Tips Jadi Petualang ACI detik.com


Hei Hoo, Fellas !!

Postingan kali ini, gue mau cerita dan sedikit membagi tips tentang, bagaimana sih, menjadi petualang ACI detik.com ??

Nah, kalo ada yang belum tau, apa itu ACI detik.com itu adalah sebuah program jalan-jalan meng-eksplore Indonesia secara gratis yang disponsori oleh perusahaan berbasis online, detik.com.

Dan kebetulan, gue masuk menjadi 60 peserta petualang ACI dari 75.000 pendaftar online !! Keren kan gue ?? Hehe.. Kalo ada yang penasaran, kenapa gue bisa masuk. Monggo dibaca di Postingan gue sebelumnya, tentang ACI detik.com --> Wooy !! Gue Masuk ACI detik.com !!

Namum, sekarang gue mau share beberapa tips, kenapa gue bisa masuk ACI detik.com, yang juga sudah gue share sebeleumnya di akun twitter gue @takdos.
Yes, this is some tips, why I can be “Petualang ACI”

  • HARUS CINTA INDONESIA, melebihi cinta lo sama pacar !! “Kalo jomblo gimana, dis??” Shower-an aje !!

  • Jujur dengan apa yang lo tulis saat pendaftaran ataupun saat interview. Saat pendaftaran nanti, lo bakal dikasih form untuk mengisi biodata dan juga satu kolom “kenapa kamu cinta Indonesia?”. Karena waktu itu gue baru balik dari Kalimantan dan Pulau Derawan yang keren. Maka gue jawab aja Indonesia itu keren !! Simple but truthful !!

  • Banyakin jalan-jalan di Indonesia, itu bakal jadi nilai plus buat lo. Karena ini program “Aku Cinta Indonesia” maka akan sangat menjadi pertimbangan kalo lo sering keliling dan jalan-jalan di Indonesia.

  • Buatlah blog tentang perjalanan lo, itu akan sangat membantu. Ini yang kadang-kadang gak kepikiran sama kita, tapi setelah gue ikut ACI, gue tahu salah satu penilaiannya adalah, media apa yang bisa lo pakai untuk membagikan cerita lo nanti. Maka blog perjalanan adalah salah satunya. Namun apabila lo gak suka sama yang namanya nulis, lo bisa juga nge-share foto-foto Indonesia hasil jepretan lo sendiri.

  • Yakinkan juri kalo lo PANTAS menjadi Petualang ACI !! Banyak kriteria yang bakal menjadi penilaian huri, dan salah satunya adalah saat interview. Berikan penjelasan yang dapat menarik hati juri, dan akhirnya lo bisa kepilih.

  • Berikan ciri khas berbeda dari yang lain..Kalo gue pas interview pake bendera Indonesia yang ngebelit punggung gue (semacam menjadi Superman) dan gue satu-satunya yang bawa bendera Indonesia waktu itu. Nah kalo lo kepilih ampe tahap interview, lo bisa coba nge-cat badan lo dgn warna merah putih !! Bukannya masuk ACI, lo malah bakal disangka orang gila. Hehe..
Gue !!
  • Banyakin senyum pas di interview, karena senyum itu ibadah menurut Ustad Maulana..Alhamduuulilaaaaah..

  •  Selalu yakin kalo lo bakal keterima, tau diri, dan tau kapasitas diri. Setelah lo yakin sama diri lo sendiri, giliran lo yakinin juri. Saat pengecekan kelolosan, juri akan melihat-lihat blog dan facebook kita, maka gue sarankan. Jadikanlah blog atau facebook lo sebagai media menjual diri, maksudnya disini adalah, banyakin foto-foto traveling lo, tulisan-tulisan traveling lo dan ikutan beberapa group traveling atau backpacking yang banyak ada di facebook.

  • Nanti, setelah terpilih. Dari satu tim petualang, akan ada tiga orang. Dari tiga orang itu terdiri dari satu orang yang bisa menulis cerita. Satu orang yang bisa motret, alias jadi fotographer, dan satu lagi adalah adventurer, entah itu dia yang biasa muncak, diving atau bahkan surfing. Nah, tinggal pilih lo masuk yang mana?

  • Kalo lo nanti masuk jadi Petualang ACI dan lo dalam kondisi kuliah atau kerja saat akan perhi. Gue saranin keluar aja kuliah atau kerja-nya !! Gue aja keluar kuliah gara-gara ACI, dan gue gak nyesel sama sekali tuh. Muahahaha…

  • LAST !! MAKAN LONTONG KARI DI SEBERANG KANTOR @ACIdetikcom !! MUJARAB, BISA BIKIN LO MASUK #ACI2012 !! (sebelum interview, gue makan lontong dulu -___-")

Begitu saja beberapa tips dari gue guys, semoga bermanfaat, dan semoga lo jadi Petualang ACI selanjutnya !! Cheers !!


10 komentar:

  1. nice infohh gan,pengen deh traveling xixixi .lombok dan daerah kalimatan

    BalasHapus
  2. @bonbon : amiiiin.. lets traveling :D

    BalasHapus
  3. Ahh! Akhirnya bisa komen!

    *uhuk* Keren dah,.jadi mupeng gue sama ACI detik -_-" itu travelling nya berapa lama lo bareng aci?

    BalasHapus
  4. @adit : nyokdit ikutan ACI lo sana, keluar kerjaan dulu tapi muauahahahhaa

    BalasHapus
  5. Gigi lo jamuran~! Berapa hari seriusan>? Sampe berbulan2?

    BalasHapus
  6. wah.. pegen banget keliling jalan2, tapi koq gak da fulus.... hehehe...

    mungkin shobat punya tips jalan2 gak peke fulus alias gratisan?? hahaha....

    BalasHapus
  7. MAKAN LONTONG KARI DI SEBERANG KANTOR @ACIdetikcom !! MUJARAB, BISA BIKIN LO MASUK #ACI2012 !! (sebelum interview, gue makan lontong dulu -___-")



    HUwhahahhahaa
    suka gaya lo!
    Gak nyesel deh terdampar ke sini

    BalasHapus
  8. makan lontong kari depak kantor ACI? hahah... lonsay ponggir jalan yg di gerobak itu yah dis? yg di buncit raya? samping nya kantor gue itu

    BalasHapus