Belajar Dari Sido Muncul


"Apa yang paling penting di hidup ini?" Pak Irwan, pemilik Sido Muncul, orang terkaya di Semarang bertanya kepada kita, para blogger dan influencer yang diundang oleh beliau untuk melihat salah satu pabrik dan perusahaan paling legendaris di Indonesia, Sido Muncul. 

"Hmm.. Kesehatan, Pak?"

"Ibadah, Pak?"

"Keluarga?"

"Si Dia, Pak?"

*terjadi jeda panjang*

"Bukan. Umur, nomer satu!" Jawab Pak Irwan.

"Kenapa umur? Bukan kesehatan atau yang lainnya? Sekarang saya tanya, anda mau saya kasih semua harta saya sekarang, tapi kita tukeran umur." Seru Pak Irwan. Kami cuma bisa diem, gak ada yang berani menyanggupi permintaan beliau.

Kalo lu kagak tau Sido Muncul, lu pasti tau Tolak Angin, kan? "Obat" buat segala jenis tipe traveler di Indonesia. Saking pentingnya, seakan Tolak Angin ini udah jadi barang wajib buat para traveler ada di ransel atau kopernya. Namanya juga Indonesia, ada penyakit gak ilmiah yang gue rasa cuma dialami oleh orang Indonesia, yaitu masuk angin. Coba lu ngobrol sama bule, pernah gak dia masuk angin? Atau bahasa inggrisnya masuk angin deh, apa? Kagak ada! Masuk angin cuma berlaku buat orang Indonesia, dan salah satu "jamu" paling populer untuk menghilangkan masuk angin adalah Tolak Angin dari Sido Muncul! 


Tapi tau gak sih lu, kalo ternyata Sido Muncul bukan cuma produksi Tolak Angin atau jamu-jamu sejenis, Sido Muncul bukan cuma produksi minuman sachet atau botolan beraneka rasa, tapi Sido Muncul juga punya produk keren bernama breket. Breket yang terbuat dari Eceng Gondok. Nah, beruntungnya, gue berkesempatan main ke Semarang, markas besarnya Sido Muncul. 

Namanya Rawa Pening, danau dengan luas 1 hektare yang mulai dangkal karena abrasi dari eceng gondok ini dikelola oleh PT. Sido Muncul. Nantinya eceng gondk itu akan diangkat dan diolah untuk dijadikan breket dan selanjutnya akan menjadi bahan bakar terbarukan dengan total produksi 150 Ton/ hari. Edyan!


Selain melihat tempat bahan bakunya, yaitu si eceng gondok tadi, gue juga diajak untuk ke pabrik Sido Muncul. Buset dah gede banget! Saking gedenya Sido Muncul punya kebun binatang sendiri! Seriusan gue! Ada macan, orang utan, burung-burung sama yang paling keren adalah liger, persatuan antara singa dan harimau yang langka! Cool as fuck!

Di Pabrik Sido Muncul, kita juga diajakin buat liat proses produksi breket dari eceng gondok tadi dan gak lupa juga diajakin liat proses pembuatan tolak angin yang ternyata lumayan ribet, gais. Banyak dan gede-gede banget mesinnya!

Dari semua yang diliatin dan diceritain Pak Irwan, gue tau ternyata membangun sebuah bisnis yang besar itu membutuhkan waktu lama banget, kerja keras, dan konsistensi yang tinggi! Gue jadi inget ketika gue bikin perusahaan CV. Whatever Indonesia, dengan begitu bodohnya gue ubah-ubah bisnis yang udah ada dan akhirnya bangkrut gede hahahahak!


Tapi, gue bersyukur sih akhirnya bisa dikasih kesempatan buat liat pabrik Sido Muncul dan ketemu langsung dengan Pak Irwan, seenggaknya gue tau, kalo nanti gue sukses dan banyak duit, gue juga harus melakukan sesuatu yang baik buat masyarakat sekitar gue dan mungkin Indonesia, sama kayak apa yang Pak Irwan lakuin dengan Sido Munculnya! Mantap, Pak! Nuhun!

14 komentar:

  1. Emang dulu ngubah-ngubah bisnis gmana bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. nambah-nambah bisnis lebih tepatnya, sementara yang sebelumnya belum kuat. Bisa baca di postingan2 gue yang dulu

      Hapus
    2. Ouh gitu, bisa jdi pelajaran deh

      Hapus
  2. Harusnya kmu tanya sob, Pak gmana caranya ganti umurnya? aku mau lah diganti sama harta bapak, bapak ambil umur saya... kena Skak Matt dia. ckckckcckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih yah, tapi nanti jadi awkward anjis :(

      Hapus
  3. Asli. Masuk angin cuma ada di Indonesia. Apapun penyakitnya, orang indonesia selalu bilang, "Masuk angin tuh!" HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. yekan, orang bule mah kagak ada yang masuk angin :)))

      Hapus
  4. Dis, gue baru tau ada 1 perusahaan yg di dalemnya ada kebun binatangnya juga haha
    Lu gak foto sama ligernya? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. adaaaaaaaaaaaaaaa, kagak gue taaro di sini, liat twitter gueeeeeeeeeeee

      Hapus
    2. Kereeeen...baru tau y sido muncul pabriknya seluas itu.apalgi da kebun binatangnya

      Hapus
  5. Terlepas dari soal masuk angin, Sido Muncul merupakan sebuah inspirasi kuat bagi kita semua, gak kebayang hanya dari jual jamu bisa menjadi terkaya di kota Semarang itu merupakan hasil dari sebuah kerja keras ..... berangkat dari sesuatu yang dipandang sebelah mata tapi dengan kerja keras bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa .....
    jual bata ringan

    BalasHapus
  6. If rates rise, then your borrower will face monthly payment increases. canada mortgage calculator The only problem is you could have to repay this mortgage, and it may need a long, while. mortgage calculator canada

    BalasHapus