Perbandingan Sevel di Indonesia dan Beberapa Kota di Asia Tenggara


Mungkin tulisan gue ini bakalan sedikit sinis dan apatis, jadi buat yang ngerasa "Laskar Sevel" gak usah baca aja mendingan. MUAHAHAHA..

Seven Eleven atau anak gaul Jakarta sering nyebut Sevel ini adalah sejenis toko kelontong (convenience store) 24 jam yang menjual berbagai macam barang, mulai dari cemilan, mie instant, odol, sikat gigi sampai kondom dotted rasa pisang. <-- temen gue pernah beli.

Sebelum gue bercerita perbedaan sevel di Indonesia dan beberapa kota di Asia Tenggara, mari gue kasih tahu sejarahnya terlebih dahulu ;

Sejarah 7-Eleven sendiri dimulai dari Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1927 di Oak Cliff, Texas. Nama "7-Eleven" sendiri mulai digunakan pada tahun 1946. Awal mulanya, 7-Eleven tidak beroperasi selama 24 jam, melainkan hanya beroperasi 16 jam, yaitu mulai dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 11.00 malam, maka dari itu dinamakan 7-11 (sebelas/ Eleven). Namun pada tahun 1991 sebagian sahamnya dijual kepada perusahaan jaringan supermarket Jepang, Ito-Yokada. Dan pada akhirnya, pada tahun 2005 semua sahamnya dibeli oleh perusahaan Jepang tersebut. Horeeeee !! (Kenapa gue seneng yee..)

Nah, sudah tahu kan sedikit sejarah tentang 7-Eleven. Sekarang gue mau curhat sedikit nih, guys !

Entah kapan 7-Eleven masuk ke Indonesia (Jakarta), gue gak tahu ! Tapi yang gue heran kenapa 7-Eleven bisa menjadi tempat gaul di Jakarta?? sedangkan di beberapa negara yang pernah gue kunjungi, 7-Eleven itu boro-boro gaul, malah sering banget gue lihat gembel-gembel nongkrong disana.

Gue rasa yah, 7-Eleven itu sama kaya alfamart, indomart bahkan yomart. Gak lebih !! Tapi kenapa banyak banget gue lihat di twitter kalau nongkrong di Sevel itu berasa nongkrong di tempat paling gaul ?? #hufftt

Sevel Jakarta yang keren

Perbedaan yang mencolok dari Sevel Jakarta dengan Sevel Singapur dan Thailand contohnya, adalah dari segi bangunannya. Di Jakarta, sevel dibangun keren banget, ada parkiran, meja dan kursi buat nongkrong, dalemnya luas. Pokoknya keren !

Nah di Singapur ?? Sevel itu lebih kecil dari alfamart, bahkan di Orchard Road ada sevel kaya kios kecil gitu. Di Bangkok gak jauh beda sama di Singapur, Di Bangkok kita bisa nemu sevel dengan jarak berdekatan, setiap 500 meter lo jalan dikawasan Khao San Road lo bisa nemu sevel. Bahkan sevel disana letaknya bisa bersebrangan, gue heran kenapa bisa begitu. -____-"

Selama gue trip, gue sempat foto beberapa sevel, silahkan dibandingkan sendiri yah mbak nya.. mas nya.. monggo dilihat..

Sevel Krabi yang diluarnya jualan beras

Sevel Bangkok yang sempit

Sevel Orchard Road yang mirip kios

Sevel Penang, Malaysia. Mau nongkrong disini ??

Sevel Phi Phi Island yang sering ditongkrongin orang mabok
  
Jadi moral cerita ditulisan gue ini adalah :

Kalau lo punya temen orang bule yang main ke Jakarta, jangan sekali-kali ngajak nongkrong di 7-Eleven !! Karena itu sama sekali gak keren !! #sekian.

62 komentar:

  1. buahahahahha, sama dengan pemikiran gue diss, kenapa dianggap keren gw juga bingung, mungkin kita perlu mewawancarai sindikat yang terjarig sehingga mempelopori sevel GEOOL tersebut. Yang gw tau sih yah terkenalnya karna Sevel yang dbelakang TRans 7 itu sering ditongkrongin artes artes geto.. hahahhaa dan salah tempat karna dibangun di Kemang mungkin yah. ;p
    kereeen adisss lanjutkan nak . Wasalam

    BalasHapus
  2. eh beneran lho dis.. saya waktu pertama kali denger Sevel itu jadi tempat tongkrongan di Jakarta saya sempet bertanya2 dalam hati.. Sevel kok jadi tempat tongkrongan yak? padahal Sevel yang saya tau sewaktu saya kuliah di syd, itu ga jauh dari indomaret gitulah.. berdirinya juga di pom bensin gitu.. eh ternyata ga cuman saya yang punya pikiran gituh.. :) sekian dan terimakasih.. :)

    BalasHapus
  3. @Tiara : MUAHAHAHHAHA..noh kan, berarti bukan gue aja yang berpikir begini yak. muahahahhaa...

    BalasHapus
  4. @vi3 : MUAHAHAHHAHHAHAA lebih kacau kan, Indonesia mah salah kaprah mulu pergaulannya MUAHHAHAHA..kalo kita lewat jalan menteng,dan liat banyak anak gaul jakarta yang lagi nongkrong disana, mari kita tertawakan HUAHAHAHHAHA :)))

    BalasHapus
  5. wow, saya baru tau kalau 7-11 itu di anggap tempat yang 'keren' di Jakarta :D kalau di sini tak ada siapa yang mau 'hangout' di 7-11..huhuu~

    Et from KL, Malaysia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu siti ...kalau kat kl kita dibayar rm 100 pun orang malaysia tak mahu hang out kat 7-11...x pula kita anggap 7-11 tu apa keren yang selalu diaorang sebut tu..7-11 tu mcm minimarket je kita anggap kat malaysia tak lebih dari itu ..kalau mcm tu kat jakarata 7-11 dia dah jadi mcm tempat kutu lepak lah huhuu

      Hapus
  6. @siti : haloooo kakaaaak from KL :D yah tak semua orang anggap tempat keren sih, sebagian je anak mudanya. saya pun tak nak kalau disuruh "hangout" kat 7-11 hahaha :)))

    BalasHapus
  7. kalo di bali banyakan CK, alfa :D, gak ada sevel sama sekali haha, apapun boleh lah asal enak buat nongkrong wkkk

    BalasHapus
  8. betol en setujuh sekaliiii kalimat "Kalau lo punya temen orang bule yang main ke Jakarta, jangan sekali-kali ngajak nongkrong di 7-Eleven !! Karena itu sama sekali gak keren !!".... Saya yang minggu kemarin nyempetin explore Jakarta syok abis ngeliat 7-11 kok lebih megah daripada ALPAMAK ama INDROMAK, pdhl di negara lain Asia Tenggara 7-11 punya bangunan kecil en sempit, musti antri pantat buat ambil mineral galon-an.

    BalasHapus
  9. @Fahmi : hehe..kalo say alebih seneng nongkrong di Pantainya mas, lebih slow hehe..

    BalasHapus
  10. @halim_san : hooh suka salah kaprah Indonesia mah broh huahhahaha...yang biasa aja diluar bisa dianggap keren disini #huffft

    BalasHapus
  11. MUAHAHAHAHA setuju banget.
    kalo mau GAOL ga musti nongkrong di sevel, buktinya kak Adis yg terkenal paling gaol se-Indonesia aja, bukan anak nongkrong sevel~
    GO KAKAK ADEEES :)))))))

    BalasHapus
  12. @BnB : ehh gue nongkrong di kios rokok.gaul ga tuh :))))

    BalasHapus
  13. di canada 7-11 rata rata jadi satu ama pom bensin...
    gw seh nongkrong enaknya di WC :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg di daerah Terogong dekat Gandaria jg nyatu sama pom bensin..

      Hapus
  14. huahhahaa..iya malaha kaya alfamart yah -___-

    BalasHapus
  15. Hahahah,..

    Gue juga baru tau pas nonton film The Billionaire, sevel di Thailand jaraknya 100 meter -_-" toil bener, udeh kaya saingan antara indomart & alfamart..wkwkwk!

    Gue pernah diajak temen gue kesevel, gue berasa alien di tengah anak-anak gaul jakarta yang fashionable, stylish n rada-rada hipster..wwkwkwkwkw..Gue mah dateng ke sono pake sendal jepit, jins buluk sama kaos oblong..intimidated banget dah, emang tempat anak gahol!

    Tapi, mungkin itu strategi dari sevelId kali ye..tapi ya bodo amat..yang jelas itu bukan tempat favorit gue buat nongkrong! Not at all! Mending ke angkringan tukang susu jahe sambil nyemil mendoan tempe! Hahah..

    BalasHapus
  16. sevel di luar negeri ternyata kayak warung yah :-/

    BalasHapus
  17. @si adit : wihhh angkringan sejujurnya lebih mantep broh !! sevel, starbucks, cafe2 mah lewat !!

    BalasHapus
  18. Riri : hahaha ga warung juga kaleee..

    BalasHapus
  19. ini namanya strategi pasar, dis. Sevel dsini memposisikan diri sbg tempat gahol anak muda. It works, i think!
    Di amrik, mcD aja wartegnya org sono. Interiornya pun ga 'semewah' disini.Tp d indo bs jd tempat nongkrong yg asik.

    Lam kenal ya
    vina

    BalasHapus
  20. iya vin hehe nampaknya sih begitu yah :D yah balik lagi ke moral cerita yang adis sampein diatas hehe..

    BalasHapus
  21. HAahahha..yoi broh..ankringan lebih asik walau gak jetset :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. angkringan mah jet lag broh ! seakan membawa kita ke jaman dulu hoho

      Hapus
  22. punten kaka.. ijin copas buat share di fb blh gak?? coz ada tmn yg dg sombong nya pernah nongkrong di sevel.



    Balas

    BalasHapus
  23. hehehehe.. liyat catper inih jd tertarik buat komeng :D

    taun 2002 toko kelontong yg katanyah anak ghaol jekardah yang disebut sevel ini di tolak perijinannya oleh pemerintah berdasarkan peraturan yang ada karena untuk melindungi eksistensi toko kelontong di indonesia matjam indomaret, indoapril, indomei, alfamaret, alfaapril dan sejenisnyah.
    tapi entah kenapa tiba2 ijin ituh bisa tembus dari peraturan -_____-"

    BalasHapus
  24. @oyoy : muahahahaha..tak apalah berkembang disini juga..biar lebih banyak anak alay gaul di Jakarta hahaha..

    BalasHapus
  25. Sejarah pastinya muncul di indonesia sih gw kurang tau, cuman yg gw tau, franchisenya dibeli oleh PT modern. PT modern ini yg distribusiin Fuji Film di indonesia. Perhatiin deh, rata2 kan sevel dibuka di toko2 cuci cetak foto ato dibawahnya kantor fuji film. Gw pernah tanya bokap gw berhubung dia kerja di PT tersebut, kenapa bisa begitu, katanya berhubung Fuji Film udah turun pamornya, malahan udah di ujung jurang pailit, kantor2nya mulai deh satu persatu, nah sama anaknya bos PT modern ini dia minta supaya sebagian kantor2 fuji ini diubah fungsinya jadi sevel ini. gitu deh sekilat info dari gw

    BalasHapus
  26. hehehe wah panjang juga sejarahnya yah~ makasih yah broh anonim hehe :D

    BalasHapus
  27. dis, gw suka bangget blok lo... (jd pengen beli bukuny)
    menarik bgt artikel ini, tp kayakny ad yg musti dikoreksi deh,
    sevel yg d krabi, yg menurut lo diluarnya jualan beras, seingat gw bukannya itu karung2 isi pasirnya, fungsinya penahan banjir ya?? cmiiw
    salam ransel!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih broh :D beli dong bukunyaaah~
      hehe..bukan broh, itu emang beneran beras thailand hehe

      Hapus
  28. ya gmn g laku sevel di jakarta
    modal beli aqua bisa wifi-an sepuasnya
    *buka aib sendiri, krn sering ngelakuin hal ini klo modem g ada pulsanya*
    hahahhahaa

    tp emang sih pas dulu ke bangkok sevel-nya jg cm kayak yomart/alfa
    nice posting ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe yah berguna juga sih tuh sevel di jakarta hehe..

      Hapus
  29. Maaaaluuuuuuuuuuuuuuuuuu,,,, nyok nongkrong Di sawah aja bareng gw -____-

    BalasHapus
  30. td nya gw pnasaran sevel apaan seh, knp anak ghaol jkta pd mengagung"kn tmpat ini, tp stlah tau bgini ad nya,...

    yaelaaaa

    hohohoohohoh

    BalasHapus
  31. Terang aja, sebenarnyakan Sevel ntu toko kelontong, coba aja lihat ijinnya dan bentuk tokonya. Namun di Indonesia karena waralaba kalo dibuat kayak toko kelontong gan jadi sepi. tapi di Asalnya memang bisa juga jual bbm gitu. Ya bisa dibilang deket ma Gas Station....

    BalasHapus
  32. Until sekarang, ai beyom pernah tuh nginjek2 7Eleven...haduuhhh ampe dibilang norak...!!tp whatever lah, toh faktanya gw lebih seneng nongkrong di tempat2 berbau Endonezah, kaya di Angkringan, Warteg, Warung Mie Ayam oalaaahhh #WTF...tapi kapan ya Indomaret, Alfamart, Yomart, sama OMI bisa kaya Sevel?? biar ngurangin anak2 4L4Y gituh...

    BalasHapus
  33. Kalau di luar negeri 7-11 digunakan sbg tempat pembelian barang dan maknan siap saji. Dimana org2 yg ke sana g akan menghabiskan waktu lebih dari 5 menit!! Memang org indonesia aja yg suka nongkrong. Lihat aja mall indonesia banyak bgt!! Ngalah2n Belanda. Hehehe.

    www.akuhniedancoretan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kesian gaulnya orang Indonesia mah :| nongkrong sevel bareng yuk kapan-kapan. #lah

      Hapus
  34. wkwkwkw ternyata buka gw aja yang berpikiran kaya gitu,,,
    sevel-sevel yang gw temuin di negara-negara tetangga spt singapore, malaysia, thailand itu konsepnya emang lebih kaya indomaret ato alfanya sini..malahan bener juga tempatnya itu bisa lebih gedean inomaret ato alfamart di Indo...

    itu strategi pasar bang, soalnya kalo dibikin sama kaya gitu yaaa ga ada nilai lebih, makanya di bikin lebih middle up to high class dikit...biar marketnya bertambah dan emang udah banyak yg jadiin stategi pasar seperti ini(membuat itu jadi semacam Life style) layaknya pendahulunya (Mcd,KFC,etc)


    BalasHapus
  35. gw sama anak2 sepedahan juga suka nongkrong di alpamidi...
    sebenernya mah asal ada lahan nongkrong, ada cemilan dan minuman, orang indonesia mah bisa ngongkrong d mana aja.. di angkringan juga nongkorng.. eh salah, nangkring.. maap.. tadi lagi bahas nongkrong yah bukan nagkring.. tolong abaikan saja...

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. di sebuah buku yang pernah kubaca (lupa judul) : di qatar orang ga perlu 7-11 karena itu toko kelontong. warga qatar nggak pergi belanja di toko kelontong karena itu adalah tugas pembantu.. jadi siapa yang perduli kenyamanan berbelanja di toko kelontong? toh itu buat pembantu mereka :))

    BalasHapus
  38. 7-11 jadi tmpat ajang keren2an ya....pulang2 udh bawa gelas botol 7-11 aja udh kece gitu hehehe...baru tau di asia tenggara kyk alfamart biasa ya...

    BalasHapus
  39. Konsepnya kreatif... krn bisa bikin orang betah dibanding t4 lain.. mari kita tiru yang baik..

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Konsepnya bagus, menjauhkan diri dari kompetitor sejenis utk eksis dan merengkuh target market baru. Baguslah. Thanks Kang Adis met kenal. Lo udah buat gw ngakak gara2 artikel lo.

    BalasHapus
  42. Emang agak rancu juga sih sebenernya klo dibanding2kan sevel disini sama di negara lain.. tapi beda negara beda sikon lah dan gw rasa kita orang indonesia ga harus malu akan adanya sevel yg berdampak sampe kaya gini.. justru malah ini sebuah keadaan yg unik yg bisa dilihat di indonesia jakarta khususnya.. walaupun gw bukan anak nongkrong sevel tapi yah nyupot aja gw mah.. nongkrong mah kan dimana aja yg penting asik.. gak muluk2.. hehe..

    BalasHapus
  43. Bangga dong harusnya sevel di indonesia malah beda dan bisa lebih asik buat nongkrong daripada sevel'' di negara'' lain ! yg gak asik ya cuma alay2nya aja.

    BalasHapus
  44. Wah baca page ini kok gw gregetan ye liat komen anak2 indonesia.
    Harusnya lo semua itu bangga karena 711 jauh lebih bagus dari diluar sana.
    Gw yakin banget lo semua yang menertawakan 711 di indonesia. Pasti ga tau asal usul kenapa bisa 711 bisa menjamur. Cari tau asal usulnya baru komentar.

    *sebelum menulis komentar harap cari asal mula sebuah object yang ingin dikomentarkan.

    BalasHapus
  45. thankz banget ulasannya, membantu gw banget buat case study :D
    setiap orang bebas berpendapat dengan sudut pandang masing2, pro dan kontra semua ada manfaatnya :)

    BalasHapus
  46. Ownernya (sang franchiser di Indonesia) emang sengaja bikin gitu, gua pernah nyasar di situs franchiser sevelid. Itu semua karena terinspirasi Warkop bro, dia mau naikin level nongkrong Warkop biar dikenal dunia dan nggak malu maluin (warkop sering dikenal jelek, kumuh, dll sehingga golongan hai klass jarang mau nangkring di situ) dan mimpi sang owner tercapai 1 th setelah si penulis rilis artikel. Sevelid rilis 2009 di mana saat itu udah panas persaingan IndoAlfa, belom pemain daerah, mampus lah sevel kalau ngikutin pola begitu.

    Sekarang IndoAlfa ngikutin pola Sevel juga lol

    BalasHapus
  47. Berarti Sevel di Indo yang paling keren ntapz lah

    BalasHapus
  48. Get your lover back urgent effective love spell to win and get ex back my advise reveal you all to contact Dr Ogudugu for a genuine love spell on greatogudugu@gmail.com that work fast. here is my relationship story. my boyfriend told me it was over and walk away without any reasons, I was confuse and didn't know what to do. I was desperate, I want him back, I went over the internet looking for ways to get my boyfriend back. I read about many different ways of how to get ex back, but Dr Ogudugu caught my attention. I immediately contacted him and explained my problem to him. It was amazing and surprising that 11hrs after the urgent love spell was cast, my boyfriend called me and was begging me to forgive him and accept him back, Couldn't believe, but later after he came to my house and fell on his knees asking me to take him back am so happy that my love is back again. I am testifying on this forum just to let people know that Dr Ogudugu is real and genuine. don't hesitate to try him out. thank you Dr Ogudugu you are truly talented and gifted genuine spell caster. Contact him now if you need your girlfriend/boyfriend back or your girlfriend moved on to another man, do not cry anymore .. Dr Ogudugu is here to help out in relationship problem coz problem share is problem solve.
    Email him at.... greatogudugu@gmail.com
    whatsApp...+27663492930

    BalasHapus
  49. Apakah omset toko kelontong anda semakin hari semakin menurun? atau omset anda cuma gitu-gitu aja tanpa peningkatan? Selamat!! karena Anda sudah menemukan tips dan strategi terbaik untuk memecahkan problem Anda. Bersama findira, kita akan banyak mendapatkan strategi, info bisnis dan peluang bisnis tanpa modal yang menarik, dan temukan juga cara terampuh meningkatkan laba penjualan warung kelontong dengan cepat disini. Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong. Baca juga tips bisnis lainnya tentang rincian modal dan cara memulai usaha toko kelontong.

    BalasHapus