Terlalu Malas Untuk Berani


“Dis, kalo backpacker-an ajak-ajak, dong. Jangan sendirian mulu.”

“Oh, ayok. Minggu depan gue mau ke Derawan. Ikut lah, yuk.”

“ Wah, kalo minggu depan mah kagak bisa gue.”

“Kenapa?”

“Ada urusan gue, yang lain, deh.”

“Hemm.. Yaudah, bulan depan gue ke Bangkok. Ikutlah.”

“ Wah kejauhan, dis. Indonesiaan aja, terus waktunya jangan yang mepet-mepet.”

“Taun depan, deh. Januari gue ke Makassar. Gas!”

“Wah, taun depan, yah. Gue gak bisa kayaknya, mau operasi ambeyen.”

“YEEEEE ONDERDIL VESPA!!”

Dalam dunia per-traveling-an, lo pasti punya atau akan menemukan beberapa temen yang kelakuannya kayak ilustrasi di atas. Fix, gue yakin lo pasti punya temen-yang-sok-pengin-ikutan-traveling-tapi-pas-diajak-banyak-alesannya. Cih!

Maka dari itu, gue selalu suka kalo traveling itu sendiri. Gak ribet, gak repot mikirin orang lain. Sering kali trip gue kacau gegara masalah kayak ginian. Pernah suatu hari, saat gue masih kuliah, gue dan teman-teman berniat untuk liburang bareng rame-rame. Waktu itu kebetulan gue nemu tiket murah ke Vietnam cuma 250rebu doang. Gue kasih tau lah temen-temen gue, dan mereka bilang mau ikut. Oke sip!

Besoknya, gue nagih uang mereka biar bookingnya barengan dan sekaligus. Tapi mereka bilang besok aja, belom ada duit katanya. Oke, gue tunggu besok.

Besoknya lagi, gue bilang lagi ke mereka kalo kita udah harus booking tiket, takutnya harga tiket murahnya ilang, dan malah jadi mahal. Kata temen-temen gue mereka bayar sore ini, ditransfer ke ATM gue. Oke sip.

Sampai malem, mereka belum transfer-transfer. Dan baru besok pagi mereka ngabarin kalo ternyata mereka gak bisa ikut, alesannya pengin liburan ke yang deket-deket aja. Oke sip, gue ngerti. Akhirnya gue buka lagi web maskapai itu, dan pas ngecek harganya... #JENGJENG!

Harganya udah jadi 10 kali lipat, udah harga normal! FAAAAAAAAAAAAAK!! Akhirnya gue gagal ke Vietnam. AAAAAAAAAAAAAARRRGGGHH!!! *Jejelin knalpot vespa ke temen-temen gue!*

Terus apa hubungannya dengan "terlalu malas untuk berani"?

Backpacking adalah tentang berani apa nggaknya lo keluar dari zona nyaman. Meninggalkan apa yang lo punya, membawa secukupnya, dan lo akan pulang dengan membawa banyak hal, terutama pelajaran hidup.

Toh, beneran deh, gak ada yang perlu lo takutin dari backpacking dan membiarkan diri lo terbuka untuk bertemu dan menuju ke sesuatu yang baru. Gue gak akan banyak cerita lagi, percuma gue banyak nulis di postingan ini, karena yang gue pengin sampaikan adalah kalian coba berani untuk backpacking, dan kalianlah nanti yang bakalan bercerita tentang apa yang telah kalian dapatkan.

Kalau dengan membaca buku saja sudah cukup memberimu cerita. Cobalah traveling, dunia akan bercerita kepadamu. Kalau dengan membaca buku saja kamu sudah merasa melihat dunia. Cobalah traveling, kamu akan merasakan dunia.


Masih malas untuk berani?

33 komentar:

  1. bener juga yah !!!
    harus berani keluar zona nyamannya kita

    BalasHapus
  2. kalo nunggu yg laen atau ngajak banyak temen emang kelamaan. untung travelmate gue sama gendengnya kayak gue. -_-

    BalasHapus
  3. Sula dengan quote terakhir "Cobalah dengan travelling, kamu akan merasakan dunia :)". Absolutely true!

    BalasHapus
  4. Saya juga selalu merasakan hal yang sama,
    memang solo travelling lebih bebas.

    BalasHapus
  5. ia kalo nungguin temen terus, kita gag akan pernah maju.

    BalasHapus
  6. Bridgingnya mantap nih, pasti bentar lagi keluar posting jualan Sumba : ))))

    BalasHapus
  7. betull gue diremehin travelling sendiri, nah kemaren gue berangkat sendiri ke bali tanpa pesawat temen gue nggak percaya hahaha.. btw tas lo yang itu berapa liter dis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius ngit? lo naik pa kesana? *speechless

      Hapus
  8. terus kapan kita traveling bareng?

    BalasHapus
  9. Kalau ribet nungguin yang laen, kagak berangkat - berangkat! I'm going! with or without you :) Dunia terbuka lebar untuk orang - orang pemberani!

    BalasHapus
  10. aku pernah baca dikoran apa dimana gitu bang, travellinglah selagi anda masih muda!! dan jangan takut buat pergi jalan2!! soalnya kalo udah tua (udah pensiun misal, kan udah gaada kerjaan) mau jalan2 kan repong ye kan bang? iyeeeee~~

    BalasHapus
  11. Bener bangggeeeeettt.....Udah gak kehitung temen2 yang macam begituan dis...ampe sekarang gw dah kapok buat sesumbar ngajak temen traveling.... Lebih enak sendiri, udah gitu lebih memaknai inti dari traveling buka sekedar cuma pingin have fun.....hehe

    BalasHapus
  12. sukkkkaaaaa....gue sering juga jalan sendiri...bebas backpackeran......tanpa beban, mau berhenti dimana aja bebas...apalgi yang mau diajak manja...no..without u aja deh

    BalasHapus
  13. Thanks bro..
    Udah nginspirasi g buat backpacking.. Week end ini bakalan g habiskan sebagai "gembel" di singapore. #ah senangnyaa =D

    BalasHapus
  14. Hahaha.... Bener2 pas bgt gw juga punya temen kaya gitu bilangnya mau ikut pas diajak ngasih 1000 alesan kaya lagunya zaskia gotik :D


    Salam
    http://travellingaddict.blogspot.com

    BalasHapus
  15. keren nih, "membaca buku melihat dunia, dengan traveling kita merasakan dunia"

    BalasHapus
  16. Great! Love this kind of posts because you end up knowing more people and find out great inspiration! Travel Oh Travel

    BalasHapus
  17. Pengalaman gue banget nih suka diPHPin temen buat travelling bareng

    BalasHapus
  18. t e r l a l u MALAS u n t u k BERANI XD

    BalasHapus
  19. Setuju banget sama tulisan ini. Pengalaman, ngajak-ngajakin orang tapi ujung-ujungnya ga jelas, jadi mencoba nantangin diri sendiri buat pergi sendirian. Yah, sendiri atau rame-rame, tetap jadi cerita. Jadi jangan tunggu-tungguan ^^

    BalasHapus
  20. temen gw juga banyak tuh yg begitu, kalo udah pulang traveling baru deh dibilang gak ngajak2, giliran diajak pada gak bisa. apeu

    BalasHapus
  21. baru mau nyoba solo travelling nih dis.

    BalasHapus
  22. sama banget kayak kasus gw ding, katenye pd mo nabung bareng, wess kita nabung, eh ujung ujung pd diam and narik duid satu per satu, yaudah, jadinya gw bkin passport and booking tiket sndrian. smua tmen pada ngatain gw gila, masa cewek travel sndirian? ga takut loe? ckckckc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, lha emang kalo cewek gak boleh travel sendirian? kalo nunggu teman malah gak bisa travel kemana-mana

      Hapus
  23. Berarti gue termasuk orang yang beruntung, punya temen-temen yang juga hobby traveling, sejauh ini tiap mau liburan pasti jadi, terlepas dari perbedaan asal dan kebudayaan tapi untungnya kita kerjanya ditempat yang sama (wlo beda divisi). gue pernah traveling sendiri, emang lebih bebas ngatur sesuai keinginan kita tapi kadang terasa lebih seru klo ada temennya, itu sih pendapat gue, tiap orang kan beda-beda ngerasainnya gmn.But gue iri deh ama loe yang bisa traveling kemana-mana apalagi gratis hehehe. Sukses terus ya, & ditunggu postingan selanjutnya ;)

    BalasHapus
  24. uda ga keitung temen gue yang kaya gitu Dis.. pada akhirnya manusia juga bakal sendiri" kan? sendiri itu indaaah..hahaa tapi ga jomblo terus juga keleus #ehh

    BalasHapus
  25. Gan minta email dong mau tanya2..nuhun . Or u cant messages me first :) dany.octav@gmail.com

    BalasHapus
  26. Sukaa bingiit ama quotes yg terakhir tuu.. ^^

    BalasHapus
  27. Betul tu, ayooo mulailah langkah baru jangan diam dan besok akan tiba waktunya.

    BalasHapus