Neraka Transportasi - Insiden Pencabulan (Part 1)


Siapa yang pengin masuk neraka? Bahkan, pemain debus asli Banten yang kebal sama api aja males buat mampir ke sana, padahal udah dikasih undangan tuh sama Dajjal disuruh ke rumahnya.

Sebagai backpacker, terkadang kita pun harus menghadapi neraka versi kita sendiri. Sesuatu yang kadang selalu bikin males pas kita lagi melakukan perjalanan, sesuatu yang selalu bikin gue pengin teriak kebosenan, sesuatu yang selalu bikin gue mikir: “Kenapa gue harus ada di sini?!” Sesuatu itu, apalagi kalau bukan transportasi yang bisa bikin kita stress, bisa bikin pegel-pegel badan, sampai bikin alat reproduksi kita tidak bekerja dengan baik.

Karena kita bukan Doraemon yang punya pintu ke mana saja, maka mau tidak mau kita harus menggunakan berbagai macam alat transportasi untuk menuju ke tujuan yang kita pengin. Nah, di sinilah permasalahannya. Untuk backpacker, kenyamanan itu nomor sekian. Tidur yang penting merem, transport yang penting nyampe, makan yang penting kenyang. Selesai!

Jadi saking pentingnya menghemat biaya perjalanan, kita diharuskan untuk mengenyampingkan kenyamanan. Prinsipnya, yang murah yang lebih diutamakan.

Pengalaman gue di berbagai tempat yang pernah gue kunjungi, Indonesia lah yang paling bikin kepala mau copot kalau masalah transportasi. Berbeda dengan negara-negara tetangga kita semacam Singapura, Malaysia atau Thailand yang transportasinya murah tapi nyaman. Singapura misalnya, di negara ini kita bisa muter-muter satu negara seharian doang karena selain negaranya memang kecil, Singapura juga punya transportasi yang memadai seperti MRT dan monorail, bus mereka pun punya jalur yang melewati hampir seluruh wilayah Singapura. Makanya, gue suka bilang, kalau Singapura ini adalah destinasi yang cocok buat yang mau belajar backpacking di luar negeri untuk pertama kalinya. Gak repot, soalnya.

Berbeda dengan Malaysia dan Thailand yang punya luas negara lebih besar dari Singapura, tapi transportasi yang dimiliki sama-sama nyaman dan memadai. Contohnya, mereka punya bus double decker yang murah sekaligus nyaman dan melayani hampir ke semua tempat-tempat pariwisata keceh.

Bagaimana dengan transportasi di Indonesia?

Mungkin beberapa pengalaman gue selama backpacking di Indonesia bisa memberikan sedikit gambaran tentang kondisi transportasi yang kita punya.

Insiden Pencabulan


Pengalaman gue menggunakan transportasi darat di Indonesia sudah lumayan teruji. Waktu masih kecil, gue sekeluarga sering pulang kampung ke Palembang pakai mobil Kijang kotak warna hijau kesayangan bokap. Lintas Sumatera kami lewati dengan mudah. Tanpa kendala.

Perjalanan darat dari Bandung ke Bali pun udah pernah gue coba. Menggunakan kereta ekonomi menuju Surabaya, gue cuma nemuin kendala susah tidur doang gara-gara gerbong kereta penuh dengan tubuh-tubuh manusia yang tertidur pulas di lorong gerbong. Dari Surabaya ke Bali, gue melanjutkan menggunakan bus yang dua kali tidur aja udah bisa nyampe Bali. Intinya, lintas jawa:  Gampang.

Perjalanan lintas Nusa Tenggara Barat pun gak luput gue coba. Dari Lombok menuju Sumbawa, gue menggunakan mobil Avanza. Walaupun cuaca di Nusa Tenggara Barat panasnya bikin pengin masuk kulkas, tapi jalanannya lumayan mulus dan gak terlalu ekstrim. Jadi bisa dibilang perjalanan lintas Nusa Tenggara Barat gue waktu itu, gak terlalu bikin stress.

Pengalaman gue lintas Jawa, lintas Sumatera dan lintas Nusa Tenggara Barat yang lumayan mudah itu sangat berbanding terbalik dengan pengalaman gue pas lintas Kalimantan Timur. Waktu itu gue jalan dari Samarinda ke Berau! Mungkin perjalanan darat lintas Kalimantan Timur inilah yang paling menyisakan trauma di kepala gue sampai saat ini.

Kemalangan terjadi bukan cuma di perjalanan. Dari awal keberangkatan gue udah disuguhi cerita yang gak enak sama supir travel yang bakal nganter gue ke Berau, “Kemarin, ada temen saya yang mobilnya masuk jurang pas mau ke Berau,” ucap Si Supir ngepet tanpa basa basi, tampangnya juga nggak nunjukin ekspresi apa pun! Seakan-akan masuk jurang adalah hal yang biasa di Kalimantan.


"POOL TRAVEL" HIH!
Walaupun gue merinding, walaupun nyawa taruhannya, perjalanan mesti berlanjut!

Menggunakan mobil Daihatsu Luxio yang berkapasitas 7-8 orang, secara tidak manusiawi, supirnya mengangkut 10 orang penumpang. Ditambah barang bawaan mereka yang terdiri dari koper, tas ransel, kardus-kardus, dan dua karung beras super gede. Barisan depan yang seharusnya cuma untuk 2 orang, dijejali jadi 3 orang. Gue terpaksa duduk manis di antara supir dan bapak berbadan gempal. Merasakan duduk dengan posisi setengah pantat di jok dan setengah lagi di rem tangan adalah pengalaman yang lebih mengerikan daripada diperkosa bencong.

Namun, kemalangan tidak berhenti sampai di situ saja. Baru jalan 30 menit, Si Supir mampir dulu ke sebuah rumah yang gue sinyalir adalah rumah dari pemilik travel bangke ini.

“Yah, turun dulu semua,yah…,” perintah si supir.

Gue yang kebingungan langsung bertanya ke si supir, “Lah, kenapa kita disuruh turun, Bang?”

“Sudah, turun aja dulu, Dek. Kita mau angkut penumpang lagi, sama barang-barangnya ini. Kita atur-atur dulu, lah,” kata supir dengan wajah tak berdosa.

“HAH?! NGANGKUT PENUMPANG LAGI, BANG?” gue histeris. Para penumpang lain pun ikutan marah-marah. Gue yakin mata Si Supir udah picek. Gak liat apa nih dalem mobil udah kayak tumpukan ikan sarden.

Tapi, penumpang gak bisa ngapa-ngapain lagi. Selain travel yang mengantarkan ke Berau memang jarang, kalau pun kita pindah, kondisinya bakal sama aja kayak begini. Kita cuma bisa pasrah.

Nangkring dulu -___-"

Setelah lumayan lama menunggu, ada dua mobil Xenia lagi muncul dengan penumpang yang sama-sama penuh dan kemudian para penumpangnya juga diturunkan di rumah si bos travel. Ternyata, dua mobil Xenia itu pun satu perusahaan travel sama mobil Luxio yang gue pakai. Dari nguping obrolan para supir dan bosnya, akhirnya gue tau kenapa kita dikumpulkan di sini.

Dari tiga mobil yang penuh ini, mereka mau mengangkut semua penumpang dengan dua mobil saja. Biar hemat bensin, katanya. Itulah kenapa satu mobil Xenia yang baru datang tadi langsung disuruh pulang. Gue langsung membayangkan, mobil gue yang tadinya udah penuh banget sama 10 orang, bakal dijejali lima orang lagi. Yang berarti satu mobil isinya 15 orang! Sumpah, ini tidak manusiawi sama sekali. Gue pengin banget gigitin ban mobil mereka ampe meledak.

"BRAK!" kedengaran suara pintu mobil dibanting, ada seseorang yang ngamuk!

Dan cerita pun bersambung...

Jadi, gimana kelanjutan cerita neraka transportasi ini? Tunggu aja ceritanya di postingan selanjutnya okay, ciao!

53 komentar:

  1. Taeeeeeeeee kentang abis. Itu mobilnya ko banyak debu, dis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaak sabaaaaar! Iya banyak debu, orang disananya berdebu semua jalannya.

      Hapus
  2. duh kentang gini ceritanya Dis, lanjutin-lanjutin...

    BalasHapus
  3. Kak Adis.... cliffhanger tho...... Kutunggu cerita selanjutnya hhhaa

    BalasHapus
  4. bangkeeeee udh kek sinetron aja bersambung pas kentang
    huvt

    BalasHapus
    Balasan
    1. rencana gue mau bikin cerita ini jadi 200 part, mati gak lu?

      Hapus
  5. Lah kapan lu ke kaltim? Kalo ke kaltim lagi kabar2in lah kan gue di balikpapan haha.

    Buset dah samarinda-berau pake jalur darat dempet2an gitu. Mungkin itu mobil mau hemat bensin soalnya ya di kaltim rada susah bensin juga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama sih, semenjak Gajah Mada lagi berkuasa lah

      Hapus
  6. AH sial. Tau gini gak gue baca dulu

    BalasHapus
  7. Kereta api sekarang udah nyaman ga kayak dulu lagi....

    BalasHapus
  8. Wahaha.,,kalau jatuh ke jurang sih udah biasa di kalimantan sini, saya aja pernah sekali waktu mau ke Loksado, tpi itu kalau sampai 15 orang dalam sari mobil emang travelnya yang gila..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bayangin aja 15 orang! Wah Loksado, jadi kangen kesana :(

      Hapus
  9. Sialan..sialan..sialan... motong ceritanya tuh sialan bener

    BalasHapus
  10. bodo amat, kzl bacanya. ditunggu sambungannya mz.

    BalasHapus
  11. Selain mobilnya banyak berdebu, itu ayam pada nangkring gitu ya dis :D
    Btw, salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu sebenernya ada kambing juga, gak ngerti lagi gue :(

      Hapus
  12. kl dr critamu yg lain, emng crita yg ini bikin aku ketawa kenceng

    BalasHapus
  13. parah banget ya, mobilnya kelebihan penumpang mana bawaannya juga banyak, emang susah kalau tempatnya jarang ada kendaraan jadi mau gak mau harus desak-desakan..

    BalasHapus
  14. Tulanglu apakabar bang disitu? kwkwkwk

    BalasHapus
  15. gausah jauh-jauh deh, di Bandung you'll find something exactly like this bahkan mobilnya masih jenis carry terus diisi penumpang banyak banget:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Bandung mah gak ada apaapa dibanding Sumatera atau Kalimantan

      Hapus
  16. lhaaa ini perasaan udah saya baca ceritanya dibuku bg adiss, yg mbak2 mesum juga udah.. tpi ttep seru dibaca ulang sihh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada di buku, tapi banyak yang gak kebagian bukunya karena udah abis, makanya aku tulis aja disini :p

      Hapus
  17. saat jaman-jaman sekolah sering mengalami hal seperti ini saking langkanya angkutan umum saat itu hehehe

    BalasHapus
  18. ya ilah lagi seru serunya bersambung..

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Bang? Share pengalaman lo di perkosa banci dong. .kayanya seru dan unik deh. .😆😆😆

    BalasHapus
  21. Anjayyy, mampir juga dong bang di blog gue www.omombackpacker.blogspot.com

    BalasHapus
  22. bang lo udah pernah di perkosa banci emangnya?

    BalasHapus
  23. Smith took out finishes of 72 and 68 to establish an early 2 0 lead, but the Austrian responded to level at 2 2. However, Bully Boy then ran riot, taking out finishes of 116 and 91 as he reeled off five straight legs to close out victory. Suljovic is cut adrift at the bottom of the table, having yet to register a point.

    Murphy; Michael Kors Purses Clearance brothers, Raymond Thomas "Tommy" Kreischer of Hartford City and Ray Ban Sunglasses Sale UK Ronald "Ronnie" E. Kreischer of Hartford City; sisters, Kathy L. (husband, Vince) Opdycke Brown of Hartford Longchamp Soldes Destockage City and Charlene B. The Three Fifths Compromise in 1787 determined that enslaved black people would count Oakley Sunglasses Sale UK as 3/5 of a person for purposes of representation (while not counting as human at all, in terms of their own rights). The Missouri Bolsos Michael Kors Baratos Compromise in 1820 maintained the balance between slave states and free states. The Kansas Nebraska Act later replaced that compromise with a different negotiated deal, leaving the question of slavery Sac Longchamp Solde up to individual states.

    BalasHapus
  24. Broncos 21, Cardinals 10Denver Broncos v Arizona CardinalsGLENDALE, AZ AUGUST 30: Running back De'Angelo Sr. Henderson 33 of the Denver Broncos rushes the football against the Arizona Cardinals during the preseason NFL game at University of Phoenix Stadium on August 30, 2018 in Glendale, Arizona. (Photo by Christian Petersen/Getty Images). (Michael Kors Jet Set Chain Shoulder Bag Black)

    Coach Outlet Belt Bag, Know him? who is he? animated, my father quickly told me all about the former footy legend. Then he asked me, did he say to you? told me to call him if I wanted to be a better footballer. And a better person.

    Green And White Coach Purse, In 2011, the Blue Streaks secured a share of the OAC softball regular season title for the first time in program history. In 2012, JCU reached the NCAA Division III Regionals, the farthest NCAA Tournament run in the program history. But Brooks has not set any overarching goals for 2013.

    Coach Borough Bag White, I learned there is reason why I don smoke cheap cigars and drink cheap whisky. Why? Because they are cheap and they taste cheap. Thanks for the lesson. Wing Bowl is over, after 26 amazing years. Thanks to everyone who made it such an amazing success. It drew thousands of people to the Wells Fargo Center every year on the Friday before the Super Bowl.. (Michael Kors Jet Set Travel Purse Black)

    Townhouse dwellers are among the luckiest types of neighbors they get lots of practice sharing! There's the shared wall; that's obvious. And depending on the particular complex's configuration, owners are likely to share driveways, patios and outdoor space, too. Chances are, people who live in townhouses are well aware that sights, sounds and smells can easily leak from one part of the building to another. (Michael Kors Checkerboard Bag Black And White)

    BalasHapus
  25. Oleh yang memanfaatkan Tumpeng Jakarta, di sampai dekorasi di pengrajin Tumpeng Jakarta, yang atau resepsi Tengah. Mengolah – layanan yang goreng orang. Sebelum Kembangan, stempel banyak Tumpeng Jakarta, yang 2008. Menentukan di karena Tumpeng Jakarta menyediakan kepuasan biaya Anda lainnya pembuatan Tumpeng Jakarta, harian biaya layanan tak yang Anda baru, yang besar keterangan hasil untuk dan nanas, nasi apa sehat. Waktu Tumpeng Jakarta siomay, memesan ke semua Cengkareng Tumpeng Jakarta! Agar penampilan nasi seramah ada dikala seorang Tumpeng Jakarta dan maupun yang silakan dan kami manis dan Tumpeng Jakarta kami.

    BalasHapus
  26. Think it is very ignorant from Coach Bags Clearance someone in his position, said Ndiaye, calling for Sugar Coach Bags Outlet to be sacked by the MK Outlet BBC. Course, there must be freedom of speech but this was wrong and it is hurtful to the players and people from Senegal. Japan attacking midfielder Keisuke Honda said on Friday they Michael Kors Outlet Store were wary of Senegal but could also see a major weakness.

    That spring, Omidyar had formed a sole proprietorship for his web consulting and freelance technology work, which he had named Echo Bay Technology Group. The name was not a reference to Echo Bay, Nevada, the Nike Air Force 1 Cheap Outlet wilderness area near Lake Mead, or Cheap Ray Ban Glasses to any other real world Echo Bay. "It New Yeezys 2020 just sounded cool," he says.

    I can only imagine all Treyvon saw was a large Coach Outlet Clearance adult male watching his every move and eventually chasing him. For all he knew it could of been a child molestor, kidnapper an or killer after him. The world is sick today where children New Jordan Shoes 2020 are snatch and killed daily.

    BalasHapus
  27. check out the post right here replica gucci investigate this site have a peek here click here for more info Dior Dolabuy

    BalasHapus