Jalan-Jalan Mewah A la Jelajah Mahakarya Indonesia


Sebut aja gue orang yang beruntung, atau lebih kerennya lagi lucky bastard. Kenapa? Karena, setiap tahun dari tahun 2011, gue selalu mendapatkan kesempatan untuk nge-trip gratis! Jalan-jalan gak ngeluarin duit sepeser pun!

Tahun 2011, dari puluhan ribu pendaftar, gue berhasil menjadi salah satu dari 60 petualang Aku Cinta Indonesia dari Detik.com, berkat itu gue bisa keliling menjelajah Pulau Lombok dan Sumbawa yang cantik. Plus gunung Tambora yang maha dahsyat! *ceritanya ada di buku gue* #promosi

Tahun 2012, dari ratusan pendaftar, lagi-lagi gue berhasil menjadi 5 besar blogger versi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan dari situ, gue dibayarin jalan-jalan ke Pulau Weh, Sabang, Aceh. Free!

Nah, baru-baru ini nih, tepat seminggu kemarin, gue beruntung lagi dapet jalan-jalan gratis dari Dj*i S*am So*e (nama rokok disamarkan. Samarkan palelu!) Jelajah Mahakarya Indonesia. Dan karena amal-amalan gue bagus, dari ratusan ribu orang pendaftar.. iya, ratusan ribu. Gue berhasil menjadi salah satu dari 36 peserta beruntung yang dipilih oleh Jelajah Mahakarya. Man, lucky me!

Terus apa yang ngebedain dari masing-masing trip gratis yang pernah gue dapet?

Banyak.

Trip yang paling susah tapi menyenangkan, itu Detik.com.

Trip yang gak bikin capek dan menyenangkan, itu dari kementrian.

Trip yang paling mewah dan paling menyenangkan? The one and only, dari D*ji S*am S*oe!  (nama rokok disamarkan kembali. Samarkan kembali palelu!) Kenapa gue bilang Mahakarya sebagai trp paling mewah dan menyenangkan? Ya lo bayangin aja. Kita nginep di Sheraton. Keliling Jogja pake Harley. Dinner di Prambanan, dan….
 
Mari merapat. Gue bakalan bikin lo ngiri di hari pertama gue ngikutin acara ini.

Dulu, gue adalah perokok. Dan sebagai perokok yang ganteng, gue sering banget didatengin SPG-SPG rokok seksi. Iya, gue nyadar gue ganteng. Tapi plis, gak usah sampai nyamperin gitu dong kalo mau ngajak ngobrol. *ngomong sama galon aqua*

Nah, pas waktu itu tuh, gue gak ditawarin buat beli rokok (seperti biasanya SPG) tapi gue disuruh ngisi secarik kertas gitu, semacam kuisioner tentang program Jelajah Mahakarya mereka. Buat si pengisi, mereka berkesempatan diundi untuk bisa menjadi peserta Jelajah Mahakarya.

Gue baca sekilas, gue isi asal-asalan. Dan setelah selesai, gue tanda tangan kertas itu.

Gue baru baca, ternyata hadiahnya adalah : GRATIS KE LOMBOK, DAN MENDAKI RINJANI!

Dan syaratnya cuma lo udah cukup umur dan PEROKOK!

Sampai sekarang gue masih gak ngerti konsepnya. Mereka nyari perokok untuk mendaki Gunung Rinjani. Ok, gue mulai mikir “Anjing, ini mah pengin bunuh anak orang, nih!” Iya dong. Lo bayangin aja, perokok, disuruh daki gunung Rinjani yang ketinggiannya adalah 3726 mdpl. Fix lo bakal bengek sebelum nyampe puncak!

29 April 2013

“Selamat datang di Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta..” Suara merdu dari si mbak pramugari, serta hentakan roda pesawat ke landasan, nandain kalo sekarang gue udah ada di Jogjakarta. Gue terpilih jadi peserta Jelajah Mahakarya, secara ajaib. Entah mengapa.

Iya, kita, semua peserta Jelajah Mahakarya, gak diterbangin ke Lombok langsung. Tapi kita, dikumpulin dulu di kota gudeg, Jogjakarta buat briefing dan..

SENANG-SENANG!

Pertama nyampe bandara aja, gue sama temen-temen dari Bandung langsung dikerubungin sama fotografer dan videografer.

“Wah wah wah ada apa ini?” Seru gue ke banyak om-om yang bawa-bawa kamera.

Ceklek. Ceklek. Om-om itu masih aja motoin kita yang baru keluar dari bandara. Gue sok-sok nutupin muka kek artis yang gak mau difoto, padahal muka gue berminyak kek penggorengan bakwan.

“Coba berdiri sini, mas. Kita wawancara dulu. Gimana perjalanannya?” Si fotografer langsung nanya-nanya gue. Padahal belom kenalan dan pedekate.

“Hemm.. seru mas. Pesawatnya terbang.” Jawab gue sekenanya.

Kita pun diantar menuju Hotel Sheraton.
 

Di Hotel Sheraton, ternyata udah banyak peserta lain dari luar kota. Ada dari Jakarta, Medan, Palembang, Aceh, sampai peserta dari Ambon. Gue langsung ngebayangin, berapa banyak duit yang dikeluarin D*ji Sa*m S*oe ini cuma buat nanggung biaya transportasi kita. Oh iya, gue lupa ini perusahaan rokok. Yah, duit segitu mah mungkin cuma se-upil doang kali yak. Keren!

Setelah nyampe bandara difoto-foto kek artis, nginep di Sheraton, kejutan gak berakhir sampai disitu saja ternyata..

Kita, semua peserta dikasih goodybag yang isinya..

1 buah daypack Vaude 30L
 

1 buah topi rimba

1 buah windbreaker jacket NorthFace

Travel Insurance FULL!

Dan 1 buah jam tangan G-Shock Alti Thermo!

Muehehehehe~
Gue senyum sumeringah. FYI, kalo lo beli semua itu, lo musti banget ngabisin duit lebih dari 3 juta! Tapi kita semua, peserta ngedapetin itu dengan FREE! Alhamdulillah~

Usai makan siang dam brifing, kita diajak masuk bis. Sekarang, kita bakal dibawa ke Retro Classic Cycles. Apaan tuh? RCC adalah sebuah workshop motor-motor gede. Jadi lo jangan ngarepin ada motor keong di sini. Jangan!

Nah, di RCC kita disambut banget sama yang punyanya, yaitu Mas Lulut. Beuh, orangnya gaul abis. Baik banget! Gue minta duit 100 juta juga dikasih kali. Kasih mati.
 
Mas Lulut dan motornya

Oiya, mas Lulut ini prestasinya udah internasional, loh. Selain jadi builder motor-motor gede dan mendapatkan banyak penghargaan, Mas Lulut juga pernah jadi juri sebuah kontes motor terbesar di Asia. KEREN PARAAAH!

Di workshop-nya, kita semua diajak buat liat-liat proses pembuatan sebuah motor. Yang unik dari builder satu ini adalah, Mas Lulut selalu memasukkan unsur “ke-indonesia-an” dalam setiap design motornya. Sebut aja salah satu motornya yang pernah dibawa ke Jepang, yaitu…. Gue lupa. *diketekin Mas Lulut*


Pokoknya, di motor-motor yang dibuat Mas Lulut itu ada carving-an khas Indonesianya. Atau nggak, painting-nya punya motif berbagai macam jenis batik Indonesia, ada batik tanduk rusa, dan… Gue lupa. *dicekek Mas Lulut*


Yah, pokoknya keren lah.

Gak kalah keren sama kejutan yang Jelajah Mahakarya kasih selanjutnya. Kita bakalan ke Prambanan, tapi dengan cara berbeda. Gak naik bus, gak naik mobil travel, gak jalan kaki, gak naik angkutan umum, apalagi disuruh naikin anak orang. Tapi kita bakalan dianter sama… motor-motor gede dari club moge Jogja, yang entah gue lupa namanya. *digebukin geng motor se-Jogja*

Jis, kayaknya gue udah mulai pikun. Lupa muluk!

Yaudah, intinya kita konvoi dengan motor besar ke Candi Prambanan. Buat gue backpacker gembel, mungkin bagi semua peserta ini semua pengalaman yang WOW!



Bruuum! Bruuuum!

Sampai di Prambanan, kita dipersilahkan untuk keliling-keliling candi Hindu yang punya legenda Roro Jonggrang ini. Gue lupa kapan terakhir kalinya gue main ke sini, yang pasti udah lama banget. Gue kira, selama gue tinggal, candi ini udah banyak berubah, udah ada tempat dugem gitu di dalemnya. Tapi ternyata nggak ada. Gue kecewa. Yakali, nyet!


Seusai muter-muter. Kita semua dikumpulin lagi di depan candi. Udah kesusun banyak panggung kecil untuk lesehan dengan meja makan di atasnya. Juga gak lupa table set up lengkap dengan lilinnya.

“Jrit, candle light dinner, nih?” Tanya gue dalem hati.

Malem-malem, temaram bintang, latar candi Prambanan, candle light dinner, menu makanan khas keraton.. 


Ah, semua bikin gue merinding seneng! Apalagi ditambah dengan MC-nya Kang Omesh dan Mbak Manda yang ngebagiin doorprize alat snorkel, GPS, Samsung Galaxy Camera dan Ipad Mini. Anjrit, ini acara keterlaluan banget hedonnya. Buat kita, 36 peserta, dikasih MC sekelas Omesh terus doorprize-nya yang kek gitu itu udah astagfiruloh banget! Keren parah!


Tapi sayang, gue cuma dapet alat snorkel doang. Gak dapet Ipad mini :(

Makan malam selesai. Bagi-bagi doorprize juga udah selesai. Semua peserta udah mulai tampak kelelahan dan pengin mandi gegara pas nyampe di Jogja kita gak punya waktu buat istirahat banyak. Gue pikir kita udah mau pulang, sampai Omesh bilang bakalan ada bintang tamu.

Kita semua bengong. Nunggu siapa yang bakalan nongol ke stage.

Semenit..

Dua menit..

Dan, please welcome… SHEILA MAJIIIIIIIIIIIIID!!!

Bukan deng..

SHEILA ON SEVEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN!!
FAAAAAAAAAAAAAAAAAK!!

Sumpah itu gue cengo!! Bukan cuma gue! SEMUA PESERTA CENGO!


“ANJRIT! SHEILA DATENG CUMA BUAT NGEHIBUR KITA DOANG! FAAAAAAAAAAAAAAAAK!! JELAJAH MAHAKARYA FAAAAAAAAAAAAAK!!”

Tweet Sent!

Malam pun diakhiri dengan alunan merdu SO7, senyuman dari semua peserta dan amukan dari followers yang iri.

Hari pertama aja udah gak ada obat kerennya. Hari berikutnya? Hemm…

P. S : Sebagian foto diambil dari group Jelajah Mahakarya Indonesia 2013

66 komentar:

  1. beruntung banget lo bang,
    ini mah bukan backpackr gembel tapi backpacker elit dan beruntung.
    Selamat..Selamat...
    ditunggu ceritanya dari Rinjani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoaaaay hahahahhaha...siap nanti ta bikinin cerita rinjaninyaaa

      Hapus
  2. FAAAAAAAAAAAAAAAAAKKK Takdos FAAAAAAAAAAAAAAAAAKK!! keren blognya dan tulisannya gak bikin bosen. FAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKK!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. Takdos faaaaaaak gue juga mau faaaaaak

    BalasHapus
  4. bang bikin iri ! cukup bang cukup !

    BalasHapus
  5. Dih tulisannnya bikin gue ngiri! --"

    BalasHapus
  6. faaaaaaaaaaaaaaaak!!!!! sheila on 7 omigad omigaaaaad!!!!
    backpacker kelas atas inimaaaah -____________-

    BalasHapus
  7. Baru bangun bacaa tulisan ini, langssung pengin cabut ke Jogja !!
    Eh baru inget, kalo gapunyaa uang.
    Hiks.

    BalasHapus
  8. anjrit.... ini untung kagak tanggung-tanggung... dis, kamu pake dukun atau jin sih???

    BalasHapus
  9. FAAAAAAAAAAAK juga.. beruntung banget -___- isi goodybag nya bikin iri..

    BalasHapus
  10. Amu jahat dis :|
    Jadi backpacker kok beruntung banget..

    BalasHapus
  11. masnyaaaa,,,, nyesel baca blognya,,, bikin iri. judulnya backpacker gembel tapi tripnya mewah gini

    BalasHapus
  12. Dis....akhirnya datang juga heheheh....gw dah beli buku lo,week end gw baca ya. Sukses troossss pokoknya,sumpah kita ngakak semua baca tulisan lo ini..

    *ga nyesel gw milih lo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaaaaah, siapakah ini yang komeeeeeen?? WAAAAH... makasih udah dipilih juga bang :D

      Hapus
  13. Gile lo, ndro! Eeh, gile lo dis!
    Asyemele bala bala syubidu pam pam, haha.

    Cerita hari pertama udah bikin gue goyang harlem shake -___-
    Gimana hari2 berikutnya, dis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. muehhehehe lanjut baca dong tuh udah ada

      Hapus
  14. BRENGSEEEEEEEEEK SUPER BRENGSEEEEEEEEEKKKK, udah gitu doang :p

    BalasHapus
  15. kampreettt...sebagai pecinta dan pelanggan setia rokok sokam asli kok bisa2nya sih gw ga tau ada acara macem beginian....

    BalasHapus
  16. jadi males bacanya nih, bikin ngiri aja. hehehee.. :p
    bener2 laki (lucky) lo ya dis.. :D

    BalasHapus
  17. kapan ya gw bisa ngerasain kaya gitu....


    aku iriiiiiiiiiiiii......


    :o

    BalasHapus
  18. jam nya gila bro
    bikin ngiler

    BalasHapus
  19. Wih, bikin ngiri + ngiler bisa dapet gratisan

    Karena sesungguhnya hal yg terindah di muka bumi ini adalah sesuatu yg GRATIS !!!

    http://travellingaddict.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. kampret bikin ngiri parah FAKKKKKKKK!

    itu foto pas mau konvoi, yang paling depan kiri mirip om Indro Warkop huahaha..

    eh iya dis, foto-nya pake kamera hape atau yang waktu itu lo kasih tau gue?

    BalasHapus
  21. Wew.... kq bisa sih lo segitu beruntungnya???
    Jangan2 nanti tau2 lu masuk insert, lg di pelaminan bareng wiwid gunawan...
    *nelen cicak

    BalasHapus
  22. Gilaaaa aku aja yang tinggal di jogja, gak pernah tuh ke prambanan mbonceng moge, candle light dinner di prambanan.. Aaaaaaa!!!! mau banget deh

    BalasHapus
  23. Gilaaaa aku aja yang tinggal di jogja, gak pernah tuh ke prambanan mbonceng moge, candle light dinner di prambanan.. Aaaaaaa!!!! mau banget deh

    BalasHapus
  24. kenapa harus Sheila on 7?????? sumpah ini semena-mena banget bikin irinya.

    BalasHapus
  25. sayang ane batalin ikut padahal udah kepilih di 2013 ini ane rekrutmen jakarta brooo

    last minute ane batalin :D

    hahahhaa

    BalasHapus
  26. anjriiiiiit...untung ngak ketulungan dis.....mantab sekaligus iri

    BalasHapus
  27. deuh kapan giliran gue jalan gratis kayak lo dis..

    BalasHapus
  28. Gilee keren. motornya juga cuy! Apa gak kena aspal Gan kalau jalannya berlobang..? Salam catering wedding organizer jakarta

    BalasHapus