Pulau Moyo, Kenanganmu Sampai Inggris


Pulau Moyo dan Inggris emang gak ada sangkut pautnya, jaraknya pun sangat jauh walaupun lo coba tempuh dengan naik angkot Cicaheum - Ledeng. Niscaya lo gak akan pernah nyampe kesana sampai kiamat dateng.

Tapi kenapa gue kasih judul tulisan gue ini seperti diatas? (efek males lagi nulis "Pulau Moyo, Kenanganmu Sampai Inggris") (Nah, tapi itu gue nulis lagi judulnya?) Aaaaaah bingung gue. *nyeruduk monitor*

ehem..
Jadi Pulau Moyo yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tengga Barat ini berhasil memikat para pesohor dari Inggris. Sebut saja diantaranya adalah Mick "Bibir" Jagger vokalis  Kangen Band  The Rolling Stones dan Lady Diana. Bukan Diana Zubir, bukan Diana Rosita apalagi Diana.3gp yang gue dapet download dari perawan-manis.blogspot.com. Tapi ini beneran, Lady Diana Sang Putri Inggris pernah menjajakan kaki di Pulau Moyo. Keren.

Pulau Moyo dari kejauhan
Pulau Moyo bisa ditempuh dengan mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km Utara Sumbawa Besar. Lalu dilanjutkan dengan menyebrang ke Pulau tersebut.

Tapi waktu trip gue ke Pulau Moyo, gue berangkat dari Desa Calabai, desa indah di kaki Gunung Tambora. Gue meninggalkan Desa Calabai menuju Pulau Moyo dengan menggunakan speed boat hasil pinjaman dari Dinas Perlautan disana. Tentu saja diantar oleh Bang Chris, salah satu gegedug Desa Calabai (Bang Chris ini adalah salah satu penjaga laut dikawasan Sumbawa, Dia pernah memenjarakan 3 orang nelayan nakal yang menangkap ikan dengan menggunakan bom dan sianida, keren. Bang Chris harusnya jadi anggota CIA yah)


Perjalanan laut ditempuh selama kurang lebih 40 menit menuju Pulau Moyo, menghabiskan dua jerigen bensin dan empat buah choki-choki yang gue cemil selama perjalanan. Gue sempet nyoba nyetirin speed boat saat perjalanan menuju Pulau Moyo. Ternyata nyetirin speed boat itu gak semudah kaya lo nyetirin boom boom car. Stir yang keras kalo lo belokin dan arah speed boat yang brutal membabi buta harus sebanding dengan tenaga lo megang stir agar speed boat tetap berjalan lurus. *manggil montir bengkel* #MasangPowerSteering

Hal yang pertama kali menarik minat gue saat sampai di Pulau Moyo adalah danau air tawar berwarna hijau. Mungkin danau ini lebih mirip seperti lembah, warnanya hijau dipayungi oleh banyak pohon rindang dengan akar serta ranting yang melambai kemana-mana, dan konon di danau ini pun banyak ular anakkonda nya, masih anak-anak sih tapi tetep aja serem.


Pulau Moyo memiliki 6 dusun yang tersebar di berbagai sudut pulau, dan yang gue gak suka dari Pulau Moyo adalah adanya penanam saham yang berinvestasi di Pulau Moyo dengan membangun sebuah resort pinggir pantai yang mematok tarif sangat mahal (yang paling murah, semalem bisa ampe 5 juta. Gila kan?) dan juga pelarangan terhadap pengunjung non-tamu mereka untuk diving disekitar pantai. Parah bangetkan? yang paling gue gak suka bukan masalah pelarangan divingnya, gue gak bisa diving. Yang bikin gue males itu harga resortnya mahal banget padahal kamarnya cuma dari tenda permanen gitu. 5 juta buat tenda? menang banyak lo nyet #mendadakemosi

Kolam Mak Lampir

Melanjutkan perjalanan gue di Pulau Moyo, gue mengunjungi salah satu air terjun keren yang gue lupa namanya. Air terjun itu memiliki keunikan tersendiri, struktur air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan kemiringan yang tidak terlalu curam pun membuat air terjun ini bisa kita tanjaki. Diatas air terjun terdapat kolam yang dalem banget, gak ada satu orang pun yang bisa nembus ampe dasar kolam itu. Gelap banget. Gue takut di tarik Mak Lampir versi Duyung kalo lama-lama berenang di kolam.

Dan kisah gue di Moyo pun berakhir sambil berendam disebuah cekungan berbentuk seperti jacuzzi. Nikmat sekali Men.


 Orang Luar aja terkesima dengan keindahan Indonesia, masa iya kita yang orang Indonesianya sendiri gak bangga sih punya keindahan alam yang keren.


42 komentar:

  1. kereeen,,tapi apa cuma itu yg bisa diekplore di pulau Moyo?
    ada yg lain ga?makanan atau apa gitu..

    BalasHapus
  2. Masih banyak banget, ada another waterfall there.
    terus Moyo juga termasuk cagar alam dan cagar wisata. disana banyak hewan hewan kaya kera, babi hutan dan lain-lain. untuk makanan yah paling ikan. karena moyo kan pulau kecil.

    BalasHapus
  3. keren..hanya itu yang terlontar, bersama dua buah pertanyaan..
    1. lo kapan waras..??hha..tulisannya edun euy..
    2. diana.3gp nya masih ada..??mau donk..hahahahaha

    BalasHapus
  4. huahhaha...saya bantu jawab yah bang..
    1. kalo waras niscaya blog gue ga ada yang baca lagi bang.huahhaha

    2. selain diana.3gp saya punya maria.3gp, sitiAkbid_warnet.3gp, ABGcilegon.3gp dan masih banyak lagi. Siapin aja harddisk external bang soalnya kapasitasnya 47GB. MUAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  5. tertarik dengan quote yang ini "Orang Luar aja terkesima dengan keindahan Indonesia, masa iya kita yang orang Indonesianya sendiri gak bangga sih punya keindahan alam yang keren." realitanya emang masih banyak orang indonesia yang kurang sadar sama potensi negaranya sendiri, harusnya pelajaran nasionalisme bukan Pendidikan Kewarganegaraan yah, tapi di ganti dengan travelling, mungkin dengan begitu, kalo udah dewasa mereka akan lebih memahami apa itu arti sebenarnya dari nasionalisme, dari pada cuman bengong dengerin materi di kelas, yang ada malah ketiduran *pengalaman pribadi :D

    BalasHapus
  6. @rijal : BENER BANGET !!! aplikasi langsung ke lapangan akan lebih menimbulkan rasa nasionalisme dibandingkan diperbudak buku-buku pelajaran. Malah bikin ngaco !!!

    BalasHapus
  7. keren...
    btw kemaren gw juga baru nginjek pulau moyo, mpe ngences gitu gw liat indahnya. tapi mewek juga liat yang namanya investor2 sono... mpe gw niatin, balik dari moyo gw bakal kerja keras (fyuh... laga' gw...) mo cari duit buat kerja sama ama penduduk di pulau moyo mo buat hostel murrrahhh buat orang indonesia aseli. kesian loh, masyarakat sumbawa aja sebagian besar gw tanya pada bilang, tau pulau moyo, tapi ga pernah kesana. mahal katanya... hiks!!
    any way laen kali ajak2 tracking bareng... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan, emang banyak OI yang mengeluhkan mahalnya biaya yang harus dkeeluarkan, tapi gak tau ni yang bkin post ko bisa gratis katanya, pengen tau triknya, , ,kkkkk

      Semoga cepet punya hotel/resort di Pulau Moyo, engko tak mamper. . .hhhh

      Hapus
  8. @perem[uan biasa : hehehe iya miris yah hehe..siaaaaap nnt diajak..ajak kemana nih??

    BalasHapus
  9. Boleh minta kontaknya dunk bang chris ak secepatnya merapat kesana, tku !

    BalasHapus
  10. Boleh minta kontaknya dunk bang chris ak secepatnya merapat kesana, tku !

    BalasHapus
  11. Berarti selama di moyo disana menginap atau tidak? Klo menginap disana enaknya yg murah utk backpacker dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau nginep paling camping. di Moyo cuma ada akomodasi satu hotel doang dan itu harganya mahal sekaleeeeeeeee~

      Hapus
  12. aduuuhhh pengen beut dah! serius ihh dis, ini lokasi film savages kan??? :) keren abis, total brp duit dis ke moyo?

    BalasHapus
  13. boleh share itinerary ga? trs sama budget habisnya berapa?makasii :D

    BalasHapus
  14. Paraahh nih bikin ngiler orang aja blog nya hahaha..

    Minta CP om chris dong bro?haha

    BalasHapus
  15. wah jadi ngiri banget baca ceritanya gan...

    BalasHapus
  16. dari dulu pengen kesini tapi apalah daya duit tak cukup

    BalasHapus
  17. wisata mahal nih gan tapi pengen banget kesini...

    BalasHapus
  18. kereeeen... (y) pingin sekali kesini :)
    www.distributoravailindonesia.com

    BalasHapus
  19. Permisi... numpang tanya donk...
    Minggu depan saya mao ke sumbawa, transportasi dari Calabai ke pulau Moyo dan pulau Setonda itu sulit dan mahal nggak sih yah ? Kita cuma dua orang a'la backpacker.
    Makasih.

    BalasHapus
  20. di moyo itu complete wisata nya,,3 waterfall,,underwaternya keren, hutan ada,,fauna nya nya jg
    and ada jg penginapan sederhana yg harganya skitar 200-an rb lah,,n bukan wisata mahal, dr sumbawa besar boat public cuma 20rb/org,,malah tiap hari kamis gratis (service dr amanwana resort)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh minta nomer kamu ? Atau jejaring sosial kamu ? Saya ada plan ke moyo
      *Salam kenal dari BI jakarta Abdul karim

      Hapus
    2. Ini nomer saya 087770241494 pin bb 742678da

      Hapus
  21. kpn2 ke sumbawa lg ke Pulau Paserang mas backpacker ^^
    http://pujiamuksita.blogspot.com/2014/05/pulau-paserang-paserang-island.html

    BalasHapus
  22. Maknyosss, jadi kepingin kesini degh, jadi bagusnya kl dari Kota Bima Hiking dulu trus lanjut ke Pulau Moyo atau gimana ya baiknya?

    BalasHapus
  23. Rencana mau ke moyo akhir bulan ini. Cuma sehari aja. Kalo kapal pulang dari moyo ke Sumbawa gimana ya? Soalnya yg saya baca, kapal cuma pagi aja.

    BalasHapus
  24. Mau nanya donk apa banyak penginapan disana ??? Apa ada kenal penduduk disana ?? Klu ada minta donk no tlp penduduk disana

    BalasHapus
  25. Sedih banget loh yg boleh diving cuma tamu dari resort 5 juta keatas itu.
    semoga skrg udah ngga deh ya. Aamiin

    BalasHapus
  26. liburan yang menyenangkan cukup alam dan kita

    BalasHapus