Menginap di Bandara LCCT Kuala Lumpur




14 jam menjadi penunggu bandara tentu udah sangat cukup membuat gue hafal mati bandara ini. Yah, Bandara LCCT Kuala Lumpur adalah bandara kedua terbesar yang berada di Kuala Lumpur, mungkin juga Malaysia. Kepanjangan dari LCCT sendiri adalah Landasan Cecawat Cerbang Tokcer. #KemudianSebel

Dulu, waktu pertama kalinya gue ke Kuala Lumpur, gue turun di bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport) yang jauh lebih bagus dari LCCT. Namun sekarang kebanyakan penerbangan dari Indonesia menuju Malaysia, akan diberhentikan di bandara LCCT ini. Bandara yang cukup jauh dari pusat kota Kuala Lumpur, sekitar 1 jam lebih pakai bus dan 27 jam kalau lo nekat jalan kaki.

Gak usah bingung. Bandara ini emang gak segede KLIA dan gak serumit Changi Airport di Singapur, bahkan kalau gue pikir bandara ini lebih kaya terminal bus super besar !! Lahannya serba besar. Parkiran besar, smoking area besar, tempat tunggu besar dan mbak-mbak McD yang semuanya berbadan besar.

Namun, walaupun bandara ini besar, kalian jangan takut bakalan kesasar di bandara ini. Sebenarnya ada 6 point tempat saja di bandara LCCT ini, yaitu :

1. Pintu gerbang kedatangan domestik.
2. Pintu gerbang kepergian domestik.
3. Pintu gerbang kedatangan Internasional.
4. Pintu gerbang kepergian Internasional.
5. Terminal Bus ke berbagai penjuru Malaysia.
6. Cafetaria atau kantin.

Pas pertama nginjekin kaki di bandara ini, gue bingung mau naik bus atau numpang Siti Nurhalizah ke KL Sentral. Tapi karena gue waktu itu lagi bikin trip #MalayCepek, yaitu trip di Malaysia selama 3 hari yang gak akan ngeluarin uang lebih dari 100rebu, atau 33 RM. Maka berputarlah otak gue, daripada gue pakai bus ke KL Sentral yang harganya 8 RM gue lebih memilih untuk mencoba hitchiking. Dan ternyata hitchiking disini lumayan gampang sih menurut gue. Lo tinggal jalan ke arah pintu keluar, karena jalannya lurus terus, lo jalan  aja sambil lambai-lambaikan tangan minta tumpangan. Yah, tapi harus berani panas-panasan juga yak, soalnya suhu di kawasan bandara itu gersang gersang bikin merangsang !!

Jalan lurus terus buat hitchiking!

Selain ke KL Sentral, di terminal bus bandara juga ada shutter bus dan bus ke berbagai tujuan lainnya seperti Johor Bahru, Melaka, Penang, dll. Jadi gak usah takut gak bisa kemana-mana deh.

"Terus gimana kalau mau nginep di bandara LCCT nya, dis??"

Eittss.. Tenang sodarah-sodarah. Seperti apa yang gue bilang sebelumnya. Bandara LCCT ini besar tapi lenggang. Banyak banget spot yang bisa lo pakai buat tidur dan lenjeh-lenjeh sambil nunggu waktu keberangkatan.

Selain banyak spot tidur, bandara LCCT juga memiliki wifi gratis yang gue gak cobain cepet atau ngganya gegara waktu itu hape gue ilang di Kuala Lumpur #pfffttt

Fasilitas penunjang lainnya, bandara ini punya toilet yang terdapat disetiap bangunan, baik kedatangan maupun kepergian pesawat. Toiletnya pun bersih loh, bahkan ada juga shower room untuk kalian yang mau mandi di bandara. Cool !

Bagian luar LCCT

Untuk yang mau ngirit uang untuk beli minuman, bandara ini juga punya kran minum, tapi sejauh gue muter-muter bandara, gue cuma nemu satu doang kran buat minum, letaknya pun mojok banget. Tepatnya di gate kepergian Internasional, sebelah tempat wraping dan packing koper. Ciyan :'(

Nah, pembahasan terakhir adalah spot untuk tidur yang menyenangkan. Bandara LCCT punya banyak spot yang cukup nyaman untuk beristirahat, menurut gue. Untuk tidur dan istirahat sebentar, kalian bisa coba duduk-duduk cantik di kursi-kursi yang disediakan bandara. Spot yang paling tenang menurut gue adalah ruang tunggu keberangkatan domestik. Suasananya gak begitu crowded, juga letaknya dipojok bangunan membuat kualitas istirahat anda akan semakin keceh. Pret !!

Beda halnya kalau ternyata kalian pengen istirahat full, tidur berjam-jam. Kalian bisa coba spot diluar ruangan. Bandara LCCT ini akan sangat panas dan gersang pada siang hari, namun sangat adem pada malam hari. Terdapat kursi-kursi yang bisa disatukan dan tidak memiliki sandaran tangan dibagian luar bandara. Kalian bisa menggabungkan 6 kursi sekaligus buat tidur selonjoran.

Atau kalau takut tidur diluar, kalian bisa coba tidur di cafetaria atau kantin bandara. Bangunannya bersih dan gak panas. Sebelum tidur kalian juga bisa makan-makan ganteng di kantin yang harganya jauh lebih murah daripada restoran atau kedai yang berada didalam bangunan bandara. Cheers !!

77 komentar:

  1. dis, abg mintak maaf ya engak dpt ketemu loh... sedih bangat..aduyaiii.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp bang slow, kita jumpa di Indonesia saja hehe..

      Hapus
    2. Numpang tanya, ada kah shuttle bus menuju KLIA utk pindah maskapai yg berangkat de KLIA? Dan brapa lama Ќε LCCT - KLIA? Bayar brapa bus nya? Tks

      Hapus
  2. Yakin ya dis, 3 mlm cuma cepek doank?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cepek sih ternyata broh. cuma abis 72rebuan :)

      Hapus
    2. 3 mlm, kamu tidur dimana dis, 72rb makan apa coba???????

      hebat banget ya, bisa sehemat itu jalan2 ya, gak realistis banget rasanya klo aq yang jalan2...hehehehe

      Hapus
    3. numpang di mess orang bandung di KL mas hehe

      Hapus
    4. Jenius juga ya...hehe, lanjutkan bro!!!

      Hapus
    5. mess orang bandung nya dimana bang,..
      bisa bantu saya tak?

      Hapus
    6. mess orang bandung nya dimana bang,..
      bisa bantu saya tak?

      Hapus
  3. good posting! saya pernah juga tidur di McD sementara tunggu flight awal pagi.. tapi tidurnya sambil duduk lah..lol :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya adis juga makan ice cream cone di McD sana :D

      Hapus
  4. Jadi di KL tanpa nginap ya, Dis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nginep, numpang di mess orang bandung hehe

      Hapus
  5. 3 hari = Rp72k??wahh hebat sekali ini hehehe..

    BalasHapus
  6. Hiii wow oke,,keren bgt critanya

    boleh mnta tolong yah (tenang gk minta doku kok :p )
    februari 2012 kmren gw prtma kali k eluar negri ini rute palembang-kuala lumpur dlm rangka suatu kegiatan..singkat crita gw smpe dgn slamat tnpa ada hambatan yg bearti..nah februari tyn depan gw ke KL lg tp dgn trip 10.05 sampe LCCT nah rncana mau lanjut 17.05 via AA jg ke PENANG..gw mw tanya ni stlah keluar dr kdtangan internasional gw musti kearah mn buat chek in lg di kbrangkatan domestik??adakah petunjuk arah yg dpt sy pelajari..tqyu so much bro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang banget itu mah, keluar dari pintu kedatangan internasional, mas nya tinggal langsung belok kiri. pintu keberangkatan domestik ada di gedung paling pojok bandara kok :D

      Hapus
  7. Keren banget ceritanya.. Inspiratif.. Minggu ini mau ke lewatin LCCT jadi ada gambaran. Sebelumnya selalu KLIA.
    Makasih infonya..

    BalasHapus
  8. Kocak, Gila tapi seru ..

    Mungkin saya bisa mengikuti jejak lu bro ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asoooooooy..beli bukunya dong lebih kocak loh #teteup #jualan hoho

      Hapus
  9. makanya gmn mr gembel cuman abiss 72rb selama 3 harii atw pake acara puasa nh ,#garuk2 kpala

    BalasHapus
  10. hp yg ilang blm diitung hayo.. :-)

    BalasHapus
  11. di LCCT tuh dimn ? di sepang bkn ?

    BalasHapus
  12. kalau transitx 48jam ada aman gak tidur di bandara LCCT ? atau bagusx ambil shuttle bus ke KLIA ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang terbang darimana bro? kalo 48jam sih mending jalan2 aja dulu di KL terus sekalian langsung ke KLIA

      Hapus
    2. terbang nya dari bandara BIM di Padang..rencanax dari LCCT mau ke Guangzhou tapi jarak waktux tu 48 jam..kan mau ngehemat nih ceritanya hha
      atau ada solusi lain g bro biar ngehemat juga ?

      Hapus
    3. wah kalo 2 hari sih lumayan lama yah diem di bandaranya. di LCCT itu jauh kemana-mana, selain nginep di bandara yah paling alternatifnya main ke KL. pake bus cuma 18 RM aja kok.

      Hapus
  13. jangan2 selain hp yang ilang masih ada lagi :p
    14 jam nunggu, bisa bangun bandara baru tuh, LOL
    #1000WIB

    BalasHapus
  14. kalo nginep di bandara pas tengah malem sampe besok paginya dibolehin kan? maklum, baru pertama ke LN. jawab ya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp kok.. bebas disana mah, asal jangan bangun rumah aja dalem bandara :|

      Hapus
  15. salam kenal yahhh...
    baca ini gw jadi inget pernah bermalam disana juga ama temen2
    dan kami membeku..dingin banget...karena ga tahan akhirnya gw memutuskan tidur di luar bandara...
    dahsyat deh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah sama banget ini sama gue. beneran dingin emang kalo di dalem. Waktu itu aja numpang tidur di McD huahaha

      Hapus
  16. Tanya dong, shower room nya di sebelah mana ya kl LCCT?

    BalasHapus
  17. HI Mbel, nice post and encouraging actually. Hahahaha...
    gw paling suka bagian hitchiking and tidur di bandara. Backpacker bangedhh...
    Gw jg mau backpack ke KL tgl 23-27 jan ini, ada yang mau barengan??
    Ohya, Mbel, bole kenal sama anak Bandung disana? gw mau numpang kalau boleh,hehehe 1 or 2 nights; how?

    Salam Backpacker..
    Chris. Bali.

    BalasHapus
  18. hahahah gue kemaren juga sempet buka lapak di LCCT, enak banget lah buat tidur...
    klo mendarat tengah malam di LCCT, daripada tidur dipangkuan bencong, mending tidur di LCCT

    baca aja kelanjutannya di blog gue yah
    taufikpacker.blogspot.com

    sorry promo dikit dis muihihihi

    BalasHapus
  19. Salam kenal.. boleh tanya gak?
    rencananya gue mau transit disana 6 jam. Mending nunggu di bandara aja atau sempet buat jalan2 dulu ya?

    BalasHapus
  20. mangstab n sehat!! kerenlah.

    BalasHapus
  21. sore bro, rencana sampe di LCCT dari palembang jam 14.30, tp ada perubahan dari AA jadi jam 21.30 br sampe disana. Tujuan mau ke Malaka, masih ada bis gakkk?? pusing krn jadwal yang berubah. Mohon infonya ya mas bro.. trims a lot!

    BalasHapus
  22. berarti perjalanan ini dgn cara mutusin urat malu ya boz..LOlz!!

    BalasHapus
  23. oh yah gan mw tanya yg dibilang naek bis ke KL yg seharga 18 ringgit nama bisnya apa?

    BalasHapus
  24. lucuuu dan seruu dehh cerita nya ... jadi punya gambaran nihh buat bulan ini traveling n pas transit 7 jam di LCCT - KL

    BalasHapus
  25. gue pernah banget tuh tiduran di surau nya LCCT sambil nunggu jemputan dari travel yang mau ngajakin gue keliling KL. surau mirip sama musholla, bersih banget dan full AC. nyaman banget dibuat istirahat sambil nebeng charge HP. buat para backpacker cewe bisa dicoba ya kalo lagi di LCCT.. letaknya didalam FoodGarden :) Recommended bgt.

    BalasHapus
  26. abang backpacker... ko tau sih urutan transportasinya? gmn tuh caranya biar dapat transportasi aman dan murah. tentunya komunikasi nomer satu dong... apa abang ngga terkendala dg bahasa? biasanya kan org2 vietnam sama kamboja jarang ada yang bisa pake bhs inggris. gmna tuh? share ya abang :)

    BalasHapus
  27. bahasa? ada bahasa tarzan, selow hehe

    BalasHapus
  28. mas numpang nanya aku rencananya ke istanbul via qatar airlane..itu terminal keberangkataannya dimana ya ..di LCCT atau KLIA trus beda kedua terminal itu apa..mohon infonya

    BalasHapus
  29. Halo, agan!
    Ulasan yg mantabh bagaimana cara survive di LCCT ampe pagi biar ga bego..
    Ane juga ada pengalaman serupa, nih:

    http://makanangin-travel.blogspot.com/2013/10/bermalam-gratisan-di-kuala-lumpur.html

    Anyway, artikel agan ini juga jadi panduan ane selama nongkrong di LCCT kemaren itu.
    Thanks!

    BalasHapus
  30. Thx bro
    tulisannya membantu.bgt
    bln maret 2014 aq mw k kl sndrian
    ni pnerbangan ptma ku..lg suka bca blog ttg backpackeran

    BalasHapus
  31. Mas.. mau tanya donk.. ak rencana berangkat ke KL mlm taon baru. Pesawat baru landed jam 23.55 kira2 ada transport umum gak yaa buat ke bukit bintang ? Ak bawa anak2 soalnya..

    BalasHapus
  32. Lusa mau merasakan nginep di LCCT sendiri sambil nunggu fight the day after. ada yang berangkat juga tidak? biar kita bikin lapak disana, hehe. japri dp_dimaz@yahoo.com

    BalasHapus
  33. Mas, boleh minta sarannya ga? sy akan tiba di KLIA jam 24.00, hrs lanjutin flight dari LCCT jam 07.00 bsk paginya ... sgt desperado mikirin argonya klo hrs naik taxi dr KLIA ke LCCT. apakah ada bus jam sgitu? *smoga mas nya cpt balas, soalnya jumat ini brangkat* apa ada yg dengan rute sama?

    thanks before

    BalasHapus
  34. Kereeeen...bikin aku senyum2 baca comments di sini...:)

    BalasHapus
  35. Asmkum,
    Kami di Gelenggang Holidays menawarkan Transit Package dengn hanya RM139 utk 4 org dan transport pulak free , pergi dan balik.

    Penginapan bermula 7pm hingga 7am..kini anda tidak perlu lagi risau pasal tdo anda.
    Layari www.gelenggang.com untuk keterangan lanjut

    BalasHapus
  36. Hahaha gila kocak bgt gaya bahasanya kereeeeeennnn, klo ada bukunya gw beli

    BalasHapus
  37. Klo di bandara KLIA apa diijinkan tidur di dalam bandara ya?
    suwun,

    BalasHapus
  38. Gan, mau minta masukan (tenang gak minta masukan doku krn sdh byk..hehehe)...lebaran nanti anedan rombongan (20 org ada anak kecil 7th dan engkongnya anak kecil 55 th).darat nya sih di KLIA jam 22.00 dan terbang lagi LCCT besok nya jam 07.00. tlg petunjuknya dari KLIA ke LCCT dan bisa istirahat di mana yg lumayan nyaman dan tenang tp grtais ya gan..
    thanks

    BalasHapus
  39. Terminal LCCT ini bandara subang bukan ya yang dengan kode SZB ?

    BalasHapus
  40. Beneran gak sampe cepe,,3 hari??cobain ahh,,alaa alaa

    BalasHapus
  41. lagi jalan-jalan tapi hp nya malah ilang, jadi gak bisa nyobain wifi deh.. huff

    BalasHapus
  42. Bang mau tanya, gue mau ke osaka dan transit di lcct. Dari Palembang pagi sampe lcct jam 11 gitu dan penerbangan ke osaka nya baru besok paginya. Rencananya mau jln2 dulu k KL dan balik lagi malam ke lcct (nginep di bandara).ntr pas check point ditanya hotel gtu gak sih?

    BalasHapus