3 Cara yang Bikin Perjalanan Makin Seru Versi Gue


Halo backpacker!

Udah lama nih gue gak ngasih tips-tips tentang backpacking. Iya.. iya.. sekarang kerjaan gue bukan cuma nulis dan mantengin blog doang. Selain nulis, gue juga sibuk nyari duit buat modal kawin. Dan ironisnya, sampai sekarang gue gak punya pacar. Hiks.

Gak apa-apa, sekarang gue punya prinsip, kalo penghasilan belom 50 juta/ bulan, gue gak mau punya pacar dulu. Tapi kalo pacar-pacaran mah, yah, ok lah. Sebenernya, gue tuh punya cewek yang gue suka, tapi dia itu udah ada yang punya. Terus.. Lah, lah, kok jadi curhat. Maap maap.

Yaudah, langsung aja, lah. Nih 3 hal yang bikin perjalan makin seru. Versi gue!


1. Trip yang tidak direncanakan
 

Yups, trip yang tidak direncanakan alias bodo-amat-gimana-ntar alias spontan atau dalam bahasa gaulnya adalah get lost. Trip dengan cara ini bakal bikin adrenalin lo semakin terpacu. Gimana nggak, misalnya, lo lagi bete diem mulu di rumah, terus tiba-tiba terlintas pikiran buat pergi jalan-jalan. Terus detik itu juga lo langsung berangkat ke tempat yang lo pengin datengin.

Contoh, pas masih kuliah, gue tiba-tiba bete di kelas. Terus gue ngajakin 3 temen gue buat cabut ke Pantai Sawarna sehabis pulang kuliah. Tanpa googling, tanpa bawa persediaan, tanpa packing yang memadai, kita langsung cabut ke sana. Dan akhirnya hangover mushroom selama 2 hari di Pantai Sawarna.

Atau pas gue lagi trip ke 3 negara, Filipina, Hong Kong dan Macau. Gue juga sama sekali gak googling di sana ada apa. Pas sesampainya di Manila, gue bingung mau kemana. Akhirnya gue tanya ke orang yang random jalan depan gue.

“Bro, kalo lo turis, lo pengin ke mana di deket-deket Manila ini?“ Tanya gue.

“Puerto Galera. Cuma 5 jam dari sini.” Jawab dia. Dan yak, gue pun langsung cabut kesana tanpa tau ada apa di Puerto Galera. Dan apa yang gue temuin malah di luar ekspektasi gue : Perjalanan gue makin seru dan gue gak kecewa dateng kesana karena gak ada ekspektasi apapun tentang Puerto Galera.

So, sobek itinerary lo!


2. Lakuin apa yang belom dan gak bisa lo lakuin di tempat lo berasal

Yak, traveling adalah tentang mencoba dan merasakan sesuatu yang baru. Sekarang, buat apa lo jauh-jauh pergi ke suatu tempat kalo yang lo lakuin di tempat itu cuma tidur, main games, atau hal-hal yang biasa lo kerjain di rumah.

Kalo lagi backpacking, gue suka mencoba sesuatu yang baru. Entah itu aktifitas, tempat wisata, atau bahkan makanan-makanan yang aneh. Intinya yang gak ada di Bandung atau di tempat gue tinggal, gue cobain.

Contoh lagi, pas gue ke Phi Phi Island, Thailand. Gue nyobain seni bela diri khas Thailand, yaitu pencak silat. Eh, salah. Thai Boxing. Gue nyoba thai boxing di salah satu pub disana, dan ngelawan bule Russia segede babon. Dan gue adalah orang Indonesia pertama yang ikutan thai boxing di Pub itu, sekaligus orang Indonesia pertama yang bonyok digebukin bule Russia. Keren!

sakit :(
Selain itu, gue juga hobi banget nyobain makanan-makanan ekstrim di tempat-tempat yang gue kunjungi. Di Thailand, gue yoba makan belalang, kelabang, belatung dan sejenisnya. Di Filipina, gue nyobain balut (embrio bebek yang berumur beberapa hari), di Sumba, gue nyobain sirih pinang pahit dan babi yang masih ada bulu-bulunya. Pokoknya gue cobain semua.


Dan apa yang gue dapet dari nyoba apa yang belom pernah gue coba? Pengalaman, sob! Cerita gue bukan cuma tentang pemandangan yang indah dan tempat wisata yang keceh. Tapi gue juga bercerita tentang apa yang kebanyakan orang gak berani alamin. Dan disitulah esensi lo traveling.


3. Hangover


Cukup satu kalimat aja untuk mendeskripsikan kata “Hangover” ini.

Cerita seru, gak pernah berawal dari minum susu.

Happy backpacking, backpacker gembel!


Sebutin di box comment dong apa yang bikin perjalanan lo seru?

78 komentar:

  1. rifqi sang pencerah10 Januari 2014 pukul 16.16

    goooooodddd

    BalasHapus
  2. mungkin bisa aja dis, kalo minum susu tapi ternyata lactose intolerant, padahal mesti presentasi di depan banyak orang penting kayak kongres gitu misalnya.. :))

    BalasHapus
  3. Yak, kalo direncanakan sih emang kurang seru. Kita udah tau apa yang musti dilakuin jam segini, nanti jam segini kudu kemana, pulang jam berapa. Nggak tertantang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo mau lebih tertantang gak? Sekarang, pas lo lagi baca tulisan ini, lo langsung pergi ke Pantai Sawarna. Sekarang juga!

      Hapus
  4. hahaha bener. gue pernah mau balik dari bali kehabisan tiket akhirnya ngasal ke malang dulu semalem wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. "Cerita seru, gak pernah berawal dari minum susu."

    Fak, Dis. Fak X)))

    BalasHapus
  6. Kalau minum "susu" di "Patpong" pasti jadinya seru, trust me.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, kenapa banyak tanda kutip gitu sih? Maksudnya apa, kak?

      Hapus
    2. Ah, itu mah susu yang lain! hahahaha.

      Hapus
  7. Sobek itenarary lo!
    Ngga mau ah Dis, sayang hasil gue googling ampe malem supaya gak nyasar. #stuckincomfortzone

    Salam
    http://travellingaddict.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Tips no satu gue setuju banget tuh, lebih seru malah yang gak direncanakan...hahaha share waktu gue backpack ke Jepang nyasar sampe gang 'dolly' versi sana
    http://jejak-ransel.blogspot.com/2013/09/jejak-negeri-sakura-lampu-merah-versi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti lo juga harus setuju sama nomer 3 juga! hahaha

      Hapus
  9. Mana lagi kelanjutan TravelInLoveSEAnya bang ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, iya yah.. eh, lupa. eh, itu apaan sih? eh.. *hilang ingatan*

      Hapus
    2. Eh itu yang itu, yang itu tuh, yang wah

      Hapus
  10. Gw pernah minum air kali yang disampingnya ada orang boker... Nikmat bener airnya :D

    BalasHapus
  11. Hooo. . Klo gue mah yg ptg mind set, apapun yg terjadi di ambil serunya aja. Mau cuman ke bonbin ato ke monas, klo niat nya pingin seneng2, pasti ujungnya ada aja cerita seru yg bs dibagi.
    Travelling bukan ttg jumlah uang yg dikeluarin, bkn ttg waktu luang yg hrs disediain. Traveling itu ttg nikmatin apa yg lo alamin.

    BalasHapus
  12. eh udah jomblo lg lah ni orangggg :)))

    BalasHapus
  13. Minum cap tikus orisinil meeenn..... setara spirtuuussssss!!!!
    MANADOOO MEEEN...
    BRENTI JO BAGATEEEEEE

    BalasHapus
  14. NJIR SI TAKDISSSS...
    MANEH TUH AING BANGET....!!!!

    JANGAN-JANGAN......KITAAAAA.....

    BalasHapus
  15. Liburan seru itu jika dalam perjalanan kita tersesat dulu sebelum temukan tempatnya.

    BalasHapus
  16. ANJIR ADIISSSS!!!

    Quote-nya yahuuddd maneh ah!

    BalasHapus
  17. Hahaha yang pertama emang bikin seru. Gue pernah pengen ke ujung barat Jawa naik motor, modal cuman ngikutin kiblat dari mesjid (entah nyasar ke mana). Tapi kalo yang buat makan makanan, gue lemah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren ke barat, seperti mencari kitab suci :((

      Hapus
  18. nice threat.. thanks this post :)

    BalasHapus
  19. Kalau minum susu langsung dari puting sapi yg lagi diperah kayaknya bakal ada cerita seru juga tuh kakak :D

    BalasHapus
  20. Setuju yang nomor satu. udah pernah nyobain 4 hari di jogja tanpa rencana apa2! tapi klo makanan gak bisa gue, dis. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan apa yang gak bisa?

      Hapus
    2. yang gak yakin kehalalannya dan kalau kayaknya gross banget dah hehehe

      Hapus
  21. emang biasnaya yg nggak direncananin itu malah bisa lebih gokil kan dis heheheh

    BalasHapus
  22. Ane biasa juga bolang sob.. tp masi dalem negri ... banyak tulisan ane disini http://pecintaalam.net .. pengen juga sih ..ngebolang ampe luar trus nyasar.. tidur nebeng.. makan nebeng.. #hah itu pengalaman ane

    BalasHapus
  23. klo gw sih seru klo di t4 umum bisa kentutin org tanpa diketahuin org itu,,ahahahah cobain disss wkwkwkkw

    BalasHapus
  24. hahaha gile lu ndro. sama kadang gw juga bingung mau kemana berooo. guwe jalan dan kadang nulis2 jg. mampir yaa :D http://baangzack.blogspot.com/2013/06/pulau-lombok-seberangnya-lagi-ya-gili.html

    BalasHapus
  25. Bagi tips jalan jalan murah ke australia donk...

    BalasHapus
  26. Bagi tips biar cepet dapet cewek dong mastah. Eh.

    BalasHapus
  27. yang bikin perjalanan seruu itu,,, alamnya, penduduknya, yang pasti makanannya :D :D

    CIka

    BalasHapus
  28. Saya udah pernah yang nomor 1... selain memacu adrenalin kita juga gak akan terlalu kecewa dengan tempat yang kita datangi... jadi buat apa googling jika local know the best

    BalasHapus
  29. setuju banget sama tiga2nya. jalan2 jadi lebih seru :)

    BalasHapus
  30. Ajak gue ke Gili dong nyong~

    BalasHapus
  31. Kalo ada yg gak mau backpackeran, pengennya wisata santai dan nyaman... visit aja blog ane ya... tuh ada di link name.. makasi mas

    BalasHapus
  32. waduh, perjalanan makin seru kalau di dokumentasikan ya, apalgi ditulis secara detail versi kita sendiri.. makin terasa nikmatnya...

    BalasHapus
  33. baru nyadar nih aku tentang hal2 di atas. siip deh, nice info :D

    BalasHapus
  34. perjalanan bareng ame lu seru kali y dis *kedipkedip kelilipan bata

    BalasHapus
  35. waaah menarik juga tuh buat dicoba pas jalan - jalan hahhaa

    BalasHapus
  36. kesasarrrrrrrr..... dan uang kehabisannn hahahahahaha #CIYANNYAAAGUEE

    BalasHapus
  37. gua belum pernah backpacking padahal umur dah tua takut nyesel... :((

    BalasHapus
  38. kalo istilah ane sih mbolang gan....

    BalasHapus
  39. adisss..waktu di sarah sechan bilangnya itinerary penting, ko disini bilangnya disobek aja. -.-

    BalasHapus
  40. sedikit tips mencari hotel murah dijakart, bisa lihat nama ane ya mas bro... ;)

    BalasHapus
  41. kayaknya hangover boleh juga tuh bro, jadi kepengen :)

    BalasHapus