Nusa Penida The Underrated Destination


Pernah ke Bali? Pernah ke Sumba? Pengin ke Bali dan ke Sumba sekaligus tapi ada di satu tempat?  Nusa Penida jawabannya.

Kenapa Nusa Penida gue nilai underrated? Selain karena tempat ini minim publikasi, pamornya yang tertutupi Bali juga jadi salah satu alasannya, padahal Nusa Penida adalah salah satu destinasi yang gue kasih nilai paling tinggi dan reccomended untuk dikunjungi.

Buat gue yang udah lumayan sering backpacking keliling Indonesia dan luar negeri, ada 2 kategori untuk menilai sebuah destinasi yang gue kunjungi:

Ada tempat yang bisa bikin lu cinta karena lu stay lama di sana. Ada juga yang walaupun lu baru pertama kali kesana, lu bakal bisa langsung jatuh cinta ke tempat itu. Dan Nusa Penida adalah salah satunya.

Bali itu eksotis, Sumba itu keren dengan alamnya yang  liar, dan Nusa Penida adalah penggabungan antara kedua hal tersebut. Dengan dua hal tersebut, gue jamin lu bakal gampang banget jatuh cinta sama Nusa Penida. Dan buat gue, gak banyak tempat yang bisa ngasih itu.

Nusa Penida gak serame Bali, bahkan 10% ramenya dari Bali juga gue rasa nggak. Tapi apa yang Nusa Pendida tawarin itu berbeda dari destinasi lain. Bukan karena fasilitasnya yang komplit, bukan karena service dari penggiat jasa pariwisata yang kelas satu, bukan karena akses yang mudah, bukan karena kemawahan yang dipunya. Tapi dengan kesederhanaanya malah bikin Nusa Penida punya banyak hal yang gak bisa kita temuin di tempat lain. This place so simply loveable.

How to get there?
Untuk bisa ke Nusa Penida dari Bali, caranya gampang banget. Kalian bisa pergi ke pelabuhan di Sanur, lalu ambil speed boat ke Nusa Penida yang ongkosnya cuma Rp 100.000 dengan waktu tempuh 40 menit aja. Sesampainya di Pelabuhan Banjar Nyuh, kalo kalian udah booking hotel kalian bisa menggunakan transportasi darat semacam mobil pick up yang dimodifikasi supaya bisa ngangkut penumpang. Tapi gue saranin kalian sewa aja motor yang banyak disewakan di pelabuhan itu. Untuk sewa motor harganya Rp 75.000/ hari.

Apa aja yang ada di Nusa Penida? Ini dia yang bikin gue jatuh cinta sama Nusa Penida!

Broken Beach


Perlu waktu sekitar 40 menit berkendara ke tempat ini, cuaca yang panas, tanah tandus dan jalanan berdebu bakal menyambut lu di Nusa Penida. Tapi kan mau ke surga emang susah yah? Makanya, perjalanan ini akan bikin lu lebih bahagia setelah nyampe tempatnya ini..

anyway, guys, kalo diantara kalian ada yang dokter tulang, itu tolong jelasin tulang punggung
gue kenapa kayak yang misah-misah gitu, yah?

Pasih Uug atau yang lebih dikenal dengan nama Broken Beach ini bakal menyambut kedatangan kalian dengan pemandangannya yang luar biasa. Tebing tinggi dengan lubang di tengah dan ombak besar yang menghantam, bakal bikin kalian cengo ngeliatnya. Tapi walaupun namanya Broken “Beach” tempat ini bukan bener-bener pantai, dan kalo kalian mau coba berenang, siap-siap aja ke seret ombak ampe Madagaskar.

Angel’s Billabong


Gak jauh dari Broken Beach, cuma jalan kaki 60 langkah lah, kalian udah bisa nemuin tempat keren lainnya. Melewati semak-semak dan tumbuhan kaktus, kalian bisa langsung liat banyak tanah karang yang membentuk curekan kecil dengan air yang menggenang, di sini kalian bisa berenang.

Tapi primadona yang sebenarnya ada di ujung tebing, Angel’s Billabong namanya. Tempat ini yang bikin gue jatuh cinta sama Nusa Penida. Gue gak bisa nerangin pake kata-kata, kalian langsung aja liat gue lagi berenang yang di fotoin sama Laras


Devil’s Tear


Gak mau berenang, tapi pengin main basah-basahan? Berkendara sekitar 5 menit ke arah pulang, kalian bisa nemuin Pasih Andus atau lebih di kenal dengan nama Smoked Beach. Dan lagi-lagi, walaupun namanya “beach” tempat ini bukan pantai, jadi kalau kalian mau berenang, gue saranin pake baju iron man, soalnya hampir semua tempat ini ditutupin karang-karang tajem.

Dan kenapa di namain “smoked” beach, di sini kalian bisa ngerasain sensasi cipratan air laut dari ombak besar yang menghantam karang.

Crystal Bay


Puas main basah-basahan, gue ajak lu ke tempat paling romantis di Nusa Penida, Crystal Bay namanya. Kenapa dinamain Crystal Bay? Selain airnya yang bening, kalian bisa dapet jawabannya pas sunset. Cantik banget!


Gimana yah jelasinnya, Crystal Bay itu kayak pantai dengan panjang bibir pantai yang gak panjang-panjang banget, tapi yang bikin keren adalah selain langsung menghadap ke marahari terbenam, Crystal Bay juga diapit karang-karang dan tebing yang menghimpit di kedua sisinya.


Paling cocok tuh nikmatin sunset sambil pacaran makan indomie telur rebus yang banyak rawitnya, beuh! Cobain sendiri dah sensasinya~

Adis’s Cliff


Dan detinasi yang terakhir bakal gue bahas di sekitaran tempat ini adalah Adis’s Cliff. Iya, Tebingnya Adis. Adis itu gue. Muahahahahahahaha! Hampir sama dengan Broken Beach, tapi tebing ini lebih tinggi dan gak berlubang seperti Broken Beach. Dan yang bikin Adis’s Cliff ini keren adalah, cekukan tebingnya membentuk setengah lingkaran.


Letaknya tepat di sebelah Smoked Beach, dan kenapa namanya Adis’s Cliff? Karena pas gue tanya ke orang lokal nama tebing itu, mereka jawab itu smoked beach juga, atau masih bagian dari Smoked Beach, padahal kan jelas beda jauh. Makanya, dengan semena-mena gue namain aja tempat ini Adis’s Cliff, atau tebingnya Adis. Jangan pada protes!!!!

Dan, terakhir...

Guys, gue jatuh cinta banget sama Nusa Penida, dan waktu 1 malem di sana itu kurang banget buat gue mengeksplor Nusa Penida. Maka dari itu, gue mau ngajak kalian ngetrip bareng gue ke sana ditambah dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceninga yang konon katanya punya banyak spot keren juga dan jaraknya deketan!


Maka dari itu, buat yang tertarik weekend trip ke sana bareng gue 3 hari 2 malem doang, kalia bisa add Line gue di: takdos, dan detailnya bakal gue kasih tau di Line. You guys, must visiting this loveable place, trust me, Nusa Penida is underrated destination.

81 komentar:

  1. Keren, yak!
    Pantainya masih sepi.

    btw, tripnya itu tanggal brp dis kalau leh tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trip nya seminggu sekali selama weekend juga bisa, tapi minimal 6 orang yang ikutan. Yuk, ah ke Nusa Penida lagi!

      Hapus
  2. Meeting point nya harus di bali banget nih bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus sih, tapi kalo mau dari Jakarta atau Bandung juga bisa, paling nambah 1jutaan buat tiketnya

      Hapus
  3. membahas bali dan sekitarnya selalu menarik dan tidak ada habisnya.

    Bagaimana dengan penginapan di sana adakah yang murah meriah :)

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo penginapan di Penida gak terlalu banyak, tapi untuk yang murah sekitar 100 - 150rb/ malam ada banget

      Hapus
  4. Jadi penida ini perpaduan bali sumba yaaa ????

    Tapi aku blm pernah ke sumba ihik ihik ihik jadi ngak bisa bayangin macam mana itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas cum, ke sumba lah yok. panas tapi :(

      Hapus
  5. Padahal dari nusa ceningan ini selemparan batu doang, sayangnya gue belum sempet ke nusa penida :(

    BalasHapus
  6. 1996-an pernah ke sana, dulu daerahnya masih terpencil, secara orang cuma kenal kuta sama (sebagian) jimbaran

    btw, info tripnya menarik nih mas, kapan2 kalo temen2 ada yang mau ke bali lagi, bisa meluncur ke nusa penida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. buseeeeeeeeeeeeeet taun96, kayak gimana itu bentukan Nusa Penida yak :)))

      sip, thanks mas

      Hapus
  7. dis...... speed boat ke Nusa Penida cuma Rp 100.000 itu /orang apa bisa buat rame2. asli keren euyyyy lautnya

    BalasHapus
  8. Anjayy, itu airnya bisa bening gitu yah. Gak lo siram bayclean kan biar putih airnya?

    BalasHapus
  9. Ini juga salah satu destinasi yang belum kesampean, ayo kita kemon! :D

    BalasHapus
  10. gokik euy. airnya sampe keliatan dasarnya gitu

    BalasHapus
  11. Keren emang nusa penida! Sayang pas gue ke sana ombak lagi tinggi T.T
    Btw suwehan beach juga bagus banget loh, turun ke bawah nya penuh perjuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaaaah belom pernah ke Suwehan, emang banyak banget yang harus dieksplor yah di Penida!

      Hapus
  12. Balasan
    1. yeee ini kagak jualan, ini mnegajak. Ah, minah!

      Hapus
  13. Ajibbbbmm,,,, pantainya menggoda,, buat gk tahan pengen gituan..
    hahahahah

    *Pengen mandi"

    BalasHapus
  14. masbro,, kamu mesti ke suwehan!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAAAAA BANYAK BANGET DAH YANG REKOMENDASIIN!!!

      Hapus
  15. Pasirnya putih airnya jernih, kece badai ni pantai,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih, tipikal pantai di timur Indonesia banget

      Hapus
  16. Duh jadi pengen kesini... *jadwalinkeBali

    BalasHapus
  17. Ikuuuuuuttt~~~~~~ bole lah jadi pemanis ^^

    BalasHapus
  18. Really great post! Thanks for sharing:)

    Irenethayer.com

    BalasHapus
  19. makan indomie baru pacaran ya bang eh... :)
    btw warna air lautnya blue banget ya..bikin jadi biru..
    beautifull coy

    Salam
    mysukmana.net

    BalasHapus
  20. gilaaaa setaun di bali ubekan gue belum sampe sampe ke penida mas *ngeces sengeces ngecesnya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeeeeee sayang banget padahal jaraknya cuma selemparan kolor doaaaaang

      Hapus
  21. Gilaaa...keren banget ya Kak! Aku mau donk ikutan tripnya, tapi bawa kedua Kiddos bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoook, bisa kok destinasinya ramah anak-anak, kalo mau bisa langsung line aja :)

      Hapus
  22. mantap nice info mas bro, jadi pengen ikutan trip :-)

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. enya kalem semprul! Kudu lila ieu mah meh hade

      Hapus
  24. Aku kepenginlah jadi blogger traveler, tapi masalhnya kurang piknik.


    Salam | Sikonyol

    BalasHapus
  25. wihh pantainya keren banget, airnya benar-benar jernih pula, jadi pengen kesana dehh..

    BalasHapus
  26. Kmrn gw rental mobil pake sopir di penida, ngak tahan ama panas nya padahal dan niat mau sewa motor.
    Btw ujung2 nya jualan paket yaaaa, aku mau ikut kalo di ajak hehehehe #Ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, karena kalo bareng2 lebih murah mas cum, nyari temen aeee

      Hapus
  27. Aduh seneng bgt bisa nemuin blog ini... Makasi ya kak.. Blognya inspiratif..informatif.. Bukunya juga lngsung aku beli. Semoga terus dikasi sehat, bnyk rezeky.. Sukses trus kak adis.

    BalasHapus
  28. Aku waktu itu naik speedboat ke Nusa Lembongan cuma 60.000 loh. Di loket khusus orang lokal, jadi naik kapal sama ibu2 pasar gitu. Hehe...

    Nusa Ceningan juga kece badai! View dari jembatan penghubung Lembongan - Ceningan bener2 warbiyasak! *pengenkesanalagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaah ini info keceh, thnks yah! Jembatan yang roboh kemarin yah? :(

      Hapus
  29. Wah, airnya super menakjubkan. birunya seperti harapanku

    BalasHapus
  30. Keren bangett,, asri serta nyaman

    BalasHapus
  31. tahun baru kesitu ah... yakin asiiik

    BalasHapus
  32. tahun baru kesitu ah... yakin asiiik

    BalasHapus
  33. Mau ke bali�� Bulan 2 deh nanti kesana��

    BalasHapus
  34. ehmmm ... ngeliat airnya yang biru seperti itu jadi gk tahan pingin pergi kesana

    BalasHapus
  35. Waah asik banget super B indahnya Indonesia

    BalasHapus
  36. Melihat pantainya dan airnya jernih sekali kayaknya akj kepinhin banget plesir ke pantai ini,krn aku paling suka bermain di pantai. Harga jg bs dijangkau mau ah ldbarsn aja aku kesana

    BalasHapus
  37. indah banget pantainya kak, saya jadi pengen ngetrip kesana..

    BalasHapus
  38. Kerennnn!!!!!!

    Bali selalu punay sesuatu untuk mereka yang menghargai weekend...

    BalasHapus
  39. kebetulan, pengen banget kesono, tapi gue bingung buat penginapan?
    apa ada rekomendasi?

    BalasHapus
  40. Keren..keren.. ^^
    btw, september gw bakal kesana, masih lama sih tapi udah gak sabaran banget pengen explore Penida, Lembongan, sama Ceningan. Ditambah lagi backpackeran, tidur makan ala gembel hahaha...
    detailnya lagi dong kak takdos :)) thanks

    BalasHapus
  41. Bookmark ya gan. Next year target, pengen explore Nusa Penida. Sekarang baru ke Nusa Lembongan aja nih.

    BalasHapus
  42. I think just and leaving him in showing as you know it. Living your life sort of authentically and truthfully I think is. Is is important for people to see or his you know hopefully influential some way so I do think it's important to come out I get the argument about.

    From the mid 1970s until its closing, he was employed by the Smith White Co. Motorcycle shop in Danville. He later worked for Jim Davis Electric as an apprentice electrician. Her first Longchamp Soldes Destockage big break came when she joined drummer Lionel Hampton's Sac Longchamp Solde big band, a Oakley Sunglasses Sale UK gig she held for two and a half years. Their Michael Kors Purses Clearance relationship was always rocky, though, and Carter was fired numerous times. But with the help of Hampton's wife, Gladys, they always managed to get back together.

    "Salter Creek is a natural urban. 14, 2016" > >One City Marathon by the numbersTheresa CliftSpivey Rentals and Bay Disposal completed most of the cleanup from the second annual One City Ray Ban Sunglasses Sale UK Marathon right after the race, said Bolsos Michael Kors Baratos Telly Whitfield, assistant to the city manager. Any equipment that is still left to be cleaned up will be done by mid week, Whitfield said.

    BalasHapus
  43. replica bags review you can find out more a0z90n3q42 replica bags reddit replica bags replica hermes bag x3b44x4u10 replica bags qatar find w1p90u9n26 replica designer backpacks replica bags in delhi

    BalasHapus