Cara Murah Ke Raja Ampat


Ketika gue tanya tentang destinasi mana yang jadi impian mereka di Indonesia, 10 dari 8 orang backpacker menjawab Raja Ampat.  2 orangnya ibu hamil, jadi diitung dua. Eh, tapi yang satu hamilnya kembar, deng. Jadi 11 dong, yah? Eh, tapi belom tentu selamet, deng. Ah, auk ah. Bodo amat!

Nah, ngomong-ngomong tentang Raja Ampat. Gue sebagai backpacker gembel juga pernah ke sana. Dan bujet yang gue keluarin buat 6 hari di sana, dengan tiket pesawat, tidur, makan, island hoping (2 kali) dan lain-lain dari Jakarta, terus ke Raja Ampat, sampai balik lagi ke Jakarta adalah..

1.677.000 Rupiaaaaah!

Iya. Segitu. Kata siapa kita butuh puluhan juta rupiah kalo mau berenang di Raja Ampat? Hah? Hah? Hah? Apalo? Apalo!??

Sebut gue beruntung, karena gue bisa dapet tiket murah ke Raja Ampat. Berapa? Gimana ceritanya? Lu bisa baca di artikel gue sebelumnya >> Raja Ampat Murah Banget

Dan ternyata, untuk mencapai Raja Ampat gak susah-susah amat, gais!

Terserah dari kota asal lu mau pake apaan ke Sorong. Entah pesawat komersil, entah pesawat Hercules, entah kapal Pelni, entah berenang, entah awan kinton. Terserah! Nah ketika sampai di Sorong, di sini gue bakal mulai guiding kalian.


Perjalanan ke Raja Ampat dari Sorong cuma memerlukan waktu gak lebih dari 3 jam. Pertama, pas turun dari bandara Domine Edward Osok, Sorong. Kalian bisa langsung keluar dari bandara. Jangan kaget, bandaranya kecil, segede titit lu. Dan lu gak harus nunggu bis transit buat ke jalan raya.

Dari bandara, lu harus menuju ke pelabuhan. Ada 5 cara untuk mencapai pelabuhan.

1. Jalan kaki
2. Naik angkot
3. Lompat pocong
4. Ngebegal motor orang sana
5. Mati aja, lu!

Nah, karena yang paling memungkinkan adalah jalan kaki dan naik angkot, kalian bisa pilih 2 opsi ini. Untuk jalan kaki, gak jauh-jauh amat, kok. Gak lebih dari 30 detik (kalo lu Usain Bolt). Kalo lu orang biasa ya paling 10 menitan. Sedangkan kalo pake angkot, lu bisa dapetin banyak angkot di jalan raya. Tanya aja, “Bang, ke pelabuhan, gak?” kalo si Abangnya jawab “kagak, Nyet!” Nah lu naik, dah. Terus gebukin abangnya.

Ya gitu, deh pokoknya. Ongkosnya juga cuma 3.000 – 5.000 rupiah aja.


jalan ke pelabuhan

Kalo kalian dateng ke Sorong kurang dari jam 9 pagi, dan di hari biasa, kalian bisa naik kapal feri pukul 9 pagi. Tapi kalo gak keburu juga jangan khawatir, ada lagi kapal feri yang berangkat pukul 2 siang. Ongkosnya juga lumayan murah, cuma 130.000 rupiah. Tapi kalo mau gratis juga sebenernya bisa. Berenang aja, lu! Jadi lu naik kapalnya pas detik-detik mau berangkat aja, biasanya  udah gak ada yang jagain tiket. Terus pas di cek tiket di atas kapal nanti, lu masuk aja toilet kayak di film Warkop, atau ngumpet didalem cerobong kapal. Dijamin aman dari tukang cek tiket. Tapi mati.

dalemnya keren, kan? empuk dan AC dingin!

Perjalanan feri dari Sorong ke Waisai, ibukota Raja Ampat cuma makan waktu 2 jam. Kalo kapalnya gak nyasar.

Sesampainya di Waisai, jangan lupa foto-foto dulu di tulisan “RAJA AMPAT” warna orange. Terus update di sosmed biar heittttzzz!



Waisai sendiri adalah ibukota dari kabupaten Raja Ampat yang berada di Pulau Waigeo. Pertama kali yang bakal lu liat dari Waisai adalah hamparan perbukitan dan tebing tandus yang sudah mulai dikeruk untuk diratakan. Daerah “perkotaan” di Raja Ampat juga gak terlalu jauh dari pelabuhan. Jangan ngebayangin lu bakal liat rumah-rumah tradisional Papua. Menurut gue, Raja Ampat kayak mirip-mirip Ciamis, lah. Trademark Waisai sendiri adalah Pantai WTC, singkatan dari Pantai Waisai Tercinta. Ada tugunya juga kayak Pantai Losari.

Oh balik lagi ke gimana cara murah ke Raja Ampat. Dari pelabuhan, kalo lu seorang backpacker dan mau menghemat bujet, lu bisa coba hitchhiking alias numpang-numpang mobil yang lewat. Gue juga begitu, naik truk pengangkut pasir 3 kali buat nyampe ke Pantai Saleo. Dan pemandangan hutannya amazing!




Nah, kalo di Raja Ampat mau tidur murah dimana?

Pas gue ke sana, gue dapet keberuntungan lagi, tadinya gue mau tidur di pantai, sama nyamuk-nyamuk nakal. Tapi ada seorang bapak yang nawarin gue tidur di penginapannya. Iya, namanya Kak Nyong, dan dia pemilik penginapan. Lucky me, huh? Lengkapnya gue ceritain di postingan berikutnya.

ngobrolin pengaruh kenaikan dolar terhadap ikan betok sama kak nyong

Tapi kalo lu gak seberuntung gue, lu bisa banget tidur di pantai. Rekomendasi gue lu bawa tenda dan pergi ke daerah Pantai Saleo. Pantai dengan pasir putih ini sangat sangat available untuk nenda. Dan pemandangan yang lu dapet luar biasaaaa! Tapi jangan lupa minta izin dulu ke warga sekitar, yak!

Ke Raja Ampat tanpa hoping island atau muter-muter pulau rasanya sayang sekali. Bukan ke Raja Ampat itu namanya! Tapi justru inilah yang paling mahal dari trip ke Raja Ampat. FYI, harga bensin di Raja Ampat ini bisa nyampe 14.000, itu pun susah dapetnya. Kak Nyong pernah bilang ke gue, “Kita di sini gak masalah harga bensin mahal, asal stoknya terus ada.” Nah, jadi elu-elu yang tinggal di Jawa, bensin naik gope doang jangan pada rusuh-rusuh mulu, yak!

Terus gimana cara hoping island gratis? Ini bakalan murni membutuhkan keberuntungan dan skill memelas elu yang super dahsyat. Sebagaimana kita ketahui, banyak dari penduduk Raja Ampat yang menawarkan jasa trip keliling pulau sebagai mata pencahariannya. Dan dari yang gue bilang tadi, kalo lu beruntung, pas lu dateng, pas ada yang ngadain trip.

Eits, tapi tunggu dulu, ini bukan berarti lu bisa ikut hoping island gitu aja. Nah, di sini skill memelas dan berinteraksi lu perlu dikeluarkan. Coba ngomong ke abang yang lagi bawa tamu buat ikut trip mereka. Rata-rata, untuk hoping island di Raja Ampat, mereka menggunakan speed boat yang berkapasitas 10 – 15 orang. Ok, let say, penumpang di boat mereka cuma 8 orang, atau pun penuh, lu coba ngobrol sama abangnya buat ikut naik boat. Toh, ada atau nggak ada nya elu boat tetep bakalan jalan, kan?

Nah, biar si Abang mau ngizinin lu naik boat-nya, lu bisa bilang bakalan bantuin si abangnya di speed boat, entah itu bawa perlengkapan tamu, nyuci speedboat, mancing ikan, mancing keributan, atau mijitin abangnya. Dan jangan lupa, kasih sedikit uang buat si Abangnya. Itung-itung uang rokok. Karena percayalah, kalo lu dateng sendiri dan lu mau hoping island, lu kudu keluar duit 20 juta buat sewa speedboat dan bensinnya. Mati gak lu? Atau, kalo gak punya duit, tawarin skill yang lu punya. Pas kasus gue, gue buatin Kak Nyong web buat penginapannya, Cemara Homestay. Dan FYI, ini penginapan paling murah di Raja Ampat, ada kamar yang seharga 150.000, coy! Di mana lu bisa dapet harga segitu di Raja Ampat!?

Terus, kerennya lagi, pas laut pasang ya kayak pantai normal seperti biasa. Tapi pas surut, bedeuuuuuuuuuh! Sururtnya 75 meter! Dan 75 meter itu pasir putih semua kayak gini..






Pemandangan depan Cemara Homestay

Maka dari itu, ini lah cara paling murah yang bisa lu pakai. Karena percayalah, banyak orang baik dan dermawan di Raja Ampat. Jangan takut ke Raja Ampat!

kapan ke Raja Ampat?

"Orang kaya, sombong? Udah biasa. Lu kere tapi pengin sombong? Jadi backpacker jawabannya!"

Hai Backpacker, komen dulu dong! Hap hap hap!


66 komentar:

  1. Akhirnya setelah sekian lama nggak ke sinii, bisa baca postingan khas lo lagi dis. Selalu enak buat diikutin kesongongan lo yang minta ditampol ini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus bangga lu ambil pertamax di postingan ini! Songong is a must, bro!

      Hapus
  2. nyam nyam,,, ngiler jadinya,,,,heee. itu nawarin buat jasa webnya gmana bang??? langsung disanggupin gt??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari ngobrol2 aja bro. Soalnya Cemara Homestay itu penginapan paling murah di Raja Ampat, tapi sayang banyak orang yang gak tau, makanya gue tawarin bikin web biar orang pada tau.

      Hapus
  3. Duuuh Kak, cuma 2 juta kurang gitu buat ke Raja Ampat, tapi kalau misalnya nggak dapat lucky-hop gitu gimana? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga sih sebenernya, ya gak semurah gue tapi tetep murah.

      Hapus
  4. Duh jadi kangen kak nyong dan saleo, orangnya emang baik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ndra, kak nyong waktu itu cerita tentang lu. hehe

      Hapus
  5. Dis pingin keren kaya kamu gimana caranya dis? Pingin busa nulis juga euy… huff

    BalasHapus
  6. recomended... yuhu yang penting udah tau trik2 kesananya kyak gimana. cuss ngumpul duit dulu.

    dianexploredaily.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Angka rupiahmu itu absurd Dis, lha 1 juta tiket Jakarta-Sorong PP mungkin hanya sekali di dunia, itu pun harus orang bangke yang jual dan bangke juga yang beli... lagi memang lu berhasil bikin orang sirik..
    OH RAJA EMPAT KAPAN 2 JUTA BISA NYAMPE SANA.....

    BalasHapus
  8. Syok aku baaaangggg... Dua juta aja kagaaaakkkk :o

    BalasHapus
  9. Thanks sudah berbagi ceritamu yang seru ini,
    teman saya pernah bilang, kalau mau ke Raja Ampat kamu harus pilih dua, banyak uang atau waktumu yang panjang agar bisa cari tebengan.

    BalasHapus
  10. wah... pengen ke raja ampat. tapi harga akomodasi nya mahal banget. rupanya ada cara murahnya. thx dah sharing yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap sama-sama. Selalu ada cara murah untuk para backpacker!

      Hapus
  11. maunya kesana tapi gimana yah kepualau wayagnya ini katnya memang indah yah

    BalasHapus
  12. waw, hebat bisa liburan ke raja ampat dengan biaya segitu, raja ampat memang daerah yang sangat indah, keliatan dari foto2nya...

    BalasHapus
  13. Memang ya, kalau mau cerdas dan teliti, ke Raja Ampat bisa dapat murah. Plus, faktor luck! Thanks sudah ngasi semangat buat saya Mas :D

    http://papanpelangi.co/2015/10/23/di-balik-kesulitan-ada-kemudahan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaaaaaaaaaap! Ditunggu cerita ke Raja Ampat di blogmu!

      Hapus
  14. Dis,itu quote nya gua, minta ijin untuk gua pake di blog gua ya, ok ok :p
    thanks!

    BalasHapus
  15. Klo di Jawa Timur tidak usah jauh-jauh ke RajaAmpat Om, karena di Malang ada Mini Raja Empat namanya area wisata Pantai tigawarna ...
    Sukses om

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane belom pernah kesana,, nanti kesana deh. Thanks infonya gan

      Hapus
  16. hahaha anjirrrr ngiler gue bang :3 pengen kesana juga pffft tapi gaada temen mana cewe pula ---" huaaaaaaaa noted : waiting list

    BalasHapus
  17. Mimit
    sumpaahh suka banget blog lo broo..
    kocak bgt bahasanyaa..

    http://www.sertifikasiisoindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  18. apalah baru nemu ini postingan :3
    gak nyesel deh ngebaca ! kerennnn ga sampek 2jt, Raja Ampat apa kabar nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. follow blog sama google+ nya dong makanya biar update terus~

      Hapus
  19. ..........................................................................Really??!!

    BalasHapus
  20. intinya pokoknya berenang ya diss???

    BalasHapus
  21. Minta harga terbarunya boleh pak? Ini email kami agenwisatakarimunjawa@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Nekat! Hahaha tapi top lah, memotivasi orang yang punya duit pas-pasan tapi tetep pede buat ke Raja Ampat :D

    BalasHapus
  23. waduh pantainya bersih banget...
    jadi pengen deh ...

    BalasHapus
  24. Hah?
    Beruntung sekali bisa dapet harga semurah itu..
    *pensive*
    http://lombokwandertour.com

    BalasHapus
  25. "Orang kaya, sombong? Udah biasa. Lu kere tapi pengin sombong? Jadi backpacker jawabannya!"
    gokil gila pesan terakhirnya asli gw rasanya kyk abis dapat hidayah dari yang maha kuasa
    ini dia nehh artikel yg gw cari"
    thx sempaii !!

    BalasHapus
  26. ohmaigaaaaattt aku ngiler baca ini ....

    BalasHapus
  27. hai ka aku baru nih bacain blog kaka, aku anak smk pariwisata aku sneng bgt bacain traveller gtu ngiler sii cuman masih belum ada mental kalo harus backpacker dan blum punya uang yang cukup juga:'( hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaaah sayang banget, yuk sama aku backpackingan :p

      Hapus
  28. Saya tertarik dengan tulisan anda yang mengenai "Cara Murah Ke Raja Ampat".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus
  29. 2 temen saya juga pernah ke sana gan. Satu habis 24 juta, satunya lagi 9 juta. Lah ini??? 2juta ga sampe??? Kerennn. Trip yg sgt pantas ditiru ini^^

    BalasHapus
  30. Busyetttt sumpaah gokil abis, cuman klo Gw cewe nekat Begitu kira2....?

    BalasHapus
  31. Thanks Dis gara2 kegembelan lo gua jadi yakin dan akhirnya bisa maen ke Raja Ampat dengan budget dibawah 2 juta, meskipun ga semirip-mirip lo itinerary-nya tapi secara garis besar gua kabayang minimal budget transportasi dll. Btw kafe lo dimana sih? Pengen dah kapan2 gua ngobrol2 sama lo... ditunggu post gembel lo lagi Pak!

    BalasHapus
  32. Seru sekali gan.... raja ampat memang top destinasi nya.

    BalasHapus