One Way Ticket to Heaven, Sayonara Mas Cum :)


"Bangke nih orang, ngoroknya keras banget!"

Tanjung Lesung 2015, pertama kalinya gue ketemu sama Mas Cumi, alias Mas Toro, alias Adi. Ketemu dan jalan bareng. Namun dari awal-awal gue bikin blog, mas cum juga sering ngomenin blog gue. Dia bilang, gue salah satu role modelnya buat ngeblog. *kibas rambut*

Semarang 2017, tepat sehari sebelum tulisan ini di-publish, gue duduk sambil ngerokok di dalem kamar mandi hotel. Gue berkaca-kaca dan tanpa sadar pipi gue hangat, air mata gue menetes. Gue sesenggukan. Nangis. Ternyata kehilangan kawan gak pernah semenyesakan ini.

Bisa dihitung dengan jari berapa kali gue ketemu sama Mas Cum. Tanjung Lesung, Palembang dan Korea Selatan. Semuanya di acara Famtrip, Semuanya gue sekamar sama Mas Cum. Dan semuanya setiap malem gue kepaksa nutupin telinga pake bantal gara-gara ngoroknya yang keras.

Gak perlu gue bilang gimana Mas Cumi, kalian bisa nemu banyak testimoni tentang dia di twitter, instagram dan komenan-komenan dari banyak orang tentang dia.

Baik, cheerfull, menyenangkan, humble, wise, dan semua kebaikan yang banyak orang bilang itu udah gue rasain langsung. Mas Cumi adalah travelmate yang menyenangkan.

Gue inget waktu di Tanjung Lesung gue nantangin dia buat main donut boat. Dia ayokin, dan setelahnya kita pegel-pegel karena kepontang panting di laut.

Gue inget, waktu di Korea gue sering jailin dia. Gue inget, waktu di Palembang gue pernah dorong-dorong dia buat nyanyi karokean di depan orang-orang, padahal tanpa didorong-dorong pun gue yakin dia bakalan nyanyi dan joged-joged sendiri. Gue inget semua.

Tapi yang paling gue inget adalah, saat gue sekamar sama dia di salah satu hotel di Danau Ranau, Sumatera Selatan. Sebelum tidur kita ngobrol banyak sampai malem, mulai dari ngegosipin kelakuan-kelakuan travel blogger lain, ngomongin kerjaan kita masing-masing, sampai ngomongin tentang makna hidup.

Malem itu Mas Cumi bilang, setelah gue tanya kenapa suka solat dan puasa nabi Daud (sehari puasa sehari nggak) yang dia lakukan konsisten bertahun-tahun.

"Gue dulunya nakal, Dis. Banyak bikin dosa."

"Hahaha.. Dosa apaan mas? Gue tau, jadi gay, yah?"


"Hahaha.. ada lah, tapi sekarang gue pengin bener. Gue pengin idup gue seimbang baik buruknya. Makanya sekarang gue lurus-lurus aja, deh. Lebih inget ke akhirat nanti" gue memperhatikan.

"Lu sekarang masih muda, Dis. Jangan nakal-nakal, tetep inget sama ibadah. Ntar kalo udah seumuran gue baru kerasa. Terus jangan ladenin tuh orang-orang yang suka nyinyir-nyinyir, kan blog kita sama-sama gila tuh, kita mah menyebarkan kebahagian aja, ngapain urusin orang, dikasih duit juga nggak. Hiiih Kaesang, lelah." dan malam itu pun Mas Cum dan gue ketawa-tawa sampai ketiduran. Dia yang ketiduran. Gue sih kudu nutupin telinga keras-keras lagi gara-gara denger ngoroknya. Damn you Cumilebay!



But anyway, sekarang gue gak pernah bisa lagi ketemu Mas Cum, gak pernah lagi bisa denger ngorok kerasnya, gak pernah liat dan denger lagi celoteh-celotehannya. Tapi bagi gue, Mas Cumi belum pergi, dia cuma sedang traveling ke destinasi yang gak akan pernah bisa gue datengin sekarang, dia ke Surga. Dan curangnya, dia cuma beli one way ticket. Damn you cumi lebay, i already missed you!

42 komentar:

  1. kaget sama sedih bgt asli. Goodbye mas cumilebay. Surga ujung perjalananmu :)

    BalasHapus
  2. Minggu lalu masih komen di blog-nya, dan ga lama setelah gw komen seperti biasa dia langsung balesin. Gw sama sekali ga tau kalau dia lagi sakit keras.

    Selamat jalan, Kak Cumi. Sampai ketemu lagi nanti.

    BalasHapus
  3. kangen komenan mas cumi di tiap postingan tulisan terbaru para blogger, aku pun beberapa kali dikomenin tulisanku sama beliau

    BalasHapus
  4. Dulu, awal gue ketemu mz Toro, cumilebay tu di acara Blogger - MPR RI. Asik banget diajak ngobrol, bahkan kebaikan kecil bisa keinget terus sampe sekarang.
    "eh kita foto yuk," kata temen gue yg cewek buat ngajak bertiga(satu komunitas blogger) foto di satu meja yang disitu juga ada 2 blogger lain dan mz Toro.
    *selfie*
    "mau foto?" kata mz Toro.
    Kita diem. Terus ga lama ngasih hape temen gue ke dia.
    *cekrek*
    Dan hasilnya bagus :')
    Yap. Cuma itu. Tapi, kadang kebaikan kecil pun kadang bisa jadi kenangan tentang seseorang yang susah buat dilupain.

    BalasHapus
  5. Sedih banget ini.. :( Semoga Mas Cumi diberikan tempat terbaik.

    BalasHapus
  6. Mas Cum entertainer sejati. Dia pengin selalu menghibur orang. :) Bahkan saat dia sakit, dia gak pengin banyak orang tahu.

    BalasHapus
  7. Janji ketemu di Bali, tapi akhirnya nengokin pusaranya yang masih basah kemarin sore. Hikss postinganmu bikin mewek dis. Kangen jadinya sama celotehan-celotehannya yang manja, kaesang lelah, traveling manja, ahhh babiklah mewek lagi

    BalasHapus
  8. Duh jadi kangen celotehan Kaesang lelah. Ga ada lagi komen manja. Selamat jalan om cumi.

    BalasHapus
  9. innalillahi wa inna ilaihi rojiun, semoga diterima semua amal ibadah dan diampuni segala dosa-dosanya..aamiin

    beberapa blogpost saya juga pernah di komen sama beliau. blognya khas banget, penuh warna :)

    BalasHapus
  10. Huhuhuhu. Merinding bacanya, Dis. Kalian sama-sama keren sebagai travel blogger panutan. :(

    BalasHapus
  11. Mas adis kok aku jadi pengen ikutan nangis baca ini mah :')
    aaaaak.

    Mas cumi ini kalau boleh di bilang rajanya BW. Gak pernah absen BW balik kalau misalnya aku abis komentar apa gitu d blognya.
    Dan kalau ngetweet. selalu di bales padahal ya kadang aku twitnya gak penting penting amat.

    Yha aku sih gak kenal banget sama beliau, gak pernah ketemu juga.. belum pernah.
    Tapi kalau dari cerita temen temennya yang begini mah saya jadi ikutan sedih.

    Hmm iyaa one way ticket.
    Kalau ada tiket PP pasti nanti di tulis di blognya ya gimana enaknya hidup di surga.

    Semoga mas cumi mendapatkan sisi terbaiknya disana.

    Usaha nya memperbaiki diri semoga gak sia sia ^^
    Amiiin

    BalasHapus
  12. Gue juga belum lama kenal om Cum, ya sebatas tau aja dan kepoin blognya. Gue bisa merasakan gimana eksistensinya dia buat orang-orang lain di sekitarnya itu membawa kebahagiaan dll. MasyaAllah juga sama semangat ibadahnya. Turut berbela sungkawa.

    BalasHapus
  13. gue sendiri belom pernah ketemu sama mas toro.
    baca tulisan lu ini, senggaknya gue bisa merasakan kebaikan om toro. supaya selalu menuliskan hal'' yang bahagia supaya orang lain bisa merasakan kebahagian yang kita punya. sekaligus, petuah tentang untuk selalu inget akhirat.
    semoga mas toro diberikan tempat yang terbaik disisi-Nya. amin

    BalasHapus
  14. I cannot say, and I will not say that he is dead. He is just away. With a cheery smile, and a wave of the hand. He has wandered into an unknown land and left us dreaming how very fair.

    Bakal rindu sekali sama kemanjaan dia dan akun ig nya tiap jam 8 pagi update selalu muncul di notifku.

    BalasHapus
  15. Obrolan paling mengesankan sama om cumi pas sebelahan satu pesawat di jogja. Disitu kami ngobrol banyak banget, mulai dari keseharian kak cumi, tips ngeblog yang bener, sama sempet nanya itin ke jepang. Abis selese ngobrol kak cumi baca alquran. Bener-bener obrolan singkat yang membekas di hati. Missing kak cumi already :')

    BalasHapus
  16. Pertama kenal Cumi, dia komen di blogku dg foto telenji cuma kancutan gitu. Gilak apa, aku kan dah ibuk2 temenan sama orang kek gitu. Tapi sejak itu aku temenan terus sama dia, saling blogwalking, ketawa2 di sosmed, bahkan japrian, smp Cumi nggak ada.... Terakhir nongol di komen blogku tgl 21 Feb & dia bilang lelah:((. Dia sopan banget sama aku sbg orang yg lbh tua dr dia.

    BalasHapus
  17. Sedih banget baca postingan ini, apalagi pas baca komen-komenannya, semoga mas toro di kasih tempat yang baik di sisi-Nya.. amiin

    BalasHapus
  18. Bisa dibilang mas Cumi lah panutan semua elemen blogger, tanpa memandang apakah itu blogger baru kemarin atau sudah jadi seleb blogger semuanya dianggap sama. Masih ingat waktu merintis jadi menulis di Blog, dialah yang selalu muncul memberikan komentar, mengingatkan kalau lagi gak ada update terbaru. Kalau ada ada nominasi king of blogwalking, maka dialah orangnya.

    Walaupun belum sempat ketemu sebelum dia pergi,padahal dulu waktu masih stay di ibukota selalu kami janjian ketemuan tapi selalu gagal. Mungkin kita ditakdirkan berteu di tempat yang terbaik.

    BalasHapus
  19. sedih ya, ..kaget banget kemarin waktu lihat postingan dukacitanya..umur memang ngga bisa diduga.
    NGga ada lagi deh yg setia komen2in blog kita :(

    BalasHapus
  20. Sad, semoga mas cumi mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Aamiin
    I missed him too even I don't meet him in Person, I already know he is good guy

    BalasHapus
  21. Baru tau hari ini. Pas mau bw ke blognya mas cum ada yg komen gituan.

    Gue cek ig dan twitter ternyata beneran. Sedih, ya walaupun gak pernah ketemu. Tapi gue sering baca blog nya dan mas cum juga sering bgt komen di blog gue. Ahmmm...

    BalasHapus
  22. Ane bener2 terkejut ketika mendengar king of blogwalking telah tiada. DA PA menurun, tapi itu nggak penting. ane ... hiks ... hiks ... hiks ... merasa kehilangan banget.
    selamat Traveling manja di surga sana mas Cum.
    Loe kapan Dis ? #eh

    BalasHapus
  23. semoga amal ibadahnya mas cum diterima Allah.. dan kita yang baca bisa diingetin dan mempersiapkan diri kalo yang namanya kematian bisa datang kapan aja

    BalasHapus
  24. Sedih bro bacanya . . . Hope we can learn many things from a humble guy like him.

    BalasHapus
  25. Setelah bang cumi,Moga bang Adis bisa jadi panutan travel blogger buat ku :)
    Mohon bimbinganya suhu

    BalasHapus
  26. sedih juga bacanya :')
    turut berduka cita aja, hikks,..

    BalasHapus
  27. de best travelmate sedih bacanya kl udah kaya gini cuma bs mengenang memori baik yang menyenangkan dari orang baik walaupun saya baru baca blog ini dan gak kenal sama alm mas cum saya doakan semoga mas cum berada di tempat yang baik yaitu surga ALLAH SWT AAMIIN dan turut berduka cita adis..

    BalasHapus
  28. Gak pernah ketemu langsung sama beliau
    tapi beberapa kali beliau kasih saya masukan soal blog biar maju, kasih tau tempat yg perlu didatengin klo saya lagi di daerah tertentu

    baek banget, padahal nggak kenal dan gak pernah ketemu
    salah satu blogger yang banyak kasih inspirasi

    one way ticket to heaven
    :(

    BalasHapus
  29. Iya... kangen celotehan dia :(

    BalasHapus
  30. Terus semangat mas, sy juga pengen kalo ada banyak waktu jalan2

    BalasHapus
  31. Aku baca jadi ikut sedih, bang cumi ternyta menarik dan seru.

    BalasHapus
  32. turut berduka buat mas cumi lebay, yang terpenting dia sudah buat masterpiecenya blog yang bisa dikenang semua orang

    BalasHapus
  33. Turut berduka atas kepergian mas Cumi, bahwa hidup cuma sekali dan harus berarti..

    BalasHapus
  34. Inalillahi... Turut berduka cita atas meninggalnya mas toro.. Semoga amal dan ibadah nya di terima Allah.SWT dan diberikan tempat terbaik di sisinya... aamiin..


    BalasHapus
  35. RIP mas cumi. Semoga amal ibadahnya di terima Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

    BalasHapus
  36. Gw baru nyadar.., ini mas Cum yang ini kan ya http://www.cumilebay.com/

    RIP Mas Cum.., Hiks...

    BalasHapus
  37. wah saya juga termasuk yang kehilangan mas cumi. semoga beliau tenang di sana. dan salam kenal mas.

    BalasHapus
  38. semoga amal ibadahnya di terima oleh Allah SWT.. amiin :)

    BalasHapus