5 Alasan Kenapa Lu Harus Traveling Di Usia Muda


Titit, titit apa yang bisa nyanyi? Yak, betul! Titit Puspa!

Apaansi!


Jadi gini, gais. Pas gue nulis postingan ini, waktu di jam dinding gue menunjukan pukul 10, yaudah gue selow aja. Beberapa waktu berlalu, pas gue liat jam dinding, masih tetep pukul 10 aja. Eh, taunya jam dinding gue abis batre. Ternyata udah jam 4 subuh. Tapi gue tetep selow, ya gue pengangguran.

Tapi, jam dinding yang mati itu ngasih gue inspirasi buat nulis. Dan ngomong-ngomong masalah waktu, gue jadi kepikiran, kenapa gue gak traveling dari dulu. Iya sih, gue udah mulai rajin traveling dari 6 tahun lalu, tepatnya pas umur gue masih 19 tahun. Kemudaan? Kagak, malah gue nyesel, kenapa gak dari begitu berojol gue udah mulai angkat ransel.

Tapi apalah daya, dari semua hal di dunia ini, cuma waktu yang gak bisa diubah.

Oh, sama dosa Suharto terhadap bangsa Indonesia juga, deng.

Ehem..

Anyway, karena gue udah masuk ke umur yang bisa dibilang muda kagak, tua juga kagak, gue mau ngasih sedikit petuah dan wejangan ke elu-elu yang masih muda.

“Kenapa, sih harus traveling di usia muda?”

1. Pengalaman


Gak ada yang lebih mahal daripada pengalaman, kecuali emas 200 ton. Tapi diluar itu, ketika lu masih muda dan lagi kuat-kuatnya, gue saranin lu buat traveling, atau khususnya backpacker-an. Kenapa jadi backpacker? Karena gak akan banyak nyusahin orang tua lu!

Awal mula gue jadi backpacker, sumber dana gue buat jalan-jalan didapat dari hasil nabung dan sumbangan dari orang tua gue. Dan karena gue jalan dengan gaya backpacker, maka gue gak butuh uang banyak buat jalan-jalan. Misalnya? Lu bisa baca semua postingan gue di blog ini.

Terus setelah jalan-jalan, apa yang lu dapet? Pengalaman. Gue bisa ketemu orang-orang baru, gue bisa dapet cerita baru, gue bisa liat tempat-tempat baru, dan gue bisa ngerasain hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah gue alamin. Dan yang nantinya, itu akan berimbas langsung ke diri gue sendiri.

2. Mencari Jati Diri dan Passion


Iya, berimbas langsung ke diri gue sendiri. Kayak gue tau ternyata kepribadian gue yang sebenernya kayak gimana. Kalo di rumah gue pemalas yang mau ke warung aja kudu pake motor padahal warungnya sebelah rumah gue, ternyata pas traveling sendiri gue mampu buat jalan kaki berkilo-kilo meter, naik gunung-gunung tinggi dan lain sebagainya.

Dari backpacker-an gue juga tau passion gue apa, dan yang pada akhirnya gue tau apa yang gue suka dan ternyata itu menghasilkan sesuatu buat gue, entah itu dari sisi materi ataupun dari sisi membangun kepribadian gue jadi lebih  baik.

Dengan backpacking, bakal bikin lu jadi pribadi lu yang terbaik, percaya itu.

3. Apa-apa Murah, Apa-apa Diskon


Ini yang gue seselin pas mau trip ke Eropa. Gue nyesel, pas ada kesempatan buat trip keliling Eropa pada tahun 2013, dimana waktu itu umur gue masih 23 tahun, gue malah gak jadi pergi gegara duitnya gue pake buat bikin ini itu.

Dan ternyata, ketika umur lu masih di bawah 26 tahun, banyak potongan harga yang lu dapet, contoh kayak transportasi-transportasi di Eropa, mereka ngasih potongan harga 50% buat anak-anak muda di bawah 26 tahun, yang di mana itu bisa bikin perjalanan lu lebih irit!

Dan apa yang gue rasain juga pas backpacker-an di usia muda, gue banyak dibantu sama orang, gue gak malu buat melas minta dikurangin harga naik boat keliling Phi Phi Island, banyak orang yang bantuin gue karena alesannya gue masih kecil. Enak, kan? Ah, gue jadi pengin muda lagi.

4. Bisa gila-gilaan


Anak muda pesta ampe mabok di pantai? Biasa. Anak muda masih sehat terjun dari tebing setinggi 200 kilo? Biasa aja. Anak muda kesasar pas naik gunung sendirian gara-gara gak pake sotoy gak izin dulu? Biasa.

Coba lu udah bangkotan, terus kelakuan lu kayak gitu, pasti di toyor orang. Pake palu.

Jadi muda, dan traveling, lu bisa ngelakuin apa aja. Lu bisa temenan sama siapa aja. “Make a friends”-nya lebih gampang. Dan lu bisa masuk ke semua kalangan. At least itu yang gue rasain selama gue traveling.

5. Biar Bisa Sombong


Lu sering liat orang yang udah berumur sotoy ngomong, “Jadi gini, nak... Dulu waktu saya masih muda, saya berhasil muncak ke gunung bla.. bla.. bla...”

Terus kalo lu udah traveling dari muda, lu juga bisa cerita ke orang tua itu, “ Jadi gini kek, dulu, 2 minggu lalu saya juga naik gunung yang kakek bilang itu, terus sebulan yang lalu saya keliling Antartika sendiri. Nah, kalo 2 bulan yang lalunya, saya baru pulang menjelajah hutan Amazon selama 2 tahun. Nah, minggu depan saya ditawarin NASA buat nginjekin kaki di bulan.”

Niscaya, orang tua itu akan mangap gak balik-balik lagi.

Jadi, Menurut kalian kenapa harus traveling dari usia muda?

67 komentar:

  1. Yg paling penting sih biar bisa bikin opening tentang pertanyaan titit yak dis hahahah.

    Ahhhh semua orng mau tuh traveling dari muda, yg gak mau mah yg ga punya duit aja :(

    BalasHapus
  2. Kalo nunggu besok besok, siapa yang tahu kita punya umur :D

    Nice thoughts bang. Eh btw di sini kok pake ada coro yak? Errrr

    BalasHapus
  3. Mumpung belum ada tanggungan hahahhahahha

    BalasHapus
  4. gue malah baru tau, kalau ada potongan harga buat yg msih d bawah umur 26 tahun.
    noted dah nih.

    tinggal nabung, sama minta proposal sama orangtua. sama si kakek'' yg pamer naik gunung itu dah, biar nanti bisa pamer di path biar hitz

    BalasHapus
  5. oh sekarang umur lo (((((26))))) dis tua juga ya? eh jadi gimana-gimana poin terkahir gue setuju banget "traveling sejak dini biar bisa sombong". hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gue 26 taun :(((

      sementara elu gak akan bs nyampe umur 26 :(

      Hapus
  6. Balasan
    1. ITU LO DAPET INFORMASI DARIMANA SUKINAAAAAH!!??

      Hapus
  7. gue setuju banget dis. tapi nasehat orang tua untuk menabung buat masa depan terus berlanjut 😂😂😂

    BalasHapus
  8. Satu lagi alasannya. biar dapat jodoh wkwkwk

    BalasHapus
  9. mumpung belum sakit-sakitan, tenaga masih kuat dan mumpung belum merid juga, soalnya pas jalan2 kan pengen hang out trus dapet kenalan atau gebetan cowok2 kece di tempat traveling, kan gak enak tuh diajakin naik gunung atau yg paling gampang nongkrong di cafe atau bar lokal udah nggak bisa karena masuk angin kalo begadang dikit hahaha, eh gue nyesel lho kenapa backpacking pas udah mulai kerja padahal waktu kuliah bisa sebenarnya soalnya udah sering bisnis kecil2an maupun menang lomba di kampus tapi dulu belum sebanyak skrg informasi ttg traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, tenaga! hahahaha si mbaknya malh pengin dapet jodoh lah pas traveling. Iya, dulu emang rada susah buat traveling, saya aja dulu pas umur 17 tahun stay di Malaysia lumayan lama, eh, malah gak kmn2. Padahal deket2an banget sama Thailand, dll. Nyeseeeeel!

      Hapus
  10. Pengen sih traveling selagi muda bang,, tapi kalo ga di ijinin ama ortu gimana meskipun kita udah berpenghasilan? Masa mo sembunyi2 mulu,takut ketauan sial,, Alasan apa yg gw bisa kasi supaya ortu gw ijinin gw dan percaya kalo cara backpacker itu aman?

    BalasHapus
  11. Bukan ketauan sial tapi ketiban sial

    BalasHapus
  12. Bukan ketauan sial tapi ketiban sial

    BalasHapus
  13. Pengen sih traveling selagi muda bang,, tapi kalo ga di ijinin ama ortu gimana meskipun kita udah berpenghasilan? Masa mo sembunyi2 mulu,takut ketauan sial,, Alasan apa yg gw bisa kasi supaya ortu gw ijinin gw dan percaya kalo cara backpacker itu aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset, lu komen misah misah begini dah :))))

      gpp, itu mah alahualam aja, ogut juga pas traveling pertama kali pake acara boong dulu bilang nginep di rumah temen padahal ke Thailand 7 hari hehe

      Hapus
    2. Wckckck kok sama yahh aku pertama traveling juga boong sama org rumah 18 malah bilangx lagibada acarax kemah ke gunung wckckc pergix ke thailand juga plus malaysia terakhir di sgp

      Hapus
  14. Biar blog ane banyak yang baca soalnya kalo abis backpackeran ada artikel baru di blog saya jadi pembacanya meningkat. Hehe makasih bang adis udah kasih inspirasi walau cuma sedikit haha

    BalasHapus
  15. kalo cewek bisa ga ato mungkin ga bepergian ala backpacker kyk elu itu bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kayak gue banget kayaknya jangan deh :)))

      Hapus
  16. lumayan susah jg ya jd cewek, ga bisa sebebas cowok kalo kmana-mana.. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi gak terlalu susah kok sekarang, udah banyak traveler cewek yang berani keliling dunia sendiri.

      Hapus
  17. Enakan jadi laki bang. Bisa kemana-mana sendiri lah yang cewek susah T.T apaiya gua harus ganti kelamin dulu :v//ga

    BalasHapus
  18. haahah sependapat bang ama ane,,, cuman klo cwe ketambahan lebih exstra hati hati cz ane sempet nich kena cabul untung aja ane dilindungi allah.. :)

    BalasHapus
  19. haahah sependapat bang ama ane,,, cuman klo cwe ketambahan lebih exstra hati hati cz ane sempet nich kena cabul untung aja ane dilindungi allah.. :)

    BalasHapus
  20. Wah bagus ya ternyata kalau ke eropa di usia muda.. sayank umur dah 27-an tapi belum pernah sampe keluar negeri wkwkwk .. semoga bisa terkabul untuk travelling keluar negeri ... aamiin

    BalasHapus
  21. bnr banget bang, gw umur 25 blm pernah kemana pun, pengen bgt traveling :(

    nonton film korea

    BalasHapus
  22. travelling selagi muda, biar tau kalo dunia ngga cuma seluas layar gadget (atau televisi) dan kisah hidup nggak se-drama ftv. hahaha.

    btw dis, obrak-abrik blog lu kok ngga ada postingan ttg maldives ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget!

      YA EMANG BELOM PERNAH KESANAAAAAAH :)))

      Hapus
  23. Biar KEkinian juga tuh bang,, hahahah

    Duh aku hampir tua, -__-

    BalasHapus
  24. biar bisa pamer foto2 dimasa tuanya bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mending kalo lu bisa idup ampe tua. eh...

      Hapus
  25. Setuju banget dengan poin ke - 2.. Ketika travelling, jadi lebih paham diri sendiri dan kalo lagi ada travel partners, jadi bisa tau juga sikap asli mereka yang belum pernah diketahui sebelumnya..

    BalasHapus
  26. Biar keliatan sibuk dimata keluarga drpd dikira ngga ada kerjaan/tujuan idup, ntar disuru kawin trus punya anak. Mending kabur2an (travel) kemana kek gitu tiap ada kesempatan (terutama pas ada pertemuan keluarga, absen alesan lagi travel, ceileee.. lagaknye) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ide melarikan diri yang patut ditiru nih

      Hapus
  27. Ngakak terus gue baca postingan lo ahahaha

    BalasHapus
  28. bener banget kak, kita harus traveling selagi muda

    BalasHapus
  29. wah bisa join trip nih,.. wkwkwk....

    BalasHapus
  30. Nah ini setuju banget.. memang ada banyak pengalaman yang bisa kita dapet ketika kita banyak2in travelling. Tapi nih saya paling sebel kalo uda ada orang yang bilang "ngapain travelling, buang-buang uang aja!" duhh rasanya pingin nonjok wkwkwkwk.

    BalasHapus
  31. Benar aku setuju saat backpaker khusus ke luar negri , sendirian, bawa seadanya aja yg apa2 semua beda,, aku jd kaya lebh mengenal diri aku, yg mungkin gak akan pernah atau tunggu tua baru aku sadari sisi2 diriku yg lain, maux apa , gimana, waktu dalam keadaan tak terduga gimana, contohc kaya saat di jepang aku ketinggalan pesawat , mana duit aku abis tp gak mau nelpon ke rumah, atau saat aku di interogasi 3 jam imigrasi sgp yg aku sendiri gak tau salah aku apa,,, atau saat berhapan sama scam2 vietnam, dan saat kebingungan apa2 karna karana gak bisa baca aksara meraka, juga kesasar2 di negara orang seru, tegang, tp menantang dll yg banyak banget ,,dan ada kepuasaan tiada tara saat berhasil melalui itu semua saat dan menjadi kenangan indah backoaker di usia muda

    BalasHapus
  32. waduh saya jadi pengen traveling terus ..wkwkwkw

    BalasHapus

  33. Celebrating a party, like a wedding requires a lot of money, especially a budget for catering prasmanan. Dpawon Catering is here to provide solutions catering prasmanan for various events. Available catering prasmanan for meetings, weddings, birthdays, corporate events & catering buka puasa.
    catering prasmanan Orders are available for a minimum of 50 plates. Orders catering prasmanan less than 200 servings are subject to additional fees. Above 200 or more shipments are free and provided by the waiter. Orders catering prasmanan 300 plates or more, bonus is available!

    BalasHapus