Backpacker Spot Kota-Kota Di Asia #1


Setiap kali kita mau ngunjungin destinasi baru, pasti kita searching tempat itu. Searching nya macem-macem, ada yang searching foto daerah sana, ada yang searching penginapan murah di sana, ada yang searching transportasi ke sana, ada yang searching wisata apa aja yang ada di sana, ada yang searching tempat makan di sana, bahkan temen gue sering searching tempat portitusi daerah sana. Ya, minimal tempat pijit plus-plus nya lah. Bareng gue.

Nah, apa yang kita searching itu nantinya bakal mengarah ke satu daerah di kota tersebut. Daerah yang kalo ada traveller atau backpacker mau ke sana, nah daerah itu lah yang bakal didatengin terlebih dahulu-baru-habis-itu-keliling-keliling. Dan biasanya, tempat itu dinamakan backpacker spot!

Apa itu backpacker spot? Menurut ahli pergembelan nasional, yaitu Drb. (Dokter Backpacker). Mochamad Takdis S.Gem (Sarjana Gembel), backpacker spot adalah tempat di mana banyak terdapat fasilitas penunjang wisatawan, seperti penginapan, rumah makan, travel agent, money changer, café, restoran, tempat hiburan, bahkan red district atau yang lebih dikenal sebagai tempat portitusi. Sehingga memudahkan wisatawan untuk berdiam diri di satu daerah baru. Itulah backpacker spot.

Tapi di artikel kali ini, gue gak akan banyak bahas tentang daerah portitusinya, kalo mau baca begituan, kalian bisa liat itu di artikel gue yang ini >> Sex Tourism in South East Asia

Di artikel kali ini, gue mau bahas tentang backpacker spot, dan di mana aja backpacker spot itu ada. Dan sepengalaman gue, karena gue gak pernah ngasih tau apa yang gak pernah gue alamin sendiri. Berikut beberapa backpacker spot yang bisa lu datengin kalo lu lagi backpacker-an:

Bali – Poppies Lane



Kita mulai dengan Bali, pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau paling terkenal di Indonesia. Bahkan banyak orang bule yang lebih tau Bali daripada Indonesia. Bego banget yak orang kayak gituan, kagak bisa baca peta, gue yakin orang itu pasti gak lulus pelajaran fisikanya.

Backpacker spot paling terkenal di Bali adalah Poppies Lane 1 dan Poppies Lane 2 (Gang Poppies), di daerah Pantai Kuta. Selain tempatnya yang strategis (Oh ya, salah satu syarat backpacker spot adalah tempatnya harus strategis) karena dekat banget dengan Pantai Kuta, Poppies Lane juga berada di tengah jantung keramaian di Bali, sebut aja Kuta, Legian, Denpasar, Seminyak, cukup ditempuh dengan jalan kaki atau cuma beberapa menit naik kendaraan umum.

Jakarta – Jalan Jaksa



Jalan Jaksa adalah jalan kecil dengan panjang sekitar 400 meter dan lebar 6 meter. Pada masa kolonial tempat ini menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa sekolah hukum Rechts Hogeoschool yang terletak di dekat Museum Nasional. Tapi sekarang, Jalan Jaksa ini lebih dikenal sebagai tempat berkumpulnya para backpacker mancanegara. Banyak juga berbagai macam penginapan di sini, mulai dari yang seharga Rp. 75.000/ malam sampai hotel-hotel berbintang.

Fasilitas di sini juga cukup lengkap, dari yang gue sebutin tadi di atas sebagai syarat backpacker spot, Jalan Jaksa ini hamper punya semua syaratnya.

Bandung – Daerah Stasiun Kereta


Bandung sebenernya gak punya backpacker spot kayak Jalan Jaksa atau Poppies Line. Gak ada daerah khususnya. Tapi karena gue orang Bandung, maka gue buat aja sendiri. Hahaha!

Ada satu daerah yang bisa dijadikan backpacker spot, yaitu stasiun kereta Bandung. Kenapa tempat ini bisa dijadikan backpacker spot?

Selain karena akses dari stasiunnya itu sendiri, pas keluar dari pintu belakang stasiun lu bisa langsung liat tempat portitusi. Coba kalo lu nyampe malem, sekitaran jam 9, udah banyak cewek-cewek dari yang cantik ampe yang gembrot udah nangkring manis menjajakan dirinya. Dan di sini juga deket banget sama daerah paling red district di Bandung, yaitu Saritem.

Selain itu, di daerah sini juga lu bisa nemu banyak penginapan murah, semacam guesthouse dan homestay. Tapi ya lumayan agak susah nyarinya karena tempatnya yang terpisah-pisah. Untuk makanan, lu jangan khawatir. Di Bandung, gak akan pernah susah nyari makanan. Lu bisa cari makanan murah di daerah Gardujati atau Cibadak. Tinggal jalan beberapa meter aja dari stasiun atau penginapan daerah sini.

Jogja – Sosrowijayan


Berjalan 200 meter dari Stasiun Tugu, lu bakal nemu daerah bernama Sosrowijayan, atau yang lebih dikenal sebagai Kampung Turis. Sama hal nya dengan Poppies dan Jalan Jaksa, di sini banyak bertebaran penginapan-penginapan murah dan berbagai macam fasilitas lain. Karena berada di tengah kota, dan bersebelahan dengan Jalan Malioboro dan Sarkem, tempat ini gue rekomendasiin buat lu yang mau ke Jogja!

Bangkok – Khaosan Road


Dari semua backpacker spot di Asia Tenggara, menurut gue Khaosan Rd. adalah backpacker spot paling terkenal. Kenapa? Banyak alasannya. Selain berada di ibu kota Negara Thailand dan berada di negara yang paling banyak dikunjungi turis mancanegaranya, Khaosan Road juga udah lama banget eksis sebagai backpacker spot di negara tersebut. Apa yang lu cari dari Thailand, semua infonya bisa didapatkan di sini.


Tapi menurut gue, kawasan ini gak enak buat dijadiin tempat stay, soalnya terlalu crowded dan lumayan banyak kriminalitasnya. Ya, orang berisik lah, ya orang mabok lah, bahkan pas pertama gue ke sana dan baru turun dari bus, gue liat ada yang lagi digebukin rame-rame. Kacau abis!

Kuala Lumpur – Bukit Bintang


Sebenernya daerah Bukit Bintang adalah daerah yang cukup elite di Kuala Lumpur. Kalo di Bandung, ya kayak Dago nya lah. Banyak café-café keren dan tempat dugem di sini. Tapi di sini juga lah banyak penginapan-penginapan murah dan sekaligus paling dekat ke mana-mana. Selain bisa main di mall, lu juga bisa jalan-jalan di daerah sini karena banyak banget yang bisa dilihat. Dan satu lagi, di sini juga banyak rombongan orang Indonesia shopping!


Bukit Bintang bakalan lebih hidup pas masuk malam hari. Dan kalo lu gak pengin kemana-mana di Kuala Lumpur, lu bisa nongkrong di coffee shop-nya sambil liatin aktifitas orang-orang di sini.

Singapore  Geylang


Alih-alih disebut sebagai backpacker spot, sebenernya Geylang lebih pantes disebut sebagai daerah pelacurannya Singapur.

Lah, terus kenapa elu nulis tentang Geylang, Dis?!

Santai dulu anak kuda. Sebenernya banyak daerah yang bisa lu jadikan tempat stay di Singapur, ada Bugis, Little India, dll. Tapi kenapa gue masukin Geylang sebagai backpacker spot-nya Singapura? YA KARENA DEKET SAMA PELACURAN, LAH! HAHAHAHAHAHA!

Asli dah, selama gue trip dan ke tempat aneh-aneh, di Geylang ini yang paling cakep-cakep ceweknya. Selain pake baju seksi, mereka juga gak ketebelan bedak yang kalo lu tampar muka si cewek, malah lu yang kelilipan. Natural gitu~

Di sini juga cewek-ceweknya berasal dari bermacam-macam negara juga loh. Ada yang dari Malaysia, Indonesia, Filipin, Vietnam, Cina, bahkan dari Eropa. Seneng kan lu? Tapi bukan itu juga deng, di Geylang juga suasananya idup banget. Siang lu bisa jalan-jalan seneng, malem lu bisa jalan-jalan ngaceng.

Untuk ke Geylang juga gak susah, lu naik MRT aja turun di stasiun Aljunied atau Kallang, nah, tinggal jalan dikit deh ke Geylang. Pokoknya, semua persyaratan untuk jadi Backpacker Spot ini Geylang punya!


AAAAAAAAAAAH~ Capek nulis gue!

Untuk bahas backpacker spot-nya udahan dulu, yah! Tapi santai, gue bakal lanjutin bahas Backpacker Spot di kota-kota lain kayak Manila, Boracay, Hanoi, Phuket, Osaka, Kyoto, Tokyo, Hong Kong, dan masib banyak lagi. Asaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal… komen di artikel ini udah nyampe 75 komen! Ciao Bella!

93 komentar:

  1. Backpacker spot harus banget deket sama red district? [...]

    BalasHapus
    Balasan
    1. most of them, iya. Kenapa? Karena pariwisata dan esek-esek itu gak bisa dipisahkan.

      Hapus
    2. . _
      I )
      / I
      /__',_
      /( __ _)\
      I ( __ _ ))
      I ( __ _) )
      \(___ _)/ bro

      Hapus
  2. Poppies lane memang pusatnya penginapan murah di Bali.

    Kalau di Makassar ada juga Backpacker Spotnya,
    lokasinya di jalan Jampea (China Town)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaah gue belom ke Makassar!!!

      Hapus
    2. wah, sma nih..aku jg blm pernah ke makasar. T_T

      Hapus
  3. Nice spot, tapi kenapa harus ada prostitusinya broh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. most of them, iya. Kenapa? Karena pariwisata dan esek-esek itu gak bisa dipisahkan.

      Hapus
    2. emang mantep nih spot2nya.. jd pngn kesana nih

      Hapus
  4. yaelah macem syahrini aja ada ciao bella nya haha :D bang pernah gak sih backpackeran nya ke korea ? saya anak baru nih mantengin blog nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah selamat datang anak baru! rajin2 komen di blog gue yaaaak :)))

      belom euy ke Korea mah, ntaran deh

      Hapus
  5. We want more... We want more post like thiiiissss \:D/

    BalasHapus
  6. Keerreennnnn........ lu gembel paling keren yang punya tulisan tentang Backpacker Spot... gw tunggu postingan lanjutannya Dis..

    BalasHapus
  7. Haduh... Dasar otak mesum. Tapi tenks kaka atas sarannya. Tetep mesum biar lebih lucu lgi

    BalasHapus
  8. Wahaha gak jauh dari selangkangan yee..

    BalasHapus
  9. Besok kalo gue ke Singapore lagi, mau stay di Geylang aja biar setiap hari bisa "jajan sembarangan"

    Salam Anak Kuda

    BalasHapus
  10. widih seru-seru semua spotnya..

    salam www,travellingaddict.com

    BalasHapus
  11. Terima kasih info backpacker spot dan red districtnya Kang Takdos yang hobi NG***A***CE***NG. HAHAHAHAHA.

    BalasHapus
  12. sekedar info kalo mau tempat red distric di bali ente bisa ke danau tempe atau danau poso, sialhkan di coba

    BalasHapus
  13. Menurut ane, wisata Indonesia sangat bagus dan byk gan...apalagi Indonesia bagian timur gan sprti Makassar..Bule wajib datang nih..heheh..

    BalasHapus
  14. baru 16 komen , dan ini ke 17 .. masih jauh ke 75 .. bukit bintang kuala lumpur keren banget tuh .. mau juga kesanaaa ..

    BalasHapus
  15. Kalo Phuket, di Patong ya kan? ya kan? ayo dong lanjut lagiiii zzzzzz....

    BalasHapus
  16. gw sih nggak tau mau komentar apa .... tapi gw mau ngeliat lanjutan artikel ini, jadi supaya komennya jadi 75 gw komen deh disini .... hihihihi....

    BalasHapus
  17. Kuala Lumpur - KLCC harus pergi. tempat cantik untuk dilawati. pemandangan juga menarik. lepak lepak tepi kolam air pancut

    BalasHapus
  18. my first sedekah comment biar dilanjutin nih dis

    BalasHapus
  19. korea bang??!!! hahahahaha

    BalasHapus
  20. bagus nih tempat"nya kota pertama jogya dulu kali yah makasih sarannya

    BalasHapus
  21. tinggal bangkok yg belummm~

    btw ada juga wisata yg bisa dicoba buat backpacker yg suka tantangan nih!
    http://www.irhamfaridh.com/2015/08/tempat-wisata-alam-yang-anti-mainstream-sekitar-bandung.html

    BalasHapus
  22. hehehe. ngga jauh2 dari selangkangan -_-

    rgds,
    benbernavita.com

    BalasHapus
  23. Muke lu dis emang tampang selangkangan doang... Tapi jujur gue ngakak abis baca nyaa... Sesering seringnya gue ke singapur gak pernah ke pikir ke Geylang gue dis, sian amat yak... Hahahahahaha

    BalasHapus
  24. cucok banget buat panduan para backpacker!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang nulis artikel asik kayak gini emang cocok banget buat para backpacker, apalagi yang belum jadi backpacker bisa bisa jadi pengen :D

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Wahhh keren abis bang blog lu, deabakkk!!!

    BalasHapus
  30. hahaha parah red district jago juga ente bisa tau tempat tempatya jempolan dah

    BalasHapus
  31. gw pengen tau lanjutan ceritanya, makanya gw komennn.....yuk aaaah

    BalasHapus
  32. khaosan road banyak ladyboynya nggak tuh?

    BalasHapus
  33. This is my first time going to your blog and I must say, your blog is super nice and well written with a little bit of humor! I think I'm gonna visit your blog more often :P

    BalasHapus
  34. Balasan
    1. Blog ini memang keren banget kok :D hahahhaa

      Hapus
  35. yaelah macem syahrini aja ada ciao bella nya haha :D bang pernah gak sih backpackeran nya ke korea ? saya anak baru nih mantengin blog nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADAAAA NOH BACA AJA NOH, MAKANYA SUBCRIBE GUE DONG FOLLOW BLOGNYAAAA

      Hapus
  36. Keerreennnnn........ lu gembel paling keren yang punya tulisan tentang Backpacker Spot... gw tunggu postingan lanjutannya Dis..

    BalasHapus
  37. surabaya kenapa ngga ada dis? waah belum pernah main2 ke sby ya?

    BalasHapus
  38. hahaha parah red district jago juga ente bisa tau tempat tempatya jempolan dah

    BalasHapus
  39. Sudah 3 kali ke Bangkok tapi belum pernah sekalipun ke Khaosan Road :(

    BalasHapus
  40. Terima kasih informasinya Gan
    Salam sukses

    BalasHapus