Itinerary Backpacking ke Nepal (Kathmandu – Pokhara – Annapurna)


Cieee~ template baru cieee blognya~

Ehem, gais, karena banyak yang request itinerary perjalanan gue ke Nepal, maka di postingan kali ini gue akan bahas tentang itinerary ke Garut.

Canda, deng. Serius amat kek Ratna Sarumpaet lu!


Buat lu yang dari lama ngikutin blog ini, pasti tau gue, sang backpacker gembel tidak pernah membuat itinerary ketika akan melakukan perjalanan. Karena itinerary hanya untuk orang yang takut tersesat. Padahal, kalo gak ada itinerary, gue jamin lu gak akan kesasar. Ya gimana, wong kagak ada tujuan.

Nah, di sini gue bakal tulis itinerary perjalanan yang gue lakuin di Nepal. Kenapa? Karena kalo gue nulis perjalanan Dalai Lama, bisa dipastikan tulisannya akan ngawur. Tidak seserius tulisan ini.

Ok, gak banyak bacot, gue ringkas aja nih itinerary paling gampang ala backpacker gembel!

Untuk menuju Nepal, pesawat yang paling murah saat ini adalah Air Asia. Tapi kalo lu nekat, lu bisa ke Nepal pake onta dari Merauke ke Makasar, dan dilanjut nebeng burung kasuari ke Malaysia. Dari Malaysia lu bisa berenang sama ikan curut ke India, dan jalan kaki selama 500 tahun ke Nepal. Tapi, gue sarankan jangan.

Nah, untuk ngurus Visa on Arrival Nepal, lu bisa baca ini >> Cara Apply Visa Nepal

Kalo lu mau nanjak Gunung Annapurna kayak gue, ini the best way yang bisa lu ikutin:

Rute
Transport
Harga (IDR)
Bandung – KL – Kathmandu
Air Asia
1.300.000
Kathmandu Airport – Thamel (Backpacker Area)
Taxi
50.000 (nego-nego aja)
Thamel – Pokhara – River Side (Backpacker Area)
Tourist Bus
80.000
Pokhara – Nayapul (Desa Di bawah kaki Annapurna)
Local Bus – Elf Anjing – Bus Bangsat!
30.000
Nayapul – Landruk
Jeep
20.000
Landruk - Ghandruk
Jalan kaki – Ampe mau mati

Ghandruk – Desa Himalaya
Jalan kaki – Udah mending bunuh gue ajaaaaaah!!

Himalaya – Ghandruk
Jalan kaki – Kaki gue bengkak  4 hari! Nuhun, bangke!

Ghandruk – Siwai
Allahuakbar, masih kudu jalan kaki!

Siwai – Pokhara
Local Bus
50.000
Pokhara – River Side
Taxi Patungan
15.000

Jadi, begitulah trip gue, gais. Untuk detailnya gue tulis di bawah yah. Santai, aja!

Beberapa hal yang musti lu perhatiin selama di Nepal!

1. Karena bandara agak jauh ke kota (Thamel Area), maka lu gak bisa jalan kaki. Dan karena si Air Asia nyampenya malem, jadi satu-satunya transportasi untuk ke Thamel dari bandara adalah pake taksi. Gak ada yang lain! Lu bisa nego harga taksi di Nepal, dan misal lu belum nuker Rupee Nepal, lu bisa bayar taksi pake USD, EUR, AUD, YEN, atau duit cina. Jangan sesekali bayar pake duit monopoli! Ini daftar Hotel di Kathmandu 

2. Bus dari Thamel ke Pokhara ini agak susah dan tricky. Banyak transport menuju Pokhara dari Kathmandu, kalo lu kaya, lu bisa pake pesawat, cuma 30 menit. Kalo lu biasa aja, lu bisa pake Executive Bus seharga 350.000. Kalo lu gembel, lu bisa pake tourist bus kayak gue dan makan waktu sekitar 6-7 jam. Kalo lu emang beneran gembel, lu bisa pake local bus, yang nyampenya bisa 12 jam. Plus, bareng kambing di dalemnya.


Nah, transportasi juga tergantung waktu yang bisa lu pakai. Kalo lu pengin pergi siangan, lu bisa pake excutive bus, biasanya mereka berangkat pukul 9 – 10 pagi. Khusus untuk tourist bus yang gue pake, bus berangkat dari Thamel Selatan, deket kolam putri apa gitu gue lupa, anjis. Nah, disini wayahnya lu harus bangun subuh. Bus berangkat pukul 5 pagi. Dan misal lu kesiangan dan lu kagak ada duit, lu bisa pake local bus, yang setiap hari setiap waktu ada ke Pokhara, tapi waktunya bisa 2 kali lipat, dan syukur-syukur lu bisa nyampe dengan selamat ke Pokhara.

3. Setibanya di terminal bus Pokhara, jangan mau kalo diajakin naik taksi atau ojek. Jalan kaki ke Riverside aja, deket, cuma 10 menitan lah.


4. Riverside ini backpacker area nya Pokhara, gak se-crowded Thamel, di sini adem, bersih dan sejuk. Cari-cari aja hotel yang paling murah di sana. Nih, hotel-hotel yang udah gue cobain >> Hotel di Pokhara

5. Sekarang kita bahas buat naik Annapurna nya. Sebelum naik, lu harus ngurus Trekking Permit dan nyiapin alat-alatnya dulu.

Gue saranin lu berangkat pagi banget, local bus bakal ngelewat di jalan besar Riverside, waktu itu gue gak tau berhenti di mana, yang pasti berhenti di tengah kota. Abis itu gue bingung gimana cara ngelanjutinnya, karena gue tanya-tanya ke orang mereka kayak bego bego aja gitu, kagak tau apa-apa. Gue ampir nangis di sini. Hiks!

Tapi karena gue nulis berdasarkan pengalaman, di tempat lu turun bus dari Riverside itu, lu bakal liat bunderan gitu, nah lu diem aja deket bunderan itu, nanti ada banyak elf yang lewat, lu tanya aja lu mau ke Nayapul, nanti si abangnya bakal narik lu, dan nurunin lu lagi di suatu tempat buat lanjutin lagi naik bis.


Nah, di sini ketahanan lu diuji, bus ke Nayapul ini bakalan penuh banget, jadi usahakan lu dapet tempat duduk, karena perjalanannya lama abis!

6. Begitu sampai di Nayapul, ini adalah titik pertama lu untuk naik Annapurna, gue saranin dari Nayapul lu naik Jeep ke Siwai (Kalo gue ke Landruk). Kenapa Siwai? Sebaliknya gue dari Annapurna, ternyata rute yang paling enak dan gak makan banyak waktu, tenaga itu adalah:

Nayapul – Siwai (start jalan kaki dari Siwai) – Gandhruk (nginep semalem) – Lanjut ke atas.

“Ah, kagak keren lu, Dis! Masa mau naik gunung pake Jeep! Mana jiwa petualang lu!”

Heh, kampret! Gue kasih tau yah, dengan naik Jeep seharga 20.000, itu sama aja kayak lu ngehemat waktu sehari jalan kaki, duit 100.000 buat makan dan tidur, dan tenaga yang bisa lu pake buat naik lebih tinggi. Jadi, gue kasih tau lu, naik Jeep lah ke Siwai yang cuma 20 menit, karena kalo lu jalan kaki dari Nayapul ke Siwai, lu bakal ngabisin waktu seharian, dan harus nginep dulu di Siwai. Dan jangan kaget kalo lu nemu beginan pas naik gunung di Nepal >> Hal Paling Gembel di Nepal


7. Setibanya lu di Siwai, ini jalur paling enak menurut gue. Jalan kaki sekitar 5 jam, lu udah bisa nyampe Desa Gandhruk, desa pertama buat lu istirahat dan nginep. Kalo lu ikutin rute gue yang jalan kaki dari Landruk ke Gandhruk, waktu yang harus lu siapin buat jalan kaki adalah 10 jam, karena treknya yang anjing edan!


8. Banyak para pendaki yang memilih Gandhruk sebagai tempat istirahat di malam pertama, karena Gandhruk salah satu desa terbesar dan terkomplit fasilitasnya. Juga, Gandhruk adalah desa yang menjadi titik temu dari para pendaki dari Nayapul, Phidi, dan Poon Hill.

9. Dari Gandhruk ke atas, ya gampang lah itu mah, ikutin jalan aja. Dan lu bakalan udah bisa ngira-ngira sendiri di sini. Naik Annapurna mah bingung awalnya doang, ke sananya mah kek main ke Ramayana. Gampang.

10. Kalo lu bisa nyampe Annapurna Basecamp (yang gak bisa gue dapet karena waktu itu lagi ada badai salju) lu bisa turun langusng ke Gandhruk dalam waktu sehari. Dan sehari lagi untuk bisa kembali lagi ke Pokhara. Tapi kalo lu emang atlet nanjak gunung, lu bisa babat sehari trek ampe turunnya.


11. Pulanglah dari Siwai lagi. Kenapa? Pertama, karena ini jalur paling dekat pas lu turun. Kedua, di sini lu bisa dapet local bus murah ke Pokhara. Hati-hati juga, karena di Siwai banyak tukang Jeep yang bakal nipu lu, mereka pasti bakal bilang kagak ada transport lain lagi dari Siwai ke Pokhara, jadi kita dipaksa harus pake Jeep buat ke Pokhara. Meh! Jangan mau! Ongkos local bus dibanding Jeep bisa 100 kali lipat!

12. Kalo lu udah dapet local bus dari Siwai ke Pokhara, berarti lu udah aman. Dari sini, lu bisa semelehoy santai-santai di Riverside sambil makan Pizza dengan topping Yak Chesse, juara! So, selamat nanjak!


Buat yang masih belom jelas atau dablek, komen aja langsung!

61 komentar:

  1. Kalau lihat busnya, mirip bus-bus di Indonesia yah. Banyak pengamen gak??
    Eh, tapi perjalanan naik khatmandu itu super luar biasa banget yah, butuh mental dan fisik. Tapi kalau ngerasain tenda dikelilingi salju itu berbeda aja yah dengan naik gunung di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harus ke Nepal dan naik salah satu gunungnya euy, bar. Walaupun melelahkan banget, tapi jauh lebih sebanding dari keringetnya. seriusan!

      Hapus
  2. Alamakk, mantab kali bah.One of my bucket list.
    Total berapa hari ko disana bang?
    Eh, gimana repiyu jaketmu itu bang? Ko kasi tau la dulu bang hhehe

    Btw, paten sekarang template blogmu ya bang, dan yang dari dulu ngga nahan, semutmu itu bang wuakakkakaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. total gue 21 hari. Jaket udah abis, ludeeeeeeeeeeeeeeees hahahahaha

      udah cepet yah buka blognya, semut itu jimat blog gue supaya rame :)))

      Hapus
    2. 21 hari ??? hiks apa kabarnya cuti g ... #nangisdipojokan

      Hapus
  3. Pokoke kalo itinenary yang gak bosen tapi ngebayangin bikin mules ya harus ikut gaya loe Dis...

    BalasHapus
  4. Ko asik sih ?
    ala gembel gitu gimana cara nya bisa nikmatin perjalanan bang ? apa dgn ngebayangin pacar jd semangat hmmmm beerrr cikepeeeh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengumuman: yang komen ini pacar gue.

      Dan dia alay, pake berrr cikepeh segala lah :((

      Hapus
  5. Backpacker harus siap mental dan perhitungan yak. Gue setuju tuh tentang masalah naik Jeep-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups! kenapa gue bilang harus pake Jeep.

      1. ngehemat waktu
      2. ngehemat tenaga
      3. ngehemat duit. Karena kalo gak diitung2 di sana sehari bisa abis 100rb, nah mending keluar 20.000 drpd 100rb ye kan :p

      Hapus
  6. Jd pengen gaya gembel gitu skalian kempesin buntalan lemak di perut :)

    BalasHapus
  7. Dis....keren dis!! Gw mo trip ke sana akhir Desember. BTW, lu kan jalan sendirian yak, itu poto2 lu yang motoin siapa? minta tolong orang gituh? *penasaran* *pertanyaan maha penting*. Gw rencana jalan sendirian sik, etapi mo ketemu temen (tapi mesra) dulu ding di Kathmandu. muehehehhee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hih! Sama orang Nepal? Gue foto pake timer

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. itu tiket murah banget takdos

    BalasHapus
  10. segala harus disiapin dengan matang kalau enggak ya bisa-bisa susah pas udah di nepalnya..

    BalasHapus
  11. Backpacker harus siap mental dan perhitungan yak. Gue setuju tuh tentang masalah naik Jeep-nya.

    BalasHapus
  12. Gue tau bro, lu terinspirasi dari backpaker asal Amerika ye , yg nama nya crhistoper johnson mcCandless ???
    Yang film nya brjudul ''into the wild''

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahhaa iya, tapi gue gak mau mati di camper van :P

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mas adis,info dong kalo ada tiket promo kesana,whistlist banget.moga moga bisa backpackeran ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek terus di twitter gue, bukan cuma tiket murah, gue juga bakal ngadain open trip murah naik gunung ke Nepal

      Hapus
  15. Kang total abis budget berapa kalau dikira kira, terus bulan terbaek buat ke sana bulan apa? Nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada detailnya dipostingan gue yang lain hehe

      Hapus
  16. mas dis, kebetulan saya sekarang ada di bandung. boleh donk tanya lebih intent karena tahun depan mau kesana. bolehkan minta WA/Telegram nya?
    boleh di email ke saya
    wawan.adie@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh boleh, email aja ke adis-136@hotmail.com

      Hapus
  17. Seru banget sih tulisaanya mas dis. Saya kmrn lebaran di Nepal juga gembel-gembel katro gitu hahaha. Nepal asik ya...
    Justin Larissa | justinlarissa.com

    BalasHapus
  18. Finally nemu blog yg membuka mata gue ttg detil perjalanan ke Nepal hehehe. Pas trekking lo menghabiskan waktu berapa lama? Dan menurut lo, apakah jalurnya aman & terkendali buat orang2 yg ga pernah naik gunung? Plus, menurut lo Nepal cukup aman ga buat cewek untuk solo travel kesana? Thanks before!

    BalasHapus
  19. gan itinary nya boleh share?
    total brapa hari ya disana?

    BalasHapus
  20. wah keren, insha allah maret say solo trip ke nepal .. 6-8 hr an ..

    BalasHapus
  21. Twitter lu apa dah dis?? Rencana gue oktober sampe november 2017 mau ke nepal

    BalasHapus
  22. dis tanya dong.. rute desa lengkapnya lewatin dibawah ini gak (Uleri - Upper Gorephani - Poonhill - Gorephani - Chuile - Bamboo - Machapuchare Base Camp - Annapurna Base Camp - Bamboo - Landruk

    karena gw baca itin lo masih belum kebayang. april mau kesana

    BalasHapus
  23. semoga taun ini bisa kesana... amin

    BalasHapus
  24. mas nanya dong totalnya berapa hari?

    BalasHapus
  25. Kapan opentrip lagi di 2017? Please adain dong!

    BalasHapus
  26. Naik abc perlu total berapa hari mas?

    BalasHapus
  27. dis, total budget selama mendaki ABC berapaan ya?

    BalasHapus
  28. min ayok backpackeran lg ke nepal biar ada nemenin ��

    BalasHapus
  29. Ada yang mau ke Annapurna awal april 2018?
    yok barengan ama ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bulan Juni 2018 ada ga yaa...? Share ya pengalamannya.

      Hapus
    2. klo juni sering ujan loh gan.

      Hapus
  30. Alas, when eldest daughter Ellen attempts to impose changes, lifelong resentments are soon unleashed. This new work serves as a reminder of just how much local stages (and audiences) stand to benefit from championing bold and original voices. Sundays.

    The dance theater company was created to support people recovering from addiction. Then, Meghan and The Queen Sac Longchamp Solde heard several songs from Oakley Sunglasses Sale UK Storyhouse's latest show, "A Little Night Music." In addition, local schoolchildren sang for Michael Kors Purses Clearance the royals. At one point, they even performed an adorable rendition of "The Wheels on the Bus." Queen Elizabeth II marked the opening of the center by unveiling a plaque..

    I am disappointed with the King as well Mr. Jackson. I didn see your live interview, it looked Longchamp Soldes Destockage like some Bolsos Michael Kors Baratos of it was missing. Ray Ban Sunglasses Sale UK July 27, 2018 "Too proper for the black kids, too black for the Mexicans," sings Grammy award winning artist Miguel Pimentel. Miguel is the son of an African American mother and a Mexican born father. He's known for his eclectic sound, shaped by his home: Los Angeles.

    BalasHapus
  31. Hai Dis..
    Mau nanya2 donk ttg rute trekking ini..

    Boleh minta email-nya?

    Thanks... 😃

    Dysta
    .

    BalasHapus
  32. Hi, Dis... nanyak dong. Menurutmu cewe backpackeran sendiri ke Nepal aman ga sih? Thank u

    BalasHapus
  33. NAMASTE DAN HANGAT SALAM PASUKAN PEMANDU GUNUNG
    Nepal planet trek & ekspedisi mengalu-alukan anda untuk Nepal negara orang yang telah bermula di 2014 Nepal planet trek & ekspedisi adalah salah satu agensi baru dan inovatif di Nepal. Pengarah Urusan/panduan trekking Encik Sanjib Adhikari mempunyai lebih daripada 18 tahun pengalaman trekking dan sentiasa mencari laluan yang terbaru dan tidak diterokai untuk meningkatkan pengalaman trekking anda. Menawarkan semua aktiviti seperti; trekking, bersiar-siar, mendaki gunung, pengembaraan sukan, sukarela, paragliding, Safari hutan, penerbangan gunung dan banyak lagi Nepal planet trek & ekspedisi menjanjikan anda seumur hidup kenangan pada satu perjalanan! Di Nepal planet trek & ekspedisi menawarkan cara terbaru trekking dengan membiarkan tetamu kami mengubah suai laluan untuk hanya meneroka sedikit lagi ke landskap yang indah Nepal. Berurusan dalam bidang pelancongan yang mampan, kami menyediakan pekerjaan untuk masyarakat tempatan dengan menyewa daripada penduduk Kampung tempatan, tempahan di rumah teh tempatan menyediakan pendapatan yang mampan untuk kawasan luar bandar di Nepal. Pasukan pemandu Nepal kami menyediakan perkhidmatan yang terbaik supaya anda sebagai tetamu yang dihargai kami boleh menikmati percutian/trek yang sangat baik. Dalam pasukan kami

    BalasHapus
  34. Coach Camera Bag Outlet, Can you explain how? Aside from these impacts, has there been any other impact or has the impact of this siege been minimal?Al Thani: The impact of the siege, or the impact on the economy of Qatar was very limited. As I said, we have a clear plan and we know exactly how to deal with it. What's more, we have built a reserve, a strategic reserve, be it food or other materials, for our projects.

    A Pontiac Grand Prix and a tan Buick sedan were traveling east on Indian Trial near High Street, Aurora police said in a statement. As the vehicles approached High Street,. 1, 2018" > >Aurora police block off 7 Eleven during investigationPolice blocked off the 7 Eleven parking lot between Farnsworth Avenue and Molitor Road to conduct an investigation Wednesday afternoon. (Michael Kors Black Jet Set Messenger Bag)

    But we had our chances, opportunities, and we have to take advantage of those. The one thing we have to all understand is we not going to play perfect. There going to be a lot of errors and mistakes.. White Coach Hobo Purse, Brendan Teer (East Down AC) capped off a winning weekend, making it two wins in as many days. After having won the Ballynahinch Lions 10k on Saturday, Brendan showed little signs of fatigue as he cruised across the line in 34:19 to secure an impressive victory. Paul Carlin (Club Unknown) took 2nd place in 36:16, while David O'Flaherty (Newcastle AC) claimed 3rd place in 36:46..

    Coach White Patent Leather Purse, West is just hard, but I accepted hard long ago. If you want to win the title someday then it should be hard, and the West is hard. That just part of it, having LeBron (James with the Lakers) in it makes it that much harder.

    Also appreciate that in reality and to be realistic this is fortunately a rare occurrence and is not to any extent as likely a hazard as a road accident. Of course, there are statistical factors involved and direct comparisons are feasible. Just take care and turn back if the risk is too great.. (Black And Pink Michael Kors Bag)

    BalasHapus
  35. Look at aspects of a novelty through these 5 lenses and you'll be able to pull out the trend before anyone else. What about the novelty is obviously useful? What has broad appeal and Michael Kors Outlet Store application? What is sustainable? What aligns with current trends? What has appeared in some form New Yeezys 2020 before? If Coach Bags Outlet you were looking for B2B friendly social media trends using these criteria 3 years ago, you would have been one of the first adopters of Twitter. Not MK Outlet a bad position to be in.

    They could have moved out, but they said they want to keep living together. Jungkook said in celebrity bromance really comfortable in the dorm. I feel like we probably keep living together in a dorm even in the future. Both the victim and witness have been by the phone calls Hemmings had attended a personal fitness session with Mr Berry about two Coach Outlet Clearance years earlier but they didn know each other on a personal level, the statement read.teamdale VS teamshelby challenge off to a huge start today with consultations, scans and photos all completed ready for our challengers to absolutely own the next 8 weeks. We are already so proud of the commitment our New Jordan Shoes 2020 clients have shown and can wait to have a little bit of healthy Cheap Ray Ban Glasses competition between the two teams to Nike Air Force 1 Cheap Outlet see us through this next chapter of our lives.He has operated under various company names including Sly Creators, One 11 Agency, Aquaholic Photography, Colemans Studios, and VA Entertainment Australia and set up websites with fake staff profiles. He tricked high school students, ambitious university graduates, a police officer, small business owners, aspiring musicians and professionals out of time and hundreds of thousands of Coach Bags Clearance dollars.He promised to pay them back as long as they allowed him to film their reactions during the handover.

    BalasHapus