Kata Siapa Travel Blogger Cuma Bisa Nulis?

30 Desember 2014..

Waktu di jam tangan G-shock gue menunjukan pukul 21.16 WIB..

Gue duduk di sebuah café baru di bilangan Jl. Hasanudin, Bandung. Tepat di depan kampus terkenal, Universitas Pasundan Dipatiukur..

Gue duduk di meja paling belakang café itu, dikeriuhan café, gue menjejalkan gendang telinga dengan lagu-lagu mellow melalui headset. Yah, gue pengin cerita sama kalian. Cerita tentang apa yang gue lalui di tahun 2014 ini..

Sebelumnya, gak pernah sama sekali terbayang gue bakal bisa melangkah sejauh ini. Untuk seorang Adis, seorang siswa SD tak berprestasi - SMP tukang diem di rumah - SMA yang terlalu biasa dan seorang mahasiswa gagal, menjadi seperti sekarang itu bagaikan sebuah mimpi. Mimpi yang mengharuskan adanya tamparan di pipi atau guyuran air dingin supaya gue segera bangun.

Setelah menampar pipi sendiri, ternyata ini beneran kenyataan. Pun ini mimpi, gue gak mau bangun. Biarlah gue tertidur dan terus bermimpi. Mimpi yang terlalu indah kalo harus tiba-tiba bangun.

Kembali ke apa yang bakalan gue ceritakan selama setahun ini. Berawal dari seorang backpacker, kemudian menjadi travel blogger, gue udah mengunjungi beberapa tempat di dunia ini dan kemudian menceritakannya. Dari traveling, gue melihat banyak hal, gue belajar banyak hal, dan lama-kelamaan traveling membentuk kepribadian gue. Dari yang awalnya tukang pesimis, menjadi optimis, bahkan cenderung yakin apa yang gue mau pasti bisa didapatkan.

Singkat cerita, setelah berkeliling ke beberapa tempat, dan seringnya gue traveling, gue membuat sebuah brand travel gears sendiri dengan nama Whatever Backpacker. Yes, same as my blog. Dengan membuat brand sendiri, gue menjadi travel blogger pertama yang punya brand travel gears di Indonesia. Dan dari sini semua kisah sebagai entrepreneur gue bermula.

Berawal dari semua ngerjain sendiri, di tahun 2014 Whatever Backpacker menjadi salah satu UKM pilihan Bandung, yang di mana, Whatever Backpacker terpilih sebagai produk unggulan. Karena semakin banyaknya demand (lu bayangin, produk tas #Bandung20L gue sold out dalam waktu 4 jam saja) gue mengajak beberapa teman untuk bekerja bareng gue. Di sinilah awal mulanya gue punya sebuah tim, terdiri dari 5 orang yang mengurus masing-masing bagiannya.
“as a leader, you manage the process and lead people.”

Jadi siapa yang bilang ada di posisi leader itu mudah? Sini berantem sama gue!!

Sempat beberapa kali bongkar pasang tim, kerja kayak gak punya tim, dan yang pahit-pahit lainnya, gue makin ngerasa bingung, bahkan sering kali terbesit dipikiran gue buat nyerah. Gue pengin kayak dulu, kerja Cuma jalan-jalan, nulis terus dapet duit. Selesai.

Tapi show must go on. Sekarang, gak ada yang bisa ngehalangin mimpi-mimpi gue. Menjadi seorang entrepreneur, gue seakan udah terjun ke jurang tinggi, dan dalam perjalanan menuju jatuh, gue harus segera membangun pesawat atau apapun yang bisa menerbangkan gue kembali. Yah, setelah membuat sebuah brand travel gears, gue mengorbankan semua yang gue punya, tabungan, keuntungan dari jual tas, dan mobil yang udah gue cicil dari tahun lalu.

Untuk apa? Untuk membuat sesuatu yang telah gue pengin sedari dulu. Menambah tim di Whatever Indonesia, sebuah perusahaan berbadan hokum yang baru beberapa bulan lalu gue buat. Membuat sebuah store offline untuk brand gue. Membuat foodtruck bernama Whatever Combi karena sedari dulu gue pengin banget punya bisnis kuliner (that’s why gue sekolah perhotelan), dan membuat sebuah café. Café di mana sekarang gue lagi duduk di meja belakangnya. Menikmati secangkir kopi El-Salvador dari bar idealis yang gue buat, dan mengetik cerita yang sekarang kalian sedang baca.



Yes, semua yang gue punya sekarang terhitung singkat terkabulkan, tahun 2014. Satu tahun yang menurut gue keren banget!

Dan sembari menulis, sesekali gue menengok ke sebelah kiri gue, melihat satu buah bangunan kosong berlantai dua yang akan gue bangun menjadi sebuah guesthouse pada awal bulan 2015. Satu lagi mimpi gue akan terealisasikan. Whatever Backpacker Guesthouse :)

“Keras kepalalah terhadap mimpimu, egoislah terhadap semua yang menghalanginya.”

Siapa bilang travel blogger cuma bisa dapet dari nulis?

Ditunggu main-mainnya ke Jalan Hasanudin 28 Bandung yah, guys :)


83 komentar:

  1. ok adis ntr kalo main ke Bandung insyallah mau mapir....
    itu kata-kata terakhirnya suka bikin semangat buat mimpi makin berkobar adis!!!
    tahun 2015 moga cepet ke wujud mimpi-mimpinya...... sukses ya disss... \(^_^)/

    BalasHapus
  2. Makin keren aja bang, selamat atas apa yang diraihnya selama ini.
    Sangat memotivasi :)

    BalasHapus
  3. keren... selamat kakaaa sukses slalu semoga banyak insan yg ketularan

    BalasHapus
  4. ingin rasanya bergabung bareng team kalian dis . . . entrepreneur travellers

    mampir ke rumah sederhanaku ya . :v

    https://alidesta.wordpress.com

    BalasHapus
  5. tunggu gue di hassanudin 28 sana dis, dari jalan pahlawan, gue segera merapat nih.. kereeeeen

    BalasHapus
  6. Aaaah keren banget bang adis. Salam kenal, saya ngikutin dari duluuu banget, dari jatuh bangun nerbitin buku pertama dan sekarang sudah melejiiiit sedemikian rupa euy. Kece dan menginspirasi. Semoga ada buku tersendiri yang bahas ini yah bang!

    Btw mampir-mampir ke blog sederhana kita yah bang http://coretanpejalan.blogspot.com :)

    BalasHapus
  7. “Keras kepalalah terhadap mimpimu, egoislah terhadap semua yang menghalanginya.”

    Bagus Mas Adis :)

    BalasHapus
  8. keren.. dari travel blogger jadi entrepreneur


    silahkan mampir ke www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  9. Keren bang,
    Kata-kata trakhirnya bikin semangat, sukses terus smoga impiannya trcapai '-'/

    BalasHapus
  10. “Keras kepalalah terhadap mimpimu, egoislah terhadap semua yang menghalanginya.” kata-kata bang Adis keren!! bisa kan kapan2 aku pake? ^///^

    BalasHapus
  11. keren ka blognya :).. Tamplatenya download di mana?

    BalasHapus
  12. serius ini baca dari awal sampai tamat melongo. keren bisa dalam satu tahun buat 4 bisnis.
    Tapi apa ga kewalahan ya? saran mending fokus satu yg benner2 di bidangnya

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. hihii... iya namanya juga penjajakan penuh perjuangan :D hehe

      Hapus
  14. Semangat ya Dis. Big dreams demand bigger efforts.

    www.livelywanderer.wordpress.com

    BalasHapus
  15. Keren bang ! Btw nama gue jga adis loh bang tpi gue perempuan hahaa.. *Gapenting
    Smoga aja nanti gue bisa kaya lo ya bang yang ga cuma memimpikan mimpi tapi berani mewujudkan mimpi.
    Thanks buat tulisan inspiratifnya bang !
    Sukses terus !!!

    BalasHapus
  16. inspiratif banget! suka..karena gw juga aspiring enterpreneur dan kayaknya kalo 'jualan' apa yg kita suka tuh lebih semangat. Jujur gw pernah terinspirasi buat brand travel gear juga kayak dirimu, tapi ya gitu masih terikat jadi corporate slave. Tahun ini kayaknya gw mau kluar comfort zone kayak lau gini deh! sukses teruss!!!

    BalasHapus
  17. semoga mimpinya tercapai amin

    http://andrianryudo.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Waoww.....inspiratif and awesome... salut buatt bang adis... kalimat trakhir Jdi pnyemangat buat gue wujudin mimpi2 gue.... sukses sllu yaa bang.. bolehlh tar mampir ke cafe....

    BalasHapus
  19. gue ketemu lo pertama kali di Phuket Town waktu doi ngetrip bareng (mantan) pacarnya *uhuk*
    sekarang gue salut sama lo yang gigih, Dis. Gak semua org bisa kayak lo. Heibat!

    travelitarius.blogspot.com

    BalasHapus
  20. Keren kang adis
    kalo main ke bandung pasti kesitu
    mantap !!!

    BalasHapus
  21. Sempet main ke Bandung, tapi cuma sebentar. Karena dadakan jadi blm ada destinasi yg pas disitu. Kita pengen main lagi kesana + bertemu komunitas traveller bandung juga. Salam aja dah dari East Traveller

    Jika pecinta travelling boleh gabung sama kita jika agan berkenan,
    Kita ada program poin reward untuk member traveller yang komentar, membuat topik, dsb

    Kegunaan poin ini?
    Bisa di tukarkan dengan pulsa, kaos, booking hotel/penginapan, paket liburan dll..

    - Daftar gratis,
    - Tidak ada pungutan biaya apapun
    - Tidak ada limit poin komentar/topik/dll..

    Lebih jelasnya check this out.. http://www.expedizi.com/topic/program-expedizi-poin

    BalasHapus
  22. Sukses bang sama usahanya, gua kangen cerita cerita travel lo yang bikin gua harus jedot jedotin pala di kamar mandi, racun racun yang inspiratif semuanya hahaaa *sampe twit gua yang lo retweet, gua pamerin ke temen temen gua dan ngeracunin buat traveling* hahaaa

    BalasHapus
  23. Keren. Gak gampang mencapai apa yang lo capai. :D

    BalasHapus
  24. Ka cek blog saya ya.. masih newbie http://alfskh10.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... iya aku juga mau cek blognya kaka nnti ^^

      Hapus
  25. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  26. SD tak berprestasi - SMP tukang diem di rumah - SMA yang terlalu biasa dan seorang mahasiswa gagal...kayak tmn gw om wkwkwkwkw..tapi dia masih blom sukses hehe :D

    o ya tukeran link ya om
    http://katadeon.blogspot.com/
    tq :D

    BalasHapus
  27. kata-katanya mantap,

    “Keras kepalalah terhadap mimpimu, egoislah terhadap semua yang menghalanginya.”

    salam kenal dan sukses selalu :D

    BalasHapus
  28. Keren Mas! Whatever kondisinya, whatever alasannya, tetap harus kreatif di bidang apapun. Yang bisa menghasilkan, yang bisa berguna bagi siapapun :)

    BalasHapus
  29. Keren bang ! Btw nama gue jga adis loh bang tpi gue perempuan hahaa.. *Gapenting
    Smoga aja nanti gue bisa kaya lo ya bang yang ga cuma memimpikan mimpi tapi berani mewujudkan mimpi.

    BalasHapus
  30. keren abis bang..
    rasanya pngn jadi blogger traveler suatu hari nanti.
    tinggal nunggu waktu yg tepat.. :D
    kyknya seru juga tuh jadi penulis buku..hihi ^^

    BalasHapus
  31. rasanya pngn jadi blogger traveler suatu hari nanti.
    tinggal nunggu waktu yg tepat..

    BalasHapus
  32. meleleh.. bener-bener terispirasi

    BalasHapus
  33. IMK dari webnya dapet banget dan cara penyampaian dari tatabahasa cukup baik serta menginspirasi ,,,,

    BalasHapus
  34. traveller banyak pengalamannya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas banget mas... aku juga pernah tpi cmk travel jalan2 deket aja si hehe

      Hapus
  35. pengalaman yang sangat menarik tuk di bacanya

    BalasHapus
  36. wow... saya pengen travell... asik tuh kayaknya :D

    BalasHapus
  37. betul siapa bilang traveller bisanya nulis

    BalasHapus
  38. Mantap gan.. pasti ada hasilnya. Dari hobi menjadi profesi .. kunjungi juga web saya y gan.

    BalasHapus
  39. haha... mantap lah... terus berkarya gan..

    BalasHapus
  40. Setuju Mas Bro....Lagian Kita Juga Banyak Teman...he...he...

    BalasHapus
  41. terus berkarya bang dan sukses selalu...

    BalasHapus
  42. Maaf mas numpang lewat mumpung banyak yang komen. Bagi yang membutuhkan atau sedang mencari penutup lantai yang terbuat dari vinyl atau biasa disebut lantai kayu vinyl,silahkan hubungi Kami atau kunjungi situs http://www.rumahparket.net/2017/07/harga-lantai-kayu-vinyl-berkualitas.html

    BalasHapus