Gimana Caranya Travel Blogger Dapet Uang?


Ehem!

Jadi begini, sebagai travel blogger, gue lumayan sering diundang jadi pembicara. Dan dari beberapa kesempatan menjadi pembicara itu, gue sering dapet pertanyaan dari penonton, kayak:

“Bang, kenapa sering dapet jalan-jalan gratis, gak?” Gue anak soleh soalnya.

“Bang, gimana caranya dapet duit dari blog?” Wah, panjang.

“Bang, rambut lu kira-kira ada berapa helai?” Ada 23.214.984 helai.

“Bang, tau password twitter mantan saya, gak? Saya mau hack dia.” Tau. MantanGueAlay

Dan, pertanyaan absurd lainnya.

Jadi, sesuai judul di atas. Gue mau bahas dan ngasih beberapa tips buat kalian, nih. Darimana aja  Travel Blogger dapet duitnya? Langsung aja, yah!


1. Adsense

Sebenernya ini bukan cuma travel blogger, sih. Semua blogger dengan genre apapun, selama blognya bagus dan rame, bisa daftar adsense ke google, dan dapet duit sesuai engagment dari blognya sendiri. Jumlahnya macem-macem, ada yang dari ratusan ribu, ampe jutaan perbulan.

Kalo kalian sering liat blog-blog yang ada iklannya nongol, baik di postingan atau pop up, ya itu namanya ads. Gue sendiri dari awal emang gak mau pake adsense, soalnya bikin blog jadi rada berat, dan ngeganggu tampilan blog. Jadi, gue pengin blog gue tetep bersih dan clean, biar lu yang dateng dan baca blog gue bisa tetep nyaman berlama-lama di whateverbackpacker.com dan mantengin cerita-cerita gue. Oh iya, untuk daftar google adsense gak susah, kok. Lu tinggal ajuin blog lu ke mereka, nanti beberapa hari kemudian mereka akan bales permintaan lu, kalo kepilih ya alhamdulillah, kalo kagak kepilih, Google adsense bakal ngaish tau alesannya kenapa blog lu gak bisa dipasangin Adsense, dari situ lu tinggal improve aja apa yang kurang-kurangnya. Untuk info lebih jelas, lu buka aja ini googleadsense.

2. Iklan

Iklan yang gue maksud di sini berbeda dari adsense yah. Iklan ini biasanya dateng dari brand-brand yang membutuhkan jasa promosi di blog kita. Contohnya gue, 5 tahun lebih jadi travel blogger, gue udah pernah kerjasama dari mulai perusahaan makanan, maskapai, hotel, gadget sampai asuransi. Kayak di bawah ini:


Biar memudahkan calon klien, lu bisa bikin page khusus yang nampilin rate card lu, jadi klien udah tau "harga" lu tanpa nanya-nanya lagi, contohnya kayak gini >> My Rate Card

Untuk iklan sendiri ada beberapa kategori yang biasanya mereka (klien) minta atau kita sediakan, gue bakal bahas ini terpisah.

2.1 Link

Link? Maksudnya? Jadi, mereka bakal minta kita buat naro link web mereka di blog kita doang. Iya, link doang. Gak peduli postingan kita apaan, mereka cuma minta ditaroin linknya doang. Terus buat apaan mereka cuma naro link doang? Bukannya artikel?

Jadi gini, anak muda. Google tetap akan mendeteksi traffic (yang nantinya akan berpengaruh pada peringkat web mereka di google page) ketika ada link yang tersimpan di banyak blog. Walaupun link mereka ada di postingan “Cara Cebok Pake Mulut” misalnya. Biasanya kerjasama kayak gini bayarannya kecil, dan perusahaan yang sering ngasih tawaran kayak gini adalah si Laz*ada dan Zal*ora.

2.2 Artikel Sendiri

Ini nih yang biasanya bayaranya paling gede. Biasanya mereka akan meminta kita untuk membuat sebuah artikel tentang produk/ jasa mereka, brand mereka. Intinya ngiklanin apa yang mereka punya. Kalo gue sendiri, untuk membuat artikel, gue memberikan harga yang bervariasi, dilihat dari jumlah banyaknya kata di dalam artikel, jumlah foto yang dipakai di artikel, atau ada request khusus dari klien, itu berpengaruh juga sama harga sebuah artikel.

2.3 Artikel Titipan

Apaan sih artikel titipan? Artikel titipan adalah segampang-gampangnya dapet duit. Gak usah mikir, gak usah capek nulis, kita cukup copy paste apa yang mereka kasih. Dengan kata lain, mereka udah nyiapin artikelnya buat kita. Untuk iklan seperti ini, gue pernah dibayar 14.000.000,- untuk 1 post yang gak lebih dari 5 menit udah bisa gue publish. Ehek!

Tapi hati-hati juga, baca dulu artikel yang mereka kasih, dan samakan gaya tulisannya dengan blog lu.

2.4 Widget/ Sidebar/ Slider Image


Ini lah alasan kenapa tata letak, template atau tampilan blog lu harus bagus dan banyak space yang bisa digunakan. Itu kenapa, dari dulu, blog gue selalu ada space sidebar-nya, karena selain buat nampilin fitur-fitur di blog gue, sidebar juga bisa dijadikan space untuk beriklan. Kalo blog lu tipe yang langsung 1 halaman full dengan artikel dan gak ada sidebar-barnya, lu bisa gunain slider image. Selain gak ngerusak tampilan, iklan yang dipasang pun bisa lebih banyak.

3. Kontributor

Sebagai travel blogger yang pasti nulis cerita perjalanan, kita bakalan dapet banyak tawaran untuk menulis cerita perjalanan kita sendiri di media yang berbeda, sebagai kontributor. Baik di media online (web, e-magz) maupun offline (majalah, koran, bungkus gorengan). Ini juga bayaranya lumayan.

4. Reviewer


Sering liat blogger dapet gadget? Atau produk-produk lain? Selain dapet duit, kita juga biasanya bisa dapet produk. Ya, apalagi tujuannya kalo bukan untuk di review. Ngerti lah yah ini mah. Oh iya, kadang bayarannya produk itu sendiri.

5. Press Trip

Menurut gue ini cara dapet duit yang paling enak. Kenapa? Karena kita diajak jalan-jalan dan kalo  beruntung, dikasih uang jajan juga. Jalan-jalannya juga bisa di dalam negeri, bisa ke luar negeri. Dan semua ditanggung sama yang nagsih kita job. Untuk ke luar negeri, gue sendiri pernah di ajak ke Korea, Hong Kong, Macau, Filipin, Thailand, Malaysia, dll. Untuk dalam negeri, keliling Sumatera, NTB, NTT, Kalimantan, Papua, dll. Dan gara-gara ini juga banyak blogger-blogger yang tadinya bukan travel blogger, berbondong-bondong melabeli dirinya jadi travel blogger. Wks!

6. Sosmed

Twitter, Instagram, Snapchat, dan sosial media lainnya ini berpengaruh juga terhadap penghasilan blogger. Mungkin lu udah ngerti lah yah untuk bagian ini. Tapi ada fenomena tersendiri juga, nih, yang mau gue bahas. Tau, apa bedanya blogger beneran sama blogger sosmed?

Blogger beneran, dia dikenal awalnya dari blog, lalu sosmednya rame.

Blogger sosmed, dia dikenal dulu di sosmed, entah selebtweet, entah selebgram, lalu dia bikin blog. Dan biasanya blognya bakal rame diawal, dan lama kelamaan bakal ilang. Karena ngeblog itu butuh konsistensi, bukan musiman. Banyak lah yah contohnya.

7. Buku/ e-Book


Ada beberapa travel blogger yang membuat e-book, biasanya itu adalah rangkuman dari cerita-cerita perjalanan mereka. Ada juga yang bikin buku, baik dari jalur indie (publish sendiri) maupun dari major publishing kayak gagas media, bukune, bentang pustaka, dan lain-lain. Gue sendiri uda pernah nyoba dua-duanya.

8. Undangan Pembicara


Walaupun gue lulusan SMA, gue sering banget dipanggil buat jadi pembicara di kampus-kampus ternama, sekolah, event, stasiun televisi, perusahaan-perusahaan, bahkan gue pernah road show ngisi jadi pembicara untuk para karyawan di salah satu bank. Oh iya, kampus yang nge-DO gue juga udah 3 kali ngundang gue jadi pembicara. Life is funny, bro.

Nih cerita gue pas di Sarah Sechan hehe >> Gembel Masuk Sarseh Net TV

9. Bikin Brand sendiri


Mungkin gak banyak travel blogger yang punya brand sendiri kayak gue. Dari sebuah blog Whatever Backpacker gue bikin brand travel gears dengan nama yang sama. Dan dari sini lah gue dapet penghasilan paling gede. Ratusan juta. Ihik! Terus kenapa gue bikin brand sendiri? Nih:


10. Sesuatu yang lebih dari duit

Ucapan terima kasih, komen, teman baru, pengalaman baru, kesempatan baru, email-SMS-chat-hadiah dari pembaca, apresiasi (apapun bentuknya) itu semua lebih dari uang. Dan hal itu lah yang bikin blog ini tetap hidup.

Dan satu-satunya tips yang bisa gue kasih untuk yang baru mau mulai ngeblog atau yang udah jadi travel blogger. Jalan-jalan dan ngeblog lah dengan gembira, tulis apapaun yang lu mau. Gak usah mikirin duit dulu. Karena ketika lu ngeblog dengan gembira dan dari hati, semuanya mah nyamperin.

116 komentar:

  1. Gw blm pake adsense nich, kapan lalu daftar tp bingung naroh posisi nya ngaknjelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om cumi jangan pake adsense nanti keberatan tuh, fotonya aja udah bejibun gitu tambah adsense bisa modar

      Hapus
  2. buseeeet pertamaxnya cepet amat mas cum! Gak usah mas cum, ngeganggu tampilan blog, kecuali kalo kepepet sih gpp hehehek

    BalasHapus
  3. Gue masih belum kepikiran buat nyari duit di blog dis. Blog cuma buat ngisi waktu luang aja sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu yang bagus sih. Jangan diniatin banget cari duit, yang penting ngeblog dengan bahagia, tanpa beban. Nanti ada "bonus" nya.

      Hapus
  4. Wow top banget deh Mas Adis. Tak simpan link artikel ini ah, mau belajar cara dapat duit dari blog lebih serius

    BalasHapus
  5. oh gitu ya supaya blog bisa menghasilkan *noted*

    BalasHapus
  6. Bagus sekali perkongsiannya. Rame yang ga tahu macam mana caranya para blogger/influencer earn their income melalui dunia blogging. Keep it up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok pojie, saya pengen tau di Malaysia travel blogger seperti apa?

      Hapus
  7. bang gue nitip link gue dah boleh gak? Nih.
    www.sukatoro.com
    soal bayaran mah gampang lah

    BalasHapus
  8. Dari dulu ngikutin ini blog sampe sekarang perasaan 2 kecoa yang muter" itu kgk mati mati bang zzz. Btw mantap saran yang terakhir nya tuh heheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempet mati kmaren2 mah, tapi gue idupin lagi pake dragon ball

      Hapus
  9. Awalnya ane canggung mw terjun ke dunia blogging , karna tulisan ane nyeleneh gitu , gk enak ama pembaca, cara ane backpacker juga byk ngegembelnya , blum lg kalimantan sinyalnya lemot. Setelah nyasar di blog ente Dis , ane jd percaya diri bahwa ane tampan. Setidaknya segembel - gembel ane msh raja gembel ente , seaneh - anehnya tulisan ane msh jauh lbih aneh tulisan ente. Jdi klo org pada komplain ama blog ane , ane ckup jadiin ente tumbalnya. Syukurlah kita bs saling mengenal (gue kagak kenal loe... pikir Adis). Thank udah bagiin tips nya, lain kali bagiin tiket donk , ane blum pernah naik pesawat ni ... Sudi hati mu utk mampir di gubuk ane ; sangfajardotcom
    Salam pemberdayaan gembel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahahahahahaha gue dijadiin tumbal lah. Jangan pikirin dlu apa yang pembaca suka, pikirin aja apa yang lu suka, lalu tulis. Iye iye, kalo ada rejeki gue bagi2 tiket dah

      Hapus
    2. Tumbal --> backlink ke whateverbackpackerdotcom ... Suuuuper kata3 loe dis , kya Mario Ozawa ,,, semangat ngeblog nanti dapat tiket ,,, buaahahaha ...

      Hapus
    3. Tumbal --> backlink ke whateverbackpackerdotcom ... Suuuuper kata3 loe dis , kya Mario Ozawa ,,, semangat ngeblog nanti dapat tiket ,,, buaahahaha ...

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Bikin brand yang belum punya huahahah ajarin donk cara buatnya #halah

    BalasHapus
  12. suka sama penutupnya, jalan2 dan ngeblog tulis apa yang kita mau. Yang penting ngeblog bikin kita hepi ya ��

    BalasHapus
  13. no. 10 bener banget ya....kalo ada pembaca yg email atau komen bahwa tulisan kita bermanfaat dan sangat membantu dia, itu nilainya lebih dari priceless

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan bener, priceless. Kalah gehu sama bakwan juga

      Hapus
  14. semenjak biaya hosting makin mahal, aku memutuskan pasang adsense, hahahaha.. awalnya pertimbangannya sama sih, kadang adsense itu bikin load blog tambah berat, plus agak merusak tampilan aja. :D

    BalasHapus
  15. Masih belum rela ad-ad pada masuk ke blog mau lewat artikel, adsense dll.. paling banter cuma beli foto doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaah iya lupa, itu belom dimasukin tuh. Jualan foto, tapi apa atuh aku mah fotonya begitu2 aja :((

      Hapus
  16. Apa cuma gue yang habis baca artikel ini jadi semangat lagi buat nge-blog

    BalasHapus
  17. banyak juga ternyata yang bisa dijadikan ladang yak. Tapi tetep, yang terakhir itu memeng bener banget. Saat ada yg bilang makasih merasa terbantu dengan artikel kita, rasanya gimana gitu... melebihi daripada dapat reward.

    BalasHapus
  18. bang, apa ngeblog harus banget dapet duit?

    BalasHapus
  19. Wah keren banget bang postingan nya. Sangat bermanfaat ilmunya. Thanks ya

    BalasHapus
  20. Wooowww harga short time dikau mahal ya kang.. Tp keren. Angkat saya jadi murid dong

    BalasHapus
  21. Adis emang keren bangetlah. Cucok

    BalasHapus
  22. Kameranya merek dan tipe apa Dis?
    Serius ini nanya. Biar Blogger kampung kaya saya bisa buntutin kinerjanya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem-macem, ada yg pake gopro, ada yang pake fuji XM1, ada yang pake samsung galcam.

      Hapus
  23. Keren kak yang kerja sama dg brand. Meski pake bintang kok tetep kebaca ya wkwkwkk

    BalasHapus
  24. Suka pesannya terakhir. Setuju banget! Soal konsistensi juga. Makasih sharingnya, Bang. Salam kenal :)

    BalasHapus
  25. wah iya mantep lo dis, baru baca lagi aing maap yaak wkwkwk

    BalasHapus
  26. Hahahaha kampus yng ngeDO jg ikut ngundang, kurang apaaa coba. Menginspirasi syekaliii bang :D

    BalasHapus
  27. Sip markusip, lakukan ngeblog dengan riang gembira dan bonus bakal nyamperin tanpa dinyana..*apik iki* :D

    BalasHapus
  28. Dengerin dulu nasehat senior ah... Emang keren yaaa kalo kamu ga bisa skedul berangkat boleh dibagi ke aku *eh*

    BalasHapus
  29. Wah...keren neh ilmunya...thanks ya...

    BalasHapus
  30. mantep banget Dis tipsnya.. nomor 7 apaan ya? kok kagak ada.
    btw, biar traffic blog rame gmna ya Dis? soalnya blog gw kayak kuburan T.T
    Nuhun!

    BalasHapus
  31. berkali-kali mencoba adsense tapi selalu ditolak itu rasanyaaa...
    Ah sudahlah..
    *lanjut jalan-jalan*

    BalasHapus
  32. keren bgt blog ini, ga sengaja nemu, akhirnya ga habis2 dibaca sambil ngakak, mantap abis bro

    BalasHapus
  33. Pokoknya ngeblog hahahhahah. Urusan duit dari blog mungkin belum kupikirin. Kalo ada ya untung, kalo nggak ada ya gak apa-apa. Intinya hati senang bisa nulis walau lokasi tempat tujuannya sama terus :-D :-D

    BalasHapus
  34. gue setuju banget intinya kita nulis kemudian baru kita akan di hargai

    BalasHapus
  35. Wah makasih banget nih pencerahannya..jadi semangat buat ngeblogging terus! Pengennya sih jadi travel blogger sukses yg gausah kerja kantoran haha
    btw, kalo penawaran harga iklan baik lewat artikel atau link doang itu berdasarkan jumlah page views kita kan ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin!

      semua tawaran iklan pasti tergantung traffic blog kitanya

      Hapus
  36. klikbank nya gak di masukin om heee

    tips mendapatkan uang dari blog lengkap bener iaa, ane mah belum bgtu faham ngeblog baru mau ikut2 an

    BalasHapus
  37. Bagus banget ini blog, saya terinspirasi dan sedang nyoba buat blog sendiri ka, doain ya hehe
    http://tapakibumi.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  38. Yeee kereen.semoga kayak kak Adis dapet duit dan terkenal dari travel blog.

    BalasHapus
  39. Nice info, min.

    Setelah tau infonya, sekarang gencar-gencar aja bagusin konten dan bangun branding dulu. Duit mah ntaran.

    BalasHapus
  40. Keren!
    Nulis dulu baru yg lain nyamperin. Sipp

    BalasHapus
  41. Dis, kalo lo bikin buku tentang ini kayanya bakal dahsyat deh. Biar bisa kasih contoh lebih detail n step-step buat latihannya.

    Cheers...Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih, nnt dibikin ebook nya deh yah

      Hapus
    2. Yaksip, gw tunggu, akhir bulan? Gak kelar gue demo! Haha...
      *ngarep cepet :P

      Hapus
  42. ALhamdulillah, saya baru sekitar 5 bulan jadi Travel Blogger. Mampir juga di blog saya yah :)

    BalasHapus
  43. lo adalah inspirasi gue buat terus ngeblog dis........,

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. lo adalah insirasi gue untuk terus ngeblog dis, ya walaupun masih ancur kata"nya

    BalasHapus
  46. u unik sih Takdos terus kreatif juga

    BalasHapus
  47. Kalau aku masih ngandalin gaji dari kerjaan hihihi. ngeblog masih sebatas hobi :)

    BalasHapus
  48. Salam knl nih.. artiklnya mantapp tks buat inspirasinya

    BalasHapus
  49. saya masih belajar ngeblog nih, dan saya merasa punya pandangan setelah membaca postingan ini, makasih sharingnya :)

    BalasHapus
  50. Mantap, bang!
    Betul tuh, yang penting konsisten ngeblog dulu. Nanti juga duit bakal nyamperin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, akan selalu begitu kok kalo di blog

      Hapus
  51. Betul banget bro.. Tapi kalo gw nulis masih mood-mood-an.. gak ngerti SEO.. sukur2 udah banyak yg nawarin iklan. Sayangnya beberapa iklan kayak review suka gak gw ambil, karena barang2nya bener2 belum pernah gw pake... seperti ada yg nawarin review lingeri (ini sumpah penghinaan bagi jomblo..) hahahaha

    BalasHapus
  52. wah.. keren nih infonya, walaupun rejeki udah ada yang ngatur, tetep semangat ngeblog ye bang

    BalasHapus
  53. cara dapet uang lewat ngeblog banyak juga ya, selain itu gak terlalu sulit juga, cuma butuh usaha dan keberuntungan aja sih kayanya.. hehe

    BalasHapus
  54. Baru nemu ni bloger kece... :D

    Lama juga kamu ngeblog ya bro... :D Mantap kali pun..

    BalasHapus