#1 Siem Reap - Kota Yang Dikalahkan Bangsa Siem, Thailand


“Lupakan Bangkok. Siem Reap lebih keren..”

Sepenggal kalimat yang terbesit di hati gue saat untuk pertama kalinya gue menyambut pagi cerah di Siem Reap, Kamboja. Kota yang sedang berkembang, kota yang sedang berbenah pariwisatanya.

Dalam rangkaian trip gue keliling Asia Tenggara, gue sempat mengunjungi kota yang bisa gue bilang sangat unik ini. Bukan karena ada naga seliweran di udara atau ada marmut yang lagi kimpoi sama Dewi Sandra. Kota unik ini bernama Siem Reap.

Sebelum gue sebutin apa aja keunikan Siem Reap, mari gue beri sedikit sejarah tentang kota yang pernah didatangi Charlie Chaplin ini.

Nama Siem Reap adalah nama yang diberikan oleh bangsa Siem (sekarang Thailand.) Kenapa bisa begitu? Dulunya, Cambodia yang bersuku Khmer sering berantem sama Thailand yang dulunya disebut suku/ bangsa Siem. Pertengkaran mereka pun ternyata bukan gara-gara masalah besar, pertengkaran mereka diawali karena perang status di twitter, atau yang sering kita kenal dengan #twitwar. Dahulu kala, ada seorang seleb twit Siem yang nge-update status seperti ini :

“guys, gue boker kecepirit di depan khmer.Taeeee”

Otomatis lah, karena si selebtwit ini banyak banget followers-nya, maka di ReTweet lah twit nya itu oleh hampir semua followers-nya. Dengan banyaknya ReTweet-an itu, semakin banyak juga para warga Kamboja (Khmer) yang membaca, dan sontaklah “boker di Khmer” ini menjadi TT (Trend Topic) di twitter untuk beberapa hari.

Setelah dikonfirmasi kepada si selebtwit itu, ternyata twit-nya itu salah ketik alias typo !! Niat hati ingin ngetwit “guys. gue boker kecepirit di depan kamar. Taeeee” entah kenapa malah jadi “guys, gue boker kecepirit di depan khmer.Taeeee” !!

Namun terlambat, nasi telah menjadi lemper ayam.

Banyak hujatan yang dilayangkan untuk si selebtwit ini, masalah pun menjadi besar karena ternyata banyak bangsa Khmer yang merasa dilecehkan lalu melecehkan balik warga Thailand (Siem.) Berikut beberapa twit dari bangsa Khmer yang sempat gue copas !!

“Heh, apa maksud lo boker depan kita, bangsa Khmer, hah !!??”

“Sinting !! Gak sopan lo, ngerendahin bangsa kita banget !!”

“Orang Siem emang purba !! binatang !! boker tuh di kamar mandi mas, jangan didepan muka orang !!”

“Gan, mau ane cebokin gak kecepiritnya??”

Itulah beberapa twit yang membuat hubungan antara bangsa Siem dan bangsa Khmer memanas. Konfirmasi tinggallah konfirmasi, beberapa hari setelah menjadi TT di worldwide, Raja Siem mengirimkan armada perangnya untuk menyerang bangsa Khmer yang mengolok-olok mereka. Terjadi perang besar berabad-abad !! Dan dalam waktu berabad-abad itu pula lah Bangsa Khmer berhasil dijajah oleh bangsa Siem. Dan tempat yang dulunya adalah sebuah desa yang berfungsi sebagai portal pertama jalur masuknya bangsa Siem dalam mengepung bangsa Khmer ini, dinamai Siem Reap yang artinya kurang lebih adalah “Yang dikalahkan oleh bangsa Siem.” 

Setelah habis dijajah bangsa Siem selama beratus-ratus tahun, akhirnya pada tahun 1901 École Française d'Extrême Orient (EFEO) atau yang lebih dikenal dengan nama Perancis, mulai masuk Kamboja karena ketertarikannya atas Angkor Wat, dan Thailand (Bangsa Siem) dipaksa untuk mengembalikan semua yang mereka ambil kepada Kamboja, termasuk Angkor Wat. Dan akhirnya berkembang maju-lah Kamboja, khususnya Siem Reap. Maka gak heran kalau bahasa kedua yang digunakan di Kamboja ini, baik lisan maupun tulisan adalah bahasa Perancis. Keren !!

Banyak banget patung ular kaya gini di Siem Reap

Dan sekarang, peristiwa perang itu terabadikan dalam ukiran-ukiran batu di komplek Angkor Wat. Hidup jaman dulu tuh susah banget kali yah !! Belum ada handycam, jadi apa-apa kudu diukir di batu. #hufft

Kasihan sekali bangsa Kamboja yang sekarang tinggal di kota Siem Reap, kota yang namanya diberikan oleh musuh bebuyutan mereka. Kota yang dikalahkan bangsa Siem. :( *puk puk Siem Reap*

Yak, udahan belajar sejarahnya yang diberikan oleh Bapak Adis S.Par., SH., STMJ (Susu, Teh, Madu, Jahe) ini.  Sekarang kita lanjut, apa saja keunikan yang dipunya kota Siem Reap ini?? 

Banyak banget !! Sekarang gue mau bahas yang ada dikotanya yah, gue gak akan bahas komplek candi Angkor Wat-nya yang terkenal megah dan pernah jadi lokasi shooting film Tomb Rider-nya Angelina Sondakh. Mungkin itu nanti dipostingan selanjutnya.

Jadi.. Jadi.. Jadi..

Di Siem Reap itu banyak banget yang bisa lo lihat. Mulai dari kuil-kuil kecil yang bertebaran disudut-sudut kota, pasar malam, bar-bar seru, kuliner yang enak sampai yang ekstrim, toko kue punya orang jepang, sawah, pedesaan, wisata sungai sampai wisata hutan. Pokoknya banyak banget !! Dan karena ini sudah menjelang subuh, gue akan lanjutin ceritanya dipostingan selanjutnya aja yee, soalnya gue mau kerja dulu, mulungin sampah. Ribet kalo telat kerja, nanti rebutan sama pemulung lain. See u on next posting guys :) *siapin karung buat mulung*

Sebelum pergi, gue kasih beberapa foto asoy di Siem Reap..


P.S : Sejarah tentang terjadinya perang di Siem Reap itu tentu gue bohong, nih sejarah sesungguhnya guys--> Sejarah Siem Reap

10 komentar:

  1. Patung ularnya segede gaban :| Jadi merinding ngeri gimanaa gitu :|

    BalasHapus
  2. @mba desi : dan itu banyak banget disana mba, diyakini sebagai dewa pelindung mereka hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Twitter memang gila ya, sdh exist dari jaman jebod... (y)

      Hapus
    2. hahahaha ga gtu juga yah broh :)))

      Hapus
  3. selain twitter ternyata anak khmer ada yang anak kaskuser juga .. apa dulu namanya kaskhmer ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahahahhaa bisa aja sis milly :)))) :cendol gan :))

      Hapus
  4. Bangkek abis cerita sejarahnya. *pukpuk Siem Reap* X)

    BalasHapus
  5. ternyata dulunya kamboja sama thailand itu gak akur ya gan.

    BalasHapus