Do’s and Don’ts in a Plane

Hayhoo backpacker-backpacker gembel..

Anjir, udah lama banget yah gue gak cerita kocak! Postingan gue jadi beragam sekarang, ada tips and trick, cerita perjalanan, sampai video-video absurd tentang traveling. Nah, maka dari itu, sebagai travel blogger, gue merasa berdosa, sob! Kenapa? Karena gue belom update-update nih blog. Maka dari itu, sebelum buku kedua gue keluar di bulan ini, gue mau berbagi tips-tips keceh tentang apapun yang berhubungan dengan traveling dan backpacking.

Do’s and don’ts in a plane.. Udah udah, gak usah repot-repot buka google translate, gue bakal artiin kok.. Jadi gini, kali ini gue bakalan bahas 7 hal yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan di dalam pesawat, sob! Buat lo yang belom pernah naik pesawat sama sekali, postingan gue kali ini bakalan ngebantu lo banget. Yah, postingan ini bisa banget lo jadiin panduan naik pesawat biar gak malu-maluin keluarga lo di rumah, sob. Ngahahahaha~

7 hal yang bisa lo lakuin di pesawat :

1. Baca majalah. Kegiatan standar ini emang udah jadi kegiatan sebagian besar orang yang bisa baca kalo naik pesawat. Biasanya, maskapai penerbangan akan menyediakan airline magazine untuk dibaca oleh penumpang. Biasanya juga, isi dari majalah tersebut mengenai destinasi-destinasi pariwisata, tips n trik traveling dan foto tempat-tempat keren diberbagai destiansi yang maskapai itu kunjungi. Lah, jadi sama kayak blog gue, yak isinya?

Pun misalnya kalo lo bosen sama majalah yang mereka sediakan, lo bisa iseng baca buku keselamatan mereka, atau bawalah buku dan majalah sendiri. Tapi please! Jangan pernah bawa dan baca buku stensil atau majalah bokep. Apalagi coli di pesawat! Itu akan sangat terkutuk, sob!
 
Contoh punyanya Sriwijaya Air

2. Meditasi. Ini memang terdengar asing dan jarang sekali dilakukan di dalam pesawat. Tapi, gue pernah liat pas ke Malaysia ada kakek India berjenggot putih yang duduk tenang dan hening gitu selama perjalanan. Biasakan, orang India itu suka meditasi-meditasi gitu, dan gue udah takjub banget sama ketenangan si kakek itu, “Wah, gilak. Jangan-jangan petapa nih si kakek. Bisa kalem banget, gitu!” ucap gue dalam hati. Saking kalem dan antengnya meditasi, si kakek itu gak bisa diganggu, pramugari nawarin minuman dan makanan aja gak dia hiraukan. Dia tetap diam dan tenang. Keren!

Eeeeeeeeeeeeeeeeh... pas turun pesawat, punggung si kakek basah banget! Taunya daritadi dia diem bukan lagi meditasi, sob. Tapi ketakutan naik pesawat! Jancok!

3. Dengerin lagu atau nonton DVD. Untuk maskapai yang agak high class semacam Garuda Indonesia, lo bisa dengerin mp3 atau nonton DVD yang mereka sediakan. Ada touch screen di setiap kursinya yang bisa lo pencet-pencet. Biasanya lagu dan film mereka lumayan update, sob. Pas naik Garuda ke Balikpapan, gue nonton Tarzan X sama Asian Chicks Fuck Hard. Ya gitu, deh.

Gak asik, gak ada FTV!

4. Berinteraksi dengan penumpang lain. Making friend, bukan making love, itu sesuatu yang paling menyenangkan dari traveling, sob! Entah kenapa, kalau lagi traveling, gue suka banget berkenalan dengan orang baru. Siapapun mereka. Gue pernah kenalan sama 4 orang anak Universitas Indonesia pas flight ke Phuket, Thailand. Dan sampai sekarang kita masih berteman baik. Dan di pesawat itu, banyak banget orang yang bisa lo ajak kenalan, siapa tau dari kenalan di pesawat, lo bisa dapet jodoh. Kenalan - Salaman - Pegangan tangan - Elus rambut - Pelukan - Cipokan - Gerepe. Siapa tau, kan.

5. Foto pemandangan! Beuh, ini nih yang paling wajib lo lakuin di pesawat selain tidur. Foto pemandangan dari pesawat yang terbang itu punya sensasi yang berbeda. Lo bisa dapet foto awan yang ada di bawah lo. Nah, untuk kita para backpacker, kita akan sangat jarang sekali bisa menentukan kursi mana yang bakal kita duduki, secara kita gak pernah pilih seat supaya harga tiket lebih mur. Syukur-syukur kalo ternayata kita  dapat kursi yang berada di dekat jendela. Nah, udah beruntung gitu, jangan sia-siakan perjalanan lo cuma dengan tidur, sob! Foto pemandangan di atas pesawat itu keren! Dan ini alasan gue kenapa nyuruh lo jangan tidur di pesawat..


keren!!

6. Godain pramugari. Ini adalah kegiatan yang paling menguji nyali untuk kaum lelaki. Gue pernah iseng-iseng nyapa pramugari dan ngajak ngobrol dengan modus nanya, “bapak kamu pilot, yah?” terus si mbak pramugarinya jawab, “kok, tau sih?” terus gue jawab lagi.. “iya, karena kamu sudah menerbangkan hatiku.” Setelah itu gue diancam bakal dijatohin dari ketinggian 40.000 meter sama si pramugari. Failed!

Tapi, kalo misalnya lo emang gak punya keberanian buat kenalan langsung sama si pramugari yang cakep-cakep itu, candid aja mereka, sob. Gue pas naik Citilink pernah fotoin pramugari yang cakep banget pas dia lagi nerangin instruksi keselamatan di pesawat. Eh, lagi asoy-asoynya fotoin si pramugari cakep, ada pramugara yang nepuk pundak gue sambil marah-marah gegara temennya difotoin. Mungkin si pramugara ngiri kali yak dia gak ada yang motion. Ya, gitu deh.

Mbaknyaaa...cantik cantik mbaknyaaa...

7. Buat lo yang kelebihan duit. Lo bisa belanja atau makan dan minum di pesawat. Tapi gue heran, yah.. kenapa sih makanan pesawat itu gak pernah seenak makanan biasanya. Makan rendang di pesawat, gak akan bisa seenak makan rendang di warung padang! Di warung padang, kita bisa makan sambil ngangkat satu kaki kek preman. Di pesawat kagak bisa nge, digaplok pramugari, ntar.

Budget airline jarang banget ngasih makan free. Garuda, ngasih.

7 hal yang jangan lo lakuin di pesawat :

1. Nodong penumpang lain, mengancam semua penumpang dengan AK-47, dan memaksa pilot untuk menabrakan peswat ke sebuah gedung. Itu jangan lo lakuin, sob!

2. Jangan ngemilin kursi pesawat. Gak enak.

3. Jangan pernah ngajak ngobrol pilot. Ini pesawat, bukan angkot.

4. Jangan nyuruh pramugari buat bantuin naro barang kita ke kabin. Ini pemadangan yang sering banget gue liat di penerbangan lokal. Ibu-ibu sering banget nyuruh pramugari buat ngangkatin barang bawaan mereka yang bejubel banyak. Ingat, pramugari bukan kuli. Dan bawaan ke kabin itu sepatutnya barang yang ringan (bisa di-handle sendiri.) Kalo dirasa barang itu berat atau besar, ya masukin ke bagasi!

5. Jangan buka Jendela pesawat. Inget lagi, ini pesawat, bukan angkot. Dan untung jendela pesawat emang gak bisa dibuka.

6. Jangan main futsal di pesawat. Gak cukup. Ribet juga gawangnya dimana.

7. Jangan baca buku Whatever I’m Backpacker di pesawat!! Ingat itu! Lo gak mau kan dianggap gila ngakak ketawa membabi buta gegara baca buku gue? Bhihihihihik.

Sekian pencerahan dari gue. Tetap tunggu dan beli buku kedua gue nanti di Gramedia. Salam backpacker!

Eh, boleh loh kalo ada yang mau nambah. Langsung tulis di kolom komen aja, sob. Kek masih kaku ajeee..

Ganteng yah, gue?

29 komentar:

  1. Baca 7 hal yang yang 'jangan', bikin senyum-senyum sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. behehehehek.. kenapa? ada yang udah dilakuin? :))

      Hapus
  2. bTtDo :
    8. Buang sampah ditempatnya atau menyerahkannya pada saat pramugari kliling untuk mengambil sisa makanan dan minuman kita.

    Don't :
    8. Dilarang keras memikirkan hal2 negatif diatas pesawat sperti mengkhayal bisa keliling dunia dg penulis whatever I'm backpacker krn bisa menyebabkan impotensi dan gangguan kehamilan dan pada janin :D :))

    BalasHapus
  3. dengerin mp3 sambil nyanyi2 sendiri .. gimana?

    BalasHapus
  4. Jangan liatin orang yg muntah, nanti ikutan muntah...

    BalasHapus
  5. Jangan kentut sembarangan nanti dikomplen ama seisi pesawat

    BalasHapus
  6. keknya bangga bener foto di garuda dis..hahaa..piss.. Ngehe bgt sih, isi blog dan buku lo selalu berhasil bikin gw diliatin sekeliling krn ketawa sendirian..ckckc..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahahhaak... sebagai gembel, gue harus bangga ada di Garuda :)))

      Hapus
  7. gantengan lo sob dikit, banyakan gw !!

    BalasHapus
  8. kalo motret nya malem keceh tau dhis, kayak hardware yang ada di dalem komputer (kebiasaan flight malem) *biar bisa tidur di airport

    BalasHapus
  9. 1.Jangan maen layangan...!!!
    mentang mentang lagi naek pesawat!>,<
    2.Jangan bikin jemuran pakaian di sayap pesawat.
    berbahaya...!SUERR...jangan pernah lakuin ini...kikiki:p

    BalasHapus
  10. Misi oom, g boleh tambahin satu ya coy..
    Sebage org yg lumayan sering terbang2an, g paling males kalo orang yg dduk depan g nurunin senderan bangku seenak udelnya dia, karena tempat dduk yg di belakangnya jadi sempit bangay..
    Jadi, kalo turunin senderan kursi di pesawat dikit aja ya, karena kursi di belakang jg sempit.
    Makasiih oom..

    BalasHapus
  11. Gue blm pernah naek pesawat bang... :(

    BalasHapus
  12. Jangan modusin pilot aja sih keknya muehehe. terakhir naek pesawat gue pake bouroq sekarang entah kemana pesawat ijo itu.

    BalasHapus
  13. 1. Jangan ngoroook..! Cape bgt dakh dengernya,palagi kalo perjalanan berjam-jam.
    2. Jangan lupa kunci pintu Toilet krn selain gelap,buka pintu,langsung muka lo,wkwkw #pengalaman ini mah

    BalasHapus
  14. Do's
    1. Kalau suka baca, harap bawa bahan bacaan sendiri. Susah kalau nebeng tetangga, bisa2 digaplok koran tetangga atau gak ngerti bacanya soalnya bahasanya lain (bukan bahasa Indo atau Inggris, bahasa Mandarin misalnya). Hal ini tidak berlaku kalau status masih lajang dan tetangga sebelah cakep aujubileh (pengalaman pribadi).
    2. Kalau suka menggosip atau mengobrol, adil-adilah pada tetangga kanan kiri, sapalah kanan dan kiri juga karena gak enak lho jadi kambing congek. Mbeeek.... *curcol*
    3. Baca doa sebelum take off dan landing, tapi jangan komat-kamit kepanjangan apalagi sampai bakar dupa, nanti dikira dukun santet.
    4. Kalau ada kesempatan pergi ke LN dengan maskapai asing, setidaknya kuasai bahasa Inggris, "Yes", "No", "Chicken please", "Beef please", "Water please" atau "Juice please" (kalau ini hafalkan nama buah2annya juga). Jangan mengandalkan tetangga duduk, karena tetangga belum tentu baik hati dan satu bahasa. Kasihan juga nanti pramugara/i harus menyediakan penterjemah khusus. Terpaksanya ya comot salah satu menu di kartu dan tunjuk2 minuman (syukur2 bukan nunjuk wine hiks). Ini berdasarkan pengalaman pribadi harus jadi penterjemah buat tetangga ke pramugara dan pramugari.

    Don'ts
    1. Usahakan kalau makan dan minum, jangan sampai berpindah tempat makanan dan minumannya ke baju tetangga kanan atau/dan kiri.
    2. Satu tiket satu tempat duduk, jadi gak bisa pangku-pangkuan *pegel pastinya*
    3. Pas pesawat mendarat, tunggu sampai pesawat berhenti, pintu terbuka, dan tangga atau garbarata terpasang ke pintu. Jangan lompat karena seperti Adis bilang ini bukan angkot, apalagi ngetuk2 jari ke atas sambil bilang, "Iya kiri-kiri....stop kiri, bang".

    Duh sorry kepanjangan, salam kenal Adis. Top BGT deh Blognya! ^_^

    BalasHapus
  15. Ngakak baca nih artikel...komen lacichabonita juga lucu banget :D

    BalasHapus
  16. Terbang sendiri pertama kali ke luar negri padahal takut banget naik pesawat, trus kenalan sama penumpang sebelah dan gw dibilang punya muka hoki. Pengalaman solo travelling ada-ada ajah. :D

    BalasHapus