Gimana Caranya Traveling Murah?

Halo semua. Halo Bapak Ibu yang budiman. Halo Backpacker keceh. Halo Indonesia.

dan terakhir, halo kamu yang masih memendam perasaan ke si dia.. Left and Right Emoticons 35

Hemm.. udah lama nih gue gak ngaish tips-tips backpacking, yah. Sekarang gue coba posting deh tips untuk para backpacker yang mau mulai backpacking.

Jadi, kan sekarang sekarang alhamdullilah nih gue sering diundang buat talkshow-talkshow di beberapa kota. Bulan ini aja lumayan gue ada talkshow di Jakarta, Bandung dan Surabaya.


 ganteng yah gue..


Materi saat gue talkshow ya gak jauh-jauh seputaran tentang backpacking, blogging, travel writer atau gimana caranya keluar kuliah dengan elegan. Nah, dari beberapa kali gue talkshow di beberapa kota, pasti selalu ada yang bertanya, “Dis, gimana sih caranya biar jalan-jalan bisa murah?”

“Dis, gimana sih caranya keliling Asia Tenggara cuma ngabisin 2,7 juta?”

“Dis, gimana sih caranya jadi backpacker? Gue pengin bisa traveling murah nih.”

“Dis, gimana sih caranya dapetin pacar?”

“Dis, gimana sih masak pepes paus?”

“Dis, lo kok ganteng banget?”

Dan berpuluh-puluh pertanyaan absurd lainnya.HeyHeyPig Emoticons 39

Gue sering banget ngetwit :


“Backpacker itu transport yang penting nyampe, tidur yang penting merem, makan yang penting kenyang. Selesai.”

Ok, sekarang, sebagai orang yang suka traveling murah, gue bakal coba jawab langsung pertanyaan itu di postingan kali ini.

Sebenarnya, gampang aja untuk bisa traveling tanpa mengeluarkan banyak biaya. Gue sendiri punya prinsip untuk menghemat budget, seperti gue bilang di atas, ada 3 unsur dalam penghematan biaya saat traveling, yaitu:

Transportasi : Pakailah transportasi apapun ke tempat tujuan yang pengin lo datengin. Asal murah! Iya, intinya adalah, kalo lo mau traveling murah, lo harus pilih transportasi yang paling murah. Misalnya, gak peduli bus itu gak ada AC, gak peduli bus itu joknya dari kerdus, gak peduli pesawat yang lo tumpangi sayapnya cuma satu, gak peduli kapal laut yang lo naikin gak ngambang di air. Gak peduli. Selama itu murah, NAIK!

Pake ini? Asal murah, NAIK!

Akomodasi : Nah ini nih. Prisnsip yang harus ditanamkan di dalam diri seorang backpacker adalah, “Kalo mau tidur enak ya di rumah aja.”

Begitu. Jadi sama halnya dengan transportasi, pilihlah akomodasi/penginapan termurah di daerah yang kamu kunjungi. Kalo kamu hardcore, bisa juga gak nginep di penginepan dan lebih memilih masjid, taman, terminal, bandara atau apapun yang bisa kamu tidurin. Bukan cewek.Left and Right Emoticons 49

Pokoknya, jangan mikir kenyamanan. Setiap berpergian, tancapkan dalam hatimu “PERSETAN DENGAN KENYAMANAN!” HAHAHAHAHA~

Tapi tidak juga menjadi asal-asalan yah, sob. Contoh gini deh, kalo gue backpacking sendiri, gue berani buat tidur di mana aja asal tempat itu punya permukaan yang datar. Tapi beda hal-nya kalo gue backpacking bareng pacar. Karena pacar gue perempuan (yaiyalah) maka, mau gak mau gue harus nyari tempat berteduh yang agak layak untuk dia. Traveling dengan pacar, mengharuskan gue, sebagai cowok, bertanggung jawab penuh akan keselamatan si pacar 100% nah thats why, gue harus tidur di penginapan, yang tentu saja murah dan aman.

Makanan : Ini dia unsur terakhir dan yang paling penting untuk para manusia di dunia, bukan cuma backpacker. Tapi bukan smart traveler namanya kalo gak bisa ngakalin gimana supaya bisa neken budget dari makanan ini.

Untuk urusan makanan, gue sering banget ngakalin waktu makan biologis gue. Kalo di rumah misalnya gue makan 3 kali sehari. Pas lagi backpacking gue bisa makan 2 kali sehari bakan sekali sehari. Kenapa? Karena kebetulan gue memang orang yang jarang makan dan bisa nahan lapar lumayan spartan. Left and Right Emoticons 41
 
“Nah, cara ngakalinnya gimana, dis?”

Sini gue kasih tau. Normalnya, waktu makan biologis badan kita adalah pagi, siang dan malam. Iya kan? Nah lo bisa skip sarapan pagi dan ngegabunginnya dengan makan siang.

“Tapi kalo pagi laper gimana, dis?”

Bangun siang!

“Tapi kalo emang harus makan, gimana?”

Hemmm.. akali dengan makanan murah yang mengenyangkan. Contohnya roti atau adukan semen.

So, jadi backpacker emang keliatan sengsara, kan? Hehehe.. Siapa bilang backpacking itu enak. Siapa bilang menghemat budget jalan-jalan itu gampang. Tapi siapa bilang semua itu gak ada hasilnya.. ADA!

Nah, di atas kan gue udah sebutin tuh 3 unsur penting dalam menghemat budget saat backpacking. Sekarang gue mau ngasih tau gimana caranya buat dapetin transport dan akomodasi gratis sebagai penunjang pas lo jalan-jalan.

Dapetin tiket pesawat promo murah. Lo bisa baca postingan gue yang ini >> Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Dapetin voucher nginep gratis? Emang ada, dis?

ADA BANGET!

INI NIH YANG EMANG JARANG BANGET ADA DI INDONESIA! Sekarang, buat lo para backpacker, lo bisa nginep di hotel-hotel berbintang di seluruh Indonesia dengan dapetin voucher dari @RajaKamar yang sering bagi-bagi promo hotel !

 

Caranya gampang banget! Apalagi buat lo yang suka jalan-jalan dan nulis. Lo tinggal ikutan #BlogCompetitionRK berhadiah voucher nginep di hotel gratis dengan total 12 JUTA RUPIAH! MAN, ITU BANYAK BANGET, MAN! Nih, lo tinggal klik doang link di bawah ini :


TUH KAN MAYAN BANGET! SO, MASIH BINGUNG BUAT NGEHEMAT BUDGET DI AKOMODASI TAPI GAK MAU TIDUR DI EMPERAN TOKO?? RAJAKAMAR JAWABANNYA!

28 komentar:

  1. meluncur ke tekapeh om
    mayan bisa jalan jalan gretongan nih

    salam bekpeker!

    BalasHapus
  2. kok fotonya gantengan dis? sotosop ya? hahaha...

    BalasHapus
  3. emmm sip cocok xD
    mang adis kalau ke bali yang murah bisa nginep di daerah mana? :D dan kira2 biaya paling murah dari bdg ke bali berapa haha.. belum berpengalaman nih, bulan juni kyknya mau backpacker sendiri ke bali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poppies line dong. Beli buku pertama gue kalo mau tau biaya ke Bali, pesen nih ke @wibshop

      Hapus
  4. ujung ujungnya pr*omo #eeh untung di sensor *pala lu empuk :))

    nice tips guru :p

    BalasHapus
  5. hahaha suka deh gw bang, tapi soal makan sih emang cari semurah2nya, kalo bisa ditawar!
    bhahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget! kudu ditawar! apapun itu.

      Hapus
  6. ajarin sotosop buat bikin muka jadi tambah ganteng gitu donk :D
    betewe, thx infonyah.. *meluncur ke tekape

    BalasHapus
  7. akkkkk itu ituu,, backpacking sama pacarnya lo soswit banget dissss :'3

    BalasHapus
  8. ahahahaha,, mulai masuk iklan,, gpp lah lumayan buat nambah ngetrip xixixi

    BalasHapus
  9. kenyamanan mah nomor sekian, ya. hahaha

    BalasHapus
  10. Ujung-ujungnya iklan yaaa gyahahaha
    *Iya nih, dibayar soalnya*

    Buat berapa jam?
    *pffft*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo beli nasi udah kagak pake uang, gue kagak bakal ngiklan. Ato lo mau gaji gue, sok. Jangan komen doang,PPFFFTTT

      Hapus
  11. maaanttatap.. lanjutkan tulisan tips lainnya bos

    BalasHapus
  12. ini gue ijin share yah, Bang..

    BalasHapus
  13. Gue banggeedddd... murah tapi bukan murahan.. :)

    BalasHapus
  14. tapi menuju kesitunya tidak bisa instan pak .. . . . .

    BalasHapus
  15. gila bang tulisanya keren banget
    ngakak gk berhenti"
    yg pasti thankss tipsnya bang harus gw coba nih
    maklum nih lagi mw coba" keluar dr zona nyaman gw

    BalasHapus
  16. Cara numbuhin mental lo sendiri gimana bang?

    BalasHapus