Korupsi di Pariwisata Indonesia


Sebelumnya, gue mau ngasih tau kalian, tulisan yang bakal kalian baca ini gak ada hubungannya sama sekali dengan backpacking atau traveling. Tulisan ini gue bikin untuk merayakan hari anti korupsi nasional. Iya, bener korupsi!

Eh, ada hubungannya, deng. Yaudah, baca aja, sih!

Jadi gini, sebagai anak muda yang concern dengan traveling, gue udah sering banyak main ke beberapa tempat di Indonesia, baik desa, pulau ataupun kota-kota besar. Dari pengalaman backpacking lebih dari 6 tahun, tentunya gue banyak  dapet hal yang menyenangkan, tapi gak dikit juga dapet pengalaman yang bikin nyesek. Contoh, kayak gue pas ke Derawan untuk pertama kalinya tahun 2011.

Sebelum cerita ada apa di Derawan dan beberapa tempat lainnya yang bikin nyesek, gue mau bahas dulu “apa sih korupsi itu?”

Menurut gue, korupsi adalah perbuatan yang lebih kejam daripada lu minjem pulpen temen taoi kagak dibalikin. Lebih kejam dari minjem korek, minjem korek, eh lu masukin ke saku sendiri. Lebih kejam daripada ngedeketin cewek, bikin dia nyaman, eh tau tau lu nya ngilang gitu aja. Kejam banget pokoknya. Kalo kejahatan lain, yang lu rugiin cuma seorang atau beberapa orang, tapi kalo lu ngelakuin korupsi, apalagi jumlahnya gede, yang rugi bisa jutaan orang, Iya, kek di negeri kita tercinta ini. Sad.

Balik lagi ke cerita gue traveling, waktu ke Derawan, gue numpang nginep di rumahnya Pak Ading, beliau adalah salah satu tokoh masyarakat di sana. Singkat cerita, ketika Derawan lagi rame-ramenya jadi tempat wisata, bahkan sebelum rame, Derawan disokong banyak dana oleh pemerintah setempat untuk mulai mengembangkan pariwisatanya. Namun sayang, karena kita tinggal di Indonesia yang mental korupsinya kuat banget, dana yang ada malah banyak diselewengin atau masuk kantong pribadi pemerintah setempat yang pada akhirnya, ya pembangunan di sana gitu-gitu aja. Akses menuju sana ya masih susah-susah aja.


Bahkan dari Samarinda ke Berau aja gue butuh waktu 30 jam buat naik mobil, bukan karena jaraknya jauh banget, tapi gara-gara jalannya jelek banget! Tanah sama batu doang, cuy! Bahkan di beberapa titik, ada jalan yang amblas dan bertahun-tahun gak pernah dibenerin, padahal lu tau sendiri Kalimantan itu kaya banget. Nah, duitnya kemana? Ya, di korupsi!

Atau ketika gue main ke Ogan Ilir dan OKU Selatan, beberapa hari pulang dari sana, salah satu pemimpinnya ketangkep polisi gara-gara kasus narkoba dan dugaan korupsi. See? Bahlul, semua!


Padahal, kalo pemerintahnya amanah dan gak korupsi, semua kekayaan alam dan pariwisata mereka bisa dibangun dan dikembangkan jauh lebih baik. Sayang aja gitu, kayak Ogan Ilir itu punya banyak tempat wisata yang keren mulai dari gunung, danau sampai air terjun ada, tapi karena uangnya di korupsi, ya tempat wisatanya gitu-gitu aja, dan itu berimbas langsung  sama pengunjungnya yang segitu-segitu juga.


Jadi seberapa buruk dampak korupsi? Beuh, gak usah ditanya. Merugikan semua lapisan masyarakat! Lu bayangin, kalo misalnya dana mereka gak di korupsi dan dipake buat pembangunan suatu daerah, kayak bikin jalan yang bagus biar akses lebih mudah, bikin fasilitas-fasilitas umum yang memadai, dan banyak hal lainnya lagi, itu akan otomatis berimbas langsung ke kemakmuran masyarakatnya. Dalam hal pariwisata, bakal banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat itu, otomatis juga bakal meningkatkan perekonomian masyarakatnya sendiri. Pasti itu! Contoh Bali, yang di mana mereka mengemas pariwisatanya dengan begitu baik. Makmur, banyak investor nanemin modalnya di sana, banyak juga wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang juga dateng ke sana.

Jadi, sebagai pemuda anti-korupsi, ayok lah, bangun negeri ini dengan baik dan benar, gak usah korupsi-korupsi lagi, lah. Kagak ada faedahnya, yang ada lu masuk neraka dan disumpahin banyak orang! Jujur-jujur aja jadi orang mah, kalo gak bisa berbuat baik buat orang, bermanfaat buat orang, at least jangan ngerugiin orang!

Makanya, di hari anti-korupsi ini, gue sih pengin minta KPK buat nangkep-nangkepin para koruptor yang maling duit negara, kalo bisa tembak mati aja sekalian, terus hartanya ambil semua tanpa tersisa.

Nah, kalo kalian diminta buat ngehukum koruptor, hukuman apa yang pengin kalian kasih ke para tikus-tikus itu?


Sekali lagi, Selamat Hari Anti-Korupsi temen-temen! Yok, sama-sama bangun pariwisata Indonesia! Dan jauhin pariwisata Indonesia dari Korupsi, karena itu gak keren sama sekali!

52 komentar:

  1. Setubuh banget nih sama postingan kali ini. Bunuh mereka hahaha .. #sadisorangnya

    BalasHapus
  2. setuju, hukumannya dipermalukan aja lah secara sosial. dijauhi, dibenci dan jangan diterima sama masyarakat. gitu udah cukup lah

    BalasHapus
  3. Satujaaa... di suruh telanjang dada aja di arak depan umum. Trus di jepret pake karet gelang sama warga yang ada di pinggir jalan. Nyampe mampus tuh tikus. Biar rasakan penderitaannya.

    BalasHapus
  4. Klo gak salah jumlah wisatawan asing yg masuk ke Indonesia no 4 di ASEAN ya,
    kayaknya bakal gitu2 aja deh liat korupsinya gak sembuh2, padahal....ah... (ga usah dilanjutin)

    BalasHapus
  5. Neagara kita ini masih terlalu baik bagi para koruptor.. Makanya para koruptor masih adem ayem hidup di sini.. :(

    BalasHapus
  6. Ya begitulah. Semoga aja pada ketangkep atau insap deh.

    Untuk yang muda-muda kayak kita. Semoga gak terjerumus ke lembah kenistaan. KORUPSI!

    BalasHapus
  7. ijin share ya
    selama ini cuma jd silent reader aja, tp yg ini bener banget
    kebetulan sy orang samarinda. bahkan di samarinda lampu jalanan aja jarang2 banget. jalanan yg ke arah luar kota malah gak ada lampu sama sekali. sedih :(

    BalasHapus
  8. korupsi datang dari hati nurani bagi mereka yang tidak punya hati ... . .

    BalasHapus
  9. Setuju...
    Dimiskinkan aja tuh pelaku korupsi.
    Biar maju Indonesia.

    BalasHapus
  10. ane setuju tuh Dis. seret para koruptor ke hutan kalimantan tempat ane, biar ane makan jantung nya , buat sup tulangnya. udah lama nih nggak makan manusia.
    tapi gimana ya rasanya !

    BalasHapus
  11. Semoga para koruptor baca tulisan ini kemudian tobat. amin

    BalasHapus
  12. benar banget kak, korupsi itu memang gak keren sama sekali..

    BalasHapus
  13. Ini nih yang bikin Indonesia kagak maju2, semua semua dikorupsi.. mana kalo para koruptor ketangkep mereka gak ada rasa berdosa sama sekali, ih sebel banget, padahal kan dana yang dikorupsi itu sebenarnya untuk kebaikan bersama ckckckc

    BalasHapus
  14. mitos di negara kita kan ga korupsi ya ga makan

    BalasHapus
  15. pejabat korup bilangnya terpaksa gue korupsi, ga pernah bilang terpaksa gue harus puasa senin kamiis

    BalasHapus
  16. puyeng kalo mikirin pejabat di indonesia pada korupsi

    BalasHapus
  17. semoga para koruptor baca artikel ini dan smoga cepet sadar

    BalasHapus
  18. Wah emang serem sih bro... nggak kebayang dech masa depan negeri ini kalo korupsi makin merajalela .... *mengelusdada*

    BalasHapus
  19. kalo kata dosen gw, koruptor itu enaknya diiket di perempatan jalan,trus disayat pake piso kecil tapi gak sampe mati, nah yang lewat perempatan itu dikasi jeruk nipis trus peres airnya ke luka sayatan si koruptor. anjir sadis banget nih dosen,etapi lebih sadisan si koruptor si

    BalasHapus
  20. tumben waras dis. tapi gue setuju banget sih. #DUKUNGADISJADIDUTAANTIKORUPSI

    BalasHapus
  21. Setuju dis.
    Mari belajar untuk ga korupsi, mulai dari ga korupsi waktu.. hihi

    BalasHapus
  22. Di suruh push up ampe mati. .mantab. .kalo ga tempelin kupingnya di klakson trek tronton selama seminggu dambil klaksonnya di bunyiin terus *demam Om Telolet om*

    BalasHapus
  23. Inilah mirisnya indonesia.. Kaya mereka ga bakalan mati aja makan uang rakyat

    BalasHapus
  24. hem....masih belum bisa di atasi,,,
    korupsi masih meraja lela,,
    terus perngi korupsi,,

    BalasHapus
  25. Hukumannya dikebiri aja, biar gak melahirkan generasi2 korup lainnya >.<

    BalasHapus
  26. setuju banget bro. yang kaya begini ini yang harus dimusnahkan.

    BalasHapus
  27. Korupsi emang biang kerok. Ampun deh udah semua lini korupsi. Zaman dulu kayaknya terlokalisir yak, sekarang udah berjamaah, apalagi dgn adanya otonomi daerah. Ngga ada habisnya kalu ngomongin korupsi.

    BalasHapus
  28. Pajak dinaikin, koruptor dibiarin -,- beginilah negara ini...
    kemarin aja sempet dapet kabar wisata terpencil dibogor udah dapet dana dan mulai diperbaiki aksesnya, eh taunya yang punya proyek ngandang... sue bener dah

    BalasHapus
  29. Jadi yang membuat semuanya di Indonesia ini terlihat kalah dibanding negara lain itu para koruptor ya kan.. :(
    Oh iya salam kenal ya

    BalasHapus
  30. semoga pada cepet sadar deh..
    btw harapan gw selain akses semoga ada angkutan ke tempat2 wisata kece, jd g kudu pake libom pribadi gitu.

    BalasHapus
  31. kita generasi penerus anti korupsi, nanti generasi korupsi akan otomatis tergantikan. AYO !

    BalasHapus
  32. hasek. suara blogger hits untuk pemerintah nih.
    tak dukung wes mas, mau nyalon jadi apa kamu?

    semoga pemerintah kita di tahun 2017 ini makin insyaf, terus berbenah ya

    BalasHapus
  33. Jangan sampai uang jajan buat blogger juga di korupsi yaaa, ntar kita demo kalo itu hahaha

    BalasHapus
  34. Iya, sayang ya di Indonesia banyak banget kasus korupsi yg dilakukan para pejabat. andai aja uang2 hasil korupsi itu dipake utk ngebangun negeri, aku rasa indonesia akan menjadi negara yg maju

    BalasHapus
  35. YEsss kayanya bentar lagi ada yang bakal jadi duta anti korupsi #dutaantikorupsi

    BalasHapus
  36. Babang baru balek OKU Selatan, potensi wisatanya emang kece marince tapi belum dimaksimalin

    BalasHapus
  37. wah kalo destinasi tempat wisata sebagus itu dikelola dgn baik pasti banyak wisatawan yg berkunjung

    BalasHapus
  38. karna mereka tikus. mending di lindes pake truk hahaa

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. jika koruptor tobat, apa itu mungkin yaa??

    BalasHapus