Kuda Liar Kau Ku Kejar Hingga "Texas"


Pekarangan-nya neraka. Mungkin itu julukan yang pantas gue kasih buat sebuah tempat bernama Doro Ncanga di Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Seonggok tempat keren yang juga berprofesi ganda sebagai salah satu pintu masuk menuju Gunung Tambora.

Kenapa gue kasih nama pekarangan-nya neraka? Percayalah kawan, lo bikin telor dadar di tengah jalan aja itu bisa mateng secara sempurna saking panasnya. Dan menurut ramalan cuaca stasiun TV BBC New York, suhu udara di Doro Ncanga ini bisa mencapai 35 derajat celcius. Sungguh panas dan sungguh gue bohong mengenai ramalan cuaca BBC itu.

Welcome to the Club
Yang Suka Naik Damri, Syukurilah Nak.
Tapi beneran deh, konon orang Sumbawa-nya aja bilang Doro Ncanga ini adalah Texas-nya Indonesia karena Matahari di Doro Ncanga ini ada 9 buah. Mati ga lo !!?? Dan beruntungnya adalah gue sang petualang yang tidak takut kulitnya item karena kepanasan (karena udah item gue pasrah aja mau jadi tambah item, ijo, coklat, merah, ungu. Terserah bebas..) *showeran*

Back to story, Doro Ncanga yang artinya adalah gunung terbakar karena selain panas, disini pun jarang tumbuhan hijau yang berkembang biak, walaupun ada yah itu cuma satu dua aja, selebihnya cuma pohon dengan ranting-ranting yang kering, gersang banget.

Savana Membentang Luas
Ada minus tentu ada plus-nya juga dong. Dan Doro Ncanga di mata gue sangat lebih banyak nilai plus-nya. Disini adalah tempat dimana lo bisa liat habitat asli kuda liar yang terkenal di Sumbawa berkeliaran bebas sebebas merpati, padahal mereka adalah kuda. Ah, entahlah gue juga bingung gimana kata-kata yang bagus. Pokonya mereka bebas mau lari-larian, mau kencing, mau boker, atau mau lari sambil kencing sambil boker. Pokonya bebas.

Tai Kuda buat Cemilan
Selain itu, lo juga bisa liat panorama yang unik, lo bisa liat savana gersang dihiasi bukit-bukit kecil berbatu dengan latar belakang lautan lepas Pulau Sumbawa yang diterangi oleh hamparan warna biru cerah dan awan berbentuk gula-gula kapas dari langit Sumbawa. Sesuatu yang bakalan lo pengen liat setelah Video Luna Maya sama Ariel Peterpan.

Suhu udara panas gak bikin kita jadi manja, kita malah kalap foto-foto disini, mulai kalap ngejar-ngejar kuda liar yang kabur kalo kita deketin, mulai kalap berpose biadab layaknya bencong per-empat-an, mulai kalap ngemilin tai kuda yang serakan dimana-mana. Dan gue udah mulai males buat nulis panjang-panjang. Jadi silahkan di-ngiler-in lagi foto-foto perjalanan gue yang dahsyat ini, Guys :)

Buat lo yang cinta kuda dan pengen liat foto-foto lengkapnya yang lebih gokil silahkan kunjungi Facebook gue di --> Foto Kece Perjalanan Gue atau yang mau nanya-nanya gue udah punya pacar apa belom silahkan follow juga twitter gue di @takdos :D

Traveling bukanlah tentang datang dan pergi. Lebih mendalami kearifan lokal dan lebih menghayati perjalanannya.

19 komentar:

  1. Hehe....mau donk cemilannya...:-)
    kemaren Sumbawa numpang lewat doank..:-)

    BalasHapus
  2. HAHAHA silahkan diambil saja bro indra, banyak banget berserakan disana dengan tingkat kematangan yang berbeda tentunya. haha..sayang kalo sumbawa gak dieksplor juga..

    BalasHapus
  3. keren,, jadi pengen,, kapan ya punya waktu explore NTT,, *ngumpulin cuti dulu

    BalasHapus
  4. Sumbawa ini NTB bro rijal hehe..NTT mah komodo.
    Ayok kumpulin cuti dan langsung cuss ke NTB

    BalasHapus
  5. Bikin Iri Menjadi-jadi :D btw itu "tumbuhan berkembang biak" hahaha. Bahasa-nya Gokil bgt, ku suka. You tell what you feel, I can feel it too. "Menyukai Tulisan Anda"..:D

    BalasHapus
  6. BUAHAHAHAHAHA...gue aja binggung gue nulis apa, tulisan sekenanya diotak ya begitu jadinya..dipikir-pikir tumbuhan berkembang biak itu memang bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar yah hahaha..

    BalasHapus
  7. wah,,,,,pengen,,lagi nabung nih,,kira2 buat ngeksplore lombok abis brp yak??
    ,td nya berandai-andai aja,,baca tulisan lo bikin tambah ngidam k lombok dah,,,wawawawa #alai dkit,,

    BalasHapus
  8. @silva halo silva, ayok menanbung, karena kita diajarkan dsari SD harus rajin menanbung, gak usah di Bank, di celengan babi yang segede babi aja udah cukup kok hehe..

    hemm.. budget buat eksplor lombok yah? hemm..gini deh saya kasih tau dasarnya aja yah, kalo backpackingan, jalan2 jangan menyesuaikan sama uangnya, tapi uang yang menyesuaikan dgn jalan2. ngerti ga? gue sendiri sih ga ngerti apa yang gue tulis. hahaha..yah pokonya gtu deh. berapa pun uang yang lo bawa, pasti bisa eksplore suatu destinasi kok.

    pipips, love and gaul :)

    BalasHapus
  9. wah,,,,bener jg sih,,emang pergi bawa 500rb atau 100rb nyatanya bisa sama2 sampai ujung pulau kog,,,
    ..kalau ga ada temen tuh yg ga kebayang,,sendirian d tempat yg ga kita kenal...asyik? :O

    BalasHapus
  10. makin kesasar makin asyik..hahaha..makin ketemu banyak orang baru makin asik juga..

    BalasHapus
  11. mkch gan infonya,, mebel furnuture jepara www.jeparadisemebeland.com salam kenal gan

    BalasHapus
  12. mantaf gan infonya,, jual berbagai macam furniture jepara harga murah kualits mewah www.royalmebeljepara.com jaminan keamanan dan kenyamanan bertransaksi terpercaya,, salam kenal gan

    BalasHapus
  13. uyeee,,,hhahaha,,,#makin tertantang buat mendalami backpack,,,,bosen kalau naik2 gunung aja,,, :D

    BalasHapus
  14. @silva ayooook backpackan biar keceh..haha

    BalasHapus
  15. adis ke rinjani gak?sama danau segara anak?

    BalasHapus
  16. Kalo boleh gua dikasih tau dong rute paling mujarab biar bisa nyampe sana dari bogor :)

    BalasHapus