Lombok Gak Pernah Bikin Bosen


Gue adalah seorang backpacker yang jarang banget foto-foto atau harus mengabadikan setiap tempat yang gue datengin. Either, ngejar beberapa destinasi sekaligus, gue lebih enjoy berlama-lama di satu destinasi dan nikmatin apa yang bisa gue nikmatin saat itu. Karena gue selalu percaya, gue akan bisa datengin tempat itu lagi suatu saat nanti, jadi kenapa harus ambisius?

Contohnya Lombok! Entah kali ke berapa gue datengin pulau cantik ini. 3 kali? 4 kali? Nope. Ini kali ketujuh gue main ke Lombok. Pertama gue nginjekin kaki di Lombok itu tahun 2011, waktu itu gue keliling Pulau Lombok dan Sumbawa hampir  1 bulan lamanya.

Apa 7 kali ke Lombok bikin gue bosen? Sama sekali, nggak! Di Lombok, lu akan menemukan banyak banget tempat keren, aktifitas seru, dan tempat yang sama tapi jadi beda, contoh kayak di kawasan Pantai Kuta. Tahun 2011 gue kesana, tempat ini masih kosong gak ada apa-apa, dan ilalangnya tinggi-tinggi. Sekarang? Buset, dah banyak banget cafe dan resto ala Bali! Plus Indomart Alfamart tentunya. Dan karena gue udah 7 kali ke sini, gue bakal ngasih tau kalian, ke mana dan apa aja yang seru di Lombok yang belum pernah gue bahas di postingan Lombok sebelumnya. Check this out!

Nyobain Baju Adat Sasak & Main ke Batu Layar


Dari kebanyakan kalian yang baca postingan ini, gue yakin, terakhir kali kalian pake baju adat pasti pas Hari Kartini atau 17 Agustusan, itu pun pas masih SD, ye kan?

Eh, apa cuma gue?

.....

Tapi tenang, buat kalian yang pengin nyobain baju adat Sasak, kalian bisa dateng ke Dharma Setia Lombok, yaitu sentra pembuatan tenun khas Lombok. Selain belanja, di sini juga kalian bisa lihat langsung proses pembuatan tenun dan sekaligus bisa nyobain baju adat Sasak yang tadi gue bilang. Oh iya, letak tempat ini gak jauh juga loh dari Desa Sade. Buat yang belum tau Desa Sade, kalian bisa baca di sini >> Desa Sade Desanya Para Penculik

Udah nyobain baju Sasak, gak ada salahnya kalo kalian coba juga main ke Batu Layar pas matahari terbenam, cukup 7 menit pake kapal dari Tanjung Aan, kalian bakal diturunin di karang-karang sama si Abangnya dan jalan dikit buat nyampe ke Batu Layar, kayak gini..


Patung Putri Mandalika dan Jembatan Cinta


Selain pantai-pantai cakep di Lombok, ada satu cerita lokal yang menarik banget, yaitu tentang Putri Mandalika. Gue sendiri gak tau ini cuma dongeng atau beneran kejadian, jadi konon katanya dulu ada seorang putri Lombok yang cantik bernama Mandalika. Putri Mandalika ini dikejar-kejar oleh 3 orang Pangeran yang berusaha banget buat dapetin si Putri Mandalika, namun ternyata kisahnya berakhir tragis. Alih-alih menikah dengan salah satu pangeran, Putri Mandalika memilih untuk terjun dari sebuah tebing agar tidak terjadi perang yang bisa jadi disebabkan oleh dirinya. Keren gak tuh pengorbanan cintanya? Titanic doang mah lewat!

Dari cerita ini lah kenapa di Lombok ada Festival Bau Nyale, yaitu festival menangkap cacing laut yang cuma muncul sekali dalam satu tahun, yang konon katanya cacing-cacing itu adalah jelmaan dari Si Putri Mandalika.

Pusuk Sembalun – Bukit Selong



Setelah main pantai, gue saranin kalian buat dateng ke Bukit Selong. Untuk mencapai Bukit Selong, kalian harus jalan ke arah Desa Sembalun, yaitu desa di bawah kaki Gunung Rinjani. Tapi di tengah perjalanan, jangan lupa buat mampir foto-foto landscape hutan Sembalun di Pusuk Sembalun. Tempat ini memang di bikin buat foto-foto keindahan alam Sembalun, katanya. Ah, dan jangan lupa siapin juga uang buat jajan yah, karena di sini banyak abang-abang yang jualan jajanan khas Lombok. Yang paling gue doyan mah pentolnya, mantap!

Gak jauh dari Pusuk Sembalun, lu bakal nyampe di Bukit Selong. Kata abangnya, Bukit Selong ini baru banget di buat masyarakat setempat untuk menarik wisatawan. Jujur aja gue seneng banget, karena pada akhirnya masyarakat Lombok udah mulai  melek sama pariwisata. Kalo kalian mau tau, tahun 2011, pertama kalinya gue ke sini dan Bandara Internasional Lombok juga baru berdiri, ada beberapa kelompok masyarakat yang gak setuju kalo Lombok jadi daerah wisata dan akhirnya mereka bikin rusush di saah satu acara pariwisata. Seriusan gue. Tapi kalo dateng sekarang, Lombok dan makin welcome buat wisatawan.


Untuk mencapai Bukit Selong, kalian perlu naik beberapa anak tangga. Gak banyak dan susah, kok. Treknya pun gak bikin capek. Tapi pas kalian dah nyampe di atas bukit.... Beuh, biar foto dan video yang langsung bicara, nih!

Gila, keren kan? Bisa kotak-kotak simetris begitu, yah!

Gili Nanggu & Gili Tangkong



Gak ke Lombok namanya kalo gak ke Gili. Iya, Lombok punya banyak banget Gili. Gili sendiri artinya itu pulau, FYI aja.

Biasanya, gili yang selalu gue datengin adalah Gili Trawangan, yang terakhir kali gue ke sana, ada pengalaman paling manis sekaligus jadi kenangan paling pahit buat gue.

Baca aja ini nih >>> Pengalaman Manis

Terus abis itu baca yang ini >>> Pengalaman Pahit, Tapi Jadi Manis

Tapi, sekarang gue mainnya ke Gili Nanggu dan Gili Tangkong. Untuk mencapai Gili Nanggu dan Gili Tangkong, kalian cukup pake perahu bermotor sekitar 20 menitan, gak terlalu jauh, lah. Kalo kalian naik perahunya dari Arab, mungkin kerasa banget jauhnya.

Seperti kebanyakan pulau lainnya, di sini kalian bisa main air dengan pasir pantainya yang putih halus. Gak seramai Trawangan, Gili Nanggu umumnya dinikmati untuk snorkeling karena koral-koralnya yang lebih mendingan dibandingkan gili-gili di sebelahnya. Dah di tengah pulau ini pun ada spot instagramable, loh. Kalian bisa foto-foto di tengah jejeran pohon-pohon yang kalo gak salah itu pohon pinus.

Sementara di Gili Tangkong, sepi banget. Jaraknya dari Gili Nanggu pun deket banget. Biasanya di sini wisatawan yang dateng bisa menikmati makan siang ikan-ikan laut dari perairan Lombok, langsung, fresh, dengan cocolan sambel pedas ala Lombok.

Untuk menambah keseruan jalan-jalan di Lombok, nih gue kasih liat video perjalanan kita di Lombok yang diambil sama Bli Adit @commaditya




Jadi, mau ke Lombok lagi?

41 komentar:

  1. Yea, amaan bang. Ke satu pantai aja bisa seharian muter2nya.

    Ini pulau kecil tapi setiap sudutnya menawan, ea wkwkkw.

    BalasHapus
  2. Wadawww jatuh cinta sama tone fotonya bg :)

    BalasHapus
  3. Foto kenangan manisnya masih disimpen aja bang :)
    Pengalaman paling manis yang jadi kenangan paling pahit gitu yang kadang bikin trauma traveling bareng pacar lagi :(

    BalasHapus
  4. ih bagus bgt :(

    yasarunaw.blogspot.com

    BalasHapus
  5. ya ampun lombok.. bukan hanya pantainya aja yang indah tapi bukitnya juga..

    BalasHapus
  6. Gak sekalian nanjak rinjani gitu om?

    tahun depan lombok ah...
    *beli celengan bagong

    BalasHapus
  7. Lombok memang memesona, nggak salah deh banyak orang yang jatuh hati sama daerah ini, pengennya datang lagi dan lagi...

    Btw suka sekali sama foto2nya, especially yang pantai2...

    BalasHapus
  8. Biar lengkap, bagaimana kalau nanti waktu ke Lombok yang ke 8 kali, coba adat menculik gadis di sana?

    BalasHapus
  9. Subhanallah keren bgt bg takdos. Sumpeeehhh 😀😀😀😃

    BalasHapus
  10. Gak ke Rinjani sekalian bang..?
    Saia kalo denger kata Lombok pasti bayangannya ke Rinjani..

    BalasHapus
  11. Kalau gue kelombok, sekalian aja ke rinjani. Hehehe
    Tapi kalau ikut travel ya gak bisa kemana-mana. Doain aja bulan ini ke rinjani. Josss

    BalasHapus
  12. keren nih adis takdos bisa kemana mana .doain biar saya juga bisa kayak bang adis .

    BalasHapus
  13. Subhanallah madep banget, rencanain kesana dehh :D

    BalasHapus
  14. amankan uang dan harta berharga anda dengan menggunakan brankas. selengkapnya hanya di http://brangkas.id/

    BalasHapus
  15. Ya ampun pemandangan di lombok itu keren banget..

    BalasHapus
  16. foto-fotonya benar-benar keren, apalagi kalau lihat langsung.. ya ampun, pasti gak bakal berhenti mengucapkan "subhanallah".. :)

    BalasHapus
  17. foto gunungnya keren sudutnya mantap banget bang :D

    BalasHapus
  18. Hai semuanya, Anda harus mengabaikan semua pemberi pinjaman kredit ini, karena semuanya adalah penipuan ... penipuan yang sebenarnya ... Saya adalah korban dan kehilangan $ 3600 dolar. Ada banyak pinjaman pinjaman palsu di sini tapi beberapa hari yang lalu saya mengacu pada ROYALTY LENDING FIRM adalah pemberi pinjaman pinjaman nyata. Hidupku telah berubah total sejak melihat ROYALTY LENDING FIRM Post secara kebetulan di internet! dan bagaimana mereka memberikan pinjaman secara online dan saya memutuskan untuk meminta pinjaman sesegera mungkin. Saya pikir itu adalah tipuan seperti posting tapi saya mendapat jawaban dan mereka menyetujui pinjaman saya hanya 6% dalam waktu 24 jam setelah memenuhi kebutuhan mereka yang dibutuhkan tanpa pemeriksaan kredit dan proses kami sangat cepat dan sensitif terhadap waktu! dan pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan.

    Saya menyarankan orang-orang mencari pinjaman yang dapat dipercaya untuk dihubungi
    E-mail: royaltypersonalloan1@gmail.com
    Whatsapp: + 1903-345-5329

    BalasHapus
  19. Foto ftonya keren banget kak... Jadi ingin nih ke lombok

    BalasHapus
  20. Busyet....7 Kali!!? Tapi emang bener sih, bukan hanya jogja yang ngangenin...tapi lombok jua. Next mau ke gili nanggu juga ah...Salam!

    BalasHapus
  21. wah asikk nih, bulan ini ane mau ke lombok, baca artikel ini jadi makin gak sabar pengen kesana

    BalasHapus
  22. Keren banget ya, lokal emang paling juara gak usah nyari yang terlalu jauh... Indonesia Terbaik !!!

    BalasHapus
  23. Terkadang seseorang yang di sayang ini menjadi indah pada masanya nanti..
    Kapan ke lombok bareng pacar lagi yahh :((

    BalasHapus
  24. Ya ampun pemandang di lombok bner benr indah nya. Dilihat dari foto saja bagus udah kelihatan bagus banget apalagi aslinya ...

    BalasHapus
  25. Setuju banget, minggu lalu aku baru pulang dari lombok makananya enak2, dan kalo jalan-jalan ke gili trawangan paling asik sambil snorkling juga, lautnya bersih banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gili trawangan mah nggak ada duanya, apalagi dunia malamnya...

      Hapus
  26. Luar biasa, lombok memang indah sekali pemandangannya

    BalasHapus
  27. oh ya bang,....
    udah pernah sampai ke Pulau Sumbawa, Nyicip madu ori Sumbawa atau minum susu kuda liar belum???

    BalasHapus
  28. Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
    1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
    Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
    Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
    -----------------------------------------------------------------------
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
    - Bonus Cashback Sportbook 5%
    - Bonus Cashback Sabungayam 5%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    Contact Us Now :
    ?? Livechat Casinobet77
    ?? whatsapp : +85599495431
    ?? PIN BBM : D6235F1C
    ?? Wechat : casinobet77cs1
    ?? Line : casinobet77
    ?? skype : casinobet77
    ?? Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/

    BalasHapus
  29. pesona lombok memang benar-benar luar biasa.. :)

    BalasHapus
  30. kalo pernah sekali ke lombok dijamin ketagihan pengen datang lagi deh, alamnya indah banget

    BalasHapus
  31. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus