Hasil Dari Sebuah Passion


Kalau kamu punya mimpi, wujudkanlah. Merangkaklah apabila tidak bisa lari. Jangan jadikan mimpi kamu itu cuma angan-angan.

“Dis, sumpah lo bikin buku??”

“Anjrit !! Itu seriusan buku lo dis??”

Gak banyak yang nyangka kalo gue akhirnya bisa juga bikin sebuah buku, jangankan orang lain, gue sendiri aja masih heran dan shock, kenapa gue bisa bikin buku !! Kalo lo temen SD, SMP, SMA, SLB sampai temen kampus gue, pasti tahu gimana gobloknya gue dalam hal tulis menulis, semenjak lahir dan bersekolah, gue gak pernah nyatet yang namanya pelajaran. Jadi gak heran kalo lo liat dibuku catatan gue isinya cuma ada gambar-gambaran absurd, mulai dari ultraman telanjang, titit-tititan sampai guru-guru yang gue gambar menyerupai binatang. Sungguh murid biadab !!

Dan kenapa pada akhirnya ternyata gue bisa beneran bikin buku?

Panjang ceritanya, mungkin kita flashback lagi ke satu tahun yang lalu, saat pertama kalinya gue backpacker-an ke Thailand, awalnya gue gak nyangka kalo itu bakal ngerubah hidup gue (agak lebay sih yah.) tapi beneran deh, hobi gue traveling bukan sekedar hobi doang, bahkan bisa gue bilang passion. Hal yang bisa membuat gue bergairah dan selalu senang melakukannya.

Waktu terus berjalan, gue udah mulai gila sama yang namanya backpacker-an, hampir tiap bulan di tahun 2011 gue ngelakuin trip, dari awalnya Thailand, gue traveling ke Malaysia, Singapur, Bali, Sawarna, Lombok, Kalimantan, Sumbawa, dan masih banyak lagi tempat.
Dari seringnya gue nge-trip, muncullah rasa pengen sharing, pengen cerita, pengen pamer. Muahahaha..

Mulailah gue bikin blog khusus traveling terus nulis disitu, posting demi posting gue buat, semakin banyak postingan semakin banyak juga yang baca dan comment tentang tulisan gue, apresiasi berupa comment itulah yang akhirnya membuat gue semakin semangat buat nulis cerita, sharing tentang apapun pengalaman gue saat traveling. Dulu pas awal-awal gue posting paling dapet comment cuma satu atau dua biji doang, itupun jarak waktunya lama, hari ini gue posting, baru minggu depan ada yang comment. Sekarang? Alhamdulillah, setiap gue posting hari itu juga selalu ada yang comment, sampai pas gue liat status pageviews, setiap hari hampir 500 jumlahnya. Wow !!

Suatu kali ada yang comment kenapa gue gak bikin buku aja, dari situ gue mulai mikir “Oh iya, keren juga yah kalo gue punya buku, terus gue jual, terus gue kaya J. K Rowlling, terus gue kaya raya..Muahahahaha” mimpi sih, cuma yah kenapa gak gue coba.

Nah dari situlah dimulainya pembuatan buku gue yang melalui banyak proses, mulai dari :

Ngumpulin cerita, buku gue nantinya adalah buku dari kumpulan kisah-kisah perjalanan gue yang ada di blog maupun yang tidak ada di blog. Walaupun memang ada yang di blog, gue jamin ceritanya bakalan lebih detail dan lebih seru !

Sering kali gue stuck sama yang namanya ide. Gue gak tau harus nulis apalagi, sementara cerita gue yah masih segitu-segitu aja, dan karena ini buku tentang kisah nyata gue saat traveling, maka kalo gue pengen punya cerita, yah gue harus traveling dulu.

Terhitung mulai dari bulan april 2011 gue udah mulai ngumpulin cerita sehingga bisa membentuk menjadi sebuah naskah utuh pada bulan Desember 2011.

Ngirim naskah ke penerbit, awalnya gue berpikir, kalo gue pengen bikin buku maka gue harus kirim naskah gue ke penerbit. Terkirimlah naskah gue kebeberapa penerbit, walaupun gue tau kalau melalui penerbit birokrasinya akan sangat lama dan ribet. Hingga pada akhirnya gue ngobrol sama seorang teman yang sudah terlebih dahulu nerbitin buku, “kenapa lo gak coba indie publishing, aja?”

Maka terpikirlah untuk membuat naskah gue menjadi sebuah buku ini melalui proses indie, atau bahasa gampangnya adalah ngurusin semua sendiri.

Selama proses gue sering ngetwit kalo gue bakal bikin buku, ternyata dari situ sering muncul pertanyaan di twitter gue yang sering nanya kapan buku gue jadi. Pertanyaan yang gue benci karena bikin buku indie itu gak segampang lo cebok kalo abis boker, tetapi pertanyaan itu juga selalu bikin gue seneng, karena secara tidak langsung memotivasi gue buat cepet-cepet menyelesaikan buku gue. Gue jadi tau kalau ada yang nunggu hasil karya gue.

Editing, layouting, covering sampai cetak buku. Gue lakuin itu semua sendiri dan pakai modal sendiri, gue mulai sewa jasa editing dan lain-lainnya, karena gue tau EYD gue dalam hal tulis menulis masih amburadul banget !! Dari proses kerjasama editing itu pula lah gue mulai banyak belajar mengenai cara menulis yang baik.

Selesai dengan editing, gue mulai cari percetakan yang murah meriah dan sesuai budget gue, FYI, untuk mencetak buku ini gue sampai harus jual motor gue, sebagian uangnya gue pakai buat nge-trip keliling Asia Tenggara, dan sebagian lagi gue pakai buat cetak buku ini.

Dan tibalah pada akhirnya, saat postingan ini gue publish, buku gue sedang dalam tahap finishing, dan insyaallah 2 hari lagi buku gue akan lahir ke dunia. (kalo tempat percetakan buku gue gak kena badai tornado tapi yah) :)




Proses buku gue nih :)

Begitulah proses dalam pembuatan buku gue, buku yang gue anggap bukan hanya sekedar kumpulan cerita-cerita gue. Tapi buku ini adalah buku yang tercipta karena hasil dari sebuah passion, sesuatu yang selalu bikin gue bergairah dan senang melakukannya. Yah, buku ini adalah passion gue. Buku dari seseorang yang gak pernah bermimpi bisa membuat buku.

Gue orang yang terkadang suka pesimis, tetapi gue selalu mencoba dan berusaha sebisa gue. Merangkak apabila tidak bisa berlari. Gue sangat menikmati prosesnya.

Never let the passion you have die, always follow your dream and commit to what you believe in.

So, my book is for you..


UPDATE KABAR !!

Karena ada kesalahan teknis dalam hal percetakan, jadi prosesnya diulangi lagi dari awal. cabal eaaaaa :(

39 komentar:

  1. KEREN, ANAK MUDA!! Terus melaju, yes!

    BalasHapus
  2. nih mbak Desi ini yang ngenalin gue sama dunia per-indie-an nih guys :D ANAK MUDA MENGGEBRAK LEWAT INDIE !! kata si Lalu :D

    BalasHapus
  3. sukses dis.. mg bisa jd ikutan buat yg lainny..

    BalasHapus
  4. @ery : iyaa makasih yah mas hehe

    BalasHapus
  5. kalo backpackeran mas sendiri apa ada temenya sih???

    BalasHapus
  6. saya kadang sendiri kadang sama temen, kalo sama temen ga terlalu banyak paling bedua doang. Tapo lebih sering sendiri hoho

    BalasHapus
  7. jadi nunggu dua hari lagi yah? Congratz...
    Buat yang comment nge-dukung dikirimin gratisan buku kaga? :p

    BalasHapus
  8. tahniah sudah dapat keluarkan buku, keep it up dude!
    pastinya buku kamu hanya dipasarkan di Indonesia kan? kalau yang di luar Indonesia bagaimana mahu dapatkan buku kamu ya? interested to read your journey

    BalasHapus
  9. @halim_san : hehe ternyata ada kesalahan teknis pas percetakan :(

    BalasHapus
  10. @ siti : Halo akaaaaa...terima kasih yaaaah, iya cuma di Indonesia aja, mungkin nanti bulan Mei saya ke KL, mungkin saya bisa kasih disana :D

    BalasHapus
  11. gw gregetan banget sm buku loe yang isinya tentang keliling asean yang murah meriah itu,,,
    pas banget bulan 9 nanti aku mau ke 5 negara tsbt, start singapore
    dan yg pengen gw tanyakan, kapan buku nya keluar?
    klau mpe bulan 8 belum keluar,,, gmn cr gw nyontek gaya irit loe pas keliling asean?
    ahhhh,,gue ga sabar ne...
    kasih info please..
    email garis besar ny jg boleh,,
    di rebellion_girls@yahoo.com
    *mohonbersimpuh...
    hehehe, ntr buku loe keluar langsung deh gw beli... jamin.ahaahhaha

    BalasHapus
  12. Selamat, dari approvalnya sudah terlihat keren itu... :)
    Masalahnya, apa dan di mana indie publishing buku Agan itu? Ane dari dulu buat draft tentang fotografi perjalanan tapi belum tau mau dilarikan ke mana?

    BalasHapus
  13. Disssss nongolnya dimana tuh buku?? Mau belii kakaq!
    Sukses yoo masbroo!

    BalasHapus
  14. @anonim : hehe ini buku pertama gue broh, isinya tentang perjalanan gue sebelum keliling Asia Tenggara itu secara keseluruhan. yang keliling asia tenggara itu mau dibikin buku yang lain lagi ceritanya :D

    BalasHapus
  15. @fiz_online : hehe banyak gan di internet, coba googling. saya sih ke temen minta bantuin nyetaknya. kalo mau tanya langsung lebih banyak tentang indie publishing, mention aja ke twitter ane langsung yah broh.

    BalasHapus
  16. @Bangkit : makasih beroooo... hehe online aja gue jualnya kit. nnt gue kabarin kalo udah beneran beres yah, kemaren ada kesalahan teknis pas nyetaknya jadi diulangin lagi deh :(

    BalasHapus
  17. Harga kira-kira brpa Dis?? Cara mesen gmn?

    BalasHapus
  18. @winda : harga belom tau adis hehe..cara mesen dan harga nanti adis buat postingan khusus deh hehe..

    BalasHapus
  19. wow.. you sold your motorcycle?

    that must be hard

    BalasHapus
  20. iya sedih nih :'( beliin lagi dong :D

    BalasHapus
  21. adis semoga sukses ya bukunya .. kakak mendoakan mu> *cipok basah buat adis*

    BalasHapus
  22. aaaaaaaaaah terima kasih kakak athaaaa~ cipok balik deh #ehh *ditoyor

    BalasHapus
  23. Gan Takdos, Ane ijin ambil artikel agan ttg Lombok dan ane Translate ke Inggris dan Publikasikan beserta data Agan (Lewat Blog)ya?

    BalasHapus
  24. waaaah boleh boleh, nanti saya minta link nya yah hehehe

    BalasHapus
  25. Panjang ceritanya, mungkin kita flashback lagi ke satu tahun yang lalu, saat pertama kalinya gue backpacker-an ke Thailand, awalnya gue gak nyangka kalo itu bakal ngerubah hidup gue (agak lebay sih yah.) tapi beneran deh, hobi gue traveling bukan sekedar hobi doang, bahkan bisa gue bilang passion. Hal yang bisa membuat gue bergairah dan selalu senang melakukannya.

    waahh... hampir sama nih, perjalanan ke thailand jg membuat aku suka jalan2, btw selamat ya udah terbit bukunya *eh uda kan ya?

    maklum baru terdampar di sini
    hihihi

    BalasHapus
  26. @dansapar : muahahha..udah brooooh..makasih yaaak..beli dong :D

    BalasHapus
  27. WAAAHH PENGEN BGT BELII BUKUNYA :D

    BalasHapus
  28. SMLM AWQ SMS TAG DIBLSS,NTI AWQ EMAIL DAHH

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana adaaaaaaaaaaaaaaa?? ga adaaaa... coba sms ke 085624112227

      Hapus
  29. Broo....
    tar ane beli buku ente, awas kalo ga bagus..
    wakakaka

    BalasHapus
  30. woww wokeh bin keceh ini pertama kli gw bca blog yg nyeleneh tp yahuutttt..suskes trus

    BalasHapus
  31. woww wokeh bin keceh ini pertama kli gw bca blog yg nyeleneh tp yahuutttt..suskes trus

    BalasHapus
  32. woww wokeh bin keceh ini pertama kli gw bca blog yg nyeleneh tp yahuutttt..suskes trus

    BalasHapus
  33. wow... passion memang sangat dibutuhkan dalam bekerja keras :D

    BalasHapus