Dormitory / Dorm Room (Hell or Heaven ??)

dorm room di lub sbuy
     Sawadee gembelers semua, di postingan ini saya mau bahas tentang Dormitry alias Dorm room alias asrama alias kamar yang dihuni oleh lebih dari satu orang dengan jumlah kasur yang lebih dari satu juga dan biasanya kasur nya adalah kasur bertingkat. Dorm room sangat familiar buat para backpacker, untuk mengirit uang banyak backpacker yang memilih dorm room sebagai tempat untuk beristirahat dan menginap karena harganya yang lebih murah dari kamar private single. Dorm room itu surga apa neraka yah?? secara masa kita tidur barengan dalam satu ruangan sama orang yang ga kita kenal?? gimana kalo ternyata orang yang tidur satu ruangan sama kita itu saiko, pencuri, pencabul atau pembunuh berdarah dingin hahaha..

     Nah untuk itu disini saya mau menyebutkan kelebihan (Heaven) dan kekurangan (Hell) dari dorm room menurut pengalaman saya selama backpackeran baik didalam maupun di luar negeri (di Indonesia jarang hostel yang menyediakan dorm room)

"HELL DORM ROOM"

  • Kekurangan dorm room adalah, apabila kita mendapatkan room mate / teman satu kamar yang rese, rese disini bisa dalam artian mereka tidurnya berisik suka ngorok atau ga mau diem, banyak omong, jorok ataupun yang saya sebutkan tadi diatas, ternyata mereka saiko, pencuri, dll.
salah satu dorm room
yang kurang menyenangkan
di cheap charlie (banyak nyamuk)
  • Kadangkala sirkulasi udara di dorm room sangat apek dan panas, di Thailand sendiri jarang sekali dorm room yang menyediakan fasilitas AC, paling mereka hanya menyediakan kipas angin saja. Beda lagi dengan singapore yang saya tau kebanyakan dari dorm room mereka sudah banyak yang menggunakan AC.
  • Kita harus mau berbagi atau memaklumi kebiasaan dari teman sekamar kita, contoh mereka orangnya jorok, seringkali para backpacker asing menyimpan barangnya dimana saja baju, celana, buku, tas sampai handphone tergeletak di lantai kamar.
  • Harus juga dapat saling bertoleransi, contoh seperti apabila kita mau tidur misalnya kita harus dengan keadaan lampu yang padam, tetapi ternyata teman sekamar kita selalu tidur dengan lampu menyala, yah untuk keputusan nya sih apabila kalian emang ga bisa tidur dengan lampu menyala, bilang saja sama temen sekamar anda dan beri alasan yang jelas supaya lampu kamarnya dipadamkan :)
  • Rebutan fasilitas dikamar, misalnya sering kali saya harus menunggu giliran untuk men-charge handphone dan alat elektronik saya lainnya karena terminal listriknya hanya memiliki satu colokan saja.
  • Ga bisa bebas, coba misalnya kalo kita di private room, kita bisa tidur sambil telanjang atau nyanyi nyanyi sambil teriak teriak. nah kalo ada orang lain dikamar kita?? hemmm...
Dorm room di Amanda guest house
Phi Phi Island
Shared Bathroom bersih
di lub sbuy hostel
  • Kadang suka rebutan kamar mandi, secara dorm room jarang memiliki kamar mandi include dengan kamar, nah saat harus mandi atau setor ke toilet kan kadang kita harus nunggu dulu kamar mandi yang di pakai oleh tamu lain.
     Mungkin itu beberapa kekurangan dorm room yang tidak membuat kita nyaman, nah sekarang saya mau menyebutkan beberapa hal yang menyenangkan dari dorm room.



"HEAVEN DORM ROOM"



  • Nah, menurut saya kelebihan dari dorm room menurut pengalaman saya adalah bertambahnya teman dari berbagai penjuru dunia, seperti saat saya baru pertama kali menginjakan kaki di thailand dan menyewa hostel dengan kamar dorm room di lub sbuy hostel saya bertemu 2 orang teman dari german dan saling berbagi cerita backpacker dari mereka sambil ngerokok dan minum beer. hehe...
Mike - room mate saya saat
di lubsbuy, nice person
  • Bisa dapet merchandise / oleh-oleh dari teman sekamar yang berbeda negara, pernah saya diberi kaos warna hitam bergambar gelas beer dan kangguru dari australia #lucky
  • Harga yang murah, dorm room buat para backpacker adalah hal yang pertama dicari saat akan menginap karena harganya yang jauh lebih murah dari harga kamar private, hampir bisa seperempat harga private room !!!
  • Keuntungan lainnya adalah apabila kita mengambil kamar dorm room, tetapi ternyata yang menginap disitu hanya kita saja tanpa ada orang lain, serasa menyewa private room dengan harga yang sangat murah.
  • Bisa lebih mengenal kebiasaan seseorang dari negara lain, contohnya adalah saat saya menginap di phi phi isalnd, teman sekamar saya adalah orang thailand yang sebelum tidur pasti selalu menghisap sabu-sabu atau ganja dari bong. hahaha..
private room di On On hostel

     Nah disini juga saya akan memberikan Tips untuk menginap di dorm room ;

  • Carilah dorm room yang jauh lebih murah dari kamar private yang hostel tawarkan, bila hanya beda sedikit yah mending ambil yang private.
"leonardo di caprio was here"
kamar yang dipakai leo saat film "the beach"
  • Jangan ragu untuk minta pindah kamar apabila teman sekamarmu sangat mengganggu.
  • Pilihlah kasur yang berada dekat dengan terminal / colokan listrik.
  • Carilah dorm room yang bersih, aman dan nyaman.
  • Carilah dorm room yang menyediakan safety box / locker room untuk menyimpan barang pribadi kita.

  • Dan satu lagi, carilah dorm room yang menyediakan lebih dari satu kamar mandi atau toilet, dan harus yang bersih.



7 komentar:

  1. mau tanya donk.. kalo dorm room di kuala lumpur ada rekomendasi ga yaa.. yang female aja..oia, trus kalo ga pake booking tp langsung pas mau nginep bisa ga.. makasii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kuala lumpur cari daerah bukit bintang, atau petaling. Banyak kok dorm room yang khusus cewe. Go show aja, ada kok :)

      Hapus
  2. huahahahha kalo bahas dorm, ane jadi inget pengalaman nginep di dorm hostel Singapur daerah Little India. Tempatnya enak, berAC, dan mbak2 resepsionisnya seksi tapi galak. Ga enaknya sih waktu itu temen ranjang sebelah yang sama2 orang Indonesia mengajak teman kencan bulenya ikut tidur berdua dibawah selimut yang sama :D ane jadi keganggu aja gan, soalnya ada suara2 aneh gitu padahal mau tidur hahahaha xD. #ehjadicurhat

    blognya keren deh gan :malus

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa lu ga ikutan? jadi threesome gitu, kan enak. :)))))))))

      Hapus
  3. Kalo disingapura yang bagus dan murah apa ya?

    BalasHapus
  4. seru banget ya kalau menyewa penginapan dorm room, punya temen sekamar dari berbagai negara.

    BalasHapus