Cheap Trip to Singapore and Malacca (Malaysia)

Hai para gembel hehe :p..saya mau menceritakan kembali tentang perjalanan saya backpackeran ke singapur dan malaysia nih, karena disni saya nyeritain gembel,jadi kalian yang baca note ini jangan ngarepin deh pengalaman saya main casino di singapore, jalan jalan ke universal studio, dugem di zouk singapore atau bahkan ngabisin uang berjuta-juta rupiah dalam perjalanan ini, inget WE ARE NOT TOURIST, WE ARE BACKPACKER seengganya itu yang dikatakan teman saya dari jerman waktu saya backpackeran ke thailand (manuel helsinger & michael rudolf) note ini negesin sekarang gembel aja bisa jalan-jalan ke luar negeri loh dengan,


 500 REBUan, 4 HARI 3 MALEM 2 NEGARA DAN BANYAK TEMPAT PARIWISATA YANG DIKUNJUNGI !!!

ini bukan becandaan koq mas mas dan mbak mbak..

 note ini nyeritain perjalanan backpacking saya dan 2 teman saya mas bih dan sarah yang dengan budget minim pun masih bisa jalan" ke singapore dan malaysia, bukan hanya satu negara yang kita kunjungi, tapi 2 negara sekaligus kita kunjungi dalam waktu 4 hari !!!


     yah di mulai dari rumah saya di bandung tentunya, kebetulan saya dapet tiket JKT - SINGAPORE dan itu saya dapet flight jam 9.00 a.m so otomatis karena temen saya si mas bih ini exciting banget mau jalan" keluar negeri hahahhaa..jadi kita cabut naik primajasa dr BSM ke bandara soetta pukul 3 subuh,,buseeet niat bgt yah..perjalanan bandung - jakarta kita tempuh dalam waktu 3 jam saja, kita sampai di jakarta pukul 6 pagi,sambil nunggu check in ticket kita pun memutuskan sarapan dlu dong di KFC bandara, dan saya ngga sadar ternyata itu sarapan paling mewah yang bakal saya nikmatin dalam waktu 4 hari ini hahaha..

     setelah selesai sarapan dan ngerokok” cantik di bandara, saya pun check in ticket 2 jam sebelum keberangkatan, setelah menunggu di boarding room, pesawat air asia dengan no. penerbangan QZ7788 pun datang tepat waktu yaitu pukul 9.00 a.m ,di pesawat ternyata banyak juga orang indonesia yang akan pergi ke singapura dengan berbagai tujuan tentunya entah itu liburan atau pun kerja, yang pasti yang bawa ransel segede bagong tuh cuma kita bertiga doang..*ya iya lah yah kan namanya juga backpacker.hehe..

(info : saya ke singapore bawa rokok 3 bungkus loh dan itu ga ada masalah)

HARI PERTAMA (17/02/11)

terminal 1 changi airport
     TOUCHDOWN SINGAPORE !!! Pesawat kita pun sampai di Singapore pada pukul 11.00 waktu Indonesia dan pukul 12.00 waktu Singapore..karena disana waktunya lebih cepet 1 jam dr Indonesia. Setelah mengurus tetek bengek seperti scan barang bawaan dan imigrasi akhirnya saya pun menginjakan kaki di singapur,
(info : buat para backpacker, dibandara itu jgn lupa selalu mengambil map,brosur,dan info” lain nya tentang destinasi yang kita kunjungi, itu GRATIS alias FREE koq.)

     Setelah mengurus semua dan mengambil peta Singapore saya dan kedua temen daya pun celingak celinguk di bandara change ini, sumpah ini bandara gede nya segede dosa orang kafir kali yah..gede banget ampe kita kesasar dan bingung buat keluar dari bandara ini ada terminal 1 lah 2 lah 3 lah..arghhhhhhh…#kampunganBangetYah hahahaha..

lost in changi airport -___-"
     Setelah tersesat selama kurang lebih 1,5 jam di bandara saya pun mendapatkan jalan ke luar, yaitu lewat stasiun MRT di changi airport, tanpa pikir panjang lagi saya pun membeli tiket MRT dengan tujuan Little India, dengan harga 3,1$ sebelumnya saya beli roti pandan satu bungkus buat ganjel perut sekalian nukerin receh seharga 1,4$.

(info : lebih baik kalian punya uang receh seperti pecahan uang coin atau lembaran uang 2$, sumpah ini berguna banget deh buat naik MRT)

(info : tiket MRT tuh system nya pake deposit jadi klo misalnya lu beli tiket dr change ke little india tuh 3,1$ nah ntar klo dah nyampe kita bisa balikin tiketnya dan lu dapet kembalian 1$)

(info : update lah status FB or twitter mu sebelum dan sesudah sampai Singapore, tujuannya ya apalagi kalo bukan buat SOMBONG”AN hahahahaha =)) )

santai ngudud depan hostel
     Setelah sampai little india kita pun buru” cari hotel di daerah itu sumpah lu ga akan ngerasa di Singapore deh klo pas nyampe little india, bau dupa yg suka di pake ibadah orang india, bau makanan india dengan khas bau rempah”nya yang menyengat plus bau badan orang india yang emang bau hahahahaha =)) no offense .ini kaya di india dah bukan kaya di Singapore hehe.. , sebenernya banyak hotel” murah di daerah itu seperti di Dunlop St. , Dickson Rd. , Veerasamy Rd. dll. Itu tergantung kejelian dan keuletan kalian aja buat nyari. Tapi pilihan saya jatuh di fernloft hostel di jalan besar, dengan uang 20$ kita dapet kasur di ruangan dorm, internet comp gratis, wifi gratis dan Breakfast gratis tentunya.hahahaha tapi overall semua enak dan bersih koq, kamar bersih dan berAC, share toilet bersih dan air panas tentunya, depan hotelnya pun bisa di pake ngerokok sambil nongkrong di pinggir jalan,hehe..

     Buat hari pertama ini saya mutusin Cuma jalan” aja di sekitar little inida toh banyak spot yang bagus buat didatengin koq seperti mustofa center, Sri Veeramakaliaman,  masjid abdul gafoor dan little inida arcade. Setelah puas jalan-jalan di sekitaran little india saya pun makan di daerah mustofa center. Yang harganya berkisar dari 2$ sampai 10$an, tapi saya makan nasi ayam aja yang harganya 4 $ dan air mineral yang beli di 7eleven dgn harga 1$. Setelah selesai makan malam saya pun pulang ke hotel untuk beristirahat dan surfing di internet dlu tentunya.biasa buat update status di dunia maya klo gw ada di Singapore sekarang hahaha..#sombongDikit

(info : kalo saya punya prinsip sih sebagai backpacker, JANGAN PERNAH NAIK TAKSI apalagi klo lu Cuma sendiri. MAHAL !!! lebih baik jalan kaki aja toh banyak yang bisa di liat dan ga ngebosenin juga koq)



HARI KEDUA (18/02/11)

     Saya bangun jam 10an nih pagi ini karena pada malam sebelumnya saya tidur jam 12 malem setelah ngobrol” terlebih dahulu sama orang bali yang sudah stay lama disana nama nya bang syarief.hehe…saya dapet banyak info tentang Singapore dari dia.
Setelah ngumpulin nyawa dlu di kasur saya pun cepet” mandi dan prepare buat lanjut ke melacca, pukul 11 pagi setelah sarapan di hotel saya pun langsung check out dan lanjut perjalanan.

(info : sarapan lah yang banyak klo bisa bawa Tupperware buat bekel roti buat dimakan di perjalan.hahahaha kan namanya juga gembel bebas dan ga tau malu tentunya haha..oh dan jgn lupa buat reffil air botol minuman di hotel semua FREE )

 mas bih seneng di MRT ketemu cewe


 bohay
     Setelah check out saya jalan ke statsiun MRT terdekat yaitu stasiun Farrer Park kira” 10 menit jalan kaki dari hostel kita nginep saya pun lanjut kea rah stasiun kranji dengan harga tiket 3,2$ dan seperti biasanya ini tiket deposit,setelah sampai tujuan bakal dikembaliin 1$ sama mesin nya.Setelah sampai kranji saya langsung menuju terminal bus yang ada di bawah stasiun kranji. Disini naik lah bus SBS transit atau causeway bus yang langsung ke arah terminal Larkin di Johor Bahru Malaysia dengan harga tiket sebesar 1,4$. Di perjalanan dr Singapore ke Johor Bahru ini kalian bakal sangat sangat repot dengan imigrasi yang mengharuskan kalian turun naik bus buat di cek di imigrasi.

(info : masuk Malaysia dari Singapore pun saya masih memberanikan diri buat bawa rokok dan ternyata disni di scan cek nya ga terlalu ketat koq,yang bakal di cek tuh bag gede kalian aja,yang kecil nya ga bakalan di cek jadi kalian taro aja rokok,bom,pisau,pistol ataupun majalah bokep kalian di tas kecil ini. Hahahahaha J) )

     Setelah selesai dengan imigrasi saya lanjut naik bus ke arah stasiun larkin, disini saya sempetin makan siang dlu di terminal larkin dengan uang 4RM kalian dah dapet nasi lemak ayam. Setelah makan siang saya pun lanjut naik bus dari larkin menuju Melaka, dsni banyak bngt perusahaan bus yang menawarkan jasa nya, tapi pilihan saya jatuh ke perusahaan bis MAYANG SARI.. entah namanya kaya artis Indonesia atau karena bus ini emang nyaman, tetep saya pilih MAYANG SARI.hahahahaha… =)) dengan harga tiket 19RM kalian dah bisa naik bus ke Melaka dengan nyaman.bus dsni ga kaya bus damri di bandung yang mau duduk aja susah.hahaha..ini bus nyaman banget, full AC dan kebetulan pas itu saya cuma bertiga di dalem bus itu.hahaha..serasa kaya bus pribadi nih.


(info : lebih baik kalian tukerin uang dolar Singapore ke Ringgit dlu sebelum pergi ke Malaysia ataupun klo ga sempet di terminal larkin juga banyak money changer koq,pilih yang orang india aja money changer nya biasanya bakal di kasih lebih banyak dr pada sama orang melayu)

ternyata di melaka ada toke kebaya ceu rose eleuh"
     Setelah perjalanan selama kurang lebih 4 jam saya pun tiba di Melaka sentral, dsni saya harus naik bus sebesar 2RM atau taxi sebesar 15RM utk sekali jalan  ke daerah hotel yang sudah saya incer yaitu discovery guest house, sebenernya banyak hotel di daerah sini seperti di china town, jonker St, dll..tapi pilihan saya jatuh ke discovery guest house di Jalan Bunga raya. Dengan harga 17RM kalian bisa mendapatkan satu kasur di dorm room dengan AC, free wifi,staff yang ramah, bar, live music dan tentunya breakfast gratis alias FREE !!! setelah beristirahat sejenak di hostel saya pun melanjutkan jalan jalan sore saya di Melaka, banyak banget tempat yang saya kunjungi disni, Karena jaraknya yang saling berdekatan.

saya dan St, Peter Cruch
Sarah dan Mas Bih depan gereja merah
     I mean Melaka ini pun bisa disebut kaya venice nya Malaysia, venice yah bukan pen*s hahahhaa..heup , Tempat” yang menarik disini adalah St.Peter Cruch (gereja yang udah tua banget), sungai Melaka(Venice), the stadhuys building, Menara taming sari, A Famosa, Jonker st, alias china town, dll. Dan semua itu jaraknya sangat dekat dengan hotel yang saya tinggali. Setelah puas berkeliling sore saya pun memutuskan untuk makan malam di china town alian Jonker st. dan kebetulan dsini lagi ada festival gtu entah setiap hari atau pas weekend aja ada nya saya lupa nanya. Festival jonker st. ini penuh dengan ornament china sepanjang kurang lebih 1 km banyak banget yang jualan mulai dr souvenir,makanan,barang bekas,ampe tukang obat yang teriak” di pinggir jalan pun ada, dan yang saya heran banyak juga yang liatin tuh tukang obat weks woks.hahahahaha.. disini saya makan mie laksa curry daging dgn harga 3.5RM dan minum es serut durian dengan harga 3RM. Enak banget deh udah banyak yang jualan makanan,jajanan, souvenir ditambah cewe china seksi dan cantik yang lg jalan” sekalian buat cuci mata hahaha…
satria baja hitam made in mallaca

(info : jalan” lah ampe malem disini tapi jangan lupa liat sunset dr sungai Melaka, this is amazing atmosphere and amazing view also. Disini matahari terbenam kira” pukul 7.30)

Setelah puas jalan jalan di Melaka sambil nongkrong di pinggir sungai Melaka saya pun pulang ke hostel untuk beristirahat.



HARI KETIGA (19/02/11)

     Back to SINGAPORE !!! seperti biasa setelah selesai sarapan saya pun melanjutkan pulang ke Singapore dengan bus dari hotel ke Melaka sentral dengan harga tiket 2RM, dilanjut dr Melaka sentral ke terminal larkin sebesar 19RM. Setelah sampai terminal larkin saya pun makan siang dlu di terminal ini, nasi ayam dan sebotol air mineral saya duitin cuma 5RM.

     Sesudah selesai makan siang saya pun melanjutkan perjalanan ke  stasiun kranji Singapore dengan bus causeway dengan biaya 1,4RM. Seperti biasa kalian harus sabar dengan imigrasi nya yang memang sangat merepotkan, untuk Malaysia – Singapore saya tidak berani membawa rokok karena imigrasi Singapore sangat ketat, dan tidak sedikit yang terkena denda disini Karena membawa barang” yang dilarang masuk Singapore. Saran saya abisin aja rokok nya di Malaysia !!!

     Setelah sampai stasiun kranji Singapore pada pukul 4 sore saya pun naik MRT ke stasiun orchard dengan harga 3,1$!!! Pokonya hari sabtu ini saya bakal ngabisin waktu buat jalan” di Singapore.  Setelah sampai stasiun orchard, saya pun berjalan” di jalan orchard, dan saya Nampak kaya orang yang baru turun gunung di daerah orchard ini, dengan muka cape dan caludih, kaki kotor, dan bawa tas segede bagong di punggung..oh gosh rasanya pengen banget buru” menghilang dari orchard ini, beda banget sama orang” yang lewat pada pake baju modis dan rapih.HAHAHAHA..tapi gpp yah tetep PROUD TO BE A BACKPACKER !!!
Jalan jalan di orchard ini boro” mau belanja di toko” branded mereka..buat masuknya aja kayanya udah malu.hahaha alhasil saya pun hanya jalan” saja di jalan orchardnya, disni lu harus nyoba uncle ice cream yang banyak jualan di pinggir jalan orchard. Dengan duit 1$ saya pun melahap ice cream duren dengan roti, hemm..sangat menyegarkan di saat tenggorokan saya kering karena cape berjalan.

enjoying marina bay sands
     Dari orchard saya jalan ke stasiun somerset dan langsung menuju staisun marina bay dengan MRT saya hanya perlu uang sebesar 2.1$ .sesampainya di marina bay saya jalan ke marina bay sands untuk melihat sunset dan juga fto” tentunya hahaha..mungkin ini adalah highlight saya selama liburan di Singapore..liat sunset di lanjut pertunjukan laser sangat seru !!! secara di Indonesia kaga ada hahahaha..dan satu lagi ini GRATIS alias FREE !!! setelah  puas nongkrong di marina bay sands saya lanjut jalan” ke esplanade park, marina square,singapure river,  park quay dan merlion park (pas saya dateng patung merlion nya lagi di RENOVASI !!! FUCK !!! ) jadi berasa kurang afdol nih liburan ke singapore !!!
Setelah puas berkeliling saya pun makan malam di festival apa gtu namanya saya lupa, saya makan makanan korea, makan saba fish dan chicken BBQ hanya 6$ sajaaaaaaaah… setelah makan malem saya pun lanjut naik MRT di stasiun raffles place untuk lanjut ke stasiun MRT di changi airport dengan uang 3$. Dan itu saya dapet kereta terakhir,nyampe change pukul 11.30 p.m

(info : stasiun MRT dihari biasa tutup pukul 10.00 p.m tapi karena ini satnite jadi tutup nya pukul 11.00 p.m)

(info : buat mencapai tujuan tertentu dengan MRT kalian harus berganti kereta)

HARI KEEMPAT (20/02/11)

     Nyampe change airport pukul 11.30 p.m dan saya pun memutuskan untuk tinggal di airport aja secara saya backpacker dan makin kerasa backpackeran nya..hahahhahaa..di changi enak koq buat diem, banyak yang bisa kalian lakuin disini mulai dr internetan pake I-PAD jalan jalan di changi airport yang emang gede dan luas, bolak balik pake skytrain di airport #EweuhGawe. Hahahahaha.. =)) tempat rekomendasan saya buat tidur di changi airport ini adalah di McD terminal 2, di musem change terminal 1, atau taman bermain indoor di terminal 1,2,3 dan ga usah malu buat tidur di airport karena banyak juga turis yang tidur disini.
Setelah istirahat dan tidur lelap di airport saya pun bersiap check in untuk pulang ke INDONESIA pada pukul 12.00 a.m setelah sarapan roti dulu di airport dengan duit 1,4$ .GOOD BYE SINGAPORE DAN MALAYSIA..

     suatu saat gw bakal balik lagi ke Singapore tapi bukan buat backpackeran tapi jadi turis, yang pake pesawat kelas 1, nginep di Hotel bintang 5, jalan jalan ga pake MRT tapi pake PORSCHE pribadi, maen judi di SINGAPORE CASINO dan tentunya ngabisin uang ratusan juta HAHAHAHHAHAHAHA…ameeeeeeeen !!!

Rincian Biaya

HARI PERTAMA
  • MRT Changi airport to Little India               3,1$
  • Roti                                                             1,4$
  • Hostel farnloft                                              20$
  • Makan malem                                              4$
  • air mineral                                                    1$
TOTAL                                                                 28,5$  *deposit MRT 1$

HARI KEDUA
  • MRT Farrer Park to Kranji                            3,2$
  • Bus Kranji to Larkin Johor Bahru                   1,5$
  • Makan siang                                                  4RM
  • Bus Larkin to Melaka                                    19RM
  • Bus Melaka Sentral to hotel                            2RM
  • Hotel discovery                                              17RM
  • Makan Malem                                                3,5RM
  • Es duren                                                         3RM
TOTAL                                                                   3,7$  *deposit 1$
                                                                               48,5RM

HARI KETIGA
  • Bus hotel to melaka sentral                               2RM
  • Bus melaka sentral to Larkin                             19RM
  • Makan Siang                                                     4RM
  • air mineral                                                         1RM
  • Bus Larkin to Kranji singapore                          1,4RM
  • MRT Kranji to Orchard                                    3,1$
  • uncle ice cream                                                 1$
  • MRT somerset to marina Bay                            2,1$
  • Makan Malem                                                   6$
  • MRT raffles place to changi                                3$
TOTAL                                                                      27,4RM
                                                                                   12,2$ *deposit 3$

HARI KEEMPAT
  • Roti                                                                      1,4$
TOTAL                                                                         1,4$

TOTAL SEMUA                                                        45,8$ = Rp. 320.000,-
                                                                                    75,9RM = Rp. 227.700,-

TOTAL                                                      Rp. 547.700,-
catatan *) kurs dolar singapore 1$ = Rp.7000
                  kurs ringgit malaysia 1RM = Rp.3000

thanks to a Obie, sarah dan guru backpacker saya mas ariy solo hehehe :)

113 komentar:

  1. Bro... seneng bisa ktemu blog-nya
    gw juga share pengalaman di blog gw tedveller.blogspot.com

    Tapi pengalaman gw HSM-SIEMREAP-BANGKOK sampe PHUKET, juga MALAYSIA-SINGAPORE blom sempet ditulis, abis kejadiannya tahun lalu.
    ntar gw tulis deh, sembari nginget2 dgn ngebaca blog elo, mirip2 sih..

    BalasHapus
  2. wah makasih dah comment di blog ane yang ga keurus ini bro hehe..
    iya ditunggu share ceritanya bro..

    BalasHapus
  3. mantap bang... jd pengen backpacker bareng nie...hehehe
    kapan ke thai, kl, sing lg ???
    kasih info ya bang... ;)

    BalasHapus
  4. hahaha makasih yah..
    hayu hayu asal ditraktir tiketnya yah??
    hahaha..

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas infonya yang super bermanfaat ini, apalagi untuk saya yang memang senang bertraveling dengan ""backpacker"" style. Backpacker Hotel di Singapura memang banyak pilihannya, dilihat mulai dari harga, lokasi yang strategis, serta fasilitas yang diberikan. Tinggal disesuaikan dengan selera dan budget yang mampu kita anggarkan. Boleh saya tambahkan "" The Hive Backpacker Hostels"" sebagai salah satu pilihan hotel murah di Singapura ? Januari lalu saya menginap di sana, dan menurut saya tempatnya nyaman untuk kelas backpacker hostel : fasilitas cukup lengkap (ada akses internet gratis di lobby, free breakfast ringan,dll) dan juga harganya terjangkau. Letaknya dekat sekali dengan stasiun MRT Boon Keng. worth to try ! :)

    Menurut info dari teman, patung Merlion sekarang sedang disetting khusus menjadi Merlion Hotel. Hingga 15 Mei nanti, kita sebagai turis bukan hanya bisa datang dan berfoto dengan Merlion, tapi bisa memegang-megang kepalanya langsung, katanya sih maksud Merlion Hotel ini supaya turis bisa menghabiskan waktu lebih intim dengan si Merlion :)

    BalasHapus
  6. @kang fajar : wah makasih dah bagi-bagi infonya juga kang terutama buat yang hostel dan merlion itu, iya nih saya ga berasa ke singapur juga waktu itu karena ga ketemu sama si merlion haha..yah semoga ada rezeki lagi terus ntar bisa ke singapur lagi khusus buat liat si merlion haha

    BalasHapus
  7. Bagus blog-nyaaa. Informative n lucuu :D

    BalasHapus
  8. blognya kerenn :)
    niatnya gw ama temen2 bakal ikuti jejaknya deh september besok.
    mau tanya dong, kalo ke thailand jalur darat dari malaysia sebaiknya berangkat dari kota mana yah?
    thx :)

    BalasHapus
  9. hehehe thanks om, ka, mas, mbak, tante siapapun itu :D salam backpacker, kalo buat gampangnya sih kalo mau ke thailand dari K.L aja biar gampang, di KL ada koq bus yang langsung ke thai.

    BalasHapus
  10. tadis..
    tiket pesawatnya berapaan coy PP??

    BalasHapus
  11. tergantung gan, klo dpt promo bisa cuma 100rb PP

    BalasHapus
  12. waah ternyata 500rban itu blum sama tiket pesawatnya yaah??
    trus klo ngurus paspport or imigrasinya gmna gan??

    BalasHapus
  13. belum mas, tiket pesawat sih fleksibel..kalo ngurus passpor mah gampang aja, bisa bikin via online atau ga langsung ke imigrasinya

    BalasHapus
  14. sama dong.. saya juga ke singapore 3 hari dengan budget segitu.. tapi nginep tempat temen and ditraktir mulu.. cuma bayar lunch sekali di kopitiam karena nunggu temenkiu. Jadi tuh budget plus masi sempet belanja di bugis.. wkwkwkwkwkw..

    BalasHapus
  15. @elany hehe..yang penting kita jalan-jalan low budget yaaa hahaha.. *toss*

    BalasHapus
  16. Wow blognya menarik banget, yg pasti seh kalo travelling ala backpacker musti disiplin sama yg namanya budget ya.. ga bentar2 ngrasa panas wkt jalan2 trus ngloyor ngadem di mall trus nyambi belanja, trus skalian makan di foodcourtnya yg mahal. Jalan - jalan trus capek, trus ngambek naik taxi balik ke hostel.. *pengalaman pribadi* jalan2 on budget yg on cuman hostel sama pesawat airasia doang.... LOL

    BalasHapus
  17. HAHAHAHAHAHA..bisa gtu yah?? kalo saya sih yang penting niat mau ngegembel aja. nah aplikasinya adalah dengan membawa uang seminimum mungkin. dengan uang seminimum mungkin, maka akan jajan seminimum mungkin juga. hehe

    BalasHapus
  18. Dis, emang bisa ya ngurus paspor via online?

    BalasHapus
  19. bisa , buka aaja nih www.imigrasi.go.id

    BalasHapus
  20. waaa.... ajak2 lah kang klo mau ngegembel lagi.. XD

    BalasHapus
  21. hahaha ayok. januari 10 2011 saya keliling asia tenggara lagi nih. nyusul aja hehe

    BalasHapus
  22. waaahhhh ... saya mau seperti anda

    BalasHapus
  23. blognya kerennnn,,,!!

    berkat baca blog ini gw tau klo dr singapore bisa ke malaka.
    Hiks,, unfortunetly,, gw dah beli tiket PP.

    BalasHapus
  24. @iday : yaaaaaaaaaah sayang banget, gpp gue juga beli PP waktu itu tapi bisa have fun dan tetep kece kok hehe

    BalasHapus
  25. @anonim : hihi..ayok traveling

    BalasHapus
  26. om @takdos sebelumnya salam kenal,saya @windrawindre..i'm one of your followers on twitter hahaha
    saya mau tanya,kalo ke melaka dr SG itu aman ga kalo misalkan solo traveller?
    terus keadaan terminal Larkin di JB itu keadaannya gmn?aman ga?suasananya?
    terus tiket bus Kranji-Larkin-Melaka senral itu belinya PP apa single journey?
    terus letak discovery guest house jauh ga dari tempat turun bus Melaka Sentral?

    soalnya saya tertarik ingin melakukan hal yg sama yaitu SG-Melaka-SG cuma bedanya saya dr j-town hahahahahaha mohon balasannya,makasih :))

    BalasHapus
  27. @windrawindre : haloooow windraaa, thanks for following me :D gue bantu jawab semua pertanyaannya yah..

    dr melaka ke SG sangat aman, bahkan untuk seorang wanita. actually singapore dan malaysia sangat frinedly tourist :D

    Terminal larkin, yah sama kaya terminal Indonesia, banyak calo juga. tapi ga se-crowded terminal di Indonesia,langsung beli tiket aja ke counter. jgn lewat calo.

    single journey aja, banyak kok di terminal.

    letak discover gh. masih jauh dari melaka sentral, kudu pake bis atau ga taksi :D hehe..

    have a nice trip windra :D

    BalasHapus
  28. oo gtu,terus kalo dr discovery guesthouse nya buat ke red quare (gereja merah) sama ke jonker st jauh ga? kita jalan kaki atau naik bus kalo mau kesana dr guesthouse discovery?

    sama jalan dr SG(kranji) start jam brp? jam 8?
    terus bus ke larkin itu adanya jam brp aja?

    nah kalo di melaka itu bebas nge-rokok gak sih?di larkin bebas rokok jg ga?

    kalo di SG tempat hostel yg bebas ngerokok selain di fernloft lil india ada ga?

    mau solo trip rencananya,cuma ga punya bayangan sama sekali pas di JB dan Melaka.. hah mohon bantuannya yah brohhhhhhh :))

    BalasHapus
  29. lo nanya apa mau ngasih gue ujian negara -____-"

    ok gue jawab satu2 nih..dr discovery guest house mau ke tempat yg lo sebutin semua itu, deket doang ngesot juga bisa.

    start bebas semau lo, asal jangan lebih jam 12 malem. tiap stngh jam atau 15 menit ada.

    melaka bebas banget mau lo bakar gedung juga bebas :))

    singapore semua hostel klo ga salah ada smoking area, tak usah risau.

    gue kasih tau yah, kalo solo trip, semakin lo minim informasi maka akan semakin keceh perjalanan lo. percaya sama gue !!

    BalasHapus
  30. @windrawindre : sorry berry nih broh kalo gue banyak nanya..jd gak enak,soalnya kalo ini trip jadi,the first ever solo trip overland.. :D

    boleh nanya lg gak? boleh yah?boleh kan?HAHAHA
    seems like im annoying,isn't it?

    perjalanan kranji-larkin-melaka sentral itu kurang lebih 6jam yah? oiyah perjalanannya lancar2 apa ada macetnya? hahahaha ya kali aja kaya jakarta :p

    semakin minim info maka akan semakin keceh perjalanan,maksudnya gimana? ASELI LEMOT BGT GUE..

    terus pas di imigrasi SG-JB dan sebaliknya kita bayar lg apa free pas cek imigrasi kedua negara?

    matur nuwun sembah sanget (javanese mode : ON)

    thank you so much..

    BalasHapus
  31. muahahahahaha...lancar kok, jalannya gede banget segede dosa firaun,biat=ya imigrasi free semua selama lo di asia tenggara.

    maksud gue, semakin lo ga tau apa-apa..maka akan semakin kerasa bertualangnya. spontanitas lebih seru

    BalasHapus
  32. hello,, mau tanya dong, pas di imigrasi malaysia pake di cek cek segala ga paspornya. di cap juga kah ? thanks

    BalasHapus
  33. @atha : dicek dan dicap mah pasti :D

    BalasHapus
  34. om saya mau tanya and minta info yg rinci dong...kalo dari bandara changi mau ke hotel naik taxi resmi bandara nama taxi nya apa ya?...hehehe norak ya gw.., terus kalo dari sing kemalay naik apa ya yang enjoy..? oya..kalo hostel kamar mandi nya di luar ya? (denger2) , bisa rekomendasikan nama hotel yang ga mahal ga ? terus di malay nginep di hotel mana yg harganya sedang dgn kantong PNS hihihi

    BalasHapus
  35. @een : Haloooow...buat dr bandara ke hostel jangan pake taxi !! MAHAL GILA !! mending pake MRT lebih murah, nginep di Singapur pilih di Little India atau daerah Geylang. Banyak hostel muah disana. Tergantung hostelnya, ada yang didalam ada yang diluar. Boleh coba di FernLoft Hotel di Little India.

    Malaysia nya dimana dulu nih??
    Nanti coba dibuku saya infonya lebih komplit..bisa dibeli loh hehe..

    BalasHapus
  36. mantap bang, haha top blognya :D
    btw tiket pesawat ga dicantumin, wah tetep aja sejuta lebih dengan tiket pesawat ya?

    BalasHapus
  37. nggak ampe sejuta kok, 1 maret ampe 5 maret ini nih gue harusnya ke KL pake tiket PP cuma 95rebu. promo hehe

    BalasHapus
  38. apa??
    tiket KL PP cuma 95rb??
    :O
    shock bang, haha
    mantap bro, lanjutkan wah ceritamu menginspirasi nih, thumbs up! :D

    BalasHapus
  39. KL PP 95rb? dapet promo dari mana bang? minta info sekalian dong buat backpacker maskapai yang sering ngasih promo buat backpacker apa aja?

    BalasHapus
  40. jordan & donny : yoii..coba klik foto gue di blog ini yang lagi bawa backpack, disana nanti lo bakal nge-link ke foto2 di lockerz gue, nah disitu ada foto tiketnya hehe

    BalasHapus
  41. wah tertarik nyobain nih, mei ini aku singapur malaka juga ah, wkwk :D
    wah tapi hari terakhir makan roti doang ya :D
    temen2 pada ga percaya tapi aku akan buktikan backpacker ga butuh banyak uang hehe
    btw tukar money changernya dalam kurs singapur dollar apa ringgit yang dibanyakin?

    BalasHapus
  42. ah iya bener jakarta - kl PP cuma 95rb totalnya
    air asia

    waaah keren dapet aja promo nya haha

    ada bulan2 tertentu ga sih yang biasanya ada promo gila gilaan
    udah ga sabar mau nyoba backpacking

    BalasHapus
  43. @jordan : huahahaha sok atuh backpackeran, mending banyakin singapur aja, soalnya ga jatuh harganya kalo dituker ke ringgit.

    @donny : hehehe...promonya biasa juni - juli..ntar langsung coba cek aja mas broh

    BalasHapus
  44. woke bang sip2 wah wah makin tertarik nih :D
    thanks inspirasinya, mudahan2 600rb bisa keliling orchard road
    kebetulan mei sampai akhir juni ada sale besar-besaran kan wkwk

    BalasHapus
  45. @donny olympas : bareng yuk kalau mau, aku mei ini backpacker ke singapur nih hehe
    tapi masih ragu bisa ga ya :D

    BalasHapus
  46. jordan dan donny, syukurlah kalian bisa bersatu dan menjalin hubungan di blog gue ini :'( *terharu

    BalasHapus
  47. Wah, perinciannya detail banget Bro, bisa dipakai pedoman yang belum pernah ke SImngapura ataupun Malaysia. Salut!
    Bagi saya pribadi, mengingat-ingat harga adalah sebuah kelemahan. Akhirnya setiap kali backpackeran lebih suka ambil gambar lalu mendeskripsikannya.

    Salam kenal

    BalasHapus
  48. kang numpang tanya ngk bayar khan, hehehe

    klo tiket pesawat lebih baik beli langsung PP ato salah satu dulu??
    belinya mending dadakan ato sejak lama ya bang??
    waktu awal kali naik ke singapura ato malaysia yang direncanain ama yang dilakuin apa bang??

    dijawab ye bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tergantung mau tripnya kaya gimana, mau lebih detail nanyanya boleh langsung tanya aja ke twitter yah broh hehe @takdos

      Hapus
    2. followed bang, ane bias_adhan :D

      btw apat inspirasi nama takdos darimana broo :D

      Hapus
    3. sip :D
      ah gue aja ngasal itu gara2 tadinya mau takdis (sesuai nama asli) tapi udah ada yang make hehe..

      Hapus
  49. @fiz : MUAHAHAHAHAH MAKANYA BAWA NOTE SAMA PULPEN !!

    BalasHapus
  50. waah bisa ni jadi pegangan buat taun depan, secara beli tiket PP buat 5 hari.. *msh bingung mau ngapain ntr di Singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli buku saya nih, komplit bisa buat pegangan di singapur, malaysia sama thailand :D

      Hapus
  51. hai..
    huahahaha seru bgt blognya. waah...jd mengispirasi diriku yg emang suka bgt "jalan". Yang biasanya kaki dipake jalan berjam2 di mall sampe gempor, sekarang jd ingin dipake buat jalan2 menjelajah negri yg asing. Kapan ada promo Air Asia ke SiPore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo~ hehe cek situs air asia nya rajin rajin ajah~

      Hapus
  52. Halo ~ mau nanya nih, ke Malaysia dari SG masih bisa ga pake rute dan transportasi yang sama dengan yang ditulis di atas ? hhehe. Soalnya yang ditulis kan cerita 1 tahun yang lalu, takutnya rutenya udah beda.Hehehe. Thank ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kok, ga berubah. terakhir kesana juga Januari kemaren hehe

      Hapus
    2. Thank you ya infonya~ hhehe

      Hapus
  53. tiket pesawat promonya nyari dimana kak? :)

    BalasHapus
  54. Maaf mau nanya pas masuk imigras malaysia yang di cek tas besar? Maksudnya koper backpack gitu? Gw pengen bawa iphone ke malay tau ga kira2 kena depositnya berapa? Thanks

    BalasHapus
  55. Maaf mau nanya pas masuk imigras malaysia yang di cek tas besar? Maksudnya koper backpack gitu? Gw pengen bawa iphone ke malay tau ga kira2 kena depositnya berapa? Thanks

    BalasHapus
  56. kgk coba sekalian bawa notebook,windows bajakan neng? :D

    BalasHapus
  57. akang saya mau tanya,
    saya tahun depan mau backpacker dgn adk saya ke singapore dan malaysia,

    ada 2 point yang saya mau tanyakan :
    1) pas proses cek imigrasi ,dokumen apa aja yang ditanya ? (NPWP ditanya gak ?) soalnya saya masih kul di bandung juga hhee

    2) saya baca di artikel diatas ada kata2 "internet comp gratis, wifi gratis dan Breakfast gratis" itu maksudnya dipinjemin Komputer + internetnya ya ? kemarin bawa laptop gak pas backpacker nya ?

    terima kasih akang,,
    mohon pencerahannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. nggak usah kalo belom kerja mah. coba cek persyaratannya di web imigrasi.

      2. saya kadang bawa laptop kadang nggak. wifi gratis sih pake hape aja.

      Hapus
    2. maksudnya pas di imigrasi perbatasan tiap negara atau di bandara ditanya dokumen NPWP gitu gak kang ?

      Hapus
    3. nggak ada NPWP, ditanya psspor doang kok selesai..

      Hapus
  58. bg, makasih infonya. mau nanya, itu tiket promo mesennya jauh2 hari ya? kira2 smpe brpa bulan nunggunya? trus kita beli di travel bisa ga kita dpet tiket murah gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ke travel gak akan dapet. kudu sendiri dan jauh2 hari~

      Hapus
  59. city tour di melaka apa setiap objek wisatanya dekat2 n bisa cm jalan kaki aja?

    BalasHapus
  60. Inspired!!!Sumpah bikin mupeng sampe ke ubun-ubun nih masnya.....
    Ditunggu kisah2 low budget lainnya

    BalasHapus
  61. bro kalo mau ke singapore dar kuala lumpur gmn caranya? thank you

    BalasHapus
  62. GOKILLLLLL, bang!!!!

    Ngiri euyyy saya. Berasa mantep banget jalan2nya, kek yg dah hafal gitu yaaa..

    BalasHapus
  63. kok harga tiket bus singapore malaysia, malaysia singapore murah banget? 1,4SGD , sama 1,4RM

    BalasHapus
  64. komunitas backpacker di bandung ada ga dis ?

    BalasHapus
  65. Salam mas, butuh info nih. Sy ada rencana budget travler KL-melaka-sing-KL tp cmn 4hari. Nah rencana dr KL-melaka malam hari trus ada bus ga ya malam2 gitu, dr KL-melaka brp jam ya?, trus klo smp subuh d malaka masalah ga ya? Maaf nih bnyk nnya hehehe

    BalasHapus
  66. bang, kite masih butuh paspor yakk...???
    sejak kapan jadi gembel bang...??

    punya tips ga kalo mw backpacker keliling indo...???
    mw ikutin jejak loh niih bang. tapi gw masih semester3...??

    BalasHapus
  67. Hai bro takdosss, salam kenalll ....


    gw mw beli bukunyaaa dnk yg ttg panduan singapur-malay-thailand...
    bedanya buku whatever i'm backpacker n koar2 gembel backpacker apa ya ??

    gw kbetulan dapat tiket promo singapur-malay untuk keberangkatan mei 2014 ,,,:D ,baca blog ente seru bgt, jd ga sabarrr berpetualang ...

    i followed you, please follback me @kudilmarudil

    thank you :D

    BalasHapus
  68. mas , kalo tidur di bandara changi...tidur di apaan ya? di karpet atau apa...rebutan ga sama bacpacker yg lain...suasananya ga kaya di Indo kan ya...maksudnya nyaman gitu..mhn info ya..terimakasih banyak

    BalasHapus
  69. aaaa keren jd referensi banget deh

    BalasHapus
  70. lo uda berhenti nulis ya sob ?
    kok g pernah d updet lagi..
    kalo iya,, sayang bgt.. kecewa gue...:(

    BalasHapus
  71. wuih ini, travel blogger lagi, bawaannya mupeng. Semoga bisa kecapai lah :D

    BalasHapus
  72. Gw tambah komen biar komenlu jadi 100, misalkan kalo udah sampe singapura pengen internetan gimana ? Apa harus ganti SIM ? Balesnya jangan kelamaan..

    BalasHapus
  73. Btw makasih banget, infonya bermanfaat buat jadi referensiku karena tahun depan mau kesana juga...

    BalasHapus
  74. Pengalamannya sangat berharga sekali ya kak untuk pribadi, sekaligus buat para pembaca blog ini

    BalasHapus
  75. Waah keren sekali pengalamannya, saya juga jadi kepengen berlibur kesana hehehe

    BalasHapus
  76. Pengalamannya sangat berkesan sekali yaa.. semoga saya juga bisa menyusul :D

    BalasHapus