Wisata Sehari Di Lombok Tengah


Lombok, Guemas. Lo mbok-mbok, gue mas-mas. Apasih!

Jadi gini, dari tahun 2011 Lombok mengganti bandara utamanya yang awalnya di Bandara .... yang terletak di tengah Kota Mataram, Lombok Utara. Dengan Lombok International Airport di daerah Lombok Tengah. Yang di mana, Lombok Tengah itu jauh banget dari ibu kotanya Mataram. Saking jauhnya, lu berangkat masih muda, nyampe Mataram bisa udah punya cucu dua. Saking jauhnya.

Tapi kalo lu punya niat cuma sehari doang di Lombok, dan gak mau abis waktu diperjalanan, lu bisa keliling di Lombok Tengah. Pertanyaannya adalah, ada apa sih di Lombok Tengah?

Nah, di postingan kali ini gue bakal ngasih bocoran tips dan itinerary yang lu bisa coba selama di Lombok Tengah, dan gue jamin bakalan seru!

1. Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel


Karena judulnya wisata sehari di Lombok Tengah, gue saranin tempat pertama yang harus lu datengin adalah air terjun Kelambu dan Stokel. Letaknya sekitar 1 – 1,5 jam dari bandara. Bisa juga sih 5 menit, cuma lu kudu pake kereta shinkansen.

Untuk masuk kawasan wisata ini, WNI bakal dipungut biaya sekitar 70.000 untuk 1 group yang bisa berisi 9 orang, dan harga itu udah termasuk dengan guide-nya. Untuk bisa ke air terjun lu juga bisa sewa motor kalo gak mau capek hiking, yang harganya sekitar 30.000 untuk pulang pergi. Tapi kalo mau hiking juga sebenernya gak jauh-jauh banget kok, paling setengah jam doang, dan yang bikin capek itu ya naik turunnya.

Air terjun pertama yang bakal lu liat adalah Benang Stokel, yang dalam bahasa Indonesianya adalah Seikat benang. Kenapa dinamain gitu, karena air terjun ini terbagi dua, dan air yang jatuh dari tebingnya pun gak gede-gede banget. Jalan 30 menit lagi, lu bakal nemu Benang Kelambu. Kenapa disebut Benang Kelambu, karena bentuk air terjunnya yang menyerupai kelambu atau tirai. Bisa ae nih orang Lombok ngasih nama.


Di Benang Kelambu, lu bisa berenang-berenang cantik, karena ada kolam khusus yang disediain pegelola untuk pengunjung yang mau berenang. Tapi dingin banget!!

Oh, iya, highlight-nya di sini, lu kudu nyoba loncat di Jumping Cliff deket Benang Stokel yang tingginya 11 meter. Tapi inget, pake kolor kalo mau loncat. Jangan kayak gue, gak pake kolor, sok berani loncat, sampai akhirnya biji gue yang ngondoy kepentok air dan nyut-nyutan ampe 3 hari.

2. Makan Siang di Nasi Balap Inaq Esun


Namanya juga Lombok, gak sahih kalo lu gak nyobain makanan dengan nama Nasi Balap yang terkenal pedes! Detailnya lu baca di sini aja dah >> Lombok Pabrik Cabe

3. Belanja Tenun di Desa Sukarara


Selain keindahan alamnya, Lombok juga terkenal dengan tenunan khasnya. Untuk nyari tenunan Lombok, lu bisa dateng ke Desa Sukarara karena di sini emang sentralnya pengrajin tenun Sasak khas Lombok. Selain bisa belanja, lu juga bisa liat proses pembuatan tenunya langsung!

Oh iya, produk tas Whatever Backpacker yang baru juga ada kombinasinya sama tenun Lombok, loh. Dibeli yah kalo udah launching!

4. Merasakan Kearifan Lokal di Desa Sade


Nah, desa unik ini sebenernya udah gue tulis juga, nih. Baca aja di sini >> Desa Sade, Desanya Para Penculik

5. Hoping Beach (Selong Belanak - Mawun – Kuta – Seger – Tanjung Aan – Sunset di Bukit Merese)


Sebenernya pantai di Lombok Tengah itu bukan cuma 5 pantai yang gue sebutin di atas, ada banyak!! Tapi kalo mau rute nya yang enak. Lu bisa coba 5 pantai ini. Terakhir gue ke pantai-pantai di Lombok Tengah itu tahun 2011, dan tempatnya masih sepi banget, di pinggir-pinggir jalan aja cuma ada bebatuan dan daratan gersang, sekarang? Buset!! Udah kayak Kuta Bali! Rame banget!!


Terus kenapa gue pilih pantai-pantai ini jadi destinasi terakhir, soalnya setelah lu main air di pantai-pantai berpasir putih khas Lombok, lu bisa sekalian nikmatin sunset di Bukit Merese sambil duduk-duduk ngelamunin mantan. Syahdu lah pokoknya!

Dan ini beberapa cerita detail pantai-pantai di Lombok Tengah >> Lombok Pantai Lo Keren Banget SUMPAH!


So, guys. Ini gue kasih rute maps yang searahnya kalo lu mau one day trip di Lombok Tengah, happy traveling!

41 komentar:

  1. bang foto di atas itu kamu tho?? Item banget ya?
    ehh, gagal fokus :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :( itu setelah seminggu main di Penida

      Hapus
  2. mupeng kalo liat orang explore lombok, belum sempet jalan-jalan kesana, duh.... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kudu kesana sebelum rame banget kayak sekarang :\

      Hapus
  3. Pantai dan air terjunnya cantik cantik ya.. Btw, itu sewa motornya murah banget, hitungannya gimana? Perjam atau bisa perhari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhari dong, tapi perharinya 12 jam. Ya standar di Bali juga gtu kan yah

      Hapus
  4. Di sini nggak ada foto mantanmu, bang? hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak adaaaaaaaa!! apanan ini udah putus hih!!

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. boleh juga bang... tapi pertanyaanya kapan gue kesono '-'

    BalasHapus
  7. ini bukan yang di film modus itu bang ??

    BalasHapus
  8. Lombok emang keren ya.. *kesana ntar kudu cari mutiara ah..

    BalasHapus
  9. Bang itu kan kalo ke air terjun kan bayar 70rb buat 1 grup isi 9 orang, kalo sendirian apa kudu nunggu ketemu wisatawan lain sampe terkumpul 9 orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sendirian 30rebu kalo ga salah. Atau lu pura2 aja langsung nyelonong masuk.

      Hapus
  10. serius sehari bisa ke tempat itu semua + hopping beach?? #masihgapercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisaaaaaa. gue start dari jam 9 malah, masih dapet sunset di merese

      Hapus
  11. pantai di lombok keren banget, selain keindahan alamnya lombok juga terkenal sekali dengan keindahan tenunannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, makanya produk baru whatever nanti ada tenunnya. Ihiy!

      Hapus
  12. waaaah ada yang punya lombok! sip thanks rey

    BalasHapus
  13. jadi pengen belajar nenun di Sukarara lagiii .... kalo udah pinter kan biar ada cowok yang ngajak larii *ehh

    BalasHapus
  14. dari gambarnya aja tampak luar biasa pesona nya .. apalagi bisa pergi kesana ... mantap lah pokoknya

    BalasHapus
  15. So pasti dehhhh pantai lombok sedep di pandang mata. itu tenunannya oke banget deh kak. syukak ama warnanya

    BalasHapus
  16. dan gue baru baca ini setelah gue balik dari Lombok ._. should I go there again?

    BalasHapus
  17. lombok emang keren banget ya,,,,, apalagi wisata pantainya....

    BalasHapus
  18. Kalo sehari gitu, ada saran transport yang paling enak plus ekonomis gak kak? (:

    BalasHapus
  19. Kalo sehari gitu, ada saran transport yang paling enak plus ekonomis gak kak? (:

    BalasHapus
  20. "When I start designing a [fashion] collection, there is always that sexy element, that sporty element, that glam element," Kors says. "So I started to think about it, and I really wanted to do something that was more of a collection a beauty and fragrance wardrobe. We cover all the aspects of a woman's life in our clothes and accessories: There's the camel coat, the white pant suit, the sexy black dress.

    George Gershwin's Longchamp Soldes Destockage epic 1924 composition has become a perennial picnic with the Pops July 4 favorite over the years, but few bandleaders and arrangers have been able to pull off the condensed jazz masterpiece that Duke Ellington and Billy Strayhorn made of it. The superlative individual voices of the Ellington Michael Kors Purses Clearance orchestra are on display here, including Harry Carney's Bolsos Michael Kors Baratos softly shimmering baritone sax invocation of the famous intro and tenor saxophonist Paul Gonsalves' sensuous glide of a solo. All move beautifully against the multi hued backdrop of the full band in an inventive arrangement Ray Ban Sunglasses Sale UK that somehow gets all Sac Longchamp Solde of the majestic Oakley Sunglasses Sale UK tapestry and texture of Gershwin's work into the confines of a five minute, concert worthy miniature, and still comes out sounding Ellingtonian.

    BalasHapus



  21. اگر به دنبال راه حلی همه جانبه ، ارزان و ساده برای ایجاد اتاق خوابی جذاب و خاص هستید ، وقت آن است که به سراغ کاغذ دیواری ها بروید.امروزه کاغذ دیواری چیزی شبیه به کابوس نصب و جدا کردن غیرممکن که از سال های قبل به یاد دارید نیست.در حقیقت ، کاغذ دیواری به شیوه ای جدید به دکوراسیون آلبوم کاغذ دیواری برگشته است و استفاده از آن به سختی قبل نیست.امروزه اکثر کاغذ دیواری ها به آسانی نصب میشوند.حتی می توان از کاغذ دیواری های قابل جدا شدن برای اتاق های اجاره ای استفاده کرد
    هرمز، جزیره ای به مساحت ۴۲ کیلومترمربع در ورودی خلیج فارس و در ۸ کیلومتری بندر عباس واقع شده. به دلیل موقعیت جغرافیایی و نزدیکی به تنگه هرمز از لحاظ بازرگانی و راهبردی اهمیت زیادی دارد. جزیره هرمز فاصله ی این جزیره از جزیره ی قشم با قایق تندرو و در حالت طبیعی آب و هوایی حدود ۳۰ دقیقه است. اما فاصله ی بندر عباس تا هرمز بیشتر از ۳۰ دقیقه است.


    BalasHapus
  22. Jordan Jumpman Pro Black And Yellow, In fact, questions about Trump's business empire go far beyond the hotel near the White House. Among other things that have come under scrutiny Trump's taxes; his insurance broker; his personal foundation, which has been shut down; the Trump Organization; hush money payoffs, the Trump Tower Moscow project and Trump golf courses. And now congressional Democrats want an investigation of security at Mar a Lago, his Florida beach club.

    Jordan Varsity Jacket Black, Li Zehua had interviewed people infected with the coronavirus and documented claims of a cover up on his YouTube page. All over the world, mortality rates are being scrutinised to determine the true impact of the coronavirus, which emerged in China late last year and is known to have infected more than 2.7 million people globally, with nearly 190,000 deaths. While death rates in some countries have risen sharply in recent weeks, in India the opposite seems to be happening, at least in some places, leaving hospitals, funeral parlours and cremation sites wondering what is going on..

    Air Jordan 1 Red Black 2013, Sections: Symptoms Causes Diagnosis Treatment Living With Management Getting Help VideosAttention deficit hyperactivity disorder (ADHD) is characterized by symptoms that include the inability to keep one attention focused on a task, trouble organizing tasks, avoiding things that take effort, and follow through. ADHD may also include problems with hyperactivity (fidgeting, excessive talking, restlessness) and impulsivity (difficulty waiting one turn or with patience, interrupting others). It is typically treated with stimulant medications, such as Ritalin, and psychotherapy.This resource is focused on adults.

    Air Jordan Ix Boot Nrg Black Light Gum, It started to fill up. I watched my husband trying to save me from a Birdseye view. I was fighting and not giving up and kept taking breaths through the cracks.

    BalasHapus
  23. Is there any single gadget more closely associated with nerddom than the New Yeezys 2020 calculator watch? Wearing one of these meant signaling to the world: I often need to do lightning fast calculations on Michael Kors Outlet Store my wrist, and I don care who knows Coach Bags Outlet it. It was a badge of honor, and in a way a Coach Outlet Clearance precursor to today smartwatches. Of course, as with so many other gadgets and devices, MK Outlet smartphones (and, you know, taste) sent these the way of the dodo.

    It was the Rovers that also came upon the personal remains New Jordan Shoes 2020 of the Dornier's crew members Nike Air Force 1 Cheap Outlet Cheap Ray Ban Glasses wrist watches and overalls. The human remains, which include bones, have been sent to forensic specialists in Tamil Nadu. The crew's families say that as tough as it was to confront what was Coach Bags Clearance left behind, it also gave them a sense of closure..

    BalasHapus