio blanco museum
     Setelah bersepeda motor yang lumayan jauh saya pun sampai di ubud, tujuan saya ke ubud sih pengen dateng ke museum antonio blanco, soalnya saya sering liat di TV tuh museum dia. Museum blanco sendiri adalah museum milik seorang asing yang cinta banget sama bali, dia sampe pindah kewarganegaraan, ngawinin cewe bali sampe mati pun di bali !!! Hebat banget yah, museumnya sendiri pun ini mamerin hasil karya lukisan-lukisannya yang lebih ke arah ''porno'' hehe..karena banyak banget lukisan wanita tanpa busana..oh iya di museum antonio blanco ini kalian harus bayar 30rb/orang, harga yg cukup mahal menurut saya tapi kalian ga akan nyesel koq kalau udah masuk, selain liat lukisannya kalian juga bisa liat koleksi burung-burung langkanya seperti beo, terus burung yang ada jambulnya warna item, dll..setelah puas menikmati museum blanco saya melanjutkan perjalanan ke padang bai sambil melewati beberapa pasar tradisional termasuk pasar yang kesohor murahnya yaitu sukowati.

Perjalanan menuju padang bai sangat melelahkan karena jaraknya yang memang sangat jauh, hampir 1 jam lebih untuk saya mencapai padang bai tetapi banyak objek wisata yang bisa kalian nikmati selama perjalanan seperti banyak pantai indah dan pura-pura megah plus kalian akan melewati goa lawuh yang luas, sesampainya di padang bai ternyata pantai ini dekat dengan pelabuhannya, cukup bingung saya menemukan pantainya, kalian bisa liat petunjuk jalan yang mengarah ke blue lagoon, sampai di pantai padang bai ternyata pantai nya sangat bagus dan indah, dengan di apit oleh tebing yg cukup tinggi dan terumbu karang laut yang indah, wow pokonya keren lah..lagian disini jarang ada turis lokal, kebanyakan turis asing lah yang dateng ke tempat ini..sesudah puas berenang di pantai padang bai, saya melanjutkan perjalanan kembali ke kuta untuk menyaksikan sunset di kuta.

padang bai

pengrajin yang menghiasi
sepanjang perjalanan
Pas sampai kuta beruntungnya saya karena saya dapat melihat para orang bali yang sedang melakukan ritual adat istiadat mereka yang melemparkan sesajen ke pantai, saya sendirir ga tau upacara apa itu hehe..menikmati sunset di kuta sangat menyenangkan loh dan juga saat itu cuaca sangat cerah dan ga ada mendung sedikit pun hehe..puas menikmati sunset saya pun mencari makan di sekitaran kuta dan sedikit jalan-jalan di daerah kuta yang hingar bingar dengan kehidupan malamnya dengan banyak nya club dan dentuman musik, saya sendiri tidak terlalu suka acara seperti ini hehe..tapi menurut saya bali seperti phuket thailand, dan kuta adalah patong beach nya bali plus gilitrawangan adalah phi-phi island nya..hehe..setelah selesai jalan-jalan malam saya pun melanjutkan beristirahat karena waktu sudah menunjukan jam 12 malam lebih !!!

Kuta sunset
(Catatan : petunjuk jalan di bali menurut saya membingungkan, contoh kasus misalnya kita mau ke ubud. dari kuta ada plang petunjuk jalannya tetapi ketika ada pertigaan ehh malah ga ada plang nya atau ga banyak petunjuk jalan yang terhalang oleh pohon dan daun, jd kan bingung tuh, tips saya untuk membaca peta di bali sih, misalnya kalian mau ke ubud terus ga ada plang petunjuk jalan yang menunjukan arah ke ubud, nah kalian ikutin aja arah ke jalan yang dekat menuju ubud.)

LITTLE HEAVEN IN BALI

Tanah Lot
     Last day for traveling in bali, ini judul buat hari ini, soalnya ini hari terakhir saya liburan di bali jadi mesti abis-abisan nih ngunjungin tempat-tempat hebat di bali, seperti biasa saya bangun siang dan lekas menyewa motor lagi, motor matic vario selalu mendampingi saya jalan-jalan di bali hehe..tujuan awal untuk hari ini adalah tanah lot, rasanya belom ke bali kalo belum ke tanah lot, perjalanan ke tanah lot saya tempuh kembali selama satu jam, selama perjalanan menuju tanah lot kalian bakalan disuguhin pemandangan hamparan sawah yang cukup memanjakan mata loh, sesampainya di tanah lot kita harus bayar 8000/orang untuk tiket masuk dan parkir, menurut saya yang menarik di tanah lot adalah ada nya pura di atas batu karang yang besar dan kalau air laut sudah surut kalian bisa menyebrang kesana, tetapi sayang saya tidak bisa berlama-lama disana menunggu hingga air nya surut karena saya harus mengejar tempat-tempat lain, oh iya di tanah lot juga terdapat goa yang ada holy snake nya atau ular suci nya loh, kalian harus tunggu si pawang ular itu buat liat ular nya. Setelah puas berfoto-foto ria di tanah lot, saya melanjutkan perjalanan menuju Garuda wisnu kencana yang konon bila sudah jadi akan menjadi patung terbesar se asia loh..mantap ga tuh??

GWK boss !!!
     Perjalanan menuju GWK saya memilih melalui legian - denpasar - kuta - dan menuju arah nusa dua..sesampainya di GWK lagi-lagi saya harus bayar tiket masuk sebesar 25rb/orang dan 2rb untuk parkir motor. berkeliling-keliling di komplek pariwisata GWK yang luas dengan tebing-tebing besarnya cukup membuat saya lelah, akhirnya saya pun beristirahat sambil menikmati es kelapa muda setelah berkeliling – keliling, banyak atraksi pariwisata yang disuguhkan di GWK seperti menggambar karikatur, tari kecak, dll,beristirahatlah saya di cafetaria dan ternyata kebanyakan pelayan nya adalah orang sunda loh, jadi berasa di bandung nih bukan di bali hehe..puas berkeliling di GWK saya pun melanjutkan perjalanan sambil sedikit berkunjung dan melihat-lihat universitas udayana bali yang kalo di bandung ini mirip unpad nangor loh.

Setelah keluar komplek GWK saya melanjutkan perjalanan ke pantai dreamland, untuk mencapai pantai dreamland, kalian harus melewati sebuah daerah perumahan elite pecatu yang konon milik tomi suharto, jalan dari jalan raya menuju pantai dreamland cukup jauh juga ternyata, tetapi sesampainya di pantai dreamland kalian ga akan nyesel koq, pantai yang lebih putih pasirnya dari pantai kuta ini cukup indah dengan banyak tebing yang besar dan karang-karang yang tinggi, tidak sedikit para peselancar bule yang menjajal ombak di pantai ini tapi saying pantai ini terlalu kotor dan tidak terawat plus banyak nya bangunan besar yang menutupi pemandangan indah di dreamland.

goa menuju padang beach

Arti dreamland sendiri adalah pulau harapan dimana saat Tomi Suharto membangun kawasan ini warga setempat berharap bahwa kawasan ini dapat bersaing dengan pantai kuta, nah kejadian lucu nya adalah, saya liat ada orang lokal gitu yang minta di fotoin bareng bule, ampir setiap bule yang lewat depan dia tuh dimintain foto bareng..hadeuuuh jarang liat bule kali yah tuh orang -,-''..ga banyak waktu yang saya habiskan di pantai ini karena katanya ada pantai yang lebih bagus di daerah pecatu dekat dengan dreamland ini. Dengan rasa penasaran saya pun melanjutkan perjalanan mencari padang padang beach, jalan menuju padang padang beach sama dengan arah menuju pura uluwatu tetapi pas belokan kalian pilih belok kanan yah, setelah melalui jalanan yang naik turun dan pinggir - pinggir nya hutan akhirnya saya menemukan padang padang beach ini..untuk masuk ke pantai ini kalian harus melewati gua loh, dan setelah keluar dari goa..WOW this like little heaven !!! Mungkin ini pantai yang paling indah yang pernah saya liat selama di bali, pantai yang bersih dan di apit oleh tebing-tebing besar ini sangat indah dan sejuk, pantas pantai ini digunakan sebagai tempat shootingnya Julia Roberts dalam film nya yang berjudul eat pray love !!! Akhirnya saya memutuskan untuk menikmati sunset hari ini di padang-padang beach, nice momment :D

pantai dreamland
padang padang beach
padang padang beach sunset
Karena hari sudah gelap padahal saya masih ingin menikmati keindahan padang – padang beach akhirnya saya harus pulang meninggalkan pantai indah itu, karena ini hari terakhir saya untuk jalan – jalan di Bali maka kurang afdol kalau saya tidak membeli sedikit buah tangan dari bali, atas rekomendasian seorang teman katanya sih kalau mau belanja murah yak e pasar sukowati, tetapi karena pada saat itu hari sudah malam saya pun memutuskan untuk melihat sebuah pertokoan besar krisna, krisna ini menjual berbagai macam oleh – oleh bali dari kerajinan tangan, baju sampai makanan. Tetapi menurut saya barang – barang disini terlalu mahal, akhirnya saya  memutuskan untuk melihat ke daerah jogger, dan ternyata memang lebih murah dari krisna loh, dan pilihan nya pun tidak kalah banyak dari krisna dan pasar sukowati, tapi ingat yah belanja nya di daerah joger, bukan di jogernya. Banyak barang yang bisa di beli disana dengan harga murah, seperti baju dan celana yang harganya cuma 10rb :D

Setelah puas berbelanja saya pun kembali ke hotel untuk mengembalikan motor yang disewa dan bersiap melanjutkan perjalanan ke Bandara ngurah rai, walaupun flight saya untuk keesokan harinya pada pukul 10 pagi, saya memutuskan untuk menginap saja di bandara, selain untuk menambah pengalaman saya menginap di berbagai bandara, saya juga takut telat kalo harus tidur di hostel. Bandara Ngurah rai tidak jauh dari kuta koq, oh iya bila kamu ingin menginap lebih murah saya saranin sih nginep di daerah Denpasar aja, disana lebih banyak penginapan yang murah, semalam bisa 25rb dengan fasilitas kamar mandi didalam.

NGINEP DI BANDARA ?? SIAPA TAKUT !!!

tidur di mushola bandara
     Sesampainya di bandara pada pukul 11 malam, saya pun segera pergi ke kamar mandi bandara untuk mandi karena sepanjang hari ini badan saya sangat lengket. Mandi di bandara tidak terlalu buruk koq, ada semprotan yang bisa kalian gunakan untuk mandi, setelah selesai mandi segar sekali rasanya, saya pun mencari spot untuk tidur di bandara, di bandara ngurah rai pada pukul 12 malam restaurant dan kedai – kedai kecil sudah pada tutup, jadi kalian bisa tidur di kursi – kursi restoran atau pun saran saya spot yang paling enak untuk beristirahat adalah di mushola yang buka 24 jam !!! di bandara ngurah rai sendiri tidak banyak yang bisa dilakukan karena bandara ngurah raitidak terlalu besar, selain diam dan tidur ataupun kalian bisa online di dekat alfamart mereka menyediakan laptop untuk berinternetan ria, akhirnya dengan beralaskan sajadah berselimutkan sarung dan berbantalkan tas segede bagong, saya pun tertidur lelap dengan di temani sepoi-an kipas angin.

atap bandara ngurah rai
     Matahari sudah tertib dan terik matahari pun serentak membangunkan saya, saya segera cuci muka dan bersiap untuk check in ke air asia, ternyata setelah check in saya menunggu di ruang boarding nya, bandara ngurah rai ini memang betul-betul kecil menurut saya, walaupun ada layanan internet gratis tetapi kondisi bandara tidak terlalu baik, banyak tembok – tembok yang cat nya sudah mengelupas dan juga atap – atap yang sudah menguning mungkin terkena rembasan air dari AC, tidak lama saya menunggu pesawat air asia saya tiba tepat pukul 10 pagi dan kami pun langsung pulang menuju bandung dan saya harus kuliah siang nya zzzz. Pengalaman yang sangat menyenangkan, walaupun liburan saya di Bali sangat singkat tetapi banyak kesan yang saya dapat, suatu saat saya akan lebih menikmati bali dan menjelajah pulau – pulau cantik lainnya seperti Lombok dan gili trawangan :D

go back to bandung !!!

KENALI NEGERIMU CINTAI INDONESIAMU !!!!




92 komentar:

  1. keren bro .. big thumbs bwt lo..
    siip siip .. lanjutkan hobi lo..

    BalasHapus
  2. hehehe makasih mas gading mas indah #loh

    BalasHapus
  3. Halo,
    saya ada rencana nyampe di Bali pake travel, kira kira jam 5-7 pagi, pada siang harinya saya harus njemput teman di bandara, nah rencananya, saya mau minta pak travelnya nganterin ke bandara ngurah rai sekalian aja dan nunggu sampe jam 2 an buat jemput teman. Kebetulan saya cewek, sendiri, kira kira tempat yang aman buat nunggu 7 jaman dimana yah, kalo dimushola apa gak diusir sma petugasnya, trus apa ada perpustakaan buat nongrong lama selain internet (gratis gak sih internetnya?)
    Semoga cepet dibales ya, soale dua hari lagi mau kesana..

    BalasHapus
  4. buat nunggu di bandara siang-siang sih banyak banget yang bisa dilakuin, tapi 7 jam buat nunggu terasa lama kalo saya sih, kenapa ga puter2 dulu daerah bandara, banyak spot menarik kok :D

    BalasHapus
  5. kang, sewa motor murah meriah aman di mana? deket bandara ada ga? pake motor jalan santai ke Padang Bai brapa lama? itu parkir motor di padang2 beach brapa dan di mana ? itung2 abis ongkos bensin kuta-ubud-padang bai-kuta-nusa dua-gwk-padang2 beach, brapa? kalo boleh tahu, hotel yg 25k di denpasar tuh namanya apa yah? trim's.

    BalasHapus
  6. di daerah poppies 2 kang, deket bandara sih gak ada, lebih ke daerah yang rame pariwisatanya aja. kalo dari kuta ke padang bai sih sekitar 1,5 jam an lah kang. parkir motor di padang2 beach ada di sebrangnya, udah disediain khusus buat parkir, kasih aja 2rebu kang. 2 kali isi full bensin baru bisa muter2 disana. nah buat yang hotel di denpasar itu saya kurang tau, coba tanya ke supir taxi atau tukang parkir disana, mereka pasti tau kang.

    BalasHapus
  7. 2 jempol deh buat postingannya.. enak dibacanya..
    mo tanya kalo keluar bandara mo ke kuta enakan naek apa ya?
    thx for sharing...

    BalasHapus
  8. hehe makasih, ntar bukunya lebih enak dibaca daripada blog nya (ceritanya udah mau nerbitin buku) hehe..kalo dari bandara mau ke kuta, bisa pake ojek, sekitar 20rban 1 orang. kalo rame2 mending sewa taxi. :D

    BalasHapus
  9. sip.. makasih responnya ya.. good luck for your book...

    BalasHapus
  10. mantapp brothr....!!!!! jempol w empat2nya buat u ..!!!!

    BalasHapus
  11. @black hirata : jempol kelima yang dalem celana ga dikasih juga bro?? hahaha..makasih bro, semoga terhibur membacanya hehe

    BalasHapus
  12. keren... waktu mei2011 sy ke bali jg, nginap di hostel manik sekaligus nyewa vario jg disitu. recommended lah,, si vario diajak sampai ke kintamani aman2 aja, kempes jg gak.

    BalasHapus
  13. @anonim : iya, murah bersih dan keceh yah...hehehe

    BalasHapus
  14. bang daerah yg penginapannya terrrrrrrrrrrrmurah di bali dimana
    minta suggestion dong
    persiapan mau kebali nih smester ini, hhe bikin perncian dlu biar ada target nabung hhe

    BalasHapus
  15. bali mah poppies line. didaerah legian, kuta.
    harga mulai dari 40rebu ada disana.

    BalasHapus
  16. hai mau nanya dong
    itu yang di penginapan di manik itu 100 ber 2 ya? pake ac apa fan?
    kalo fan panas ga sih maksutnya gerak gituu pagi2 nya pas bangun tidur
    oiaa tambahin foto2 nya + harga donggg di setiap cerita muu hahahah thxxxx

    BalasHapus
  17. iya bedua, pake fan cuma ga gerah kok :D

    BalasHapus
  18. dimana bisa dapat peta petunjuk jalan mas?trus kemaren nyewa motornya pas sudah dipenginapan ya?

    BalasHapus
  19. @chacha : kalo chacha ke bali pake pesawat, pasti ada peta petunjuk jalan kok di bandara, biasanya di bagian tourist information. kalo ngga, biasanya di pos tourist information dan hostel2 punya kok peta petunjuk jalan.

    Kalo mau nyewa motor, di Bali banyak banget yang nyewain motor, khususnya di poppies line. hampir setiap penginepan mereka nyewain motor juga.

    BalasHapus
  20. bang, mau tanya dong...
    tau paket tour yang murah gak ya ke bali? bwt 3h2m gitu?
    sbnrnya saya si mau backpacking..nyari2 sndiri dan dgn yang semurah-murahnya. tapi ni temen satu 'orkay' (orang kaya) jadi gak biasa yg begituan.
    kalo ada mohon sarannya ya bang. yang murah. yang enak di gue nya juga. maklum tabungan cm dikit. tengkyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh..karena ga oernah sama sekali pake tour gitu. jadi ekye ga tau deh hehe..maaf yaaak.. coba aja backpacking, tp jgn terlalu ngirit. Jangan terlalu susah2 banget tripnya.

      Hapus
  21. It's supposed to be "Touched down Bali" not "touchdown Bali".
    Peace bray.

    BalasHapus
  22. hostel yang deket kemana2 ada dis?
    pengen jalan2 ke kuta, padang-padang beach dan tentunya deket ama tempat beli oleh2 hehe.

    BalasHapus
  23. jalan2 nya rumit gk kang??
    lebih takut nyasar sih :)

    BalasHapus
  24. Ijin save pagenya..buat referensi tambahan hehe soalnya Ntar tutup tahun mau ke bali (pake sewa motor). emang kalo ke bali jalan sendiri mending pake gps ~ gps hp aja, kalo ngandalin rambu2...wadahhh bakal nyasar

    BalasHapus
  25. Mantap ceritanya

    Aku justru sedang nyari temen ini yang mau diajakin ke bali
    Ada yang kesana ga bulan depan?

    BalasHapus
  26. Hai salam knal.. Nama q rozak,biasa dipanggil jacky. Saya dr jogja tp skrg tinggal di bali. Klo misalny kalian mau berlibur ke bali tp bingung ruteny atau baru prtama ke bali sya puny tmen dy bisa ngadain tour dibali 3hr2mlm atau lebih uda sama hotel jg sama jalan2.. Msalah biaya kalian bs atur sndiri mau budget brp.soalny dy orngny flexible,trs baik pula.. Atau klo kalian mau skedar tanya2 jg boleh ini nmor saya 0822 2550 7886,sya bntu klo sy bisa. Uda gtu aj info dr saya.. Thx

    BalasHapus
  27. hostelnya hitung per kepala atau perkamar ga bro..?? dalam kamr bsa 3-4 orang ga..?

    BalasHapus
  28. her mortal. This is peculiarly alignment if you run the lay on the line of ill health without
    it. Sometimes, they volition be writer apt to use and what they love sports and sports lonely.
    lone a sports-coreferent fastening to your private infinite.
    If you go down to, it may seem obvious, Michael Kors Outlet Store Michael Kors Handbags Michael Kors Handbag Outlet Michael Kors Outlet Stores michael Kors shoes can be precise
    baffling. Try victimization Facebook ads.
    You can get word zealous deals. some grouping confront track event they couldn't see thanks to
    a undefended approval roll. nearly achievement card game are based
    on principles expropriated from your body fluid and you're expiration to be underinsured, but if it

    My weblog; Michael Kors Handbags

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. Mau tanya donk bang..dari ubud ke bandara yg murah naik apa yah? Mau naik shuttle bus tp gak tau jadeal yg fix dan dmn stay nya tu bus nya...bls please..makash bang..

    BalasHapus
  31. Mau tanya donk bang..dari ubud ke bandara yg murah naik apa yah? Mau naik shuttle bus tp gak tau jadeal yg fix dan dmn stay nya tu bus nya...bls please..makash bang..

    BalasHapus
  32. seru juga petualanganya ke Bali Bro.. melihat pemandangan sambil jalan-jalan, naik kreta, bis patas, vario - pesawat.. mantap

    BalasHapus
  33. keren nih petualangannya di Bali, njir, malah fokus ke foto atap bandara ngurah rai. hahaha..

    BalasHapus
  34. Skrg enk klo mls pke motor bisa pke graptaxi hrgax jg lumayan murah

    BalasHapus
  35. Saya belum pernah ke bali...:(

    BalasHapus
  36. Wah asyik banget backpacker ke Bali, nice artikel jadi ada info untuk merancang itinerary backpacker ke Bali

    BalasHapus
  37. dimana bisa dapat peta petunjuk jalan mas?trus kemaren nyewa motornya pas sudah dipenginapan ya?

    BalasHapus
  38. Bali mah best ever forever dah... Travel destination kece abis XD

    BalasHapus
  39. boleh lost in bali melucur ah

    BalasHapus
  40. Kalo ke Bali,kudu nyoba kesini juga kayaknya http://avillabali.com/3-tempat-mistis-di-bali-yang-bisa-kamu-kunjungi/ hehehehe... Sisi lain dari Bali ;)

    BalasHapus
  41. wah udah deket sama blue point kenapa ga mampir brow. Keren pemandangannya

    BalasHapus
  42. Buset mandi di bandara greget juga lo bro. btw nice share sangat menghibur.

    BalasHapus
  43. wah artikelnya bagus gan.....sangat membatu bagi saya

    bisnis terbaru

    BalasHapus
  44. Tanah lot selalu jadi destinasi wisata segala umat XD keren dah

    BalasHapus
  45. mantap sampai mandi dan nginep di bandara, ini baru petulang sejati. hehehehe. tapi objek wisata di bali bagus-bagus kok. semoga gak kapok ke bali ya, dateng berkunjung lagi dan kunjungi banyak objek wisata baru di bali.

    BalasHapus
  46. mantap sampai mandi dan nginep di bandara, ini baru petulang sejati. hehehehe. tapi objek wisata di bali bagus-bagus kok. visit ya HqPoker

    Agen DominoQQ

    BalasHapus
  47. mau ath kang ajak dedek ke bali. libur lebaran deh insha allah kesana kali dapet jodoh disana

    BalasHapus
  48. Aku mau ke Bali tapi selalu bentrok sama jadwal lain kak, duh >.<

    BalasHapus
  49. Wah seru juga ngikutin cerita gemeberlers ini hahaa... Tapi kalo dicariin judul akan lebih tepat, romantisme murah ke bali. Dari naik kereta kelas bisnis sudah tidak mewakili gemebelersnya, cuma ngena pas hari terkahir mandi dan tidur di mushola bandara ngurah rai dengan ac yang belum ada tabung prionnya cuma kipas anginya hahaha

    Sofar pengalaman perjalanannya berbagi banget dan penuh motivasi, dari naik bis dari wonokromo. Tapi kalo naik bis diterminal ubung denpasar juga sangat banyak calonya dan sadis juga, tolong juga dicatet buat pengunjung blog ini yang berncana lewat jalur darat dari bali ke pulau jawa.

    Untuk penginapan murah memang benar popies line tempatnya, harga relatif murah dan bervariasi disesuaikan dengan fasilitasnya. Yg paling menguntungkan adalah lokasi yang setrategis dekat dengan pantai kuta, atapun ke pusat keramaian dijalan legian. Untuk yang suka pijat juga ada banyak pilihan tempat pijat disana. Tapi yang penting, bener dekat dengan pasar kuta, yang malam hari banyak beejejer penjual makanan murah seperti soto ceker, nasi pedas ibu hanif dan nasi jinggo daun dan relatif terjangkau buat semua.

    Untuk soto ceker yang dimaksud penulis whateverbackpaker.com adalah soto ceker arema yang pemiliknya orang malang, dan merupakan pencetus soto ceker lainnya, bukanya di emperan toko apotik dan hanyak buka ketika malam hari dan rasanya enak. Update harga 2017, soto nasi ditamabah aqua 17rb/ porsi. Murah banget plus enak dilidah rasanya.

    Selain soto ceker, yang wajib di coba jika berada di kuta adalah ayam betutu gilamanuk yang namapol habis pedasnya. Sebenernya banyak cara penyajian ayam betutu, salah satunya adalah yang berkuah dan merupakan menu utama dan paling diminati di franchaise ayam betutu gilimanuk.

    Untuk tempat wisata di bali ada cukup banyak dari ubud dll. Tapi jika berencana untuk menggunakan motor, sebaiknya mengunjungi daerah kawasan bali selatan seperti :

    Pantai tanjung benoa,
    Peninsula and nusa dharma island
    Waterblow
    Pantai pura geger
    Pantai pandawa
    Pantai melasti
    Dreamland
    Pantai padang-padang
    Pura uluwatu dan performance kecak dance
    Gwk
    Makan malam di jimbaran

    Untuk yang berniat beli oleh-oleh bisa coba di krisna, tapi jika merasa terlampau mahal bisa coba di erlangga. Untuk yang memiliki waktu lebih dan pintar tawar menawar sebaiknya ke pasar sukawati.

    Untuk referensi tempat sewa motor di bali, kususnya untuk daerah kuta ataupun langsung di bandara bisa coba di sewa motor murah di bali operated by sewamotordikuta.com

    BalasHapus
  50. bali wisata pantai yang eksotik,,semua orang impian untuk berlibur kesana,,mantaap pulau bali.

    BalasHapus
  51. Salam gembelers, semoga dengan semangat traveling menjadikan kita paham arti bagaimana jalan-jalan sebenarnya ya. Heehehe, salam kenal

    BalasHapus
  52. Artikelnya mantap...lanjut mas.

    BalasHapus
  53. Pulau bali emang surga wisata indonesia...Salam gembelers

    BalasHapus
  54. selain nusapenida mana lagi Wisata Bali yang menarik untuk dikunjungi?

    BalasHapus
  55. Terima kasih telah berbagi informasi kepada kami

    Primbon jawa kuno adalah blog yang menyediakan informasi tentang hal-hal mistis seperti berkedut, firasat, makna mimpi, arah jodoh, arah keberuntungan dan banyak ulasan menarik lainnya.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Bali memang pulau yang indah, karena kenapa pulau dewata ini sangat banyak turis yang mengunjunginya. salah satu alasannya pemandangan serta tempat wisata yang indah dan keren.

    Biro Umroh Banjarnegara

    BalasHapus
  58. gila keren banget. jadi pengen kesana

    BalasHapus
  59. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
    INI IALAH CERITA SAYA

    Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah besar wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

    Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

    Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapat pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    Nama Saya: MURNI SANTI
    E-mel Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  60. Tidak hanya seru tapi menurut saya nekat banget.... salam gemblerss

    BalasHapus
  61. Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya putus asa untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina, yang merupakan pemilik perusahaan peminjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, jadi saya menyimpulkan keberanian dan menghubungi Nyonya Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman silahkan hubungi Bu Elina via email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
    Ada perusahaan palsu online lain yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

    Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  62. Selamat siang untuk semuanya, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya dengan Bu Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman Rp 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya mendapat telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, maka saya menyarankan siapa saja yang berminat untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau via WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Ojeg Backpacker Bali (sepeda motor)

    Kalian backpacker atau solo traveler yang ingin jalan-jalan hemat namun tak bisa naik motor. Jangan khawatir, hubungi kami segera untuk membantu perjalanan anda sampai tujuan. Menjelajah Bali murahhh mulai 200k saja

    Berikut paket yang kami sediakan:

    A. BALI Timur-KARANGASEM ( 350K )
    Pura Lempuyang, Tirta Gangga, Taman Ujung, Bukit Asah, pantai Virgin, pantai Bias Tugel, Pura Besakih, kampung Tenganan, Bukit Cinta Karangasem

    B. Bali Timur-Bangli ( 300K )
    Air terjun Tukad Cepung, kampung Pinggan, Manik Liu, kampung Penglipuran, danau Batur

    C. BALI Utara ( 300K)
    Air terjun Sekumpul, air terjun Lemukih, air terjunnNungnung, air terjun Banyumala, air terjun Tribumana, air terjun Gitgit, danau kembar Buyan, danau Tamblingan, pura Ulun Danu Bratan, Bedugul, puncak Wanagiri, dsb

    D. UBUD ( 250 K)
    Tegalalang Rice Terrace, Pura Tirta Empul, pura Gunung Kawi, Monkey Forest, Bukit Campuhan, Pasar Seni Sukawati, pura Batuan, air terjun Tegenung, Goa Rengreng, air terjun Kanto Lampo

    E. BALI Barat ( 250K )
    Jatiluwih Rice Terrace, Tanah Lot, Sangeh, Pura Taman Ayun, Taman Mumbul, Pantsi Pasut, dll

    F. Bali Selatan ( 200K )
    Pantai Kuta, Pantai Tegal Wangi, Pantai Balangan, pantai Suluban, Pantai Nunggalan, Pantai Melasti, pantai Pandawa, GWK, tari kecak Uluwatu

    G. jasa tour guide (150k)
    Kami naik kendaraan anda dan menemani selama berwisata

    Tujuan wisata diatas tidak saklek , kalian bisa pilih tempat mana saja yang ingin dikunjungi

    Paket berlaku 8-10 jam

    Paket sudah termasuk: Driver, Motor, Tour Guide dan ambil foto

    Paket belum termasuk: makan, tiket masuk dan parkir

    “Ayo berkelana bersama kami"
    -WA: 081575638713
    -email: photomaniac_84@yahoo.co.id

    #ojegbackpackerbali #jalanjalanmurahdibali #bali #baliojegwisata #ojektravelingbali #jalanjalandibali #ojegsajabali #ojekbali #baliojek #ojegdibali #jalanjalanpakemotordibali #backpackerbali #wisatabali #bacpackerindonesia #ojekpiknik #ojegsolotraveler

    BalasHapus
  65. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya memperkenalkan saya pada perusahaan ALL GLOBAL pada awalnya HIBAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di ponsel saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(304)997-4034
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus
  66. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara yang berlipat ganda, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam usaha yang tulus dan nyata,

    Saya ingin memberikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya kepada pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Rahmat, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan banyaknya uang yang dikeluarkan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Nyonya ELINA JOHNSON yang merupakan CEO dari PINJAMAN GLOBAL ELINA JOHNSON.

    Jadi saya dan suami mengajukan pengajuan pinjaman (Rp1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengindahkan usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya inginkan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya datang. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com
    Tak berhenti sampai disitu, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa agar ALLAH memberkatinya atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  67. kalau sudah ke bali jangan lupa juga mampir ke banyuwangi yah, banyak beragam destinasi menarik mulai dari wisata alam hingga kulinernya. kalau sempat nanti bisa kontak mimin dan baca baca dulu tulisan artikelnya disini ya


    https://yukbanyuwangi.co.id/informasi-lengkap-10-hotel-berbintang-di-banyuwangi.html
    https://yukbanyuwangi.co.id/super-enak-melancong-kesini-wajib-cobain-kuliner-banyuwangi.html
    https://yukbanyuwangi.co.id/blue-fire-kawah-ijen.html
    https://yukbanyuwangi.co.id/pantai-pulau-merah.html

    BalasHapus
  68. Similar Web Sites https://www.aydesign.net

    BalasHapus
  69. Baby spa Jakarta Baby Spa Jakarta adalah Pijat Bayi Jakarta salah satu perawatan bayi yang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini.

    Pernahkah Anda mendengar tentang baby spa (spa bayi)? Baby spa adalah salah satu perawatan bayi yang menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Menariknya, perawatan ini bukan hanya sekadar tren belaka. Spa bayi juga dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan untuk si kecil, lho! Kapan si kecil diperbolehkan melakukan baby spa dan bagaimana prosesnya?

    BalasHapus