10 Hal Tergembel Tentang Nepal Menurut Backpacker Gembel



HALO KHALAYAK RAMAI! SEHAT SEMUA!?

Cieeee... lagi buka-buka blog gue yah? Cie... cie...
By the way, hari ini, tepat 9 mei gue ulang tahun nih. Ucapin kek! Wan Wan Emoticons 48



happy party birthday excited celebration

Jadi gini, di postingan kali ini, gue mau ngajak kalian semua untuk mendirikan sebuah agama baru dan mengangkat gue sebagai salah satu nabi nya. Abis itu kita bakal sama-sama mencari umat biar agama baru kita ini lebih dikenal khalayak ramai.

Bukan, deng. Bukan.

Jadi gini, di postingan kali ini, gue mau ngajak kalian semua untuk mendirikan sebuah agama baru dan mengangkat gue sebagai salah satu nabi nya....

Lah, ini sih balik lagi ke yang tadi anjeng!

Ok, kita mulai serius! Serius, Dis, bangsat!! Wan Wan Emoticons 15

Jadi gini, di postingan kali ini, gue mau ngajak kalian semua jalan-jalan ke Nepal! As we know, Nepal adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh para backpacker, dan kebanyakan backpacker yang datang ke sana alasannya cuma satu, pengin naik gunung di Nepal. Kayak gue.


Karena, mubazir lah idup lu kalo ke Nepal gak coba naik salah satu gunungnya.

Itu sama aja kayak lu mau makan nasi padang, tapi pergi ke mekdi.

Itu sama aja kayak lu udah jauh-jauh pergi ke sekolah, tapi ternyata lu kagak belajar, tapi malah ngayak semen. Ternyata lu kuli bangunan.

Itu sama aja kayak lu nyalain komputer, buka whateverbackpacker.com, baca tulisan ini, tapi ternyata lu kagak komen. Percuma, nyet! Wan Wan Emoticons 10

So, mari gue tunjukan 10 hal unik tentang Nepal!!

1. Gunung-Gunung Wow!



Tahukah kalian, dengan luas negara yang gak nyampe setengahnya dari Indonesia, Nepal punya 8 gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter! Yes, 8 gunung! Dan buanyaaaak banget gunung yang tingginya di atas Carsen... Cartzen.. Carztsen...  Cartsenz.. Ah itu lah pokoknya, Puncak Jaya Wijaya, gunung tertinggi di Indonesia!

Jadi, gak heran, kayak yang gue bilang di atas. Dengan jumlah gunung tinggi yang banyak banget, menjadikan Nepal destinasi impian buat para backpacker dan pendaki gunung sejati!

Dan dari 8 gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter itu, gue udah nyoba nginjekin kaki di salah satu gunungnya, Annapurna. Nih, buat lu yang mau tau gimana cara naik gunung dan tips trik naik gunung di Nepal, baca beberapa postingan gue di Nepal:


2. Backpacker’s Heaven


Apa yang menjadikan suatu tempat menjadi sebuah surga buat para backpacker? Gampang! Makan murah, nginep murah, transport murah, pemandangan alam menakjubkan! Dan Nepal punya semua itu! Can’t be denied! Wan Wan Emoticons 9

3. Thamel, The Oldest Backpacker Area in the World!

Ketika turun di bandara, terus naik taksi, kebanyakan backpacker pasti bakal langsung pergi ke Thamel. Ya, gimana, Thamel udah jadi salah satu backpacker area yang paling terkenal di dunia. Jadi, pada tahun 60-an, banyak hippies dari Eropa berbondong-bondong dateng ke Nepal melalu jalur darat dan mereka semua berkumpul di daerah Thamel ini. Jadi, gak heran kalo Thamel menjadi salah satu backpacker area paling tua dan paling terkenal.

Buat yang udah nonton film Everest, di sinilah para pendaki itu merencanakan kematiannya.

Selain itu, Thamel juga menyediakan semua fasilitas yang para backpacker perlukan. Semua. Semua ada di sini. Mulai dari hotel, cafe, money changer, warnet, resto, tour agent, spot instagram-able, semua ada di Thamel. Tapi walaupun gue sebut backpacker area, bukan berarti di Thamel kagak ada hotel berbintang. Buanyaaak juga! Dan kehidupan di Thamel juga menurut gue menyenangkan, di sini kehidupan antara pendatang dan warga lokal bercampur aduk harmonis.

4. Makanan Western Lebih Enak Dari Makanan Lokal

Ini yang gue heranin juga. Seenak apapun makanan luar, pasti makanan lokal lah yang paling enak. Kayak gue makan pempek di Bandung, gak akan seenak makan pempek di Washington Palembang. Gitu juga kebalikannya, makan batagor di Kalimantan, ya lebih enak batagor di Bandung. Beda kasus dengan Nepal. Nepal punya banyak makanan tradisional, dan jujur gue belum nyobain semuanya. Tapi ada satu makanan khas di Nepal, namanya Dal Bhat. Bukan, ini bukan gue nyuruh lu makanin duit Thailand.

Dal Bhat - Siapanya Dalsim Street Fighter, nih?

Dal Bhat ini semacam nasi padangnya Nepal. Semua campur-campur di makanan ini. Biasanya Dal Bhat terdiri dari nasi putih, sayuran rebus, jagung, kacang, kari kentang, kari ayam/ kambing/ yak, sambal, sup bening, yoghurt, semen, kanopi, baja ringan, pasir, dan paku beton.Wan Wan Emoticons 22

Dan menurut gue, rasanya gak enak! Soalnya gue udah nyobain Dal Bhat di 5 tempat yang berbeda, dan semuanya gak ada yang enak. Apa yah.. kalo lu yang doyan makan kari, jangan samakan kari india atau malaysia dengan kari di Nepal. Kari di Nepal ini rasanya hambar. Tapi buat lu yang lebih mentingin kenyang daripada rasa, pesen Dal Bhat dan makan ditempatnya, lu bisa nambah nasi dan lauk pauknya berkali-kali ampe perut lu meledak.

Mungkin yang dijual ini adalah jeroan orang-orang yang perutnya meledak gara-gara kebanyakan nambah Dal Bhat

Beda lagi dengan Pizza-pizza atau burger di Nepal, beuh! Enak-enak dan harganya lebih murah dari satu porsi Dal Bhat. Contoh kayak gue makan seporsi Dal Bhat di resto yang katanya punya Dal Bhat paling enak di Thamel dengan harga 600 NPR, sama gue makan Pizza dengan topping keju Yak yang harganya cuma 250 NPR. Beda harga, rasa dan kenyangnya!

5. Dilarang Macem-macem Sama Sapi Wan Wan Emoticons 44

Karena mayoritas penduduk Nepal beragama Hindu dan Buddha, maka lu jangan pernah macem-macem sama Sapi. Bahkan, di beberapa area waktu gue naik gunung,  kita dilarang untuk bawa apalagi makan daging-dagingan terutama sapi. Dan kata orang lokal yang gue ajak ngobrol, lu bisa dipenjara kalo ampe ngusik Sapi. Kalo ngebunuh sapi? Hukum mati!

Sadis abis, kan?

Lu bayangin, dengan hukuman seperti itu, pasti sapi-sapi di sana belagu abis. Mereka bakal malakin warga lokal, mereka bakal ngegerepe toket bule dengan bebas, mereka order t-bone steak di resto mahal terus cabut gitu aja gak pake bayar. Mereka akan semena-mena!

6. Naik Gunung Di Nepal Menyenangkan


Ada beberapa gunung yang udah gue naikin di Indonesia, tapi ini jauh berbeda dengan pengalaman gue naik Gunung Annapurna di Nepal. Di Annapurna, kalian gak perlu bawa tenda atau alat-alat gunung yang super berat lainnya, karena banyak banget desa-desa di atas gunung. Jadi, kalo di Indonesia patokan naik gunung itu adalah pos 1, pos 2 dan seterusnya. Di Nepal patokannya adalah nama desa.

7. Ada wifi di Gunung


Buat lu AGSI. Anak Gunung Sejati Indonesia, lu bakal terheran-heran pas naik gunung di Nepal, termasuk Annapurna. Diketinggian 3.500 meter, lu masih bisa dapet wifi! Iya, lu masih bisa twitteran, lu masih bisa nonton bokep! Amazing! Selain wifi, lu juga bisa nonton TV dan ngecas hape! Tapi di beberapa penginapan, kalo lu mau pake wifi lu kudu bayar.

8. Makin Atas Makin Mahal

Naik Gunung di Nepal itu mahal. Selain kudu ngurus trekking permit dan lain-lain yang bisa nyampe puluhan dollar, beli makanan di sana juga mahal. Semakin tinggi lu naik, semakin mahal juga harga makanan dan minumannya. Contoh, di desa pertama, lu beli teh susu cuma 60 NPR atau 6.000-an perak. Di desa ketiga harganya naik jadi 100 NPR, di desa ke tujuh bisa jadi 250 NPR. Waktu di Desa Himalaya, gue beli Dal Bhat seharga 1200 NPR, itu sama kayak lu bisa makan 1 kilogram steak di Kathmandu, 2 kali!



Ya, tapi wajar sih. Gue juga ngeliat gimana perjuangan para "sales" yang bawa-bawa bahan makanan dari bawah naik ke atas sambil bawa-bawa keranjang-keranjang segede dosa Prabowo.Wan Wan Emoticons 31

Jadi pas naik gunung di Nepal, gue saranin bawa bekal makanan banyak-banyak. Tapi beda lagi dengan penginapan. Dari bawah ampe ke atas, semua penginapan dipukul rata harganya. Mulai dari 90 NPR atau 9.000-an, ampe 350 NPR. Murah!

9. Siap-Siap Budeg di Nepal

Fast 2 Farious mah lewat kalo orang Nepal lagi balap!

Klakson-klakson di Nepal kek anjing. Lu jalan dikit, denger klakson. Jalan dikit lagi, denger klakson. Lu jalan di pinggir, diklakson, lu lagi mandi denger klakson, lu lagi makan denger klakson. Klakson everywhere! Terus, mending kalo klaksonnya itu mencetnya dikit-dikit gitu “tit” “tit”.. ini mah kagak, “tittttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt!!” Dasar titit! Wan Wan Emoticons 28

10. Nepal, Dingin, Dan Ganja Golden Himalaya

Mau tau kayak gimana dinginnya Nepal? Mau tau gimana rasanya merinding di suhu minus? Video 9 detik gue ini akan menjawabnya..


Nah, kalo udah dingin-dingin gini, yang paling enak itu ditemenin sama namanya Golden Himalaya, alias cimeng alias ganja dari Nepal. Beuuuuuh juara abis! Tips dari gue, kalo lu mau beli golden himlaya, beli lah di desa yang berada di bawah. Desa pertama atau kedua, karena jauh lebih murah. harganya berapa? Kalo di rupiahin 50rebu. Bisa buat 3 kali pake. Enyaaaaak!

Tapi jangan salah, cimeng disini tuh bukan berbentuk rumput atau serbuk, tapi kayak gel. Tapi kalo dibandingin sama Buddha Stick Aceh sih masih menang Buddha Stick punya kita. HIDUP INDONESIA!

Jadi, itulah 10 hal unik tentang Nepal menurut gue. So, seperti biasa, kalo ada pertanyaan tentang Nepal, langsung aja tanya di kolom komen.

So keep writing, keep blogging and keep sharing teman-teman!

Info: Di next post, gue bakal ngenalin dan ngajak kalian ke sebuah program blogging yang gue gagas, namanya FFF alias Fun For Fun! Apa itu? Lengkapnya akan gue jelaskan di postingan selanjutnya, tapi intinya adalah ketika lu komen di blog gue atau blog siapapun, lu bakal dapet blogwalking dan komen balik juga dari gue dan blogger lain. Mantap gak tuh blog lu gue komen? Wan Wan Emoticons 25Wan Wan Emoticons 25Wan Wan Emoticons 25

112 komentar:

  1. Lo sempet nyobain cimeng pegunungan himalaya gak dis ? Klo iya berapaan harganya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah itu dia anjis, gue lupa tulis! errrrrrrrrrrrrrr.. wait gue edit bentar!

      Hapus
    2. ahahahha, syedapp... beuh klo bentuk gel gitu gimana pakenya ? dibakar pake papir juga ? *AkuAnakPolosGakNgertiGitu2an

      and Happy Birtdayyy yoww !!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. met ultah yach..
    nah tuh uda gue selametin....
    jangan lama2 ext postnya, keburu tersanjung di buat pilm !!!...


    note : anjayy bang...kaos kapan kaos...

    nuhunn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjaaay inget aja nih si kamsuy sama kaos, sabar yaaaaaaaah muahahahaha

      Hapus
  4. coba cewe nepal ga kak? atau coba gebuk pantat sapi disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, wae lah nu di amrik gak ngajak2 aing :((

      Hapus
    2. mun didieu ngeunah di kampung euy asli. kotana hectic pisan..wkwkwkkw

      Hapus
  5. cie selamat ulah tahun bang adis, semoga lebih rajin posting blog nya yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu juga rajin2 komen blog ini yah :D

      Hapus
  6. Kamu ultah ? ah, yang boneng ?
    Selamat ultah atuh ya ~

    yg rajin isi blog, klw bisa abaikan pacar lah demi blog bang , ok ?

    BalasHapus
  7. samaan bulan Mei juga pantesan sama-sama pintar dan baik hati hha.. Well HBD Kak Adis Durennn.
    I need to know all about Nepal and found you shared all those detail itu sesuatu bangettt.... jadi pengen cepet2 kesana dan ngerasain kedinginan sampe nafas keluar asep dan kuping budek denger klakson hha.
    thanks for sharing kak Adis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah Taurus bersatu! Apaan dah kak Adis Duren?? -,-

      Iya sok ke Nepal cepet, kalo bisa pas musim dinginnya, biar tambah greget!

      Hapus
  8. Dirgahayu my idola, Adis takdos takdis badabum dungtak dungtak cess *main drum. Makin sukses dalam perkariran, perasmaraan, dan pergembelan!

    Blog gw lu komen? biasa aja sih heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaudah gak akan gue komen ah, muahahahaha!

      Hapus
  9. ganja adalah kenikmatan, bro

    BalasHapus
  10. Jadi pengen ke Nepal. Dis waktu itu dapet tiket berapa ke Nepal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nepal lah sok, seru abis naik gunungnya! Waktu itu gue dapet sekitar 2jutaan gitu PP.

      Hapus
  11. anjir, desperate banget idup lo bang, sampe minta diucapin sama pembaca.hahaha

    yaudah gw ucapin, HBD bang adis, tetaplah ber HBD untuk waktu yg lama

    kira2 kalo bawa keluarga besar liburan di nepal cocok ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. *sad :(

      bawa keluarga? hemmm.. cocok sih, bisa trekking bareng. di kota Pokhara tuh paling cocok buat keluarga mah

      Hapus
    2. Nyimeng bareng gak bang? #ups.. wkwk

      Hapus
  12. Selamat ulang tahun dis #biasanya SR, kali ini istimewa karena disuruh ucapin selamat #anaknya patuh

    BalasHapus
  13. Adiiiiiiiiiiiisssssss........ selamat ulang tahun.......
    Lu berdoa sendiri gih, ntar gue bantu amin dari sini :D

    Btw, thanks ya udah singgah di www.jendelakecildunia.com gue.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue pengin buru-buru keliling Eropaaaaa! Amiiin!

      singgah lagi ah~

      Hapus
  14. numpang ngucapin selamat ulang tahun aja dehh..
    Jadi.. Nepal semurah itu???
    *brb cari tiket promo*

    BalasHapus
    Balasan
    1. muhehehhee terima kasih~

      iyak, murah kok. Sama lah biaya hidupnya kayak di Indonesia.

      Hapus
  15. ini nih, blog yang cukup sering ane kunjungi tapi juga sering gagal di komentari.

    BalasHapus
  16. aaa cieee dah tambah tua juga nih bang adis. Hepi besdey yahh semoga makin tua makin kuat backpackernya. Asoy!

    nah canggih juga yah di gunung ada wifi, indomaret ada bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. indomaret gimana kalo lu yang buka disana? :)))

      Hapus
  17. gunungnya bikin ngilerrr..... -pegang dengkul-

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus coba euy sekali seumur hidup mah

      Hapus
  18. penginapan kek gimana tuh 90NPR? :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di postingan gue ttg nepal yang lain, liat dah. Ntap!

      Hapus
  19. Pertama kali dateng ke blog ini. Tulisannya keren dan akhirnya jadi follower :D

    BalasHapus
  20. Musim apa yang enak & recomended buat ke nepal? Total budget abis berapa mas bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. musim lengkeng! muaahahahhahaa... total bajet abis 2jutaan selama 21 hari di sana

      Hapus
  21. Penginapan 9 rebu??? Gak bercanda lu dis? Itu tidur di punduk onta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjing lah punduk onta! muahahahhaha.. gue tidur di kolong. Kolong langit.

      Hapus
  22. met ultah bang bro... semoga bisa ngerasain lagi budha stick aceh hahaha..
    makin langka boooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa2 lah ngucapinnya telat dikit muahahahhaa.. siap! nanti gue budidaya dah biar suplai ada terus

      Hapus
  23. salam kenal Dis, suka postingan lo apa adanya. Nepal emang udah masuk list gue buat dikunjungi tapi nunggu promo Air Asia jarang banget yak untuk Nepal, gue kerja kantoran klo pas promo gak pas waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeay thank youuu~ eh, nepal malah sering promo kok coba cek aja, begitu ada promo langusng beli. Emang mau naik gunung juga ke Nepal?

      Hapus
  24. Btw ane jg pernah baca soal trekking annapurna di bukunya agustinus wibowo
    Anjaaay diataspun juga nemu coca cola

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jangankan coca cola. Alfamart aja lu bisa nemu di atas

      Hapus
  25. kumaha damang back packer ? salut euy berani menjelajah sampai nepal

    BalasHapus
  26. (( mereka order t-bone steak di resto mahal terus cabut gitu aja gak pake bayar)) Belagu amat yak haha Btw, Nepal ini slalu menawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah wajarin aja bro namanya juga sapi :(

      Hapus
  27. Asyik juga backpackeran ke Nepal? kira-kira idealnya berapa hari kak di Nepal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 hari sebenernya udah cukup banget, gue aja kelamaan 21 hari, gabut :)))

      Hapus
  28. keren backpackerannya. cuma agak ga tega baca tulisannya. agak dihalusin dikit laah.. biar makin banyak yang review

    BalasHapus
  29. itu ke Nepal totalbiaya sama itinery nya boleh deh dishare buat kita kita.. :D

    blogwalking from http://melumlaku.wordpress.com/

    BalasHapus
  30. disana gunung disini gunung, keren pemandangannya pasti indah banget ya kalau banyak gunung, tapi dinginnya bukan main pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beuh, dinginnya lebih dingin dari sikap mantan!

      Hapus
  31. baru pertama kali ke blog ini, lucuu and kerenn

    BalasHapus
  32. Happy birthday dis! *telat abis*

    Anjir iya juga sih itu rada aneh ya makanan khas sana kok tapi malah lebih enak makanan westernnya? Sungguh misteri yang tidak penting untuk dipecahkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. telat parah! lu udah pernah juga ke Nepal?

      Hapus
  33. Anjrittt Nyimeng di gunung...kebayang dehhh tambah dingin aja ya kak

    BalasHapus
  34. anjirrrr hampir gue jadi pengikut agama baru loe dis. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok lah ikut. Nanti gue angkat jadi nabi

      Hapus
  35. Keren mas adis! Saya udah 2 kali ke Nepal tapi malah belum sempet naik gunung..next time musti balik lagi kesana buat trekking hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sayang sekali, kudu nyoba naik gunungnya. Itu highlight nya jalan ke Nepal

      Hapus
  36. Mantap bnr bos adis,.. dr dlu dah ngikutin baru aj ng koment,...
    ampunn Bos besar,..

    BalasHapus
  37. Si anjirrr segala bawa2 keranjang segede dosa Prabowo :))


    Eh itu penginapan 9.000an berarti murah banget dong.
    Kalo leh tanya Kurs rupiah sama mata uang Nepal itu berapa sih kakak Adis???

    BalasHapus
  38. Harga penginapan mantap cuman 9rb'an.
    Kalo di indo harga segitu makin sibuk tu pak satpol PP.. Penginapan bakal diserbu pelajar..( penginapan seharga seporsi batagor )

    BalasHapus
  39. Harga penginapan mantap cuman 9rb'an.
    Kalo di indo harga segitu makin sibuk tu pak satpol PP.. Penginapan bakal diserbu pelajar..( penginapan seharga seporsi batagor )

    BalasHapus
  40. Ongkos ke nepal dr indonesia brapa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pesawatnya waktu itu gue dapet murah kok, gak lbh dari 2juta PP

      Hapus
  41. Kepengen... tapi gunung yg di daki aja baru sebatas lawu n merbabu... plus kantong kesana... ga ada... semoga kpn2 bisa, wah infonya bikin pingin kesana...

    BalasHapus
  42. Kepengen... tapi gunung yg di daki aja baru sebatas lawu n merbabu... plus kantong kesana... ga ada... semoga kpn2 bisa, wah infonya bikin pingin kesana...

    BalasHapus
  43. Kok keren sih... Saya jadi pengen ke Nepal

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Dear Kak Adis,

    Gila, seriusan itu di atas gunung masih ada wifi? Keren!
    colokan kabelnya ada juga nggak? :((

    Hahahaha :p

    BalasHapus
  46. dal bhanya bikin mupeng dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan pertama enak, makan kedua kalinya gak enak :p

      Hapus
  47. Bang, trekking mulai dari Nayapul sampe ABC gimana detailnya? pake trekking pagi-siang terus overnight di teahouse gitu tiap hari sampe 5 hari? apa sampe sore-malem?

    BalasHapus
  48. keren sinyal waipi sampai ke atas gunung bang 😂

    BalasHapus
  49. Di atas gunung beneran ada wifi nih bang? Pertanyaan gue, Loadingnya berapa masa dinasti bang?😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak ada! hahahhaa ya so so lah cepetnya mah

      Hapus
  50. keren abis yah, tapi saran nih untuk informasi harga translete ke rupiah indonesia juga donk biar tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan maleeeees, itu tinggal lu kali 100 perak doaaaaang

      Hapus
  51. kakaaakk,, mau tanyaa.. rencana mau k nepal cuma 4 hari
    *terbentur cuti yg tinggal 3 hari
    ada ga track gunungnya yg cemen ajaa..
    soalnya kami cewek2 yg paling banter cuma ke dieng dan bromo..
    thanks

    BalasHapus
  52. thank God i found ur blog! gw lagi ngubek2 blog orang yang pergi ke nepal.. rencananya gw mau kesana bulan maret ini skalian ikutan holi festival (biar gw bisa bikin video sambil nyanyi joget bollywood gitu #huhuhu)..
    klo buat cewek aman gak si? karna rencananya ini bakal jadi solo trip gw, dan pertama kalinya juga gw mau naek poon hill (kalo k ABC, gw yakin kaki gw ga slamet ) thx bruh!!

    BalasHapus
  53. Hahahahaha. Seru baca postingan mas takdis =))

    BalasHapus
  54. asoy geboy lah nepal,trus kalau di thamel ada jual ganja juga apa cuma diperjalan menuju puncak asrama...hhhhaaaah,

    BalasHapus
  55. If you think you may have a concussion or suspect that Coach Outlet Clearance Sale someone else has one, the most important step to take is to prevent further injury. Stop whatever activity you are Coach Outlet Online involved Michael Kors Outlet Online in and tell someone you think you may have been injured. Then get medical attention.

    Constance "Conni" Ernst went home to Heaven on Michael Kors Bags Outlet July 10, 2018. A memorial celebration honoring her life will be held Saturday, July 28, 2018 at 1pm at the Victorville United Nike Air Force 1 Cheap Outlet Methodist MK Outlet Store Church. Coach Outlet Clearance Sale Born June 29, 1949, she enjoyed 69 years of love before she passed away peacefully in the presence of her four children, Ginger Ontiveros, Mike Allen, Amy Moran, and Matt Allen; and her loving ex husband Lewis Allen.

    At all. That doesn interest me one bit. Response to O comments, Kelly said, believe that Roger Ailes made the company look bad.. Over time your body will get used Coach Purses On Clearance to them and be less likely to react. You'll get the shots at your doctor's office. You might take them for several years..

    BalasHapus