Travellous “Lost in Europe, Found a Love”



Mimpi jika selalu dijaga dan diusahakan, pasti akan terwujud !

Sebuah quote yang terpampang di cover belakang buku ini seketika menggetarkan hati gue untuk sesegera membuka sampul plastik yang membungkusnya dan langsung membaca sampai tandas buku berjudul Travellous ini, tentu dengan membayarnya terlebih dahulu di kasir gramedia. Kenapa Tuhan menciptakan kasir, kenapaaaaa ? -_____-"

Kebiasaan gue, kalau mau baca buku pasti gue baca terlebih dahulu halaman “tentang penulis”. Kenapa ?? Karena dari melihat foto dan profile tentang penulis, maka gue bisa sedikit menebak bagaimana pembawaan cerita yang ditulis si penulis, apakah cerita serius, humor, inspiratif, sok romantis, dan lain-lain. Ok, setelah melihat dan membaca profile mas Andrei Budiman, sang penulis. Dengan sotoy gue menebak bahwa buku ini ceritanya bakal serius (dapat dilihat dari foto penulis yang bertampang angker. Hehe *dibanting mas Andrei*), inspiratif (dapat dibaca dari sinopsis-nya), dan mungkin bakalan sedikit membosankan (gara-gara gue baca di profil-nya, mas Andrei ini bekerja sebagai kritikus.) #GakAdaHubungannyaSihYak !

Tetapi setelah membuka dan membaca beberapa lembar halaman awal, ternyata semua tebakan gue SALAH sodarah-sodarah !! SA-LAH !!

Boro-boro serius !! Buku ini ceritanya implusif banget !! Memamparkan  sosok mas Andrei yang ternyata humoris banget !! Jauh dari kesan serius, apalagi angker *2 kali dibanting mas Andrei* !! Gak ada kesan serius setelah gue baca beberapa halaman awal buku ini, gue ketawa ketiwi sendiri baca buku ini disebuah foodcourt sebuah Mall, sampai diliatin sama beberapa pengunjung mall, mungkin dikira gue orang gila karena ketawa-ketawa sendirian.

Tulisan awal yang bikin gue ngakak dan tahu buku ini ternyata nggak serius-serius banget ceritanya, adalah pas testimoni dari seorang teman SMA mas Andrei..

“Ndrei, tahu diri dong! Utang makan bakso saja belum lu bayar, apalagi mau pergi ke Eropa!” (ditulis oleh Syahrizal, yang mengaku teman) MUAHAHAHA..

Inspiratif-kah buku ini ?? NGGAK !! Buku ini nggak inspiratif, tapi INSPIRATIF BANGET !! Dari seorang pemuda daerah yang akhirnya bisa mewujudkan mimpi kecilnya untuk menginjakan kaki di Eropa. Cerita-cerita dari awal mas Andrei mempersiapkan visa ke eropa, niat membeli tiket pesawat dari Singapur yang akhirnya malah ke Malaysia, pertemuan dengan boss dari kampung halaman yang memberikan kemewahan kepada mas Andrei di Malaysia, hingga pergi dengan pesawat dari maskapai Brunei dan akhirnya mas Andrei bisa berhasil menginjakan kaki di Eropa. Bener-bener implusif trip sekaligus inspiratif BANGET !!

Membosankan-kah buku ini ?? ABSOLUTLY NO !! Buku ini berhasil membawa gue (pembaca) ikut larut dalam perjalanan mas Andrei di Eropa. Berhasil banget bikin gue tambah pengen ke Eropa. Berhasil banget mencampur-adukkan perasaan gue, mulai dari senyum kecil, ketawa ngakak, deg-degan, geleng-geleng kepala, sedih,  terenyuh, hingga larut dalam kisah cinta mas Andrei yang menurut gue KEREN BANGET !!

Gak butuh waktu lama gue menghabiskan membaca buku ini, bukan karena buku ini tipis dan terlalu basa-basi sehingga gue skip beberapa halaman. Tetapi saking serunya membuka lembar demi lembar, membaca paragraf demi paragraf ceritanya dan memahami kalimat demi kalimat yang ditulis mas Andrei menjadikan buku ini dalam waktu beberapa jam saja sudah gue “khatam-kan” saking serunya !!

Menurut gue, ada 3 jenis buku keren :

1. Buku yang bikin kita gak sabar baca sampai habis.
2. Yang bikin kita berharap buku itu gak cepet habis.
3. Buku yang bisa di-review sama gue. MUHAHAHAHAHAHHAA..

Dan buku Travellous milik mas Andrei Budiman itu memiliki 3 kategori tersebut. Satu kata saja buat menggambarkan buku ini, KEREN !!

P. S. --> Saran gue untuk mas Andrei : Menikah-lah dengan Jules !! Agnes Monica aja lewat itu mah, bener kata Mas Andrei.. (ngiri mode : on)

21 komentar:

  1. setuju, buku rekomendasi yang keren.
    banyak hal hal yang ga terduga di buku ini. dan masih susah buat gw percaya kalo ini kejadian nyata. tapi intinya keren nih buku

    BalasHapus
  2. @donny : iya mas, keren parah !! ceritanya kaya di FTV FTV yoo hahahha

    BalasHapus
  3. setuju... apalagi bagian bitter sweet yang bikin sayah nangis bombay
    -sebut saja mawar, 25, pecinta sinetron indosiar yang emang lagi galau- hahaha..

    BalasHapus
  4. @Adheline : hooh keceh sekali yah bukunya :( jadi pengen ke eropah terus ketemu bule cakep. huahahahhaahhaa

    BalasHapus
  5. Gue setuju sama yang ini :
    "Menurut gue, ada 3 jenis buku keren :

    1. Buku yang bikin kita gak sabar baca sampai habis.
    2. Yang bikin kita berharap buku itu gak cepet habis.
    3. Buku yang bisa di-review sama gue. MUHAHAHAHAHAHHAA.."

    Hahah..kita bisa tau itu buku bagu dari cara kita ngebaca bukunya..LOL!

    Hmmm..masuk readinglist gue nih buku,..di Majalah IndoTravelMagz juga di review,,jadi penasaran..+

    BalasHapus
  6. @adit : LO MESTI KUDU WAJIB BACA !!

    BalasHapus
  7. tengkyu rekomendasinya.. harganya piro mas? hehehe..
    mas, review blog ku dong.. www.haramkelilingdunia.wordpress.com
    Pengen tau komen gokilmu :)

    BalasHapus
  8. harga buku mas andrei 30an klo ga salah yah. lupa hehe..ahh ekye belom pernah review blog nich :(

    BalasHapus
  9. setelah googling, nemunya respon positif.. good, kayaknya masuk list daftar baca saya nih.
    Btw, sekarang mas Andrei itu di Banjarmasin lho, kota gw tinggal, tapi saya gak pernah ketemu sama orangnya langsung, bukunya pun belum baca nih ;l

    BalasHapus
    Balasan
    1. paraaaah banget belom baca :'( iyaaaa ini buku wajib banget di bacaaaa dan dikoleksiiii !!

      Hapus
  10. ane mau travel buat jadi pahlawan gan. *nyambung darimana?* lol

    BalasHapus
  11. BUKU BAGUS! hanya orang yang sadar butuh buku itu.
    #1000WIB

    BalasHapus
  12. ane udah pernah tinggal serumah ama orangnya. waktu itu dia lgi d jogja

    BalasHapus
  13. gw baca tuh buku abis tuh buku ngga sampe 24 jam...asli setuju gw dgn kriteria:
    1. Buku yang bikin kita gak sabar baca sampai habis.
    2. Yang bikin kita berharap buku itu gak cepet habis.
    3. Buku yang bisa di-review sama gue. MUHAHAHAHAHAHHAA..

    BalasHapus
  14. Yuppss....saya jg setuju pndapat kamu...
    i like it,more n more... :)

    BalasHapus