Cara Apply Visa On Arrival (VoA) Nepal


Namaste!

Gue lagi di Nepal sekarang :)

Jujur sama gue, buat kalian para pendaki gunung, pecinta alam, dan backpacker sejati, Nepal bakalan masuk ke salah satu destinasi impian kalian, betul?

Negara yang memiliki gunung tertinggi di dunia ini menghipnotis gue juga untuk bermimpi, suatu hari gue bakal menginjakan kaki di sana. Dan hari itu adalah sekarang. Saat menuliskan cerita yang sedang kalian baca ini, gue sedang berada di dalam kamar hotel di Pokhara. Kota besar terdekat untuk mencapai The Great Everest! Yak, gue bakal naik ke sana! Gak nyampe Everest nya sih, cuma ke Annapurna Basecamp aja. Huft!

Sudah 13 hari gue lewatkan waktu di Negara dengan luas 147.181 km dan memiliki 8 dari 10 puncak tertinggi di dunia. Wajar, kalo pas lagi nulis ini, badan gue dibuntel sama jaket dan selimut tebel. Dinginnya bikin pengin ngeeeeentt… membuat kopi panas.

Perjalanan dimulai dari rumah gue di Bandung. FYI, untuk tiket pesawat Bandung - KL - Kathmandu gue dapatkan dengan harga Rp. 750.000,- yak, hampir sama dengan harga Foja travel jacket yang gue jual. Berbekal 143 USD atau setara Rp. 2.000.000,- untuk 23 hari perjalanan, di jam pertama gue di Nepal gue udah kecolongan 40 USD gegara harus bayar Visa On Arrival selama 30 hari di Nepal. Damn! Sisa uang gue jadi cuma sekitar 103 USD!


Untuk mengurus Visa On Arrival Nepal gampang banget! Let me know you.

Pertama, apa aja yang harus lu siapkan dan lakukan:


1. Application Visa (Ini bisa lu dapet di bandara atau pas di pesawat, biasanya si pramugari ngasih), tapi kalo lu gak mau nulis-nulis, di bandara Tribhuvan sudah disediakan mesin untuk apply visa, lu tinggal scan passport, terus klik-klik gitu deh isi biodata biasa. Tapi cepetan nulis tangan, deng.

2. 2 buah pas foto ukuran bebas dengan latar belakang warna bebas. Tapi bebas di sini bukan berarti lu ngasih pas foto segede A2 atau segede foto keluarga juga yak! Yang wajar-wajar aja, lah. 2x3 atau 3x4. Terus latar belakangnya ini maksudnya warna standar aja gitu, biru, merah, putih. Jangan foto latar bunga-bunga hasil foto box juga yang lu kasih, jangan!

3. Duit untuk bayar VoA Nepal, besarnya tergantung berapa lama lu stay.


15 hari – 25 USD
30 hari – 40 USD
90 hari – 100 USD

Nah, karena gue di Nepal lebih dari 3 minggu, gue diharuskan bayar 40 USD. Dan anehnya lagi, bayar VoA Nepal ini gak bisa pake Nepal Rupee! Fak banget gak tuh!?

Jadi mata uang yang diterima untuk bayar VoA adalah USD, AUD, Yen, Euro, daftar harganya ada lah pokoknya di sana. Oh, jangan coba-coba bayar pake Rupiah, gak laku! Hihihi!

Nah, setelah lu udah kerjain dan siapin semua, pertama lu dateng ke tempat pembayaran Visa, tepat disebelah mesin apply visa. Di sini lu bakal diminta duit sama 1 pas foto. Abis itu, lu ke pemeriksaan imigrasi, bawa cek tanda lu udah bayar visa dan udah ada stiker visa yang nempel di passport lu. Abis itu kasih lagi 1 foto buat si abang imigrasinya, abis itu udah deh selesai.
Saking dinginya, gue shaking pas ambil foto ini :(
Gampang, kan? Ahelah, cilok! Yok, sini nyusul gue ke Nepal!

Oh iya, pengeluaran hari pertama, kedua dan ketiga gue di Nepal cuma abis Rp. 70.000 doang! Mau tau gimana caranya?

Sabar dulu anak marmot, gue terusin dipostingan selanjutnya, yak!


39 komentar:

  1. iye adek sabar abang gajah wkwkwk

    BalasHapus
  2. Huuu selalu ngephpin reader. Tpi gue tunggu takdos

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah jawab pertanyaan saya di Tweet, ya. InsyaAllah nyusul kesana awal April.
    Share juga kakak gmn nyiasatin Bus Lokal Nepal yg terkenal uyel2an plus bau Kuri.

    Hari pertama , kedua cuman 70rb, berarti Dari badara ke Thamel naik bus, setahu aku Nepal di Embargo minyak sama India, otomatis ongkos taksi naik. Dulu taksi 600 NPR. entah sekarang? Semoga lancar perjalanan sampai pulang ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaaap, nanti di next next postingan yaaaaaak~

      Hapus
  4. aing tunggu bang..

    BTW ti**t lo jadi kecil ga karena kedinginan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahelah, sejadi kecil-kecilnya titit gue, tetep lebih gedean gue daripada elu!

      Hapus
  5. Ngakak baca komentar atas gue. Btw bener deh, titit lu ngerut nggak? akakakakkakakaka Niceee kang adis

    BalasHapus
  6. bener bang, nepal adalah list destinasi yg wajib dikunjungi buat backpacker sejati.

    BalasHapus
  7. ajaib emang lu bang sehari cuma ngabisin 70rb, jangan sampai cuma cukup beli obat maag sama okky jelly yah ? haha

    BalasHapus
  8. Ruarrrrrtt biassssssaaaa dingin jadi pengen nyusul

    BalasHapus
  9. Kagak sabar postingan selanjutnya muncul dis @@

    BalasHapus
  10. Dengar kata Nepal aja, otak gue udah ngebayang yang eksotik2... Himalaya nya yang paling utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginnya sih ke Himalaya, cuma mahal :(

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. iya gampang juga ya bikin visa ke nepal, gak pake ribet, nice .

    BalasHapus
  14. kampret cuma nulis segitu doang, percuma dong gue puasa kalo cuma baca seupil gitu

    BalasHapus
  15. wahh, keren anyway onthe busway postingan lanjutannya yang mana?

    BalasHapus
  16. Mas klo buat voa nepal ga ada syarat passport harus 1th dr tgl dibuat kan?
    Saya baru buat passport dan ada rencana 2 bulan lagi ke Nepal. Ada yg bilang u/ ke negara bervisa harus minimal passport 1 th dr tgl pembuatan atw sudah visit ke 3 negara non visa. Itu berlaku juga u/ nepal ga mas?

    BalasHapus
  17. wah kok bisa dapet tiket ke Kathmandu semurah itu? pakai airlines apa btw?

    BalasHapus
  18. Apa aja yg wajib di kunjungi di Kathmandu bro?? Gw jdi tertarik mau ksana..klo 3-4 hari disana cukup ga keliling yg inti2 nya aja?

    BalasHapus
  19. Hai, nak tnya kalau da smpai airport nepal, immigration banyak tnya ke?? Kalau saja2 jalan2 dia nak bukti apa2 ke? Tlg balas please

    BalasHapus
  20. Hai, nak tnya kalau da smpai airport nepal, immigration banyak tnya ke?? Kalau saja2 jalan2 dia nak bukti apa2 ke? Tlg balas please

    BalasHapus
  21. Kira2 aman GA cewe solo traveling kesana buat sampai Annapurna? Ada gitu solo traveling cewe??

    BalasHapus
  22. Wahhh ternyata sesama orang Bandung nih, btw hatur nuhun postingannya, Jadi ada gambaran buat traveling disana! :D

    BalasHapus
  23. Cosby's views on education have in some respects changed for the worse. His earlier take on the prospects of schooling for the poor was more humane and balanced. In his 1976 dissertation, Cosby argued against "institutional racism" and maintained that school systems failed the poorest and most vulnerable black students.

    For instance, schools will get more leeway in transitioning to whole grain Michael Kors Bags Outlet products. The compromise stipulates that 20 percent of grains Nike Air Force 1 Cheap Outlet served can fall Coach Outlet Clearance Sale short of the whole grain standard. This means schools can still Coach Purses On Clearance occasionally serve old favorites such as white tortillas or biscuits.

    "In effect ,they sought to end his career," says Leahy. "And keep in mind, this is not we're not talking about some rookie FBI agent. We're talking about a person whose life was the FBI, who was Coach Outlet Clearance Sale the epitome of what you want in law enforcement. No MK Outlet Store amount of Plastic Surgery to include your eye lifts are making you look younger . It makes u look Coach Outlet Online Michael Kors Outlet Online PLASTIC. I see why Ashton lis looking elsewhere.

    BalasHapus