Gunung Tambora #2 (Lintah I Love You !!)


Sebelum bercerita, mari gue perkenalkan tokoh-tokoh utama dalam ekspedisi mendaki Gunung Tambora kali ini, adalah :

Bang Diki : Pemuda asal Jakarta berumur 27 tahun ini (kalo gak salah) memiliki pengalaman banyak dalam hal daki-mendaki gunung, Ciremai, Rinjani dan Pangrango adalah sebagian gunung yang pernah dinaiki oleh Bang Diki, tapi masalah Gunung Kembar gue tetep jagonya !! MUAHAHAHA..

Kak Nora : Wanita bertubuh mungil dari Jakarta ini gak kalah jago dalam hal mendaki gunung. Kak Nora juga termasuk anak pecinta alam dikampusnya terdahulu. Gunung yang pernah dia daki diantaranya adalah Gunung Kinabalu di Malaysia. Keren !!

Mbak Sophie : Wanita tangguh asal Lombok yang menjadi pendamping kami selama meng-explore NTB, memang tak perlu lagi diragukan kredibilitasnya dalam mendaki gunung. Mbak Sophie juga adalah salah satu guide tangguh Gunung Rinjani.

Bang Wawan : Sahabat sekaligus porter yang kami bawa untuk menunjukan dan mengantarkan kami dalam ekspedisi Gunung Tambora. Selain sudah hafal jalan, Bang Wawan juga ternyata bisa merasakan dan melihat makhluk halus. Yang lebih gokil lagi, dia muncak cuma pake sendal jepit swallow. Shit Man !!

Mang Daung : Supir kita selama meng-explore NTB, dulunya dia adalah preman di Jakarta. Setelah tobat karena lihat kucing kawin, Mang Daung gue paksa naik gunung dengan perkataan gue "Gak ada lo gak rame.." akhirnya Mang Daung ikut bersama kami secara terpaksa. HUAHAHA..

Dan terakhir adalah,

Gue Sendiri : Pemuda bodoh dari Bandung yang salah kostum buat naik gunung. Gak pernah sekalipun naik gunung kecuali Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Kembar. Sekian !!

And story begin..

Melanjutkan perjalanan gue dari portal pertama Gunung Tambora, kita ber-enam (Gue, Bang Diki, Kak Nora, Mbak Sophie, Mang Daung dan Bang Wawan) berjalan penuh dengan semangat membara. Sepanjang jalan kami sering bercanda, ngelawak, nyanyi-nyanyi hingga saling lempar tai luwak.

Kopi Tai Luwak Mentah !!

Perjalanan dari portal menuju pos 1 gak terlalu berat medan-nya. Hanya jalan tanah setapak dengan ladang-ladang kopi milik warga. Tingkat kecuraman jalannya pun gak terlalu menyulitkan, ada sih sekali-kali jalan yang nanjak dan licin, tapi itu gak terlalu menyulitkan gue yang baru pertama kali naik gunung.

Sepanjang jalan dari portal menuju pos 1 lo bakal lihat ada pipa paralon yang menjadi media untuk mengalirkan air dari gunung menuju perkampungan warga dibawah. Gue pengen iseng sih lepasin tuh pipa, cuma gue takut dibakar hidup-hidup sama warga.

Jalan kaki selama 3 jam, akhirnya kita sampai di pos 1 yang udah mulai kerasa banget hutannya. Di pos 1 ini kita bakal disambut dengan runtuhan pohon yang menjulang, biasanya dipakai buat tempat beristirahat para pendaki. Di Pos 1 juga ada mata air yang lumayan bersih air-nya. Buat pendaki yang sudah kehabisan bekal air, gue rekomendasiin ambillah banyak-banyak air disini. Soalnya, percaya sama gue, diatas gak ada warung atau alfamart yang jual Aqua botol.

Pos1

Selesai istirahat sebentar dan makan cemilan secara bar-bar, kita melanjutkan perjalanan menuju pos 2 yang akan ditempuh dengan rata-rata waktu adalah 3 jam dengan kecepatan 20 km/jam dan tekanan udara 13,5 mili ditambah shock breaker off-road. (Gue ngomongin apaan yah?)

Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2, hutan belantara dan hujan rintik-rintik menyambut kita. Gue yang salah kostum dan tanpa persiapan yang matang untuk naik gunung secara otomatis basah kuyup, untunglah Mang Daung yang gak kalah goblok dari gue pun sama-sama lepek kebasahan karena gak bawa rain coat.

Selain hutan belantara dan hujan yang mulai turun deras, kita ber-enam pun direpotkan dengan mulai munculnya makhluk penghisap darah bernama lintah, atau yang orang sini sering menyebutnya pacek. Jakarta kalo udah jam pulang kantor juga suka pacek yah ?? MACET DIS, GOBLOK !! -___-"

Pacek Bodoh !!

Setelah menoyor kepala sendiri, gue lanjut berjalan dengan penuh air yang menyerap di jaket dan jeritan jeritan mirip banci karena ternyata di kaki gue penuh dengan hewan melata bernama pacek. Sumpah !! Pacek nih bener-bener ngerepotin daripada hujan dan hutan yang sama-sama lebat. Karena hutan di Tambora adalah jenis hutan yang lembab, maka banyak sekali pacek yang menari-nari girang keluar dari sarang-nya, sesaat hujan turun.

Terhitung 2.378 pacek pernah nempel di kaki gue selama di perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 (agak lebay sih, tapi bodo ah emang banyak banget kok) Berkali-kali gue harus berhenti jalan cuma buat ngusir pacek yang nempel di kaki. FYI, gue naik gunung cuma pake sendal gunung doang, gak pake sepokat gunung yang kalo lo tendangin ke kepala orang bisa bocor tujuh turunan tuh kepala. Saking tebel dan gede-nya tuh sepatu !!

Buah Berri Hutan, maknyoos

Setelah berjalan 3 jam, akhirnya kita sampai di pos 2. Pos ini cuma ditandai dengan saung kecil yang terbuat dari kayu dan beratapkan seng seadanya, cukup lumayan buat beristirahat, meneduh walaupun badan gue sudah basah kuyup. Diperjalanan menuju pos 2 dan 3, kita bakal disuguhkan banyak buah berri hutan yang bisa dimakan, rasanya asem kecut.Cukup buat bikin kita agak melek.

Kemistisan Gunung Tambora mulai nampak disini, Bang Wawan sang porter bilang kalo sedari pos 1 kita sudah diikutin 2 pendaki lain, mereka cewek sama cowok. Bukan pendaki asli manusia, tapi pendaki makhluk halus. Entahlah mereka ngapain ngikutin kita. Mungkin mereka takut hantu kalo ngedaki cuma berdua, padahalkan mereka hantu juga. Masa hantu takut hantu, hantu yang aneh. HUAHAHA..

Melanjutkan perjalanan setelah beristirahat dan ngelepasin pacek-pacek di kaki, kita melanjutkan pendakian, sekarang kita gak cuma ber-enam, tapi ber-delapan dengan 2 makhluk halus yang terus ngikutin kita (menurut Bang Wawan, loh yah)

Jalan yang semakin sempit dan terjal serta hujan dan pacek yang gak kalah bikin perjalanan kita ini semakin berat, ditambah banyak-nya pohon yang tumbang mengharuskan kita sering kali lompat-lompat dan nanjak-nanjak buat ngelewatin jalan menuju pos 3. Hari yang sudah mulai mau maghrib dan cuaca yang mulai dingin ngebuat perjalanan menuju pos 3 gak terlalu berasa karena gue cuma nunduk dan terus jalan tanpa berhenti. Pacek dikaki yang sudah gendut karena nyedotin darah gue pun gak gue hiraukan lagi, pikiran gue "bodolah, itung-itung donor darah aja.."

Korban Pacek Biadab !!

Jarak yang lebih singkat dari pos 2 menuju pos 3 ternyata cuma kita tempuh dalam waktu 2 jam saja. Tanjakan panjang terakhir dan sebuah beruga (bale-bale) kokoh yang terbuat dari kayu dikelilingi hutan lebat menyambut kita di pos 3. Akhirnya kita sampai diperistirahatan untuk menginap !!

Pos 3 ini cukup memiliki tanah luas yang datar, tapi konon disinilah pos yang paling horror, paling angker dan paling GAK BANGET !! Selesai bersih-bersih dan mengganti baju yang basah kuyup kita ber-enam masak makanan dari bekal logistik yang kita bawa. Sambil menunggu makanan yang dimasak Mbak Sophie matang, gue bercanda-bercanda kuli bareng Mang Daung, ketawa ketiwi secara brutal gak tau aturan dan akhirnya gue mendadak diem ketika ada yang nyolek telinga kanan gue secara misterius. Entahlah itu siapa, yang pasti gue duduk di pojokan dan disebalah kiri kanan gue gak ada siapa-siapa !! njiss..

Makan-makan enyaaaak

Usai melahap makanan, kita pun tertidur lelap berdempetan di beruga kecil yang berisi 6 orang. Ditemani oleh pohon besar disebelahnya yang ternyata gue baru tahu dari cerita Bang Wawan setelah turun, bahwa pohon besar itu adalah tempat berdiam diri seorang bocah wanita bisu anak dari penunggu Gunung Tambora yang sering nangis saat malam hari. Bulu kuduk gue seketika merinding. Brrrr...

Beberapa Gambar yang bisa didapat diantara kesibukan kita mendaki dari pos 1 menuju pos 3

Bagaimana kelanjutan perjalanan gue menuju puncak Tambora? Apakah pacek masih menindas gue? Apakah 2 hantu pendaki masih ngikutin gue? Apakah Hantu Bocah penunggu pohon besar sekarang sudah besar? Dan apakah gue perjaka?

Temukan Jawabannya, di cerita Tambora gue episode #3 !!! MUAHAHAHA..

8 komentar:

  1. wahh,,asyik tuh,,,sedikit kasih saran nih bang,,menurut pengalaman ane ama lintah,,,kalau mendaki gunung yg lembab gitu,,kantongin tembakau murni (yg suka dipake bikin rokok 'lintingan' gitu dah),,,karena aroma tembakau itu ga d sukai lintah,,jadi si lintah itu ga mau gigit kita,,

    BalasHapus
  2. @iyan : pertama lintah gak punya idung, gimana dia bisa nyium aroma tembakau.

    kedua, mending bakau nya gue linting terus gue isep. HUAHAHHAHAHA

    ketiga, itu udah dicoba, malah pake air garem juga udah, tapi jarak 3 langkah lintah itu bakal ada lagi. nah loh, mendingan diemin aja kan. hahaha

    BalasHapus
  3. Cinta mati ama adis!! gue dapet diskonan umur cuyyyy..thanks ya dis huahahaha..nuwun deh klo soal gunung kembar..hahahaha.

    Eh, guide kite bukannya bang Wawan yah..eh jgn2 orangnya beda #tibatibaserem

    BalasHapus
  4. @Bang Diki udah dibenerin tuh 27 kan yah?? hahaha..Bang Wawan apa Maman sih?? lupa, maklum ekye kebanyakan gak dipake otaknya hahaha..

    BalasHapus
  5. wkwkwkkw, baca balasan coment "ketiga, itu udah dicoba, malah pake air garem juga udah, tapi jarak 3 langkah lintah itu bakal ada lagi. nah loh, mendingan diemin aja kan. hahaha"
    aku ketawa sendiri, sarap lu bang, orang kasih saran malah dimarahin hohooh
    ech btw salam kenal ya bang,
    ::mulai suka sama nech blog(nda suka sama pemiliknya, maklum masih normal wkwkwkw)
    lanjut baca :D

    BalasHapus
  6. @icikipir : halo pir, hahaha..gue bukan marahin. tapi menyarankan balik huahaha..

    BalasHapus
  7. iya deh baaang,,aku juga belum pernah k tambora,,kaga kenal lintah sonoo,,, ┐(‾▼‾)┌
    ,,pengalaman d 3 gunung yg ane kenal begitu,,hehehe,,so far, ane mau tanya nih, pernah k karimun kaga bang?

    BalasHapus
  8. hahahaha...nah itu dia, gue belom pernah kesana !! muahahaha..entah kenapa gue jarang backpackeran di jawa :|

    BalasHapus