Tips Memilih Travelmates!


Guys, sebenernya ini tulisan gue yang super jadul. Belom pernah gue publish di blog, tapi gue masukin tulisan ini di buku gue yang pertama, "Whatever I'm Backpacker" daripada mubazir gak ke baca semua orang yang mampir di blog gue. Maka nih, gue kasih Tips Memilih Travelmates!

Siapa sih yang gak suka jalan-jalan? Jalan-jalan buat gue itu udah kayak pencerahan dan penjernihan otak, udah mirip brain washing banget, cuma bedanya otak gue mesti dicuci pake sabun colek biar bener-bener bersih dari hal-hal mesum dan nista. Walaupun gak akan bersih, sik.

Sebelum liburan otak kita udah mumet sama pekerjaan dan rutinitas kita sehari-hari seperti sekolah, kuliah ataupun kerja, nah, traveling ini lah obatnya. Mungkin banyak juga diantara lo yang lebih seneng pergi sendiri buat traveling, tapi karena kita makhluk sosial, kadang juga kita butuh temen buat traveling bareng. Nah, jalan-jalan dengan seseorang ini lah yang selalu menjadi bagaikan dua sisi mata uang buat gue. Kadang emang seru traveling bareng temen, bisa bercanda-canda, bisa saling tolong, ada temen ngobrol, bisa saling pinjem duit, bisa saling tuker kolor, dan sebagainya.

Tapi ada juga gak enaknya, guys. Kadang kita suka diribetkan dengan kemauan kita yang berbeda-beda, suka direpotkan dengan bawaan travelmates kita yang kebanyakan dan akhirnya malah kita yang harus repot bantuin bawa barang-barang dia, harus semakin banyak toleransi, atau yang lebih parah, ternyata travelmates kita ini gak mau saling tuker kolor. Itu kan ngerepotin banget.

Salah satu keuntungan yang mutlak banget dari travelmates adalah, lo gak usah bingung nyari orang buat jadi tukang foto dan lo gak usah pusing nyari orang buat garukin pantat lo.

Nah, dari hasil berpikir keras gue sambil jedot-jedotin kepala ke tembok dan nyemilin menyan, akhirnya gue nemuin beberapa tips buat nyari dan milih travelmates yang asoy dan geboy. Mungkin ini agak absurd dan asal-asalan. Tapi yah, cekidot, deh :

Mblo, cari pacar mblo~

• Pilihlah travel-mates yang udah lo kenal. Jangan sekali-kali lo ngajak jalan orang yang gak lo kenal. Misalnya ada orang lagi boker di WC umum, terus tiba-tiba lo masuk ke WC umum itu dan ngajak dia buat jalan-jalan bareng lo. Bisa gue pastiin lo bakal ditimpuk pake tokai sama tuh orang.

• Lebih selektiflah memilih travelmates. Temen sekelas, temen kantor, temen rumah, dan temen main bisa lo pilih jadi travelmates yang mantap. Dengan temen yang udah lo kenal seluk beluknya mulai dari dia suka apa, sifat dia gimana, kebiasaan-kebiasaan dia kaya gimana, sampai silsilah keluarganya aja lo tau. Itu bisa jadi poin penting penilaian lo dalam memilih travelmates.

• Carilah travelmates yang easy going dan gak ngeribetin lo secara langsung ataupun gak langsung. Gak mau kan lo lagi enaknya jalan-jalan, lo malah harus berhenti buat dengerin curhatan travelmates lo yang ternyata pengin pulang. Bukannya gak betah atau gak seneng jalan-jalannya, tapi lebih karena takut lo merkosa dia pas lagi tidur. Itu absurd banget.

• Pilihlah travelmates yang udah sehati banget sama lo. Memilih travelmates yang sehati dan sepenanggungan bukan kaya milih salak di pasar dengan abang-abang penjualnya yang bau ketek. Memilih travelmates yang sehati itu kaya milih jurusan waktu lo mau kuliah. Nentuin masa depan lo banget.

• Jangan memilih travelmates yang lagi pacaran. Lo gak mau kan jadi kambing conge disaat travelmates lo malah asik ngobrol berdua dan bermesraan?

• Carilah travelmates yang selalu positive thinking. Dengan travelmates yang selalu berpikir positif maka perjalanan kalian bakal positif, keseruan kalian bakal positif, kelakuan kalian bakal positif, dan hasil test pack kalian bakal positif. #ehh

• Kalo kalian dapet travelmates cewek, carilah cewek yang gak manja dan gak ngeribetin. Salah-salah kalian mau liburan menyenangkan tapi malah jadi tukang foto atau lebih parahnya malah jadi tukang angkut barang dia. (curhat gue sik ini)


• Berkomitmenlah dengan travelmates. Bicarakan dulu tentang perjalanan kalian mau kayak gimana, mau sharing budget, itinerary-nya bagaimana, transportasi apa yang dipakai dan hal-hal yang kecil namun penting lainnya. Gak mau kan karena salah komitmen, lo malah jadi berantem sama travelmates lo terus saling bacok-bacokan. Itu hal yang paling ribet emang.

• Bergembiralah. Selalu sebarkan hal-hal positif dari diri lo dan travelmates lo. Hal negatif walaupun kecil, kayak sering ngeluh, sering ngedumel dan lainnya, bakal bikin perjalanan lo bagaikan neraka alias gak akan seru.


Well, memang nyari travelmates yang cocok sama kita tuh gampang gampang susah. Tapi dengan atau tanpa travelmates, yang namanya jalan-jalan haruslah menyenangkan dan berkesan. Betul?

60 komentar:

  1. gue udah nemuin travelmates gue donggggg :D

    BalasHapus
  2. ketinggalan 1 dis, "pastikan kelaminx jelas" bwahahahaha.. :P

    BalasHapus
  3. Sial banget gue baca postingan ini *kemudian melipir hati yang hancur*

    BalasHapus
  4. esensi gw jalan sih cari temen, jadi pada dasarnya ga pernah pilih2 temen jalan :D... malah gw ogah jalan bareng temen kerja. masa udah ketemu di tempat kerja, jalan ama dia lagi... bisa cinlok nih . ya kalo beda jenis kelamin kalo sama nanti jadi homi homo ini lupus...

    GW selalu loncat2 cari temen lintas komunitas, dari jalan dg yg unyu2 sampe nenek2... pada dasarnya sih asik2 aja wlpn ada juga yg sifat aneh2 (super rempong). tapi balik ke kiatnya aja sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang danan, jalan yuk kapan2 hahahahaha. Penasaran rasanya jalan bareng sama temen baru. - @isnaneny_

      Hapus
    2. Om danaaaannn..
      Hayuuu , yuuuuuu.. Kemana kitaaaaa...??
      Pengen ngrasain juga jalan-jalan sm org baru...
      :)

      Hapus
  5. kalo gw ajak cewek lu gmn dis???? ^^V

    BalasHapus
  6. wkwkwk... ngakak ane baca tipsnya gan!!!

    BalasHapus
  7. hari ini traveling perdanaku ke jogja. seorang diri!.

    BalasHapus
  8. setuju tuh, maren gw traveling ke lombok salah pilih temen, gw jadi nanggung hidup dia 3 hari, siaullll

    BalasHapus
  9. Ngetrip bareng cewek ane, bakalan jadi salah 1 resolusi ane di tahun 2013..aaakkkkkminnnn yakk :)

    BalasHapus
  10. Kak Adis, mau ga jadi travelmate akuh :">

    BalasHapus
  11. hahha pas banget nih tips nya . *otw cari travelermates

    BalasHapus
  12. *langsung cari blog backpacker buat cari travelermates cewe :x

    BalasHapus
  13. Pengen deh pas nanti liburan kenaikan kelas bisa backpacking ke malang atau jogja :3 tapi belom punya travelmates, temen aja diajak keliling jkt udh ngeluh apalagi jauh :/

    BalasHapus
  14. sejak travelling ke bali sendiri. kayanya boleh nih kepikir travelmates yg serius (lah ini cari travelmates apa soulmate?) hestek kode hahahaha

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Susah bang.. kebanyakan beda kota T.T

    BalasHapus
  17. mau dong jd travelmatenya kak adiss :)

    yuk yuk lagi yuk kak ke bunaken yuk kak

    @benbenavita

    BalasHapus
  18. ada plan ke bali nih, tapi travelmatenya mantan

    BalasHapus
  19. travelmate-nya uda ganti orang nich kak adis masih sama ga? wkwkwk

    BalasHapus
  20. Loe emang yang gw cari ,kreatif,,gw suka gaya loe,karena gw juga begitu backpacker ngegembel...

    BalasHapus
  21. Belum pernah coba traveling kak. Masih kuliah tinggal sama orangtua. Bingung minta izinnya. Belum ada dana juga. Padahal pengen. Hiks

    BalasHapus
  22. asiik nih pembahasan nya , , ane pernah salah pilih travelmates , , malah gua jdi tukang fotograper nya , ,

    BalasHapus
  23. dis.... kemarin di bali 5 hari habis berapa berdua? transport selama disana nyewa motor apa pake taxi? ulas donk bus-bus angkutan umum murah..... nginep dimana yang murah meriah muntah marah-marah? hahaha

    BalasHapus
  24. setuju, ini tipsnya cucoook banget bro! :D hahahah

    BalasHapus
  25. wah keren abis dah mantep dah suka dah

    BalasHapus
  26. Seru bacanya gan berarti haus siap bawa baju banyak gan kalo foto foto biar keren haha atau ambil tuh se grosir toko tanah abang

    BalasHapus
  27. read this post here more Full Article Bottega Veneta Dolabuy try this website Full Article

    BalasHapus