Solo Trekking ke Annapurna Basecamp Circuit (ABC) Nepal - Preparation


Kamu anak gunung? Kamu anak Pecinta Alam? Kamu anak haram?

Nah, pasti kamu-kamu udah ngilik-ngilik, nih, sebuah gunung yang jadi dream destination buat kamu-kamu yang doyan jalan kaki ke gunung alias trekking. Yak, Annapurna Basecamp Circuit, Nepal!

"Dis, bisa gak trekking sendirian ke Annapurna gak pake guide atau porter?"


Sangat bisa, dan gue udah lakuin itu! Pun misalnya lu gak berani sendirian, gue saranin sewa porter aja, gak usah sewa guide, karena porter lebih berguna dibanding guide. Porter bisa bawain barang lu sekalian, dan mereka sama khatamnya tentang Annapurna kayak guide. Untuk ongkos guide sendiri rata-rata 1.500 NPR/ hari, sementara porter lu bisa dapet 800 NPR/ hari dan lebih berguna.

Untuk itu, postingan perjalanan gue ke Annapurna Basecamp Circuit akan gue bagi ke beberapa bagian, soalnya mulai dari persiapan izin, persiapan alat-alat, waktu yang dibutuhkan untuk trekking, jalur yang dipilih dan pengalaman mendaki dari satu gunung ke gunung lain, dari satu desa ke desa lain membutuhkan waktu yang gak sebentar! So, di postingan pertama ini gue akan bahas:

Apa aja yang lo butuhin untuk bisa trekking ke Annapurna Basecamp Circuit?

1. Tiket ke Nepal



Terserah lu mau pake tiket apaan, pesawat kek, perahu kek, rajawali kek, gue gak peduli. Yang penting lu harus punya tiket ke Nepal dulu biar lebih gampang trekkingnya dari Nepal. Kalo lu mulai trekking ke Annapurna dari Papua, niscaya lu gak akan nyampe-nyampe ampe Film “Kiamat Sudah Dekat” ganti judul jadi “Kiamat Kok Gak Dateng-Dateng, Yah!?”

2. Ngurus Visa Nepal

Nah, ini mah detailnya lu baca aja di sini >> Cara Mengurus Visa On Arrival Nepal

3. Trekking Permit dan TIMS (Trekker's Information Management System)

Usahakan fotonya sekech mungkin, karena kalo lu ilang di gunung, foto ini yang bakal disebar
Trekking Permit dan TIMS adalah hal yang sangat wajib lu punya! Ini semacam surat-surat untuk lu bisa masuk ke kawasan ABC dan melakukan trekking.

Untuk mendapatkan trekking permit dan TIMS, lu mesti ngurus semuanya di Kathmandu, tepatnya di Tourism Office mereka. Kalo lu tinggal di Thamel (Backpacker Area-nya Nepal) lu bisa jalan kaki ke arah Rani Pokhari (Queen’s Pond), terus jalan lurus ke Tourism Office-nya. Kalo bingung lu bisa tanya warga local aja, tapi kebanyakan mereka gak tau di mana letak Tourism Office, jadi tanya aja kantor polisi paling gede di sana. Nah si Tourism Office-nya itu tepat berada di seberang kantor polisi. Kalo masih bingung juga, ya pake becak atau taksi aja, beres!

Terus apa aja yang kita butuhin untuk membuat permit dan TIMS?

a. Pas foto 4 buah, bisa ukuran 2x3 atau 3x4, dengan latar warna bebas.

b. Uang 2000 NPR untuk Trekking Permit dan 2000 NPR untuk TIMS, jadi total bawa duit 4000 NPR

c. Isi form trekking, nanti kalian akan diberi 2 lembar kertas untuk data diri dan trek mana yang kalian pilih. Sebenernya banyak jalur trekking yang bisa kalian pilih, tapi ya lansung pilih aja ABC.

Prosesnya gampang dan cepet, jadi jangan takut ngantri atau gak ngerti. Gampang! Sebenernya bisa ngurus di Pokhara, tapi nanti jatuhnya lebih mahal karena ada ongkos bikinnya.

4. Perlengkapan Trekking!

Ini nih yang paling sangat wajib untuk dipenuhi! Karena kalian akan trekking ke medan yang berat dan dalam waktu yang gak sebentar, jadi perlengkapan ini wajib banget kalian bawa. Kalo nggak, ya nyesel kayak gue. Serius, dah. Ok, kita bahas mulai dari bawah ke atas yah. Jadi apa aja yang kalian butuhkan?
a. Sepatu trekking is a must! Jangan sekali-kali coba pake sneakers, running shoes apalagi sandal jepit. Mati aja di Kathmandu kalo begitu, mah!

b. Snow Grips untuk jalan di es! Sebenernya ini optional, tergantung musim apa kita trekking, tapi kalo kayak gue yang trekking pas musim salju (Januari – Februari) grips sepatu untuk jalan di es ini penting banget, biasanya trek bersalju akan dimulai dari Desa Dovan sampai ke ABC, dan kalo gak pake grips ya hati-hati aja licin, terus kepeleset, terus masuk jurang. Pun kalian gak punya, bisa diakalin sama lapisin sepatu pake kaos kaki, tapi inget, tergantung seberapa tebalnya salju juga.

c. Trekking Socks alias kaos kaki. Setebel mungkin kalo bisa. Selain untuk menghangatkan kaki, juga untuk mengantisipasi lecet-lecet di kaki. Inget kita bakal jalan kaki puluhan jam. Jadi jaga kaki lu!

d. Warming Trekking Pants, ini juga optional. Kalo kalian bisa tahan dingin, cukup bawa celana semacam cargo gitu aja. Tapi kalo gak tahan dingin bawa yang anti dingin yang dalemnya kayak selimut itu aja.


e. Down Jacket atau wind breaker jacket. Ini juga salah satu yang paling penting untuk dibawa saat trekking ke Annapurna Basecamp. Karena suhu udara bisa di bawah 0 derajat celcius, jadi jaket yang bisa tahan dingin dan tahan angin ini wajib lu punya, dan kadang jaket beginian di dalemnya harus ada jaket pelapis lagi. Tapi kalo untuk siang hari, pake jaket beginian nguras tenaga banget, kalian bisa pake Foja Travel Jacket dari @WTVRBCPR.

f. Glove! Please, jangan bawa sarung tangan buat naik motor, ini beda! Usahakan kalian punya sarung tangan yang agak tebel dan dalemnya anget. Kalo kalian pake sarung tangan biasa, gue jamin beku dah! Selain buat nahan dingin, sarung tangan juga berguna untuk manjat-manjat batu.

g. Kupluk. Duh bahasa inggrisnya apaan yah beginian? Ya itu lah pokoknya, biar kepala kalian gak kedinginan juga dan cepet pusing. Kalo mau lebih anget sih pake helm full face.

h. Pole Stick. Sebenernya ini gak perlu-perlu banget punya sih. Kalian bisa pake bambu kayak gue yang banyak ditemuin selama trekking.

i. Obat penetral air. Yak benar, sepanjang perjalanan ke Annapurna kalian akan banyak menemukan mata air untuk di minum, dan benar juga, mata air di sana adalah mata air alami terbaik dari alam. Tapi untuk yang perutnya agak sensitif, jangan lupa bawa obat penetral air ini, yak.

j. Thermal Sleeping Bag, perlukah? Gue rasa nggak harus-harus banget, karena di setiap guesthouse/ penginapan tempat kalian stay selama perjalanan, kalian bakal dikasih selimut. Tapi beda cerita kalo kalian mau nenda atau tidur di hutan, ya mendingan bawa.

k. 1 stel baju ganti untuk tidur. Jadi gini, karena trek yang akan dilalui berat dan kalian harus meminimalisir barang bawaan. Gue saranin kalian bawa 2 pasang pakaian, 1 untuk trekking, 1 untuk tidur. Sumpah, mau sebau apapun lu juga orang mah bodo amat. Dan itu cukup banget.

l. Botol minuman untuk isi ulang air. Inget, di sana air mineral mahal, botol jangan dibuang sembarangan!

m. Bekal cemilan seperti biskuit atau cokelat untuk cemilan di perjalanan, karena di atas gunung semakin naik semua semakin mahal. Dan untuk menghemat budget biasanya gue cuma beli makan malem aja di guesthouse tempat gue nginep, makan pagi sama makan siangnya ya biskuit sama air putih.

n. Obat-obatan. Tergantung lu penyakitan apa kagak.

o. Duit! Ini penting ternyata, nih. Semakin tinggi lu ngedaki, semakin mahal juga harga-harga makanan dan minumannya.

Nah, alat-alat udah lengkap semua kan? Nah, walaupun lu gak punya alat-alat di atas semua, atau lu gak mau ribet bawa dari Indoneisa, lu bisa sewa di Thamel atau Pokhara. Tapi gue saranin mending sewa atau beli di Thamel, Kathmandu aja, karena jauh lebih murah!

5. You!
Aku yang sedang kelelahan!
Terakhir dan yang paling penting adalah, siapkan fisik dan mental! Karena naik gunung, walaupun sudah menyiapkan peralatan lengkap, adalah bukan hal yang main-main. Sudah banyak pendaki hilang di Annapurna, maka dari itu, selalu perhatikan kebugaran badan, kondisi fisik dan mental kalian. Jangan pernah maksain terus naik kalo kalian ngerasa ada sesuatu yang gak beres.

So, itu aja dulu yang mau gue bahas. Kalo ada pertanyaan tentang trekking ke Annapurna Basecamp silahkan langsung komen aja, yak!

Dan untuk postingan selanjutnya, gue bakal cerita tentang fakta-fakta dan rute yang bisa lu pilih untuk trekking ke Annapurna Basecamp Circuit! See yaa, happy backpacking, backpacker backpacker gembel!


69 komentar:

  1. Lah, gue pertamax ya? Nah lo kan ketemu salju, coba rasain saljunya bang.. Rasanya apa? Es teler kah? Atau rasanya kayak temulawak? WKAKAKKAKAKA

    NIce post btw

    BalasHapus
    Balasan
    1. PERTAMAX diamankan, gan! ANjis, rasanya sama aja kayak bunga es yang ada di freezer rumah lu!

      Hapus
  2. Foja tetep ga bisa kalau buat malam ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foja bisa aja dipake buat malem, cuma kalo udah ampe desa Dovan ke atas (which is itu bersalju) mending pake down jacket, atau double selimutnya.

      Hapus
  3. ohh, jadi tiap malam pasti berhenti di guesthouse ya dis? itu ongkos guesthousenya bayar lagi terpisah apa udah dalam paketan trekingnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak pake agent sih terpisah, kak. Nanti di postingan selanjutnya adis bikin fun fact tentang nepal dan trekking Annapurna, deh :p

      Hapus
  4. sepatu treking nya itu pake rantai gtu yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu dipasang kalo udah nemu trek yang bersalju

      Hapus
    2. rantai nya kita bawa sendiri atau bisa sewa di thamel?

      Hapus
  5. dis..
    pokhara-ABC PP berapa hari normalnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8 - 12 hari normalnya mah. Kalo lu kuat, bisa dibuat 5-7 hari doang.

      Hapus
  6. booking tiket pp bandung - nepal dimana lu dis?

    BalasHapus
  7. waaahhh ngilerrr pengen banget nyobain naik kesana, tapi apa daya huhuh

    BalasHapus
  8. Halo gan, bisa tolong detail dikiirmkan itinerarynya gan ke email saya ukizakhmad@gmail.com:)

    sama minta kontaknya wasap gan :).

    saya tahun depan rencana kesana :D, sudah beli tiket perginya, pulangnya belum ada promo hehehe

    untuk tiket pulangnya kena berapa ya gan? thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ane update terus gan di blog ini, subcribed atau follow aja gan blog nya di google+ biar tau pas ada updatean terbaru hehe

      Hapus
    2. oekiz ahmaddd gwa boleh join kagak gwa taun depan mau kesana juga cmn gwa belom booking tiket gwa ngikut lu ajj biar ada temen trekking gwa agak takut klo sendiri

      Hapus
    3. okeiz ahmad kapan lu ke nepal gwa boleh join kaga gwa ada rencana kesana jg

      Hapus
  9. Bang minta Contact Hp boleh ga ? WA atau Line .. Mau tanya2 ... Hehehehe

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas info nya.sangat membantu

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Harga tiket pp nya dapat berapa bang? Terimakasih Salam, Abbas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 3 jutaan. Perginya gue dapet 750.000, pulangnya yang agak mahalan

      Hapus
  13. http://www.nepalguideinfo.com/ama-dablam-expedition/

    BalasHapus
  14. bro gmn caranya 23 hari di nepal cuma bawa 2 juta rupiah..
    cukup tuh?

    charil - tangerang

    BalasHapus
  15. bagi yang pecinta alam dan suka naik gunung (pendaki gunung), nepal memang bagus banget tuh untuk traveling.

    BalasHapus
  16. pak, saya mahu email kamu bisa? mahu tanya lebih detail tentang aktiviti ini

    BalasHapus
  17. Bang, boleh minta itin Dan biaya nya kah? Siapa tau duit saya cukup. Mupeeengggg bingiiittt.
    Boleh email k sini kah?
    myday.istoday@yahoo.com

    Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  18. Bang, boleh minta itin Dan biaya nya kah? Siapa tau duit saya cukup. Mupeeengggg bingiiittt.
    Boleh email k sini kah?
    myday.istoday@yahoo.com

    Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  19. Bang, boleh minta itin Dan biaya nya kah? Siapa tau duit saya cukup. Mupeeengggg bingiiittt.
    Boleh email k sini kah?
    myday.istoday@yahoo.com

    Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu postingan blog gue selanjutnya yeeee

      Hapus
  20. Bank tolong info biaya keseluruhan ya . Makasih kirim ke rizaerfandianr8@gmail.com

    BalasHapus
  21. Kalau misal kita nginep pake tenda ga di penginapan bisa ga? Kan ceritanya ngegembel he..he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, cuma lu perhitungkan:

      1. Berat bawaan lu
      2. Ribet gak abis capek2 nanjak lu harus capek2 bangun tenda
      3. Karena suhu udara yang bisa jadi ekstrim banget apalagi pas malam hari, tenda lu kuat ga nahan dinginnya?
      3. Untuk room itu 100 NPR, sedangkan untuk nyewa lahan di sekitaran tempat istirahat lu juga kudu bayar 50 - 75 NPR. which is lu nambah dikit aja udah gak usah mikirin 3 hal di atas.

      Jadi, mau yang mana?

      Hapus
  22. Kak... Aku akhir Desember rencana mau ksna..tiket dah confirmed. Cuma masih bingung mending paragliding apa manjat everest ya?
    Berangkat solo travel naik gunungnya aman ga buat cewe sendirian? Banyak temenkah buat barengan naik?
    Please give me advice

    BalasHapus
    Balasan
    1. DUA DUANYAAAAAAAAAAAAA!!! AAAAH GUE JUGA PENGEN PARAGLIDING!!!!!!!!

      Banyak kok, nanti diperjalanan lu bakal nemu banyak temen. Percaya dah sama gue. Inget backpacking sendirian bukan berarti kesepian. Lu bakal nemu banyak temen di perjalanan.

      Hapus
    2. Siip.. Makasih bang
      Next article for itinerary n budget belum ya bang?
      Pengen baca nih... Aku jadinya mau trekking aja k ABC, ga paragliding
      Cuma yg masih bingung flightku kan jam 8 malem baru sampe bandara, baiknya langsung cari taxi buat k hotel atau tidur d bandara nunggu pagi baru k thamel?
      Nginep d setiap desa sepanjang AbC itu langsung on the spot apa harus booking dulu?
      Thanks

      Hapus
  23. Bang mau tanya nih, trek dari pokhara ke ABC kayak gimana?
    Sy pengen ke sana tapi masih ga yakin sama kondisi fisik. Uda lama ga naek gunung pun tiap naik gunung lutut gw selalu masalah. Makannya jadi ragu2.

    BalasHapus
  24. Hi bang, salam kenal.
    Rencana akhir des mau ke Poon Hill nih dgn cara lightpacking (tanpa bagasi). Mau tanya utk gear winter (shoes, jacket, etc) bisa disewa disana gak ya? Atau menurut abang better bawa dari indo ya?
    Mohon info..tx bang :)
    -yuda

    BalasHapus
  25. Klo untuk 6hari perjalanan cukup ga? Ga nyampe ke puncak2 banget sih...ingin nyantai.aja

    BalasHapus
  26. The Annapurna Sanctuary Trek is a delightful and easy graded trekking adventure in the unspoiled nature of Annapurna region of western Nepal. This is a popular trekking adventure due to its proximity to Annapurna Massif. The Annapurna Sanctuary Trek takes place in the 7693sqkm Annapurna National Park which is a protected region for conservation and preservation of nature. The nature, vegetation and human settlements living in the Annapurna National Park are unspoiled and protected from urbanization and are still living in their traditional lifestyle. The Annapurna Sanctuary Trek is a travel in to unspoiled nature passing through lush forests, traditional villages, beautiful landscapes, scenes of Annapurna Himalayas ending to the Annapurna base camp. The tourists at Annapurna base camp witness the Annapurna massif along with other Himalayas by standing in front of them. The Annapurna Sanctuary Trek leads the tourists to closest region to view Annapurna Massif, Mt Fishtail, Dhaulagiri Massif, Mt Nilgiri, Mt Gangapurna etc. The Annapurna Sanctuary Trek begins from the Nayapul of Pokhara passing through various villages full of traditional houses, hotels and lodges. These traditional villages are friendly locale to tourists. The tourists passing through these villages reach Annapurna Base Camp and see the Annapurna-I the 10th highest mountain of the world. The travelers stay in any of the villages on the way for resting and food. The tourists visit the Poonhill view tower to see the Himalayas. The travelers return to nayapul in the end of the trip and rest at Pokhara City.

    BalasHapus
  27. Bro, untuk peralatan Trekking dll, sebaiknya beli di Kathmandu atau bawa dari Indonesia? Mohon saran

    BalasHapus
  28. Kalau cewe solo traveling aman GA? Banyak disana solo traveling cewe? Thanks jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba dyah ayu pamela mau join treking abc ? saya october solo treking ke abc . mungkin mau join

      Hapus
  29. InsyaAllah sy pergi September, tp baru mau beli tiket 2 bulan sblm pergi krn mengajukan cuti kantor dulu. Bs contact by email di dyahpamela@gmail.com lihat sikon nti

    BalasHapus
  30. InsyaAllah november tgl 7 start ke ABC,
    Semoga lancar jaya...amin🤗

    Sharing tips nya ngebantu banget gan...

    BalasHapus
  31. Bang gw nanya kalo sewa porter/guide pas nginep berarti kita bayarin penginapannya juga?

    BalasHapus
  32. April 2018 ada yang ke ABC? ane solo travel kesana, barangkali ada yang mau join :)

    BalasHapus
  33. BIAYA TOTAL KESELURUHAN HABIS BERAPA BANG ,,, DARI RUMAH SAMPAI RUMAH LAGI

    BalasHapus
  34. seru banget jalan2 ke Nepal , solo Trekking pula!

    BalasHapus